99 Resep Dan Cara Membuat Donat Mudah Dan Dijamin Empuk

Cara Membuat Donat – Bicara tentang donat, siapa sih yang belum pernah makan kue yang satu ini. Saya yakin kamu semua sudah pada ngrasain dong yang namanya donat itu rasanya seperti apa. Bahkan kue yang satu ini sekarang bisa dibuat dengan bentuk bulat yang beraneka macam warna loh.

Mungkin dulu kamu pasti tahu dong donat itu hanya ada satu macam rasa saja, yaitu donat coklat. Dan bahan donatnya pun hanya satu saja, tapi sekarang bahan yang digunakan untuk membuat donat sangat banyak sekali. Bahkan cara membuatnya juga sangat gampang sekali, dan pastinya kamu bisa membuatnya sendiri dirumah loh.

Nah maka dari itu pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tips dan resep serta cara membuat donat. Dengan cara yang mudah dan pastinya kamu semu bisa membuatnya sendiri dengan mempraktekan resep donat dari saya ini.

Resep Membuat Donat Dan Cara Membuat Donat Sederhana, Gampang Dibuat

Cara Membuat Donat Original

Donat original merupakan donat yang sederhana dan mudah dibuat serta memiliki rasa original. Nah berikut ini resep donat original, namun sebelum kamu membuatnya pastikan terlebih dahulu kamu sudah menyiapkan bahan-bahannya dulu ya hehehe.

Bahan Yang Diperlukan :

  1. Siapkan 500 gram tepung terigu (tepung yang digunakan harus berprotein tinggi)
  2. Siapkan 100 gram gula pasir
  3. ¼ sdt baking powder
  4. 11 gram ragi ( 1 bungkus ragi instan )
  5. ½ sdt garam
  6. 100 gram mentega
  7. 2 kuning telur
  8. 250 ml susu cair

Bahan Untuk Olesan :

  1. Mentega
  2. Meises cokelat
  3. Cokelat yang sudah ditim
  4. Gula halus
  5. Selai

Note : untuk olesan bisa sesuai dengan yang kamu mau

Cara Membuat Donat Original

  1. Langkah pertama campur terlebih dahulu tepung terigu, gula, baking powder, ragi dan garam dalam satu wadah. Kemudian adukah hingga merata, kamu bisa mengaduknya menggunakan tangan tapi pastikan kamu sudah menggunakan sarung tangan dulu. Atau bisa juga menggunakan alat pengaduk dan sejenisnya.
  2. Jika sudah tercampur rata maka langkah selanjutnya adalah masukan kuning telur kedalam adonan yang sudah diaduk tadi. Jika sudah kemudian kamu uleni adonan tersebut hingga berbentuk butiran kecil.
  3. Kemudian kamu bisa memasukan susu dengan bertahap yaitu sedikit demi sedikit sambil diuleni, uleni adonan tersebut hingga merata.
  4. Jika sudah barulah kamu tambahkan mentega dan uleni adonan tersebut dengan gerakan memutar. Batinglah adonan sesekali agar adonan benar-benar padat, ulenilah hingga adonan kalis.
  5. Setelah selesai maka selanjutnya adalah mengumpulkan adonan dalam satu wadah dan kemudian biarkan selama 1 jam dengan keadaan tertutup kain.
  6. Setelah satu jam langkah selanjutnya kamu bisa pukul-pukul adonan tersebut hingga udara adonan tersebut keluar.
  7. Setelah itu kamu bisa membagi adonan itu menjadi beberapa bulatan katakanlah kamu membuat 30 bulatan. Setelah selesai maka biarkan terlebih dahulu selama 10-15 menit.
  8. Kemudian jika sudah kamu bisa melubangi adonan tersebut menjadi bentuk cincin dengan menggunakan tangan.
  9. Setelah semua adonan dilubangi maka langkah selanjutnya adalah penggorengan. Gorenglah donat dalam minyak panas dengan menggunakan api kecil. Goreng satu-persatu hingga berwarna menguning, kemudian balik hingga matang merata.
  10. Setelah itu angkatlah donat tersebut dan tiriskan hingga dingin.
  11. Tara langkah yang terakhir adalah membuat hiasan pada donat yang sudah matang tersebut. Kamu bisa mengkreasikan sesuai dengan selera kamu.
  12. Dan donat pun bisa kamu nikmati deh.

