Macam Macam Burung Anis Bersuara Merdu Untuk Kontes

Burung Anis – Kekayaan hutan di indonesia dengan melimpahnya binatang yang hidup di dalamnya menjadikan suatu ekosistem yang saling berhubungan. Jaman dahulu semua jenis burung dapat kita temukan di hutan-hutan indonesia.

Berbagai burung hidup dengan bahagia, suara kicauan yang sangat indah yang mereka keluarkan. Namun sangat di sayangkan sekali di jaman sekarang ini banyaknya hutan di indonesia yang di bumi hanguskan oleh orang yang tidak bertangguang jawab. Mereka hanya mencari kepentingan bagi kebutuhanya semata, banyak hutan yang di jadikan sebagai pemukiman dan sejenisnya.

Sehingga penghuni yang ada di dalamnya akan meninggalkan hutan. Salah satunya adalah dari kawanan burung. Burung anis pada awalnya merekan hidup dan berkembang di hutan terutama di daerah kalimantan dan jawa.

Burung jenis ini juga termasuk burung hias karena memiliki warna dan suara yang bagus, sehingga dampaknya banyak orang yang memburu burung ini.

Banyak sekali orang yang meminati burung jenis anis untuk di jadiikan peliharaan dan bahkan mereka membudidayakannya. Hal ini memang harus di terapkan karena mengingat sedikitnya hutan dan populasi burung pun agar tidak punah.

Burung anis merupakan burung yang memiliki berbagai macam jenis dan warnanya. Corak yang indah serta kicauan yang indah membuat hati sang pemelihara akan selalu sayang sama burung.

Adapun jenis burung anis yang ada di indonesia bisa anda baca di bawah ini :

 

Jenis Burung Anis

Burung anis atau burung punglor memiliki jenis yang varian sekali namun dari jenis tersebut mempunyai ciri khas dan kebiasaan tersendiri. Sehingga sangat menarik sekali untuk di pelihara.

Burung Anis Merah Jantan

burung anis merah

sumber : hijaukubumiku.wordpress.com

Burung anis merah sangat banyak sekali di gemari oleh sang pencinta kicau tentunya. Burung ini sangat bisa diandalkan untuk dikonteskan dalam acara kontes burung. Sudah banyak sekali orang yang mengandalkan burung merah ini.

Suaranya yang gacor akan membuat semua peserta akan berpaling melihat burung yang satu ini. Burung punglor merah juga merupakan burung yang sangat banyak sekali di bending jenis burung yang lain.

Burung jenis anis merah mempunyai harga jual yang dibilang lumayan mahal, untuk jenis jantan biasanya di hargai dengan Rp 700-800 ribu. Jika sudah gacor harganya pun akan naik sekitar 1 jt- 1,5 jt, untuk burung  betina memiliki harga yang relatif murah sekitar Rp 400-500 ridu saja.

Berikut Video Si Anis merah

Burung Punglor Kembang

burung anis kembang

sumber : www.burungnusantara.com

Anis kembang biasa di kenal dengan punglor dan juga anis cacing merupakan burung yang banyak hidup di hutan-hutan indonesia. Suara kicauan burung punglor kembang memiliki suara yang keras dan kicauannya sangat merdu sekali. Harga burung kembang dibilang sangat mahal sekali, harganya di bandrol sekitar 3-4 jt. Jika sudah gacor dan sudah memenangkan kontes burung ini sangat mahal sekali harganya. Harga yang di tawarkan mulai dari 10 – 15 juta, buat beli motor udah dapet satu kayanya.

Burung anis kembang memiliki ciri warna yang berbintik bercak warna putih dan hitam di sayap pada umumnya. Untuk memelihara burung ini harus penuh kesabaran, karena burung jenis anis kembang ini merupakan burung yang sangat sensitif sekali.

Burung Anis Siberia

jenis burung anis siberia

sumber : www.burung.web.id

Burung jenis anis yang satu ini adalah burung yang merupakan burung pemalu dan juga jarang di temukan. Namun suara burung ini bisa di katakan sangat bagus sekali, karena burung siberia ini merupakan burung imigrasi.

