√ Cara Budidaya Ikan Gurame Dengan Mudah Dan Untung Banyak

budidaya ikan gurame

sumber : pelakuukm.blogspot.com

Cara Budidaya Ikan Gurame – Dalam dunia bisnis memang banyak sekali cara untuk mendapatkan banyak uang. Salah satu cara yang paling ampuh dan menguntungkan salah satunya adalah budidaya.

Salah satu budidaya yang sangat menguntungkan seperti budidaya ikan nila misalnya. Ataupun jika anda mengingginkan bisnis budidaya yang berkopeten sangat banyak sekali sebenarnya.

Seperti contohnya budidaya tanaman hidroponik, dalam membudidayakan tanaman hidroponik modal yang dikeluarkan sangat sedikit sekali. Namun dalam perolehan hasilnya budidaya tanaman hidroponik memang sangat menguntungkan sekali.

Dan ada juga peluan bisnis yang lumayan mudah tapi menguntungkan banyak uang seperti yang sudah saya bahas dalam artikel cara budidaya jamur tiram. Dalam peluang usahanya pun belum banyak orang yang membudidayakannya, sehingga anda bisa jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Hal yang perlu anda perhatikan dalam berbudidaya adalah kesabaran dan tekat yang kuat. Makanya jika anda belum mempunyai nekat yang bulat maka saya sarankan untuk tidak melakukannya.

Mengapa harus sabar, iya karena dalam bidang peternakan anda akan dihadapkan pada masalah yang besar. Kesuksesan dalam berternak belum tentu sukses 100%, makanya saya menyarankan untuk benar-benar berniat untuk melakukannya.

Nah pada kali ini saya akan membahas cara budidaya ikan gurame dengan mudah. Baik anda masih pemula maupun sudah pernah melakukan peternakan sebelumnya.

Pada artikel ini dapat anda jadikan referensi dalam mencoba bisnis yang menguntungkan tersebut.

Baiklah yuk kita mulai saja kepembahasan mengenai cara budidaya ikan gurame.

Menentukan Lokasi Budidaya

Hal yang paling pertama anda lakukan adalah pemilihan lokasi yang bagus untuk kelangsungan hidup gurame. Namun pada dasarnya ikan gurame memanglah ikan yang mampu hidup di habitat air tawar manapu.

Akan tetapi demi kesehatan dan kebaikan ikan gurame nantinya lokasi sangat berpengaruh sekali dalam perkembangannya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya yaitu antara lain air, kondisi tanah, tingkat keasaman air, dan oksigen.

Adapun syarat yang harus dipenuhi dalam memilih lahan yang baik adalah :

  • Jenis tanah yang mengandung pasir dan sedikit liat
  • Adanya oksigen yang memadai dalam air
  • Memiliki suhu maksimal 28oC
  • Memiliki ketinggian air 200-500 mdpl dalam sebuah kolam
  • Tingkat keasaman air harus ideal yaitu dengan pH 7

Nah dari kelima syarat diatas harus diterapkan dalam prakteknya. Karena jika tidak adanya salah satu unsur tersebut maka pertumbuhan ikan gurame akan terganggu nantinya.

Untuk pemilihan lokasi anda sebenarnya tidak harus menggunakan tanah saja, ada media lain yang dapat dijadikan pilihan ketika anda tidak memiliki lahan yang cukup. Ya dari pada tidak jadi bisnis dan harus mengeluarkan uang yang banyak lebih baik menggunakan cara kedua ini.

Namun cara ini akan saya jabarkan di bawah, jadi anda harus baca sampai selesai ya hihihi…

Nah setelah penentuat tempat yang sudah oke dan bagus maka langkah selanjutnya anda harus mempersiapkan diri anda untuk mengolah lahan tersebut.

Dalam mengolahnya anda tentunya harus mempersiapkan kolam untuk kelansungan bisnis anda.

Persiapan Pertama Dalam Budidaya

kolam pembesaran ikan gurame

sumber : bibitikan.net

Setelah anda memilih lahan untuk dijadikan kolam, maka langkah selanjutnya anda harus membuat kolam tersebut. Dalam pembuatan kolam tentunya harus benar-benar diperhatikan jangan asal membuat saja. Karena dalam nyatanya perkembangan ikan gurame sangat tergantung dengan kualitas kolam yang digunakan.

Dalam pembuatan kolam tentunya anda tidak hanya membuat satu kolam saja, akan tetapi jika ketersedian lahan yang tidak memadai maka tidak mengapa menggunakan satu kolam saja.

