Kerajinan Dari Kain Flanel

Seiring perkembangan jaman, banyak sekali bentuk unik dari hasil kerajinan tangan. Seperti contohnya kerajinan dari kain flanel yang banyak di manfaatkan dalam membuat kreasi. Bahan kain yang lembut dan memiliki berbagai warna yang menarik menjadikan kain flanel banyak digunakan sebagai bahan kerajinan.

Tidak hanya itu kain flanel juga banyak terdapat di toko-toko bahan kain, jadi sangat mudah untuk mendapatkannya.

Kerajinan dari kain flanel juga bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan jika dapat mengolahnya dengan baik. Nah berikut merupakan beberapa kerajinan kain flanel yang bisa ditiru di rumah :

1. Bucket Wisuda dari Kain Flanel

Bucket Wisuda
sumber: @feliaagriani

Ini adalah salah satu kerajinan dari kain flanel yang dibuat sendiri oleh calon istri admin sendiri. Sangat bagus dan menarik bukan?. Ya ini hasil tangan loh bukan buatan pabrik.

Bentuknya yang rumit membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk membuatnya. Nah kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah atau jika kamu seorang pemula bisa cari tutorialnya di youtube. Atau kalau tidak mau ribet kamu bisa preorder atau pesan kerajinan yang sudah jadi.

Kerajinan ini juga menjadi salah satu bisnis yang sedang di jalankan oleh calon istri admin sendiri loh. Banyak juga yang mesan apalagi kalau musim wisuda datang, sampai kewalahan membuatnya.

2. Tempat Pensil dari Kain Flanel

Tempat Pensil dari Kain Flanel
sumber: santaidamai.com

Mau punya tempat pensil yang unik dan menarik, mau beli tapi mahal mending buat sendiri saja. Dengan memanfaatkan sisa bahan kain flanel kamu bisa membuat kerajinan yang satu ini. Tenang untuk membuatnya sangat mudah sekali, bahkan pemula pun bisa membuat tempat pensil ini.

3.  Tempat Hp dari Kain Flanel

Tempat HP dari Kain Flanel
sunber: tokopedia.com

Handphone kamu sering jatuh?. Tenang ada solusi nih buat kamu yang pengen agar Hp kamu jadi aman. Kerajinan kain flanel yang satu ini bisa kamu bikin sendiri dengan mudah loh. Yap, hanya dengan menggunakan kain flanel dan benang saja.

4. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci dari Kain Flanel
sumber:bukalapak.com

Nyadar ngga sih sama barang kecil yang satu ini. Pastinya kamu punya kunci dong, ntah itu kunci motor ataupun rumah. Nah pastinya ngga afdol bukan jika tidak diberi gantungan kunci.

Meski barangnya kecil namun gantungan kunci sangat banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Ternyata gantungan kunci bisa kamu buat sendiri loh dengan memanfaatkan kain flanel.

Ada bannyak bentuk yang bisa kamu bikin seperti bentuk bintang bentuk bulan ataupun bentuk yang lain. Apalagi bagi kamu yang kreatif pastinya kamu akan membuat bentuk gantungan yang cantik dan menarik.

5. Gantungan Tas

Gantungan Tas dari Kain Flanel
sumber: youtube.com

Setelaah membahas gantungan kunci, kita bahas gantungan untuk tas. Memang ngga ada bedanya sih karena sama-sama gantungan, tapi beda penempatannya loh ya.

Gantungan tas identik memiliki bentuk yang besar sedangkan gantungan kunci pastinya identik agak kecil.

6. Kotak Tisu

Kotak Tisu dari Kain Flanel
sumber: simpelproduct-asted2.blogspot.com

Meskipun tisu sudah ada plastik pembungkusnya, tapi pastinya pengen dong mempunyai tempat tisu yang menarik. Dengan memanfaatkan kain flanel, kamu juga bisa mengkreasikan menjadi kotak tisu yang cantik dan menarik.

Untuk membuatnya pu tidak terlalu sulit, karena memang hanya membuat bentuk kotak seperti kotak tisu pada umumnya. Namun agar lebih menarik lagi kamu bisa menghiasinya dengan manik-manik. Atau juga bisa membuat karakter lain dari sisa potongan kain flanel.

7. Tempat Kacamata

Tempat Kacamata dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

Kacamata merupakan benda yang sangat rentan dengan kotoran debu maupun goresan. Pastinya sangat sayang sekali jika kacamata kita kotor ataupun tergores. Dengan memanfaatkan kain flanel, kamu bisa membuat tempat kacamata yang sangat bermanfaat untuk menyimpan kacamata.

Kain flanel memiliki tekstur yang lembut, sehingga bisa dijadikan media untuk membersihkan kacamata dari kotoran. Bukan hanya itu dengan menyimpan kacamata pada kain flanel dapat mencegah kacamata dari goresan.

8. Dadu dari Kain Flanel

Dadu dari Kain Flanel
sumber: alfikeer.com

Jika kamu bingun untuk mencari bentuk kerajinan tangan dari kain flanel yang mudah dibuat. Maka kerajinan dadu ini merupakan salah satu ide kerajinan yang mudah dibuat. Dengan bentuk kotak yang simpel dan juga tidak memerlukan bahan yang banyak kamu bisa membuatnya dengan mudah.

Untuk bentuknya sendiri kamu bisa kreasikan sendiri sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mengkreasikannya dengan bentuk yang besar maupun bentuk yang kecil.

9. Ikat Kepala dari Kain Flanel

Ikat Kepala dari Kain Flanel
sumber: aliexpress.com

10. Sarung Bantal dari Kain Flanel

Sarung Bantal dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

11. Sabuk Anak-anak

Sabuk dari Kain Flanel
sumber: dictio.id

Sabuk anak-anak juga bisa anda buat dengan memanfaatkan sisa kain flanel. Namun agar menjadi sebuah sabuk ada satu bahan lagi yaitu besi berbentuk huruf D. Anda bisa membelinya di toko aksesoris, atau jika anda punya bekas sabuk bisa memanfaatkanya.

12. Pita Rambut

Pita Rambut dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

Bagi anak perempuan pita rambut merupakan aksesoris yang bisa membuat penampilan lebih cantik dan menarik. Dengan memanfaatkan sisa-sisa kain flanel anda bisa membuat rita rambut dengan mudah.

13. Taplak Meja

Taplak Meja dari Kain Flanel
sumber: shopee.co.id

Penampilan meja pastinya akan lebih menarik jika diatasnya terdapat taplak meja yang cantik. Memang banyak sekali yang jual taplak meja dipasaran. Akan tetapi membuat taplak meja sendiri adalah suatu kepuasan yang tak ternilai.

Dengan memanfaatkan kain flanel, anda juga bisa membuat taplak meja sendiri di rumah. Anda bisa kreasikan bentuk yang di inginkan sesuai dengan keinginan.

14. Dasi Kupu-kupu

Dasi Kupu-kupu dari Kain Flanel

Dasi anak juga merupakan aksesoris yang dapat membuat penampilan menarik. Khususnya pada anak laki-laki yang berumur dibawah 10 tahun. Kain flanel bisa anda manfaatkan untuk membuat dasi yang berbentuk menarik.

15. Boneka Lucu

Boneka dari Kain Flanel
sumber: liputan6.com

Anak kecil paling suka sekali bermain dengan boneka, apalagi anak yang masih balita. Memang banyak banget toko yang jual boneka-boneka cantik. Tapi ada baiknya anda mencoba membuat sendiri, karena hal ini akan menjadi sebuah memori ketika anak dewasa nanti.

16. Dompet

Dompet dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

Dengan memanfaatkan kain flanel, anda juga bisa membuat dompet yang cantik dan menarik. Apalagi buat anda yang memiliki anak perempuan kecil, pastinya mereka sangat gembira jika anda membuatkannya. Cara membuatnya juga cukup gampang, dan bahan nya pun hanya terdiri dari kain flanel dan resleting saja. Untuk bentuknya Anda bisa mengkreasikan sebagus mungkin sesuai dengan inspirasi.

17. Bunga

Bunga dari Kain Flanel
sumber: @feliaagriani

Kain flanel merupakan bahan yang paling sesuai untuk membuat kerajinan bunga. Banyak sekali para pengrajin yang memanfaatkan kain ini untuk membuat berbagai macam bunga.

Tidak hanya dari kain flanel saja, kerajinan bunga juga bisa dibuat dengan kertas koran ataupun sejenisnya. Biasanya untuk kerajinan yang satu ini para wanita lebih jago membuatnya.

18. Bantal

Bantal dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

Bantal juga bisa dibuat dengan menggunakan kain flanel, baik untuk bagian dalam ataupun luarnya. Hal ini karena kain flanel juga memiliki tekstur empuk jika di tekan. Anda bisa mengkreasikan bantal sesuai yang di inginkan, bisa berbentuk kotak, love, bulat ataupun yang lainya.

19. Sepatu dari Kain Flanel

Boneka dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

20. Pin dari Kain Flanel

Pin dari Kain Flanel
sumber: shopee.co.id

21. Boneka Jari

Boneka Jari dari Kain Flanel
sumber: tokopedia.com

22. Selimut Bayi

Selimut Bayi dari Kain Flanel
sumber: lazada.com

23. Sampul Buku

Sampul Buku dari Kain Flanel
sumber: enterpreneurisme.wordpress.com

Dengan memanfaatkan kain flanel, kamu bisa membuat sampul buku agar terlihat lebih cantik. Untuk membuatnya juga sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Kamu bisa membuat sampul buku dari kain flanel sesuai dengan ide yang kamu miliki.

24. Hiasan Bantal

HIasan Bantal dari Kain Flanel
sumber: pinteres.com

Kain flanel juga bisa kamu manfaatkan sebagai hiasan pada bantal kamu agar terlihat menarik. Kamu bisa membuat bentuk love atau bentuk yang lainya untuk hiasannya.

Itulah beberapa kerajinan dari kain flanel, sebenarnya banyak kerajinan yang bisa kamu buat. Contohnya kerajinan dari barang bekas, kerajinan dari kayu atau kerajinan yang lainnya.