Sesuai namanya burung ini merupakan burung yang banyak berkembang biak di hutan siberia. Burung siberia dapat kita temukan di hutan indonesia seperti hutan kalimantan, sumatera, bali dan jawa.

Burrung anis siberia banyak hidup dan berkembang biak di hutan pinus di asia tenggara. Sehingga burung ini jarang sekali di temukan manusia.

 

Burung Jenis Anis Sulawesi

burung anis punglor sulawesi

sumber : www.burung.web.id

Burung punglor  sulawesi merupakan burung kicau yang banyak di gemari oleh orang. Suaranya yang  indah akan memanjakan telinga pemiliknya. Burung anis sulawesi adalah burung yang hanya hidup pada habitat tertentu saja, dan kebanyakan di temukan pada hutan wilayah sulawesi.

Burung yang susah di dapatkan ini memiliki suara yang sangat gacor, mungkin anda baru mendengar dengan burung ini. Suara burung punglor sulawesi memang lah sangat bagus dan indah sehingga sangat cocok sekali untuk di lombakan dalam kontes.

Burung Jenis Anis Gading

jenis burung anis gading gununtg merapi

sumber : peburungamatir.wordpress.com

Burung jenis gading memiliki ukuran yang sangat besar di bandingkan dengan jenis burung punglor yang lain. Burung ini banyak menyebar di wilayah indonesia sehingga kita bisa menemukan burung ini di berbagai tempat.

Burung punglor gading memiliki suara kicau yang tidak bagus sehingga burung ini tidak cocok untuk di jadikan untuk lomba. Burung ini biasanya di pelihara hanya untuk hiasan semata.

Burung Jenis Anis Buru

jenis burung punglor buru

www.burung.web.id

Pada dasarnya burung anis buru sangat mirip sekali dengan burung punglor kembang, hanya saja berbeda dengan ukuran badanya saja. Anis buru memiliki bentuk tubuh yang memanjang sedangkan anis kembang memiliki bentuk tubuh yang sedikit gemuk.

Burung punglor biru banyak hidup di wilayah maluku tepatnya di pulau buru. Burung ini juga mempunyai harga yang cukup murah, kita bisa membeli burung ini hanya seharga Rp 200 ribuan saja. Sedangkan jika sudah gacor dan sudah pernah juara maka burung ini dibandrol dengan harga 700 – 1 jutaan saja.

 

Burung Jenis Anis Engano

jenis burung anis engano

sumber : omkicau.com

Jenis punglor anis yang satu ini merupakan burung yang banyak di temukan di wilayah sumatra. Sesuai namannya burung tersebut berasal dari pulau engano yang terletak di sebelah pulau sumatra.

Burung engano memiliki suara yang sangat merdu dan juga memiliki warna yang indah sekali. Bagi pencinta burung, burung ini merupakan burung yang sangat bagus sekali untuk di ternak.

Namun sayangnya burung punglor ini masih belum banyak di kenal oleh para pencinta kicau burung. Burung engano berkembang biak sangat baik sekali di dalam hutan. Namun tidak salah juga bila kita menternaknya di rumah kita.

Burung Punglor Sisik

jenis burung anis sisik

sumber : youtube.com

Burung yang satu ini merupakan burung punglor yang aneh dan pendiam. Burung anis sisik mempunyai corah tubuh yang bagus sekali terdapat corak sisik seperti ikan di bulunya. Hanya saja burung ini tidak suka berkicau jadi meskipun bagus bentuknya burung ini merupakan burung pendiam.

Tidak sembarangan orang yang bisa membuat burung ini berkicau. Bunyi kicauanya sangat merdu sekalui sama seperti jenis yang lainya. Hanya saja jika di ikutkan dalam lomba maka kemungkinan menang akan sedikit sekali.

Jadi lebih pantasnya burung ini di jadikan sebagai burung hiasan saja. hehehe.

 

Bueung punglor macan

jenis burung anis macan

sumber : omkicau.com

Dari namanya sangat seram sekali bukan, tetapi ini hanya burung ya bukan macan beberan. Burung anis yang satu ini sangat unik sekali, burung ini berasal dari ampean sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai burung ampean.