Adapun untuk kolam budidaya ikan gurame sebagai berikut:

Kolam Ikan Gurame

kolam ikan gurame

sumber : guramimurah.wordpress.com

Dalam budidaya ikan gurame ada beberapa jenis kolam yang memiliki fungsi masing-masing. Tujuan membuat jumlah kolam yang banyak disebabkan karena waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat. Namun pada dasarnya pembuatan kolam banyak tidak diwajibkan tergantung dari kitanya sendiri.

Jika anda mengawali budidaya dari induk kemudian bertelur dan menjadi bibit ikan gurame maka hal ini perlu diperhatikan.

  1. Kolam induk, kolam induk ini memiliki fungsi sebagai tempat perawatan induk ikan ggurame dan menjaga telur yang ada di perutnya. Pada kolam ini biasanya terdapat 10-15 indukan ikan gurame saja. Untuk luasnya bisa 10 x 15 m atau 10m2.
  2. Kolam pemijahan, setelah dirasa induk gurame sudah akan mengeluarkan telurnya maka anda harus pisahkan telurnya kedalam kolam pemijahan. Namun kolam ini berukuran kecil karena hanya di isi dengan satu ekor indukan gurame saja. Dan untuk ukuranya luasnya cukup 2 meter saja.
  3. Kolam pemeliharaan bibit, dalam kolam ini semua telur akan dikembangkan menjadi bibit. Untuk luas kolam biasanya 50 m2
  4. Kolam pembesaran bibit, kolam ini berfungsi untuk membesarkan benih ikan nila yang masih kecil agar bibit menjadi besar.

Nah dari ke empat kolam tadi sebenarnya masih ada satu kolam lagi yaitu kolam jadi yaitu kolam yang berfungsi untuk membesarkan benih yang sudah bagus untuk menjadikan ikan gurame dewasa. Makanya anda harus memperhatikan betul mengenai kolam ini.

Memilih Benih Ikan Gurame

bibit ikan gurame

Setelah anda membuat kolamnya tentunya anda sudah tidak sabar untuk segera menebarkan ikan gurame pada kolam. Namun anda harus sabar dahulu karena tidak sembarang bibit yang bisa kita jadikan benih dalam kolam tersebut.

Seperti yang sudah pernah saya bahas dalam artikel cara budidaya ikan nila, sebenarnya dalam memilih bibit ikan gurame pun sama.

Penebaran Bibit Ikan Nila

bibit ikan gurame

sumber : guramimurah.wordpress.com

Nah setelah anda memilih bibit tentunya hal yang ditunggu selanjutnya adalah menebarkan benih kedalam kolam. Dalam penebaran bibit tentunya harus diperhatikan sekali dalam melepaskan bibit ikan nila kedalam air kolam.

Hal ini bertujuan agar bibit ikan nila tidak akan mati, selain itu juga akan membuat bibit tidak stres. Nah untuk langkah-langkah penebaranya seperti yang di jelaskan dibawah ini.

  • Masukan bibit kedalam plastik yang berisi air dan kemudian diberikan oksigen (plastik yang digunakan bukan plasti kecil, tentunya sudah tahu bukan).
  • Setelah semua selesai maka angkat plastik yang berisi bibit ikan tersebut untuk dibawa ke kolam ikan. Ya jika dekat jaraknya maka cukup di angkut saja adapun bila jauh maka bisa menggunakan mobil.
  • Kemudian jika sudah nyampe kolam maka langkah selanjutnya adalah memasukan bibit tersebut kedalam kolam. Caranya dengan membuka terlebih dahulu ikatan pada plastik wadahnya. Setelah itu jeburkan plastik kedalam air secara pelan-pelan. Kemudian setelah di air maka tumpahkan isi bibit tadi dengan cara memegang ujung plastik belakang dengan diangkat secara pelan-pelan.
  • Dan lakukan dengan hati-hati agar bibit ikan tidak mabuk ataupun mati.

Pemberian Makan Ikan Nila

pemberian pakan ikan

sumber : tokonasa.net

Untuk menjaga agar ikan nila yang sudah anda tanam pada kolam maka anda perlu memberinya makan. Untuk ikan yang masih kecil tentunya belum baik jika langsung menggunakan pelet. Namun jika memang ada tidak mengapa menggunakan pelet.

Nah makanan yang bagus untuk dikasihkan sebagai makanannya sangat bagus sekali jika menggunakan dedaunan. Hal ini merupakan sebuah tambahan makanan dari pakan ikan yang anda kasih kan setiap harinya.

Adapun daun yang baik untuk ikan gurame yaitu :

  • Daun kangkung
  • Daun singkong
  • Daun ubi
  • Daun pepaya
  • Daun talas
  • Tauge

Adapun makanan tambahan lain yang dapat anda gunakan sebagai pakan ikan gurame dan sekalian sebagai sumber proteinnya. Anda bisa menggunakan bahan seperti berikut ini :

  • Ampas tahu
  • Pelet atau pakan buatan lainya
  • Oncom
  • Dedak
  • Jagung

Nah dari list diatas merupakan makanan tambahan yang wajib anda berikan pada ikan gurame yang sedang anda pelihara. Karena bibit gurame yang asih kecil sangat membutuhkan sekali protein agar membantu pertumbuhannya. Oleh karena itu pemberian makanan tambahan tersebut sangat dianjurkan sekali.

Perawatan Ikan Gurame

Setelah kita menyebarkan benih ikan gurame pada dapa kolam, tentunya kita harus merawat bibit tersebut agar selalu sehat. Cara merawatnya yaitu tentunya anda dapat memberikan protein atau pun menjaga makanan dan airnya. Dalam perawatan ikan gurame memang sedikit susah apalagi ditanam sejak bibit yang masih kecil. Anda harus benar-benar memperhatikan sekali dalam perawatanya dan menjaga makanannya.

Tentunya dalam perawatan ikan gurame ini tidak hanya saat masih bibit saja akan tetapi terus dilakukan seiring berjalannya waktu. Hal tersebut dimaksudkan agar hasil ikan yang dipanen nanti merupakan ikan yang benar-benar berkualitas dan memang layak konsumsi.

Panen Ikan Gurame

Panen ikan gurame

sumber : tokonasa.net

Setelah beberapa bulan anda menunggu dan menempuh proses yang sangat lama, kini saatnya anda akan memanen ikan gurame. Tentunya dalam memanen ikan memang harus melalui beberapa tahap yang harus anda lakukan.

Jika anda memelihara ikan gurame di kolam maka akan lebih mudah jika anda menguras terlebih dahulu air yang ada didalam kolam. Tetapi anda juga bisa langsung menyeroknya dengan jaring.

Tetapi jika anda memelihara ikan tersebut didalam terpal maka anda hanya harus membuang ataupun menguras airnya saja setelah itu barulah anda dapat mengangkat terpal agar ikan terkumpul.

Nah setelah dari langkah-langkah diatas anda lalui maka kemungkinan besar bisnis budidaya ikan nila ini akan sukses besar dan meraup untung yang banyak tentunya. Nah sempat saya singgung bahwa anda juga dapat menggunakan media lain untuk berbudidaya ikan gurame.

Caranya memang cukup mudah dan tidak terlalu banyak membutuhkan biaya. Dan juga pastinya sangat cocok untuk anda terapkan ketika lahan yang anda miliki tidak terlalu luas. Adapun caranya akan saya kupas di bawah ini.

 

Cara Ternak Ikan Gurame Dengan Terpal

 

budidaya ikan gurame dengan kolam terpal

sumber : serbaukm.blogspot.com

Cara ternak ikan gurame – Media lain yang dapat anda gunakan tidak hanya tanah akan tetapi anda bisa menggunakan terpal yang dikelilingi oleh batu bata ataupun kayu untuk menyangganya. Tidak hanya terpal anda juga sebenarnya bisa menggunakan plastik ataupun karpet dan sejenisnya.

Pada dasarnya semua media bisa kita gunakan untuk budidaya ikan gurame, hanya saja kita disini berbudidaya kalau hanya sekedar ternak saja kita bisa ternak ikan gurame dengan ember. Akan tetapi dalam budidaya ikan gurame sangat bagus jika menggunakan media tanah yang berkualitas.

Adapun langkah-langkah selanjutnya yang anda terapkan sama dengan poin yang sudah saya bahas di atas. Yang membedakan hanyalah sebuah media untuk budidaya ikan gureme saja.

Memang dalam prakteknya media yang digunakan dalam budidaya ikan gurame memang sangt berpengaruh sekali dalam perkembangan ikan gurame. Nah media tanah merupakan media yang sangat bagus sekali untuk dijadikan media ternaknya.

Kesimpulan

Dalam berbisnis kita memang dituntut untuk menjalani proses yang panjang agar hasil yang didapatkan maksimal. Namun tentunya dalam menjalaninya harus memiliki kesabaran yang besar, karena nantinya akan berhadapan dengan berbagai masalah.

Intinya anda harus terus berjuang dan terus sabar dalam meniti bisnis anda.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply