√ Cara Membuat Bunga Dari Kertas Lengkap Dengan Gambar

Cara Membuat Bunga Dari Kertas 2018 Menarik Dan Mudah Di Buat

Cara Membuat Bunga Dari Kertas – Buat kamu yang masih bingung untuk menemukan kerajinan tangan apa yang akan kamu buat. Ide yang satu ini sangat cocok sekali untuk kamu jadikan referensi. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips dan trik cara membuat bunga berbahan kertas.

Ngga mungkin banget kan kamu bisa membuat bunga asli, hehehe. Eh ngomongin masalah bunga, siapa sih yang ngga seneng dengan tumbuhan yang satu ini. ya mungkin bagi para laki-laki memang ngga seneng, tapi kalaupun ada yang seneng patut dicuridai tuh, hehe.

Kebanyakan kaum wanita memang sangat menyukai bunga apa lagi bunga yang diberikan cowoknya. Wah pastinya pada girang hehehe.

Sebenarnya banyak sekali kerajinan bunga yang bisa kamu buat dengan menggunakan kertas. Kertas yang saya maksud adalah dari semua kertas, yang penting kamu kreatif maka sangat mungkin sekali kamu bisa membuat kerajinan yang satu ini.

Oke lah dari pada kelamaan mending kita langsung bahas ketopik saja. Yuk cekidot

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Origami

Bunga dari kertas origami
sumber : cindywoo.com

Baca Juga Cara Membuat Origami Dengan Bentuk Yang Unik Dan Lucu

Kertas origami memanglah kertas yang banyak digunakan untuk membuat segala macam bentuk kerajinan tangan dari kertas. Tapi kali ini kita akan menggunakan kertas ini untuk membuat bunga yang cantik.

Sudah ngga sabar untuk tahu caranya?, eits sebentar sabar dulu ya, sebelum kamu membuat kerajinan yang satu ini kamu harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Memang kamu akan mengeluarkan sedikit biaya yang digunakan untuk membeli kertas origami. Tapi bagi kamu yang sudah punya dari bekas kertas origami yang sudah tidak dipakai, kamu tidak usah beli yang baru. Langsung gunakan saja kertas yang lama agar menghemat uang.

Oke langsung saja yuk kita intip cara membuat kerajinan yang satu ini.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Lem
  • Kertas origami

Langkah-langkah

  • Pertama kamu bagi kertas origami menjadi dua bagian hingga membentuk segitiga
  • Setelah itu satukan kedua ujung hingga membentuk kerucut dengan satu ujung lancip
  • Setelah itu lem kedua sisi tersebut agar tidak lepas
  • Buatlah bentuk tersebut menjadi beberapa buah
  • Setelah itu barulah kamu susun bagian demi bagian agar membentuk bunga yang cantik
  • Tara bunga dari kertas origami sudah jadi

Untuk lebih detailnya silahkan simak pada video dibawah ini

 

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Kue

Membuat Bunga Dari Kertas Kue
sumber : kerajinantangann.blogspot.com

Kertas kue tidak hanya bisa digunakan untuk wadah kue saja loh. Ternyata kita juga bisa menggunakan kertas kue untuk membuat bunga yang cantik. Bagi kamu yang mempunyai kertas kue yang sudah tidak dipakai dari pada dibuang kan sayang, mending dibikin kerajinan yang satu ini.

Atau juga kamu bisa membelinya ditoko kue terdekat untuk mendapatkannya. Kerajinan yang satu ini sebenarnya sangat cocok sekali dijadikan ide bagi anak-anak sekolah yang sedang mencari sebuag kerajinan dengan hasil yang memukau. Karena pada dasarnya kerajinan bunga dari kertas ini memang mudah untuk dibuat.

Oke langsung saja kita masuk ketahap pembuatan bunga ini. seperti biasa kamu harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Lem
  • Kertas kue

Langkah-langkah

  • Beli terlebih dahulu kertas kue dengan berbagai warna, bisa dibeli ditoko terdekat
  • Guntinglah bagian tengah dari kertas kue tersebut, dan gunting bagian pinggirnya agar membentuk berbentuk tidak rata.
  • Setelah bagian tengah dibuang kemudian barulah proses pelipatan
  • Lipatlah kertas kue tersabut menjadi 4 – 16 lipatan, untuk bagian tangah bunganya hanya 4 lipatan saja
  • Kreasikan bentuk bunga sesuai dengan keinginan anda
  • Setelah itu satukan bagin demi bagin agar membentuk sebuah bunga yang unik.
  • Setelah semuanya disusun rapih langkah selanjutnya adalah merapihkan ujung kertasnya
  • Setelah itu barulah bisa dijadikan sebagai hiasan dinding yang bagus
  • Tara kini saatnya bunga diletakan pada tembok dengan solatip

Berikut Video tutorialnya

Baca Juga Kreasi Barang Bekas Unik Dan Mudah Di Buat

 

Cara Membuat Bunga Dari Kertas HVS

Membuat Bunga Dari Kertas HVS
sumber : hidupsimpel.com

Nah kertas HVS juga bisa kita manfaatkan untuk membuat kerajinan bunga. Pantinya dengan menghasilkan bentuk yang bagus dan unik loh. Kertas hvs yang digunakan tidak harus menggunakan kertas yang baru ya, kan ada tuh pastinya kertas hvs yang udah lama bekas bikin skripsi, hehe.

