Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat musik tradisional – mendengar kata musik, siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik. Tentunya kebanyakan orang suka sekali mendengarkan musik. Baik itu musik islami, musik pop, musik dangdut, musik rok, dan musik yang lainya.

Musik juga merupakan suatu seni yang bisa di bilang dengan karya seni yang peminatnya berdasarkan dari jenis musik itu sendiri. Sebagai contoh, musik pop banyak di gemari oleh kalangan anak muda sedangkan musik dangdut banyak di gemari oleh orang tua.

Sebagai penerus bangsa seharusnya kita harus menjaga dan melestarikan alat musik tradisional di indonesia. Pada kenyataanya tidak banyak orang yang mengetahui jenis alat musik tradisional. Apalagi di jaman sekarang ini khususnya para pemuda, mereka lebih banyak mengetahui kebudayaan asing dari pada kebudayaan negara sendiri.

Alat musik di indonesia ada dua jenis mulai dari alat musik tradisional sampai alat musik modern. Dari jenis alat musik itu juga mempunyai cara yang berbeda untuk memainkannya.

Pengertian Alat Musik

Alat musik adalah suatu benda yang dibuat untuk menghasilkan instrumen lagu maupun musik. Di indonesia sendiri merupakan negara yang mempunyai beragam macam alat musik yang harus di ketahui.

Sayangnya alat musik di indonesia sebagian besar di akui oleh negara lain, padahal sudah jelas bahwa alat musik itu sudah ada di indonesia sejak dulu. Contohnya seperti kendang yang di akui oleh negara malaysia.

Bicara mengenai alat musik tradisional indonesia tentunya sangat banyak sekali, akan tetapi saya hanya menyebutkan beberapa saja. dalam alat musik tentunya ada tiga jenis alat musik yaitu alat musik daerah, alat musik modern dan alat musik melodis.

Baca Juga Pengertia Ekosistem

Alat Musik Tradisional Daerah

Mendapati banyaknya wilayah di indonesia tentunya di setiap daerah di indonesia memiliki karya seni yang berbeda. Seperti contoh alat musik tradisional yang kita bahas sekarang ini, tidak mungkin di suatu daerah memiliki alat musik yang sama persis pastinya ada perbedaan walaupun sedikit.

Pokoknya banyak sekali jenis alat musik daerah yang ada di indonesia, untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

1. Aramba

alat musik tradisional aramba nias

sumber : alatmusikindonesia.com

Aramba adalah alat musik yang berasal dari sumatera utara, alat musik ini biasa di mainkan oleh suku Nias. Oleh sebab itu bisa di katakan juga alat musik aramba merupakan alat musik suku Nias.

Alat musik aramba merupakan alat musik yang terbuat dari lempengan besi yang di bentuk sedemikian rupa. Cara memainkanya pun cukup mudah hanya dengan di pukul saja bisa mengeluarkan bunyi. Namun kita harus latihan terlebih dahulu agar suara yang di hasilkan juga tidak asal-asalan.

Aramba biasa di gunakan ketika ada suatu pelaksanaan seperti pernikahan dan penyambutan tamu. Aramba ini mempunyai bunyi yang menarik ketika dimainkan secara benar.

2. Serunai Banjar

alat musik tradisional serunai banjar

sumber : dunia-kesenian.blogspot.com

Serunai banjar merupakan alat musik yang berasal dari kalimantan selatan, alat musik ini sering di gunakan sebagai pengiring kegiatan pencak silat. Atat musik ini sangat mirip dengan seruling karena cara memainkannya dengan ditiup.

Di era sekarang ini sayangnya sedikit sekali orang yang memainkannya, dalam suatu acara pun orang lebih memilih menggunakan musik yang ada di handphone.

3. Suling Bambu

alat musik tradisional seruling

sumber : bukalapak.com

Suling bambu merupakan alat musik tradisional indonesia yang sangat terkenal sekali, suling bambu yang sangat terkenal adalah seruling bambu sunda. Tentunya kita sudah tidak asing dengan alat musik yang satu ini. Dari suaranya yang sangat merdu bisa di jadikan sebagai penenang hati ketika sedang gundah.

Suling bambu juga termasuk alat musik pelengkap untuk mengiringi ritem suatu musik. Bagi orang sunda memainkan alat musik ini sudah biasa, namun nyatanya generasi anak muda sekarang ini sangat sedikit sekali yang bisa memainkannya.

Sangat disayangkan sekali bila kita tidak melestarikannya. Seruling bambu dapat dimainkan dengan cara di tiup dan menutup lubang pada batang hingga menghasilkan suatu nada. Cara memainkannya tergolong susah.

Selain harus mempunyai pernafasan yang bagus kita juga harus sering berlatih hingga mahir. Bagi masyarakat sunda tentunya sudah pada mahir dengan alat yang satu ini.

4. Gendang Melayu

Gendang Melayu

sumber : alampedia.blogspot.com

Gendang melayu merupakan alat musik yang berasal dari sumatra, seperti namanya gendang melayu adalah alat musik khas suku melayu. Cara memainkannya mudah sekali  kita sudah bisa membunyikannya hanya dengan di pukul saja.

Gendang melayu biasanya digunakan sebagai alat musik hadroh ataupun marawis. Tentu bagi masyarakat melayu masih banyak sekali menggunakannya sebagai pengiring lagu ketika ada acara seperti pernikahan.

5. Bonang

alat musik tradisional bonang

sumber : en.wikipedia.org

Bonang adalah alat musik yang merupakan paduan dengan gamelan jawa. Bonang memiliki bentuk yang unik sekali yang terbuat dari besi kuningan. Suara yang di hasilkanpun bisa dikatakan sangat indah.

Bonang merupakan alat musik yang berasal dari jawa, sejak jaman kerajaan jawa alat musik ini sudah di mainkan. Namun tidak lengkap kalau bonang di mainkan tidak bersama dengan gamelan, justru dengan adanya kedua alat musik ini akan menghasilkan suara yang enak di dengar.

Cara memainkannya pun terbilang cukup mudah, dengan memukul menggunakan pemukul maka kita sudah bisa membunyikannya. Namun harus berlatih terlebih dahulu agar kita bisa mahir memainkannya.

Alat Musik Tradisional Melodis

Alat musik melodis adalah suatu alat musik yang dapat membunyikan suara melodi ketika di mainkan. Pada umumnya alat musik melodis merupakan alat musik pelengkap yang mempunyai kunci/chord tersendiri ketika kita memainkannya.

Tanpa adanya chord ketika kita memainkanya maka akan kacau suaranya. Alat musik melodis mempunyai banyak sekali jenis mulai dari cara memainkan dengan cara di tiup di petik dan lain-lain.

1. Kecapi

alat musik melodis

sumber : alampedia.blogspot.com

Kecapi merupakan alat musik yang berasal dari sunda, yang di mainkan dengan cara di petik. Biasanya di gunakan sebagai pengiring lagu-lagu sunda pada acara pernikahan misalnya.

Kecapi memiliki dua jenis bentuk yaitu kecapi perahu dan kecapi siter.

Kecapi perahu adalah kecapi yang memiliki bentuk seperti perahu sedangkan kecapi siter adalah kecapi yang memiliki bentuk bawah seperti trapesium. Dari kedua jenis kecapi ini sebenarnya memiliki bunyi yang sama.

2. Angklung

alat musik tradisional angklung

sumber : bukalapak.com

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari pulau jawa barat, alat musik khas sunda ini sudah familiar sekali bagi masyarakat sunda pada umumnya. Pada jaman dahulu angklung sering di mainkan oleh semua kalangan.

Angklung mempunyai suara yang nyaring ketika di mainkan, cara memainkanya juga terbilang sedikit sulit. Dengan menggoyangkan angklung kita dapat membunyikannya, hanya saja jika kita ingin mendapatkan suara musik yang bagus tentunya kita harus belajar cara menyanyikannya.

Angklung biasa di mainkan dalam acara-acara tertentu contohnya seperti kegiatan sekolah maupun pernikahan.

3. Sasando

alat musik sasando

sumber : balaiedukasi.blogspot.com

Sasando adalah alat musik yang berasal dari daerah pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini biasa di gunakan sebagai pengiring ketika ada suatu acara masyarakat setempat. Cara memainkan sasando adalah dengan di petik, sama seperti ketika kita memainkan girtar hanya saja sasando memiliki chord yang berbeda dengan gitar.

Alat Musik Modern

Alat musik moderen tentunya sudah buming di masa sekarang ini. Pada dasarnya alat musik modern sama dengan alat musik tradisional hanya saja berbeda dari bahan yang di pakai dan bentuk desainnya itu sendiri.

Alat musik modern dapat kita temukan di toko-toko musik dengan harga yang bisa dibilang terjangkau. Alat musik modern juga memiliki kualitas buinyi yang lumayan bagus tentunya. Karena sebagai mana kita tahu alat musik modern di buat sudah menggunakan robot dan melalui tekhnologi yang canggih.

Berbeda dengan alat musik tradisional yang di buat secara manual dan dalam proses pembuatannya pun membutuhkan waktu yang sangat lama.

1. Gitar

 

alat musik modern

sumber : http://dovermusicmedia.blogspot.com

Gitar merupakan alat musik modern,yang berasal dari spanyol yang di mainkan dengan cara di petik. Gitar sangat banyak di mainkan oleh remaja-remaja di jaman sekarang, jadi tidak heran anak jaman sekarang sudah mahir memainkannya.

Gitar juga termasuk kedalam alat musik melodis, karena gitar dapat di gunakan sebagai musik pengiring sebuah lagu.

2. Mandolin

alat musik petik

sumber : amazon.com

Sama seperti gitar mandoli mempunyai bentuk yang persis dengan gitar hanya saja yang membedakan adalah dari jumlah senar yang di gunakan. Mandolin juga merupakan alat musik melodis yang dapat di gunakan untuk mengiringi sebuah lagu.

Mandolin merupakan alat musik yang berasal dari italia yang kemudian masuk menyebar ke indonesia. Namun alat musik ini memang masih sangat asing sekali.

Akan tetapi mondalin ini merupakan alat musik yang termasuk modern, namun dengan mondalin kita juga bisa mengiringi lagu tradisional atau pun lagu daerah.

Alat Musik Tifa

alat musik tradisional tifa

sumber : alatmusikindonesia.com

Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari indonesia bagian timur. Tifa mempunyai bentuk yang mirip dengan kendang pada umumnya. Hanya saja tifa memiliki panjang dan memiliki bagian sisi untuk berpijak.

Cara memainkanya sangatlah mudah hanya dengan menabuhnya dengan telapak tangan kita sudah bisa membunyikan alat musik tersebut. Tifa pada umumnya di gunakan sebagai pengiring tarian perang .

Pada dasarnya alat musik tifa memiliki bentuk yang berbeda dengan setiap masing-masing daerah. Pada wilayah tifa di daerah maluku mempunyai bentuk biasa dan tidak memiliki gagang.

Sedangkan bentuk papua bagian tengah memiliki bentuk tifa yang melengkung dan juga memiliki gagang pada lenganya.

 

Alat Musik Petik

1. Gitar

alat musik modern

sumber : http://dovermusicmedia.blogspot.com

Gitar merupakan alat musik yang di mainkan dengan cara di petik. Di negara indonesia gitar sudah tidak asing lagi. Gitar juga memiliki banyak jenis seperti gitar klasik, gitar akustik, gitar listrik, dan gitar bas.

Syarat untuk bisa memainkan gitar dengan baik adalah dengan mengetahui chord dasar yang ada pada gitar. Dengan kita mengetahui chord nya kita akan dengan mudah memainkan gitrar dengan lancar.

2. Ukulele

alat musik indonesia

sumber : dovermusicmedia.blogspot.com

Sama seperti gitar biasa hanya saja ukulele memiliki ukuran yang sangat kecil. Untuk kualitas suara sebenarnya sama saja dengan gitar biasa, cara memainkan gitar ukulele ini sedikit lebih sulit di banding memainkan gitar pada umumnya.

3. Kecapi

alat musik melodis

sumber : alampedia.blogspot.com

Kecapi juga merupakan alat musik yang di mainkan dengan cara di petik. Kecapi memiliki kualitas suara yang khas. Namun sayangnya tidak semua orang bisa memainkannya. Karena kecapi merupakan alat musik yang tergolong susah untuk di mainkan.

4. Harpa

alat musik petik

sumber : youtube.com

Harpa merupakan alat musik yang ada sejak dulu. Harpa memiliki bentuk segitiga dan memiliki 47 senar yang melintang.alat musik ini sayangnya sangat sulit sekali di temukan di indonesia.

Cara memainkan alat musik ini pun dengan cara di petik dan suara yang di hasilkan pun sangat indah sekali sama dengan kecapi sebenarnya.