Burung yang memiliki badan kecil ini sangat cocok sekali untuk di pelihara di rumah bahkan untuk di konteskan pun bisa. Suaranya yang merdu akan memanjankan telingan sang pemilik.

Burung Punglor Cendana

burung anis cendana

sumber : omkicau.com

Burung anis cendana merupakan burung pendatang baru bagi pencinta burung. Burung ini sangat terkenal di pulau jawa. Burung ini juga memiliki suara yang bagus dan mampu meniru berbagai macam suara burung lainya.

Bisa dikatakan burung cendana ini tergolong burung yang pintar, karena mampu meniru suara dari burung lain. Bagi pencinta burung salah satu favorit bisa memelihara burung tersebut, atau bahkan membudidayakannya pun merupakan kegiatan yang baik.

Tidak hanya berbudidaya di nabati saja misalnya budidaya jamur tiram, nah budidaya burung juga harus di lakukan agar tidak punah.

 

Burung Punglor Hutan

jenis burung anis hutan

sumber : trendburung.blogspot.com

Burung punglor anis hutan merupakan burung yang mudah di dapati khususnya di wilayah jawa barat ini. Burung yang memiliki bentuk tubuh yang agak kecil tetapi memiliki suara yang sangat merdu sekali.

Burung anis hutan memiliki corak yang mirip dengan jenis punglor sisik, tetapi sangat berbeda sekali. Dari kesamaan corak tersebut banyak orang yang menyebutnya sebagai burung punglor sisik.

 

Burung Jenis Anis Seram

jenis burung anis seram

sumber : www.burung.web.id

Tidak seperti namanya yang seram burung punglor ini memiliki corak yang indah sekali warna kepala atas berwarna coklat yang sangat bagus. Serta di bawah punggung berwarna putih, dan badan berwarna hitam, menjadikan daya tarik tersendiri pada burung ini.

Burung punglor seram ini banyak berkembang biak di wilayah maluku, memang sangat jauh sekali namun penyebaran di indonesia sudah sangat luas dekali.

Burung ini sangat cocok untuk di pelihara di rumah sebagai burung hiasan. Suara dari burung seram juga memiliki suara yang merdu sehingga cocok sekali untuk di ikutkan kedalam kontes.

Burung Anis Tanimbar

burung anis tanimbar

sumber : www.burung.web.id

Sesuai namanya burung tanimbar berasal dari pulau tanimbar yang berada di maluku. Burung yang satu ini merupakan burung yang sudah terancam kepunahanya, akibat dari ulah manusia. Penebangan hutan dan pemburuan secara liar membuat populasinya semakin berkurang.

Burung tanimbar sangat sulit di temukan karena jumlahnya yang sedikit, burung tunimbar memiliki badan yang bercorak sangat bagus ada bintik hitam di bagian dadanya. Dan juga burung ini memiliki suara yang sangat merdu sekali.

Namun sayangnya bagi kita pencinta burung hanya bisa bersedih dengan kondisi yang sekarang ini.

Burung anis kuning

burung anis kuning

sumber : www.burungocehan.link

Anis kening bisa di sebut juga punglor kayu merupakan burung yang memiliki nama familiar bagi pencinta burung.ukuran tubuh yang lumayan besar dan warna hijau yang mirip sekali dengan warna kayu.

Untuk suaranya burung ini merupakan burung gacor yang memiliki suara yang merdu sekali, seara gacoranya pun sangat bervariasi sekali.

 

Di indonesia sendiri dapat di hitung bahwa jenis burung memiliki jumlah 12 jenis yang terkenal di semua wilayah. Akan tetapi dengan berjalannya waktu, populasi burung punglor kini sudah semakin turun. Sehingga jenis burung pun menjadi berkurang, di tambah lagi dengan adanya penebangan hutan, pembakaran hutan dan pemburuan secara liar.

Bagi kita yang merasa pencinta burung tidak ada salahnya yuk kita melestarikan burung yang ada di indonesia ini agar kedepanya anak cucu kita bisa menikmati keindahan alam ini. Tidak hanya itu dengan kita berternak burung maka secara tidak langsung kita sedang membuka sebuagah bisnis yang nantinya akan mendapatkan uang.

Leave a Reply