Okelah langsung saja bagaimana sih cara membuat bunga dari kertas hvs. Yuk ikutin langkah dibawah ini, namun sebel itu seperti biasa kamu harus menyiapkan bahan dan alat-alatnya.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Kawat
  • Lem
  • Kertas hvs
  • Cat air

#oh iya pastikan kertas hvs yang kamu gunakan adalah kertas hvs yang lunak dan tidak tebal agar mudah dibentuk nantinya.

Langkah-langkah

  • Tahap yang pertama adalah kamu warnai terlebih dahulu kertas hvs dengan cat air
  • Setelah itu keringkan terlebih dahulu
  • Setelah kering barulah kertas tersebut bisa dibentuk persegi simetris
  • Buatlah tiga buah 3 bentuk persegi dari masing-masing kertas hvs yang sudah di potong kecil
  • Setelah itu lipatlah kertas persegi tadi hingga membentuk segitiga sama sisi
  • Kemudian lipat lagi melalui diagonal segitiga tersebut hingga membentuk segitiga tidak sama sisi (bisa dilihat pada gambar dibawah)
  • Setelah itu buatlah pola seperti es krim pada kertas tadi dengan pensil
  • Setelah itu gunting dari pola yang telah dibuat tadi
  • Setelah digunting barulah lipatan tadi bisa dibuka
  • Tara bentuk pola bunga sudah kelihatan
  • Nah kemudian dari hasil pola bunga tadi potong satu bagian lipatan kertas yang membentuk kelopak bunga
  • Kemudian potong dua bagian kelopak bunga dari lipatan membentuk kelopak dari kertas yang kedua
  • Dan kemudian potong kembali tiga bagian kelopak dari kertas yang ketiga
  • Potongan tadi jangan dibuang, melainkan hanya dipisahkan saja karena akan digunakan untuk kelopak tengah pada bunga nantinya.
  • Gulunglah bagian demi bagian dari kertas yang sudah dipotong kelopaknya tadi hingga membentuk seperti corong
  • Dan lakukan langkah demi langkah pada gambar dibawah ini

Baca Juga Cara Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas

Berikut Vedeo cara membuat bunga matahari dari kertas HVS

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Flanel

Membuat Bunga Dari Kertas Flanel
sumber : saatsantai.com

Kertas flanel merupakan kertas yang memang sangat cocok untuk dibentuk menjadi bunga. Karakter kertas yang seperti kain ini mengandung serat yang sangat bagus sekali untuk dibuat menjadi bentuk bunga yang bagus tappi sederhana.

Tapi yang sulitnya memang pada dasarnya kertas ini memang susah untuk dilipat, maka dari itu kita hanya membuat bunga yang sederhana.

Namun bila anda kreatif sebenarnya kertas ini bisa saja dilipat semau kamu agar membentuk bunga yang keren dan cantik.

Penasaran dengan bentuknya yuk simak pada langkah pembuatanya, kamu harus menyiapkan baberapa peralatan terlebih dahulu.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Kawat
  • Pensil
  • Kertas flanel

Langkah langkah

  • Pertama kamu buat terlebih dahulu pola kelopak bunga pada kertas flanel dengan menggunakan pensil
  • Jika sudah membuat kelopak bunga maka langkah selanjutnya buatlah pola daun
  • Setelah itu kamu barulah pola tersebut digunting satu persatu
  • Setelah digunting kemudian satukan semua kelopak menjadi satu kemudian di lem
  • Kemudian ambil kawat yang sudah disediakan, dan kemudian lapisi kawat tersebut dengan kertas flanel sisaan
  • Satukan bunga yang sudah jadi tadi dengan kawat
  • Setelah itu barulah berikan daun dengan dililitkan pada kawat tadi
  • Tara selesai sudah membuat bunga dari kertas flanel

Berikut vedeo cara membuatnya

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Manila

membuat bunga dari kertas manila
sumber : alwaysautumn.com

Kertas manila juga bisa anda gunakan untuk membuat bunga, Pastinya bagi anda yang sedang mencari kerajinan tangan berbentuk bunga. Kertas ini sangat cocok untuk anda jadikan bahan dalam membuat bunga. Penasaran seperti apa proses pembuatannya yuk lihat video dibawah ini.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Kado

Bunga Dari Kertas kado

Kertas kado pada dasarnya bisa kamu gunakan untuk membuat bunga, kamu bisa mengkreasikan bentuk bunga menjadi bentuk yang menarik. Pada dasarnya kerajinan bunga mawar ini mudah untuk dibuat. Akan tetap kamu harus teliti ketika membuatnya.

Kegunaan kertas kado pada dasarnya berfungsi untuk membungkus kado. Akan tetapi pada kali ini kita akan belajar membuat bunga dari kertas kado. Dalam pembuatanya pun sebenarnya kamu tidak terlalu membutuhkan berbagai macam peralatan.

Pada gambar diatas lebih jelasnya berikut penjelasanya, namun sebelum itu kamu harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan bahan

  • Gunting dan lem
  • Pulpen/pensil
  • Kawat
  • Kertas kado

Langkah-langkah membuat

  • Ambil kertas kado terlebih dahulu, kemudian gunting kertas tersebut membentuk persegi empat yang simetris.
  • Setelah dipotong menjadi persegi, selanjutnya buatlah garis melingkar seperti obat nyamuk bakar tetapi tidak beraturan.
  • Setelah garis tersebut jadi kemudian gunting kertas tersebut dengan mengikuti garis yang dibuat tadi
  • Setelah digunting kemudian gulunglah kertas tersebut mulai dari pangkal guntingan hingga keujung.
  • Setelah selesai di gulung maka langkah selanjutnya rekatkan ujung kertas tersebut dengan lem.
  • Pastinya bentuk kelopak bunga sudah nampak
  • Setelah itu ambil kawat yang sudah disediakan tadi dan lapisi terlebih dahulu dengan kertas kado yang lain
  • Setelah itu tancapkan ujung kawat ketengah-tengah kelopak bunga, dan kemudian di lem
  • Setelah di lem maka tunggulah hingga kering terlebih dahulu.
  • Jangan lupa untuk membuat daunnya.
  • Tara bunga dari kertas kado selesai dibuat, kini saatnya membuat bunga yang selanjutnya agar bisa dijadikan sebagai hiasan meja.

Baca Juga Kerajinan Dari Stik Es Krim Berbentuk Unik Dan Lucu

 

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Karton

Bunga Dari Kertas karton
sumber : hidupsimpel.com

Kertas karton merupakan kertas yang memiliki berbagai macam jenis. Namun kertas karton yang digunakan untu membuat kerajinan yang satu ini adalah bukan kertas karton yang tebal melainkan kertas yang tipis. Tujuan menggunakan kertas karton yang tipis adalah untuk memudahkan dalam pelempitan nantinya.

Dari gambar di atas bisa disimpulkan bahwa langkah membuatnya sangat mudah, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini. oh iya jangan lupa siapkan alat dan bahan terlebih dahulu ya.

Langkah-langkah membuat bungan dari kertas karton

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Lem
  • Kertas karton

Langkah-langkah

  • Pertama siapkan terlebih dahulu kertas karton yang akan dibuat bunga
  • Kemudian potonglah bagian kertas karton yang besar tadi dengan ukuran persegi empat yang simetris
  • Setelah itu lipatlah kertas yang sudah dipotong tadi dengan lipatan yang simetris membentuk segi tiga
  • Kemudian lipat ujung kanan dan kiri menjadi bentuk persegi lagi
  • Kemudian buat lipatan lagi seperti gambar no 3
  • Kemudian ikutilah langkah no 4 dan seterusnya.

Membuat Bunga Dari Kertas Crep

Membuat Bunga Dari Kertas Crep
sumber : malindo.my.id

Kertas yang satu ini merupakan kertas yang bagus juga untuk dibuat bunga. Kertas yang memiliki karakter yang bisa dibilang hampir seperti tisu, hanya saja kartas yang satu ini lebih tebal dan berwarna.

Kertas yang sedikit merayang ini sangat bagus sekali untuk kamu jadikan berbagai macan kerajinan, salah satunya yaitu kerajinan bunga dari kertas. Kamu sebenarnya bisa mengkreasikan bentuk bunga sesuai dengan kemauan kamu.

Kamu bisa membuat bunga mawar menggunakan kertas ini atau juga bunga-bunga yang lain. Untuk warnanya kamu bebas memilih karena kertas ini memang memiliki banyak variasi warna.

Untuk cara membuat bunganya seperti apa?. Sebenarnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya terangkan pada kerajinan bungan dari kertas origami misalnya. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah tersebut.

Akan tetapi dari pada penasaran yuk kita langsung saja menuju TKP, hehe. Sebelum itu kamu harus menyiapkan bahannya dulu ya.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Pensil
  • Kertas crep
  • Kawat/ jarum yang sudah dikasih benang
  • Lem

Langkah pembuatan

  • Pertama kamu harus memotong kertas krep menjadi bagian yang panjang
  • Setelah itu masukan jarum yang sudah di isi benang kedalam kertas sehingga seperti orang yang menjahit
  • Setelah itu gulung perlahan kertas yang sudah dikasih benang
  • Setelah itu barulah tarik benang yang tadi sudah dimasukan
  • Tara kelopak bunga dari kertas crep sudah jadi

Baca Juga Kerajinan Dari Sedotan Mudah Dibuat Dan Unik

Berikut ini tutorial membuat bunga tulip dengan kertas krep, yuk tonton.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Lipat

bunga dari kertas lipat
sumber : Prima Stationery.com

Kamu juga bisa membuat bunga dari kertas lipat, yang mana kamu bisa mengkreasikan beberapa bentuk bunga dari gabungan kertas lipat. Pastinya akan lebih menarik lagi jika kamu menggabungkan 3 atau 5 kertas dengan warna yang berbeda, karena hal ini pastinya akan membuat bunga akan menjadi lebih menarik lagi.

Nah jika kamu ingin membuat bunga dari kertas lipat, yuk ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Yang pertama siapkan terlebih dahulu kertas lipat dengan warna yang berbeda. Pilihlah kertas yang berwarna cerah, kamu bisa pilih warna merah, kuning, dan ungu.
  2. Jika sudah kamu siapkan maka langkah selanjutnya adalah membuat kelopak bunganya. Yang mana kelopak bunga tersebut terdiri dari 2 lapisan kertas yang berbeda warnanya. Yang mana bagian depan kelopak tersebut berukuran kecil dan yang bagian belakang berukuran besar. Susunlah menjadi kelopak bunga dengan jumlah 5 kelopak.
  3. Jika sudah dibuat maka langkah selanjutnya yaitu menyatukan antara kelopak berukuran kecil dengan kelopak berukuran besar. Yang mana kelopak berukuran kecil diposisikan diatas kelopak berukuran besar. Jika sudah maka sudah terlihat bentuk kelopak bunganya.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat tangkai bunganya. Kamu bisa membuat tangkai bunganya dengang kawat yang dililit kertas sisa agar terlihat menarik. Agar lebih menarik lagi kamu juga bisa membuatkan daun dari sisa kertas tadi.
  5. Jika sudah kamu bikin tangkainya, kemudian kamu satukan tangkai dan bunganya, dengan menancapkan tangkai kawat tadi ketengah-tengah bunga yang sudah kamu buat tadi.
  6. Agar lebih kuat kamu bisa memberikan lem pada tusukan tersebut.
  7. Nah tara sekarang bunga dari kertas lipat sudah selesai kamu buat

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Koran

Membuat Bunga Dari Kertas Koran
sumber : kesekolah.com

Bagi kamu yang kreatif pastinya kamu akan membuat kerajinan yang satu ini. Bagi kita koran adalah suatu benda yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Karena memang koran mudah sekali untuk didapatkan.

Nah bagi kamu yang punya banyak koran dirumah dari pada dibuang mending kamu gunakan untum membuat bunga. Sebagai pelengkap dan variasi diding rumah pastinya kerajinan yang satu ini sangat bagus sekali.

Maka dari itu yuk kita belajar cara membuatnya, untuk korannya kamu tidak harus menggunakan koran baru. Dengan koran bekas juga kamu bisa membuat kerajinan ini. heem yuk ah langsung aja cara membuatnya.

Namun sebelum itu kamu harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan bahan

  • Gunting dan kater
  • Penggaris
  • Pensil
  • Jarum Quilling needle
  • Koran bekas

Langkah-langkah

  • Langkah pertana yang harus kamu lakukan adalah siapkan terlebih dahulu sebuah koran
  • Kemudian buatlah potongan-potangan kecil selebar 7 mm dengan sangat rapih
  • Kemudian gulung dengan menggunakan bantuan jarum tadi, atau jika tidak ada kamu bisa menggunakan lidi yang dibelah menjadi dua.
  • Kemudian barulah lipat kertas tersebut hingga membentuk kerucut hingga membentuk bunga
  • Jika sudah selesai maka kamu buat lagi gulungan tersebut hingga menjadi 5 biji
  • Jika sudah barulah satukan kelima bagian tadi menjadi satu hingga membentuk bunga dan kemudian dilem agar tidak lepas
  • Setelah itu tara bunga dari kertas koran sudah jadi

Baca Juga Kerajinan Dari Kardus Yang Bisa Menghasilkan Uang

Komentar

%d blogger menyukai ini: