√ 20 Cara Menghilangkan Ketombe Ampuh Permanen Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan ketombe – Siapa sih yang mau kepalanya berketombe, tentunya kita semua tidak akan mau jika kepala kita berketombe. Apalagi ketika sedang berjalan bersama orang yang di cinta pastinya sangat malu bukan jika kepala kita berketombe.

Ketombe yang terdapat pada kepala bukan hanya mengganggu saja, akan tetapi membuat kepala tersa gatal. Tentunya hal ini akan membuat kita merasa risih dan jengkel bukan.

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun dalam pengatasanya semua manusia memiliki cara yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan sampo saja ketombe sudah hilang, ada juga yang semakin bertambah.

Ketika rambut kita berketombe sangat memungkinkan sekali kita sering menggaruk kepala. Akibatnya sering dari orang yang iseng menyebut kita seperti monyet. Siapa yang tidak jengkel dengan sebutan tersebut.

Nah untuk itu saya akan membahas bagaimana sih cara untuk mengatasi ketombe yang sangat mengganggu. Yuk baca sampai selesai.

Namun sebelum itu yuk kenalan terlebih dahulu menganai ketombe

Cara menghilangkan ketombe secara permanen

sumber : merdeka.com

Apa sih ketombe itu?

Ketombe merupakan kulit kepala yang mengering dan mati. Seperti kulit pada wajah yang jika sel kulitnya sudah mati maka akanterkelupas dari kulit yang lain. Begitu juga sama dengan kulit kepala, kulit kepala bisa mengelupas ketika sel kulit tersebut sudah mati. Akibatnya kepala kita akan merasa gatal, bahkan ada sebagian orang yang mengalami hal ini menjadi parah.

Dari situlah kepala kita akan merasakan gatal sehingga kita menjadi sering menggaruk kepala. Dengan kepala berketombe juga akan menyebabkan rambut rontok dan rambut menjadi kering.

 

Apa sih penyebab terjadinya ketombe.

Ketombe di sebabkan karena sensitifnya kepala kita,. Pada umumya penggunaan sampo yang tidak cocok pada kulit kepala. Seperti ketika menggunakan sampo kulit kepala kita terasa panas, nah rasa panas itu sebenarnya sampo tidak cocok untuk di pakai.

Selain itu cuaca juga dapat mempengaruhi adanya ketombe. Misalnya ketika cuaca panas maka kulit kepala akan kering dan menimbulkan ketombe

Jarang mencuci rambut

Hal yang pertama menyebabkan kepala berketombe adalah jarang mencuci rambut. Artinya ketika madi kita jarang sekali berkeramas dengan sampo. Ibarat tanaman yang tidak di beri pupuk lama kelamaan maka akan mati begitu juga dengan kulit kepala.

Bila kulit kepala tidak di rawat maka sangat mungkin sekali menjadi tidak sehat.

Kulit kepala berminyak

Pada poin ini juga dapat memicu terjadinya ketombe pada kepala. Karena jika kulit kepala berminyak maka dapat di mungkinkan jamur yang tumbuh pada kulit kepala sangat banyak sekali.

Nah jika dikulit kepala banyak jamur yang hidup maka otomatis kulit kepala akan kering dan akan mengakibatkan ketombe

Salah memakai sampo

Hal yang sudah banyak terjadi adalah karena ketidak cocokan kulit kepala terhadap sampo yang di gunakan. Terkadang kita tergoda dengan produk yang di dalam kaca tv menawarkan kesegaran dan anti ketombe. Namun pada kenyataanya kepala kita malah berketombe.

Hal tersebut dikarenakan oleh adanya iritasi pada kulit kepala yang mengakibatkan sel kulit kepala menjadi mati.

Bicara penyebab ketombe lantas bagaimana cara untuk menghilangkanya, agar bisa percaya diri kembali? Yuk simak di bawah ini :

Cara Menghilangkan Ketombe Permanen Dengan Bahan Alami

 

1. Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya

menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

sumber : pixabay.com

Yang pertama adalah lidah buaya, sepertiyang kita ketahui manfaat lidah buaya sangat banyak sekali bukang hanya bisa dijadikan masker menghilangkan komedo saja. Lidah buaya juga bisa di jadikan solusi bagi anda yang berketombe.

Untuk pemakaianya anda hanya mengoleskan lendir pada kepala saja. Sifatnya yang dingin ketika dipakaikan pada kulit kepala maka akan terasa segar.

2.  Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun

menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun

sumber : pixapay.com

Minyak zaitun banyak memiliki berbagai macam manfaat selain baik untuk kesehatan minyak zaitun dapat di gunakan sebagai obat penghilang ketombe.zat yang terkandung dalam minyak zaitun sangat melimpah sehingga akan menyuburkan kulit kepala kita kembali.

Minyak zaitun juga sangat mudah di temukan. Kita dapat membelinya pada toko-toko herbal maupun di supermarket.

Cara menggunakanya kita hanya cukup mengoleskan minyak zaitun kekepala secara merata. Dan tunggu hingga beberapa menit, yang paling di anjurkan di biarkan selama setengah jam.

3. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

jeruk nipis

sumber gambar : pixels

Jeruk nipis juga memiliki kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit. Penggunaan jeruk nipis ini sangat efisien sekali untuk mengatasi ketombe. Selain itu juga jeruk nipis dapat mengatasi masalah lain pada kulit.

Cara penggunaanya sama seperti menggunakan lidah buaya, pertama-tama kita peras terlebih dahulu jeruknya. Setelah diperas kemudian air jeruk dioleskan pada kulit kepala secara merata, dan kemudian diamkan selama setengah jam. Lakukan cara ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

4. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan  Yougurt

menghilangkan ketombe dengan yogurt

sumber : mylowerbloodpressure.com

Hasil dari fermentasi susu ini dapat kita gunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Kandungan probiotik pada yogurt dapat menghilangkan jamur pada kepala.

Probiotik adalah berarti bakteri baik yang bermanfaat untuk manusia.

Cara pemakaianya sangat mudah sekali

  • Hal yang pertama dilakukan adalah mencuci rambut dengan air hangat
  • Setelah itu keringkan dengan handuk
  • Setelah kering maka oleskan yougurt pada permukaan kulit
  • Biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas

5. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Baking Soda

menghilangkan ketombe dengan baking soda

sumber : pixabay.com

Baking soda bisa kita gunakan untuk membuat roti namun baking soda juga bisa kita gunakan untuk mengobati ketombe. Tetapi untuk penggunaanya sangat tidak disarankan sekali, seperti yang kita tahu bahwa zat ini mempunyai sifat yang keras.

Sehingga jika kita menggunakanya terlalu banyak maka otomatis kulit kepala akan menjadi rusak dan bisa jadi semakin parah. Kebanyakan menggunakan baking soda pada kepala juaga akan membuat rasa gatal yang mencekam.

Untuk itu gunakan lah secara bijak, untuk penggunaanya campur baking soda dengan air yang hangat dan kemudian aduk. Setelah itu barulah di oleskan pada kulit kepala.

6. Daun Pandan

cara mengatasi ketombe dengan daun pandan

sumber : pixabay.com

Daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Tetapi pada umumnya daun ini banyak dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Namun daun pandan juga mampu menghilangkan ketombe pada kulit kepala kita.

Caranya dengan menghaluskan daun pandan, kemudian setelah halus campurkan dengan air dan kemudian ratakan kedalam kulit kepala kita.

7. Lemon

Sama dengan jeruk nipis lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Oleh karena itu lemon juga dapat dijadikan obat menghilangkan ketombe dengan alami.

Selain tidak adanya efek samping yang di timbulkan, menggunakan lemon akan menyehatkan kulit kepala.

Cara pengaplikasianya juga sama dengan jeruk nipis, kita hanya memeras jeruk tersebut dan langsung mengoleskanya pada kulit kepala.

8. Bawang merah

Bawang merah bukan hanya di gunakan sebagai bumbu masak saja, akan tetapi bawang merah juga bisa di jadikan obat mujarap menghilangkan ketombe. Pada jaman dahulu bawang merah banyak di gunakan sebagai menghangat kepala bayi.

Cara menggunakan bawang untuk menghilangkan ketombe sangat sederhana sekali. Hanya dengan membelah bawang dan kemudian di oles-oleskan pada kulit kepala.

9. Minyak kemiri

cara menghilangkan ketombe dengan minyak kemiri

sumber : http://sarungpreneur.com

Minyak kemiri memang sangat bagus sekali untuk pertumbuhan rambut dan juga kulit. Banyak orang yang sudah menggunakan minyak kemiri ini untuk menjadikan rambut sehat. Terlebih lagi pada jaman nenek moyang dahulu, mereka banyak yang menggunakan minyak ini sebagai penyubur rambut.

10. Minyak almond

Minyak almo juga memiliki berbagai macam kegunaan. Sama seperti minyak zaitun, minyak almond juga bisa di jadikan sebagai obat menghilangkan ketombe.

Cara penggunaanya hanya dengan mengoleskan minya ke kulit kepala secara merata di biarkan selama setengah jam.

11. Garam

menghilangkan ketombe dengan garam

sumber : pixabay.com

Garam tidak hanya sebagai bumbu penyedap rasa saja, seperti yang kita ketahui garam memiliki banyak manfaat. Manfaat garam salah satunya adalah :

  • Garam bisa dijadikan sebagai pengawet makanan atau pun ikan
  • Garam juga bisa dijadikan obat ketika sakit perut yang berlebihan
  • Tentunya garam banyak di gunakan sebagai bumbu dapur

Garam juga bisa mengatasi masalah pada kulit kepala yaitu ketombe. Memang bayak sekali fakta yang menyebutkan bahwa air garam dapat mengangkat sel kulit mati. Sehingga kulit akan bertumbuh dengan lebih baik lagi.

Begitu juga dengan kulit kepala, meski memang terkadang air garam akan membuat rasa perih pada kulit. Akan tetapi sebenarnya rasa perih itu merupakan reaksi garam sedang mengatasi penyakit kulit tersebut.

12. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Daun Sirsak

Tidak hanya mengenal manfaat buah sirsak saja yang mungkin sebagian orang sudah tahu. Dari daunnya pun dapat di manfaatkan sebagai obat mengatasi ketombe.

Kandngan daun sirsak seperti acetogenin yang merupakan senyawa aktif yang mampu menghambat sel kanker yang akan tumbuh. Cara membuat ramuan ini sangat sederhana sekali yaitu dengan menghaluskan daun sirsak. Dan kemudian mengoleskan ke kulit kepala secara merata.

13. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jahe

Seperti yang kita ketahui manfaat jahe sangat banyak sekali. Jahe dapat kita gunakan untuk mengatasi ketombe, namun ketika menggunakan jahe maka akan terasa rasa panas pada kulit. Tentunya hal ini memang wajar, karena dari sifat jahe yang panas.

Oleh sebab itu jahe sangat cocok di jadikan wedang atau minuman ketika kedinginan, karena dapat menghangatkan badan.

14. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Jarak

Kandungan minyak jarak mampu mengobati masalah kulit pada tubuh manusia. Kandungan risin dan asam ricinoleat yang mempunyai karakter antimikroba dapat mencegah infeksi pada kult kepala.

Dengan menggunakan minyak jarak ini setiap hari kulit kepala anda akan terbebas dari ketombe.

Cara menggunakanya adalah

  • Ambil minyak secukupnya
  • Oleskan pada semua bagian kulit kepala
  • Tunggu hingga setengah jam (lebih lama lebih bagus)

Note : untuk hasil yang baik, minyak jarak di panaskan terlebih dahulu baru kemudian di oleskan dikulit kepala.

15. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan juga menggunakan bahan alami seperti yang sudah di bahas di atas. Kita bisa menggunakan bahan alam yang mudah di dapatkan seperti menggunakan jeruk nipis, lemon, lidah buaya.

Kita juga bisa mengatasi ketombe dangan menggunakan sampo alami maupun sampo yang sudah banyak di jual di pasaran. Namun hal yang perlu di ingat adalah kita harus memilih sampo yang benar-benar cocok dengan kulit kepala.

Ketika menggunakan sampo yang panas pada kulit kepala sebaiknya jangan di teruskan menggunakan sampo tersebut.

16. Cara Menghilangkan Ketombe Membandel

Apabila sudah menjalani cara yang sudah saya tulis di atas hal yang harus anda lakukan pertama adalah memeriksakan diri ke dokter. Namun pada umumnya dengan melakukan cara di atas dapat mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala kita.