√ Contoh Paragraf Deduktif Lengkap Dengan Pengertianya

Contoh Paragraf Deduktif – Bicara mengenai paragraf deduktif yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Kini saatnya mengulas tuntas mengenai paragraf deduktif mulai dari pengertian, contoh dan penjelasanya. Studi kasus yang ada didalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ini sudah tidak asing lagi untuk dipelajari, dan merupakan materi wajib yang harus dipelajari.

Saya berharap kamu semua paham dengan apa yang saya sampaikan pada artikel ini karena saya mencoba sebisa mungkin untuk menyampaikan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Selain itu juga saya mengharapkan kamu bisa membuat contoh paragraf deduktif sebagaimana untuk memenuhi tugas sekolah kamu.

Paragraf deduktif sendiri merupakan salah satu bagian dari macam-macam paragraf. Namun kali ini kita hanya akan belajar bagaimana cara dan contoh membuat paragraf deduktif.

Untuk itu yuk kita mulai masuk kedalam materi.

Namun sebelum kita membahas contoh-contoh paragraf deduktif tentunya saya akan jelaskan kembali mengenai apa pengertian paragraf deduktif.

Pengertian Paragraf Deduktif

apa itu paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah suatu paragraf yang kalimat utamanya terdapat pada awal paragraf atau kalimat. Terdapat dua bagian yang menyusun paragraf deduktif ini yaitu kalimat utama, dan kemudian di barengi dengan kalimat penjelas.

Neperti yang dikatakan tadi bawa inti dari paragraf deduktif adalah suatu kalimat yang penempatan kalimat utama atau kata-kata pertama yang berada di awal kalimat.

Nah dua bagian penyusun paragraf deduktif tersebut adalam merupakan pola bagi paragraf deduktif itu sendiri. Paragraf deduktif memiliki pola kalimat umum menuju khusus.

Untuk lebih jelasnya saya ilustrasikan seperti ini. paragraf deduktif yaitu paragraf yang memiliki kalimat utama di awal paragraf, dan paragraf deduktif tersusun karena adanya pola. Nah pola paragraf deduktif memiliki pola dari umum menuju khusus.

Artinya umum pada kasus ini adalah penggunaan suatu kata yang memiliki arti yang sangat luas. Kemudian menuju khusus yaitu penjelasan lebih rinci mengenai kalimat umum tadi.

Contoh : Pencemaran lingkungan, Nah pencemaran lingkungan merupakan kata yang memiliki makna umum. sedangkan untuk kalimat khususnya bisa saja penjelasan dan sebab terjadinya pencemaran lingkungan tersebut.

Nah seperti itulah sedikit gambaran mengenai penjelasan paragraf deduktif. untuk lebih jelasnya adan bisa baca pada artikel macam-macam paragraf yang sudah saya bahas pada artikel lain.

Contoh Paragraf Deduktif

Setelah kamu memahami penjelasan mengenai paragraf deduktif kini saatnya kamu mencoba mempraktekan dalam membuat paragraf tersebut.

1. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lalu Lintas

contoh paragraf deduktif tentang lalu lintas

sumber : pikiran-rakyat.com

  • Kemacetan lalulintas merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kota jakarta. Salah satu penyebab kemacetan tersebut adalah karena banyaknya jumlah kendaraan pada kota jakarta.

#Pada contoh pertama ini Ide pokoknya adalah ” Kemacetan lalulintas hal yang sudah tidak asing lagi”.

  • Adanya aturan lalulintas bukanlah untuk dilanggar melainkan untuk di taati. Namun pada kenyataanya banyak orang yang kurang memperhatikan hal tersebut. Bahkan ketika ditilang polisi mereka tidak merasa bersalah.

#Ide pokoknya “Aturan lalulintas bukan untuk di langgar tetapi untuk di taati”.

  • Banyaknya kendaraan mengakibatkan pembayaran pajak menjadi banyak pula. Namun dalam kenyataanya sedikit sekali orang yang mau membayar pajaknya.
  • Menggunakan helm adalah salah satu aturan lalu lintas yang harus di taati. Jika tidak menggunakan helm maka akan terkena denda sebagai mana yang tercantum dalam peraturan lalu lintas.
  • Menggunakan sabuk pengaman merupakan syarat yang wajib ditaati. tidak sedikin korban tabrakan yang meninggal gara-gara tidak memakai sabuk pengaman.
  • Salah satu penyebab banyak terjadinya kecelakaan adalah karena tidak mematuhi aturan lalulintas yang ada. Sikap tak acuh pada masyarakat indonesia sangat minim sekali , bahkan untuk keselamatan dirinya pun tidak dipikirkan.
  • SIM merupakan syarat pertama yang harus dimiliki oleh para pengendara. Tanpa surat ijin mengemudi maka seseorang sebenarnya tidak boleh mengendarai sepeda motor. Namun pada kenyataanya banyak sekali orang yang tidak memiliki SIM yang di sebabkan karena harga pembikinan SIM yang sangat mahal.

2. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

contoh paragraf deduktif tentang lingkungan

sumber : ipemanasanglobal.blogspot.com

  • Pencemaran lingkungan merupakan akibat dari aktifitas manusia, banyak pencemaran disekitar lingkungan yang membuat semua kehidupan ekosistem yang ada di alam tidak seimbang. Akibatnya manusia sendiri yang merasa rugi dengan hal ini.
  • Pembakaran hutan di kalimantan merupakan hal yang palig miris sekali. kejadian pada kemaren pagi pun membumihanguskan hutan.
  • Kelangkaan garam merupakan peristiwa yang sangat menggegerkan indonesia. Sebab garam merupakan bumbu dapur yang utama, tanpa garam ibarat kata hidup terasa hampa. Setok garam yang sedikit pun mengakibatkan terbatasnya penjualan.
  • Ekosistem air laut merupakan ekosistem yang terancam. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pembuangan limbah secara sembarangan di air laut.
  • Penghijauan adalah salah satu upaya untuk mereboisasi lingkungan. Dengan penerapan kegiatan ini pada suatu masyarakat, maka akan berbuahhasil yang manis. Udara pada lingkungan sekitar akan segar dan akan membuat kehidupan menjadi sehat.

3. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

kalimat deduktif tentang keshatan

sumber : helpsharia.com

  • Penyakit kanker merupakan penyakit ganas yang sulit untuk diobati. Tidak sedikit orang yang menderita penyakit tersebut mengalami kematian.
  • Kesehatan jantung merupakan hal utama yang harus di perhatikan. Karena jantung merupakan sumber dari kehidupan manusia. Seperti yang sudah diketahui penyakit jantung akan mengalkibatkan kematian.
  • Sebagai seorang dokter haruslah benar-benar ahli dalam melakukan semua hal. Sudah banyak korban meninggal dunia yang disebabkan oleh orang yang mengaku sebagai dokter.

4. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

kalimat deduktif pendidikan

sumber : shopback.co.id

  • Olimpiade tingkat nasional merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh para pemuda. Mereka menunjukan bakat dan keahlianya dalam bersaing untuk memenangkan pertandingan.
  • Pelajaran bahasa indonesia merupakan studi yang harus dipelajari oleh para siswa. Agar pandai dalam berbahasa dan berbicara, sebab sangat sedikit sekali orang yang pandai berbicara dengan benar dan sopan.
  • UN merupakan momok yang menakutkan bagi para siswa. Tidak sedikit siswa yang mengalami depresi ketika menghadapi ujian nasional ini. Apalagi jika tidak lulus ujian, banyak sekali yang bunuh diri karena tidak lulus ujian.

5. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Teknologi

contoh paragraf deduktif Tentang teknologi

sumber : ikaprama.org

  • Dijaman yang canggih ini semartphone merupakan barang yang amat penting bagi manusia. Banyak sekali orang yang menggunakan handphone untuk mempermudah sarana komunikasi.
  • Diciptakanya panel surya adalah sebagai solusi untuk menerapkan energi listrik ramah lingkungan. Dengan alat ini semua orang dapat membuat energi listrik sendiri tanpa harus menggunakan listrik pln.
  • Sosial media merupakan teman harian yang tidak bisa ditinggalkan. Sudah menjadi lumrah banyaknya akun yang dibuat oleh para penggunaanya. Namun adanya sosial media juga menyebabkan keburukan, seperti malas belajar dan lain-lain.
  • Dengan adanya internet membuat manusia dapat mengakses semua situs yang mereka inginkan. Namun banyak juga kejahatan yang beredar didunia maya berasal dari internet.
  • Teknologi GPS merupakan teknologi yang sangat canggih sekali. dengan adanya teknologi tersebut manusia bisa memanfaatkanya sebagai pengarah petunjuk jalan.

6. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebersihan

contoh paragraf deduktif tentang lingkungan

sumber : youtube.com

  • Salah satu sumberpenyakit adalah tidak bersihnya lingkungan hidup. Maka dari itu menjaga kebersihan adalah hal yang wajib diterapkan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan maka kemungkinan besar manusia akan hidup sehat.
  • Rumah yang bersih merupakan rumah yang sehat bagi penghuninya. Banyangkan saja jika rumah tidak bersih, selain tidak enak dipandang juga akan mengakibatkan tumbuhnya benih-benih penyakit.
  • Menjaga kebersihan badan merupakan hal pertama dalam menerapkan hidup sehat. Sebab kebersihan badan sangat menentukan sifat seseorang jorok atau tidaknya seseorang.

7. Contoh Paragraf deduktif Tentang Kedisiplinan

paragraf deduktif kedisiplinan

sumber : www.tni.mil.id

  • Aturan sekolah merupakan hal yang seharusnya ditaati para siswa. Namun sayangnya banyak sekali para siswa yang bolos pelajaran. Bahkan sekarang ini sudah banyak sekali para siswa yang berani merokok di halaman sekolah tanpa rasa bersalah. Akibatnya bisa jadi nama baik sekolah akan runtuh dimata masyarakat.
  • Negara indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi masalah aturan negara. Tetapi dalam kenyataanya banyak masyarakat yang melakukan pelanggaran. Akibatnya mereka dipenjarakan didalam sel selama beberapa tahun.
  • Kurangnya rasa disiplin yang dimiliki seorang siswa maka akan berdampak pada kemalasannya. Sehingga sifat disiplin sangat dibutuhkan sekali oleh para siswa dalam belajar disekolah. Tanpa kedisiplinan mereka akan bermalas-malasan dan akan berleha-leha.

8. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sekolah

contoh paragraf deduktif tentang sekolah

sumber : sekber-sra.com

  • Para siswa haruslah memiliki pola pikir madiri saat tidak ada guru dikelas. Seharusnya mereka berupaya mengundang guru untuk mengisi pelajarannya.
  • Sekolah yang bagus merupakan sebuah impian para guru dan siswa. Dengan adanya sekolah yang ideal dan bagus akan membangkitkan rasa semangat para siswa.
  • Sekolah SD merupakan sekolah yang pertama harus dilalui oleh para pelajar. Meskipun dalam kenyataanya ada sekolah taman kanak-kanat tetapi tidak diwajibkan oleh pemerintah indonesia.

9. Contoh Paragraf deduktif Tentang Budaya

contoh paragraf deduktif tentang budaya

sumber : belanegarari.com

  • Negara indonesia adalah megara yang memiliki banyak budaya. Berbagai budaya ada di negara indonesia mulai dari budaya adat setempat hingga budaya nasional masyarakat setempat.
  • Tari kecak merupakan tari budaya khas bali. Tari tersebut dimainkan setiap tahunnya oleh masyarakat setempat. Banyak juga orang yang ramai-ramai melihat tarian tersebut.
  • Budaya reog ponorogo merupakan budaya indonesia yang harus dilestarikan. Karena budaya indonesia yang satu ini sudah di akui oleh negara tetangga, padahal sudah jelas dari buktinya bahwa budaya tersebut berasal dari indonesia.

10. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pemanasan Global

contoh paragraf deduktif tentang pemanasan global

sumber : radarpekalongan.co.id

  • Jaman sekarang adalah jaman global warming dimana semua permukaan bumi mengalami kenaikan suhu yang tinggi setiap tahunya. Akibatnya iklim yang ada di bumi tidak menentu.
  • Banyaknya rumah kaca berdampak pada suhu udara di bumi. Hal tersebut dikarenakan oleh adanya pantulan cahaya balik yang dihasilkan rumah kaca. Seperti dikota-kota besar yang sekarang mengalami penaikan suhu udara. Tentunya hal tersebu akan membuat kehidupan tidak nyaman di wilayah tersebut.
  • Pembakaran hutan secara liar merupakan salah satu penyebab pemanasan global di muka bumi ini. Seperti hutan yang ada di kalimantan yang dibakar habis pada kala itu dan sempat menjadi viral di berita televisi.

Penutup

Semoga dari materi di atas dapat dipahami dengan baik dan benar sehingga membuat kamu bisa menyelesaikan tugas sekolah dan juga membuat kamu menjadi paham dalam menentukan dan membuat paragraf deduktif.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kali ini, sukses dari santrijawa. Bila ada salah kata saya mohon maaf, jangan sungkan untuk memberi saran maupun kritikan. Tulis komentar kamu mengenai tulisan-tulisan saya, dan jangan lupa baca artikel yang lainnya.

Jangan lupa suscribe dan share artikel ini jika bermanfaat. Untuk kamu dan teman-teman kamu.