Cara Membuat Donat Kentang Untuk Pemula

Bagi kamu yang masih belum mahir dalam membuat donat, atau memang kamu sengaja ingin belajar membuat kue yang satu ini. Kamu bisa mempraktekan cara ini dirumah loh, pastinya resep ini akan membantu kamu dalam membuat sebuah donat yang lezat meskipun kamu masih pemula. Yuk kita intip saja bagaimana cara membuat donat kentang untuk pemula

Bahan Yang Diperlukan

  1. Siapkan terlebih dahulu 3 buah kentang berukuran besar dan sama rata. Jika sudah kemudian kupas terlebih dahulu dan cuci hingga bersih, setelah itu barulah kamu tumbuk kentang tersebut hingga halus.
  2. Siapkan juga terigu sebanyak 250 gr
  3. 2 buah telur yang sudah diambil kuning telurnya
  4. ½ bungkus fermipan
  5. 1 sendok makan mentega yang sudah dicairkan
  6. 1 sendok makan gulapasir atau bisa juga sesuai selera kamu
  7. Susu bubuk secukupnya sesuai keinginan kamu

Cara Membuat Donat Untuk Pemula

  1. Yang pertama harus kamu lakukan adalah mencampur semua bahan kedalam satu wadah. Dan jika sudah dicampurkan lalu diuleni hingga merata dan menjadi kalis dengan cara diuleni dan dibanting-banting.
  2. Setelah selesai maka langkah selanjutnya adalah membiarkannya duu dengan ditutupi kain basah. Tujuan ini agar adonan mengembang dengan baik, biarkan selama kurang lebih 40 menitan.
  3. Jika sudah maka bentuklah bulat-bulat seperti cincin dengan membuat lubang ditengah bulatan.
  4. Jika sudah selesai maka langkah selanjutnya ialah proses penggorengan. Goreng donat hingga matang dengan api yang sedang tapi tidak terlalu besar.
  5. Tara sekarang donat kentangnya sudah siap kamu hiasi sesuai selera kamu dan kamu bisa memakannya deh. Mudah bukan membuat donat kentang ini, oh iya perlu diingat agar jangan sering membolak balik donat. Tujuannya agar minyak yang menempel pada donat tidak berlebihan.

 

Cara Membuat Donat Kentang Empuk

Resep yang ketiga ini merupakan resep yang paling banyak dicari oleh semua orang pastinya. Kenapa? Karena dalam membuat donat hal yang paling penting adalah keempukannya saat dimakan.  Nah bagi kamu yang pengen membuat donat kentang yang empuk maka yuk simak resep yang satu ini.

Bahan Yang Diperlukan

  1. 100 gram kentang yang sudah di rebus dan ditumbuk halus
  2. 200 gram tepung terigu
  3. 15 gram susu bubuk
  4. 50 gram gula pasir
  5. 40 gram margarin
  6. 4 buah butir telur, ambil kuning telurnya saja
  7. ½ ragi instan / 5 gram ragi
  8. ½ sendok teh baking powder
  9. ¼ sendok teh garam
  10. 100 ml air es/dingin

Bahan Untuk Membuat Toping Coklat

  1. 250 gram coklat masak
  2. 100 gram margarin
  3. Meise secukupnya saja

Cara Membuat Donat Empuk

  1. Langkah pertama adalah campur tepung, gula, baking powder, ragi, dan susu bubuk dalam satu wadah. Kemudian aduk hingga merata, jika ingin bahannya halus maka bisa melakukan pengayakan bahan tersebut.
  2. Setelah itu masukan tumbukan kentang, kuning telur dan air es secara bertahap, kemudian barulah diuleni hingga adonan rata.
  3. Jika sudah rata maka langkah selanjutnya adalah tambahkan garam dan margarin yang sudah disiapkan tadi dan kemudian diuleni lagi hingga merata.
  4. Jika sudah selesai maka langkah selanjutnya tutuplah adonan tersebut dengan kain bersih dan biarkan selama 15-20 menitan.
  5. Jika sudah naka kempeskan adonan tersebut dan membaginya menjadi beberapa bagian dengan masing-masing bagian beratnya 30 gram lalu bentuklah menjadi bulatan. Dan jika sudah dibentuk bulat maka diamkanlah terlebih dahulu kurang lebuh 10 menitan.
  6. Lalu langkah selanjutnya adalah jika sudah mengembang maka buatlah lubang pada bulatan donat yang baru kamu bentuk bulat tadi pada bagian tengahnya.
  7. Langkah selanjutnya susun rapi pada loyang yang sudah ditaburi tepung terigu tipis dan biarkan selama 1 jam kurang lebih.
  8. Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah proses penggorengan. Gorenglah donat dalam keadaan minyak panas dan api sedang, hal ini agar donat cepat matang dan tidak gosong.
  9. Tunggu hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan, jika salah satu sisi sudah berwarna cokelat maka baliklah donat tersebut. Jika sudah matang maka langsung tiriskan hingga dingin
  10. Tara donat sudah jadi dan langkah selanjutnya adalah membuat toping coklatnya.

Cara Membuat Toping Cokelat

  1. Langkah pertama ialah tim coklat yang sudah kamu sediakan hingga meleleh.
  2. Kemudian celupkan salah satu bagian donat kedalam lelehan coklat tersebut. Jika sudah maka kamu bisa langsung menaburkan meises pada bagian yang dicelupkan ke coklat tadi.
  3. Tunggu dan diamkan cokelat tadi hingga dingin dan membeku
  4. Tara sekarang donat sudah siap dihidangkan dan dinikmati.

Komentar

%d blogger menyukai ini: