Cara Menanam Bawang Merah Agar Hasil Melimpah

cara budidaya bawang merah

sumber gambar : pexels

Cara menanam bawang- Bawang merupakan tanaman yang banyak kita temui pada wilayah dataran tinggi terkhusus di wilayah brebes misalnya. Karena lahan di jawa tengah memang bagus untuk menanam bawang.

Bawang merupakan tanaman yang memiliki harga yang bisa di bilang tinggi saat di pasarkan. Namun saat menanam bawang juga harus berhati-hati, karena bawang sangat sensitif sekali. Oleh sebab itu saya di sini akan membagikan cara menanam banwang dengan jitu.

Nah bagi anda yang tidak tinggal di jawa tengah pun jangan khawatir karena saya akan membagikan cara menanam bawang hanya dengan ember saja.

Dalam dunia bisnis memang banyak sekali selain dari budidaya bawang ada juga bisnis yang menguntungkan yaitu budidaya tanaman hidroponik misalnya. Yang sudah saya jelaskan cara budidayanya pada artikel sebelumnya.

Semua orang yang menanam bawang mengharapkan hasil panen yang di hasilkan melimpah, nah maka dari itu anda wajib membaca artikel ini sampai selesai.

 

Cara Menanam Bawang Merah Dengan Hasil Yang Melimpah

Okeh langsung saja ke topik pembahasan, namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda menanam bawang ialah:

Memilih Tempat Untuk Budidaya Bawang Merah

lahan tanaman bawang merah

sumber gambar : google

Seprti yang sudah saya katakan bahwa tidak sembarangan cara untuk kita menanam bawang. Untuk itu anda harus memperhatikan hal di bawah ini.

  • Pada umumnya tanaman bawang mampu hidup pada tanah yang mempunyai tekstur sedang, seperti tanah sawah dan bekas kebun kentang misalnya.
  • Jenis tanah yang di gunakan untuk menanam bawang adalah jenis Alluvial, Glei Humus dan Latosol.
  • Lahan tanah yang di gunakan harus memiliki PH 6-7
  • Kelembaban tanahnya pun yang baik menggunakan tanah yang memiliki kelembaban 60 %- 70%
  • Sedangkan untuk suhu yang baik untuk tumbuhnya bawang adalah berkisar 27-32 oC
  • Untu lahan yang di gunakan sebaiknya pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut

Nah itu dia hal yang wajib anda ketahui terlebih dahulu untuk menanam bawang merah. Langkah selanjutnya adalah anda harus mempraktekanya langsung.

Langkah-Langkah Cara Menanam Bawang Merah

1. Mengolah Tanah

cara mengolah tanah budidaya bawang

sumber gambar : youtube.com

hal yang paling penting adalah bagaimana cara terbaik mengolah tanah agar bibit bawang tumbuh subur. Berikut caranya :

  • Mengolah tanah dengan mencangkul lahan yang akan di tanami bawang hingga gembur dan kemudian biarkan selama beberapa hari.
  • Cek kadar keasaman tanah pada lahan yang akan di tanami bawang merah, jika kurang dari PH yang telah saya tuliskan di atas maka perlu penambahan kapur dolamite. Perbandinganya 1 ton:1 hektar tanah, setelah penambahan selesai biarkan selama kurang lebih dua minggu.
  • Setelah waktu yang di nanti telah selesai buatlah umbukan tanah dengan menggunakan pacul secara garis lurus sesuai lahan, dan lebar 1 meteran.
  • Berikan jarak umbukan sekitar ½ meter dengan umbukan laun
  • Beri pupuk pada tanah yang sudah di gemburkan dan kemudian di campurkan dengan tanah dengan cara di cangkul kembali
  • Kemudian biarkan lahan selama satu minggu, hal ini bertujuan agar tanah dengan pupuk dapat menyatu.
  • Setelah satu minggu mulailah menanam bawang

2. Memilih Bibit Bawang Yang Unggul

bibit bawang berkualitas

sumber gambar : pixabay

Setelah proses yang pertama sudah anda kerjakan maka selanjutnya anda harus memilih bibit bawang dengan kualitas yang baik. Karena kualitas bibit bawang juga sangat berpengaruh terhadap bawang yang di hasilkan nantinya.

Bibit bawang yang ideal di pakai adalah bibit yang sudah berumur 2 bulan. Jika kurang atau lebih maka hasil bawang tidak akan maksimal. Di sini anda harus jeli dalam mengelola bibit bawang.

3. Menanam Bibit Bawang

proses penanaman bibit bawang merah

sumber gambar : google

Setelah bibit bawang merah dengan kualitas baik sudah anda temukan maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit tersebut. Proses penanaman paling pas adalah ketika pagi hari saat matahari belum mengeluarkan panasnya.

Cara menaman bibit bawang adalah dengan menaroh bibit bawang kedalam tanah sehingga tenggelam. Jika sedang musim penghujan jarak tanam bibit sekitar 20 cm per jarak tanam. Sedangkan jika sedang musim kemarau adalah 15 cm per jarak tanam.

Hal ini bertujuan agar bibit bawang merah dapat tumbuh dengan bagus

4. Penyiraman Tanaman

proses penyiraman tanaman bawang putih

sumber gambar : google

Setelah kita menanam tentunya hal yang harus kita lakukan adalah menyiramnya.

Penyiraman bibit bawang yang sudah kita tanam tadi bertujuan agar mempercepat pertumbuhan bibit. Ketika awal penanaman penyiraman dilakunan sebanyak dua kali selama satu hari. Dan kemudian penyiraman dilakukan secara berturut-turut selama 10 hari.

Setelah bibit berumur 10 hari maka penyiraman hanya di lakukan 1 kali saja per hari hingga seterusnya. Dan setelah umur dua minggu bibit bawang merah wajib di beri pupuk orea sebanyak 90 kg, KCI 110 kg dan ZA 200 kg, ini resep untuk satu hektar tanah.

5. Perawatan Bawang Merah

proses pemberian pupuk pada tanaman bawang

sumber gambar : google

Setelah tumbuhnya tunas baru lah bisa di katakan berhasil ketika kita menanam bawang. Karena kebanyakan orang banyak yang tidak berhasil dalam prakteknya. Dalam merawat tanaman bawang hal yang perlu di perhatikan adalah pengairan dan pemupukan.

Hal yang harus rutin kita berikan adalah pengairan yang cukup, dengan pengairan yang cukup tumbuhan bawang akan memperoleh hasil yang bagus. Ketika kekurangan pengairan maka tumbuhan bawang akan menjadi layu bahkan mati.

Namun jika kebanyakan pengairan juga sangat tidak efektif hal ini di karenakan ketika tumbuhan bawang menerima banyak air maka bawang yang di hasilkan sangat buruk sampai-sampai pada busuk.

Oleh sebab itu demi keberhasilan tanaman bawang anda, hal yang perlu anda perhatikan hanya dua tadi.

6. Pencegahan Hama Pada Tanaman Bawang

proses pemilihan penyakit hama

sumber gambar : google

Tanaman bawang merupakan tanaman yang rentan sekali terhadap hama. Salah satu hama yang sering kita jumpai adalah ulat, hal ini bisa di lihat dari bercak putih pada daun .

Cara mengatasinya adalah dengan kita mengecek tanaman bawang merah setiap hari dan memilah bagian yang terkena hama tersebut langsung di buang. Hal ini bertujuan agar hama tidak menyebar pada daun yang lain.

Jenis penyakit lainya adalah layu, ya memang kebanyakan petani bawang sering menjumpai tumbuhan bawangnya layu, hal ini dapat di lihat dari menguningnya daun dan membusuknya pangkal bawang tersebut.

7. Masa Panen Bawang Merah

proses panen bawang merah

sumber gambar : google

Hal yang di tunggu-tunggu oleh para petani bawang adalah saat tiba waktunya memanen. Hal ini dapat di ketahui saat daun bawang merah mulai rebah. Nah ketika sudah terjadi demikian bawang yang kita tanam sesegera mungkin kita panen.

Pada umumnya hasil panen bawang merah menghasilkan 6-13 ton lebih bawang merah. Hal inii tergantung pada kondisi lahan yang kita gunakan tadi.

Namun sebelum proses pemasaran bawang merah harus terlebih dahulu di lakukan penyinaran matahari hal ini bertujuan agar bawang tidak cepat busuk dan tentunya sesuai permintaan pasar.

 

Cara Menanam Bawang Merah Dalam Pot

sumber gambar : urbania.com

Menanam Bawang Merah Menggunakan Pot

Bawang merah merupakan bumbu dapur yang harus ada pada suatu dapur sebab semua masakan tidak lengkap tanpa bawang merah.

Cara menanam bawang haruslah dengan benar agar tumbuhan bawang yang di hasilkan akan baik. Tentunya dengan cara menanam bawang dengan pot adalah salah satu solusi bagi anda yang memiliki lahan yang terbatas.

Bawang merah juga memiliki berbagai manfaat dalam kesehatan salah satunya ialah :

  • Dapat menurunkan kolestelor
  • Mengobati penyakit maag
  • Dapat mengobati diabetes atau kencing manis
  • Dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

Selain menggunakan yang luas anda juga bisa menanam bawang merah ini dengan lahan yang sedikit hanya dengan modal pot tanaman. Hal ini lebih efisien di lakukan bagi orang yang ingin menanam bawang merah namun tidak mempunyai lahan yang luas.

Cara ini banyak di praktekan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin melakukan eksperimen cara menanam bawang merah, dan cara ini sudah berhasil memperoleh hasil bawang yang bagus.

jika anda tertarik dengan cara budidaya yang satu ini, saya akan menjabarkan teknik kusus menanam bawang dengan media pot tanaman.

Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan :

1. Memilih Jenis Pot

Tumbuhan bawang bisa di katakan tumbuhan yang sangat unik karena tidak hanya memerlukan tanah yang luas untuk menanamnya. Menggunakan wadah pot adalah solusi bagi anda yang tidak memiliki kebun metode ini sangat cocok untuk anda terapkan.

Hanya bermodal pot anda dapat menanam bawang merah dengan hasil yang bagus. Adapun pot yangharus kita gunakan adalah sebagai berikut :

Pot yang di gunakan harus yang berlubang

Kenapa saya menyarankan memakai pot yang berlubang, karena dengan pot yang berlubang sirkulasi air ketika kita menyiramnya akan cepat meresap jadi tanaman bawang tidak akan mati.

Mungkin anda bertanya pasti tanah nya ikutan kebawa air, untuk jawabanya anda jangan khawatir tanah di dalam pot ikut kebawa air bilamana anda menyiramnya dengan cara yang kasar. Hehe

2. Menentukan Jenis Pot

Menentukan jenis pot sebagai media cara menanam bawang adalah hal yang harus di perhatikan sebelum anda menanam bawang di dalamnya.

Pot yang kita gunakan terdapat dua jenis pot yaitu :

Pot yang pertama pot gantung, pot gantung di jadikan media tanam dengan cara menggantungkan pot tersebut di tembok yang telah di sediakan.

Pot yang kedua adalah potyang di letakan di bawah, pot ini sebagai media tanam yang di letakan di atas lantai atau pun di atas tanah.

Pot yang di gunakan haruslah pot yang memiliki kualitas yang bagus dan kuat. Sebab jika kita asal memilih pot bisa jadi akan cepat rusak. Adapun ukuran pot yang di gunakan saya rekomendasikan agar tidak terlalu besar. Atau dalam arti lain pot yang di gunakan berukuran sedang.

3. Menanam Bawang Didalam Pot

Seperti menanam bawang biasa dengan cara mengubur bawang di dalam tanah. Hanya saja media tanah yang di gunakan hanya sedikit. Yang perlu anda perhatikan adalah anda harus mengolah tanah seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian atas.

4. Pemeliharaan Tanaman Bawang

Dalam memperhatikan kesuburan tanaman bawang tentunya kita harus selalu mencukupi kebutuhan yang harus anda siapkan. Seperti pemupukan, penyiraman misalnya.

Kesimpulan

Dalam menanam bawang dan membudidayakannya memang banyak sekali cara dalam penanamannya. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan dalam penanaman bawang adalah ketelitian kita dalam mengolahnya. Karena tidak sembarang media yang bisa kita jadikan tempat yang cocok untuk di tanami bawang.

Tanaman baang merupakan tanaman yang sedikit susah untuk di budidayakan karena tanaman ini sangat sentivitas sekali dengan iklim. Apabila iklim sedang bagus maka akan bagus pula hasil yang di hasilkan ketika panen nanti, namun ketika iklim sedang tidak bersahabat maka kemungkinan besar kita akan mengalami kerugian.

Namun hal tersebut dapat di atasi dengan cara yang kedua, kita bisa menggunakan media tanam apa saja yang penting mengikuti cara yang sudah saya sampaikan. Contohnya anda dapat menggunakan terpal misalnya dan di tanam di belakang rumah anda. Namun perlu di ingat bahwa pemilihan tanah harus benar-benar memenuhi persyaratan untuk tumbuhnya bawang.

Penutup

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon dimaafkan bila ada salah-salah kata dalam penulisan artikel ini. semoga bermanfaat untuk anda dan menjadi solusi ketika anda ingin menanam bawang merah maupun bawang jenis lainya.

Oh iya jangan lupa komen untuk perbaikan saya kedepanya dalam menyampaikan materi dan jangan lupa berlangganan juga ya. dan jangan lupa share bila artikel ini bermanfaat.