Contoh Paragraf Deskripsi Lengkap Dengan Pengertian Dan Jenisnya

Contoh Paragraf Deskripsi – Yuk kita belajar bareng, kali ini kita masih membahas mengenai paragraf. Ya pembahasan paragraf adalah merupakan bahasa pelajaran bahasa indonesia. Sebelumnya saya juga sudah membahas mengenai paragraf deduktif beserta contohnya, jadi kamu bisa mempelajarinya disitu.

Ngomong-ngomong mengenai contoh paragraf deskripsi, sebenarnya apa sih paragraf deskripsi itu?. Mungkin bagi kamu yang belum mengetahuinya kan kebingungan bukan, maka dari itu yuk kita kupas tuntas mengenai pengertian paragraf deskripsi hingga contoh paragrafnya.

Dari penjelasan ini saya berharap kamu menjadi paham dengan apa yang sudah saya sampaikan pada pertemuan yang satu ini.

Pembahasan paragraf deskripsi ini adalah merupakan pembahasan yang sebenarnya sangat mudah. Karena memang pada dasarnya kalimat ini sering kita temukan dalam berbagai macam paragraf yang pernah dibaca. Maka dari itu untuk bisa mengenali kalimat tersebut kamu harus baca artikel ini sampai habis agar kamu paham dengan contoh yang telah saya berikan.

Oke lah yung langsung saja kita mulai mempelajari pengertian dan contoh kalimat deskripsi tersebut, yuk cekidot.

 

Pengertian Paragraf Deskripsi, Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi, Jenis-Jenis Paragraf Deskripasi Lengkap Dengan Contohnya

 

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi
sumber : baabun.com

Paragraf deskripsi adalah suatu paragraf atau kalimat yang menjelaskan dan menggambarkan atau mendeskripsikan suatu objek, tempat atau juga peristiwa tertentu dengan menggunakan kata-kata yang jelas sehingga orang yang membacanya seolah-olah merasakan sendiri mengenai peristiwa yang dijelaskan pada kalimat tadi.

Lebih detailnya sih seperti ini, bahwa paragraf deskripsi adalah paragraf yang menyampaikan suatu peristiwa dengan jelas dan gamblang kepada pembaca sehingga pembaca merasakan suasana pada paragraf tersebut.

Dengan paragraf deskripsi, karakteristik/ gambaran suatu objek menjadi terperinci. Dengan adanya gambaran tentang objek dengan rinci tersebut membuat para pembaca dapat mengetahui isi dari paragraf tersebut walaupun tidak melihan objeknya dengan langsung.

Dalam penggambaran karakteristik suatu benda biasanya didapat dari hasil pengamatan pada benda tersebut, atau sering disebut observasi. Hal ini bertujuan agar informasi yang ditulis adalah informasi yang berdasarkan fakta yang benar terjadi.

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Pada setiap jenis paragraf deskripsi memiliki beberapa ciri yang khas, berikut ciri-ciri paragraf deskripsi

  • Menggambarkan atau menjelaskan/ mendeskripsikan suatu objek, objek disini ialah bisa berwujud orang, benda mati, temat, maupun suatu keadaan tertentu.
  • Melibatkan dan dapat mempengaruhi indera manusia ketika membaca paragraf tersebut
  • Terdapat banyak kata sifat yang terdapat pada paragraf deskripsi
  • Menjelaskan suatu objek dengan sangat rinci
  • Melbatkan sisfat dan ciri-ciri yang terdapat pada objek yang dibahas, misalnya dari bentuk ukuran, warna dan lainya.
  • Ketika ada orang yang membaca maka pembaca tersebut seolah olah melihat langsung obek tersebut.

Nah itulah ciri-ciri dari paragraf deskripsi, namun tidak hanya itu paragraf deskripsi juga memiliki beberapa jenis. Jenis tersebut di antaranya yaitu :

Jenis Jenis Paragraf Deskripsi

Jenis Jenis Paragraf Deskripsi

  1. Paragraf deskripsi objektif

Paragraf deskripsi objektif adalah sebuah peragraf yang menggambarkan atau menjelaskan sebuah objek sesuai dengan kenyataan kondisi objek tersebut, tanpa adanya tambahan kata yang berbentuk opini.

  1. Paragraf deskripsi subjektif

Paragraf deskripsi subjektif adalah paragraf yang disusun berdasarkan keadaan perasaan penulisnya. Segala isi yang ada didalam perasaanya dituangkan semua dalam bentuk paragraf, sehingga paragraf deskripsi subjektif ini merupakan paragraf opini. Namun dalam penulisanya, penulis tetap memperhatikan susunan kata agar para pembaca juga seolah-olah bisa melihat dan merasakan apa yang sedang dibahas oleh penulis.

  1. Paragraf deskripsi spasial

Paragraf deskripsi spasial adalah paragraf yang menggambarkan keadaan tempat ataupun ruang. Dalam penulisanya tentunya penulis menjelaskan mengenai ciri-ciri dari tempat tersebut, sehingga para pembaca mampu membayangkan tempat yang diterangkan penulis tadi.

Contoh Paragraf Deskripsi

teks deskripsi
sumber : santrijawa.com

Nah inilah inti dari pembahasan diatas, kenapa dikatakan inti, ya karena kamu akan mengerti setelah melihat langsung contoh dari paragraf deskripsi itu sendiri. Tetapi pada dasarnya pastinya kamu sudah memiliki gambaran mengenai penjelasan diatas mengenai paragraf deskripsi.

Nah untuk itu yuk cermati contoh paragraf deskripsi berikut ini.

  1. Contoh Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf Deskripsi Objektif
sumber : pixabay.com

Berikut merupakan contoh paragraf deskripsi objektif.

  • Pantai karang song merupakan pantai yang ada di kecamatan indramayu, kabupaten indramayu, provinsi jawa barat. Untuk sampai kepantai tersebut membutuhkan waktu berkisar 30 menit dari alun-alun kota indramayu. Pantai tersebut bisa dibilang masih mempunyai keindahan yang bagus. Untuk dapat memasuki pantai tersebut biasanya harus membeli tiket terlebih dahulu dengan kocek yang lumayan murah yaitu sekitar 5 ribuan saja. Ombaknya yang lumayan tinggi ketika ada angin besar, menyebabkan para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang dipantai tersebut. Diwilayah barat pantai terdapat tumbuhan bakau yang sangat rindang sekali dan sangat indah untuk dijadikan tempat berfoto. Namun untuk sampai ke tempat tersebut harus menaiki perahu terlebih dahulu. Disisi lain pantai terdapat juga tumbuhan bakau yang rindang tetapi terdapat para penjual minuman maupun makanan yang berdagang dipinggir jalan. Sehingga tidak perlu khawatir akan kehausan. Untuk tempat parkiranya juga sudah disediakan jadi tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang dibawa, karena akan dijaga petugas. Namun memang harus membayar sebesar 2 ribu rupiah saja untuk parkirnya.
  • Pulau biawak merupakan sebuah pulau yang berada di tengah-tengah laut kota indramayu. Dalam pulau tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa serta memiliki udara yang sangat sejuk. Dan yang paling mengherankan adalah adanya biawak yang banyak sekali terdapat di pulau tersebut. Ditengah-tengah lautan masih ada biawak yang berkembang biak. Terdapat juga banyak pohon kelapa yang berbuah, sehingga kita dapat mengambinya sendiri tetapi harus ijin terlebih dahulu kepada penjaga pantai tersebut. Didalam airnya juga banyak ikan karang yang hidup dengan berbagai macam variasi, sehingga bisa menjadi wahana pemancingan ikan. Jadi tidak perlu khawatir kelaparan. Hanya saja jarak tempuh untuk sampai ke pulau biawak sangat jauh sekali, dan harus menggunakan perahu menyebrang lautan untuk dapat sampai disana.

 

  1. Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Paragraf Deskripsi Subjektif
sumber : pixabay.com

Berikut beberapa contohnya :

  • Bagi sebagian orang menganggap pantai karang song bukanlah pantai yang menarik sebab masih terdapat air yang kotor. Tetapi menurut saya pantai yang berada di kecamatai indramayu ini sangatlah enak untuk dijadikan tujuan berlibur. Adanya tumbuhan bakau yang banyak tumbuh disana, menjadikan pantai ini memiliki hutan mangrove yang sangat indah. Hamparan pasir yang lembut dan udara yang sangat bersih bagiku pantai song adalah pantai yang sangat menarik. Terlebih lagi jika menjelang sore, kita dapat menyaksikan pemandangan luar biasa yaitu terbenamnya matahari. Udara sore dan ombak yang semakin membesar menjadikan udara sekitar menjadi lebih sejuk dan segar. Apalagi banyak pengunjung dari semua kalangan yang banyak mengunjungi pantai tersebut. Apalagi sekarang sudah dibangunkan batu besar yang bertuliskan pantai karang song, semakin membuat menarik lagi untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Darisitulah pantai karang song merupakan pantai yang sangat indah menurut saya.

 

  • Apakah anda tahu surga yang tersembunyi yang terdapat di kota indramayu?. Ya tidak salah lagi pulau biawak adalah pilihan yang tepat, lebih tepatnya pulau tersebut berada di tengah-tengah laut. Pulau yang menyajikan pemandangan yang begitu indah karena tempatnya memang sangat bagus sekali. Pasir putih yang terdapat pulau tersebut seakan menggoda pengunjung untuk bermai pasir, namun sayangnya masih jarang sekali orang yang mengunjunginya. Walaupun begitu tetap ada penjaga yang menjaga pulau tersebut. Pulau biawak pernah menjadi pulau yang sering disinggahi para nelayan, dan merupakan tempat yang pernah viral di media sosial dengan keindahanya. Bagiku pulau tersebut adalah pulau yang amat sangat indah, pengalaman berkunjung kepulau biawak sampai saat ini masih ingat dan ingin mengunjunginya kembali.

 

  1. Contoh Paragraf Deskripsi Spacial

Paragraf Deskripsi Spacial
sumber : pixabay.com

Berikut contoh paragrafnya :

  • Ruangan kelas yang sudah direnovasi tersebut sekarang memiliki luas ruangan yang cukup luas yaitu dengan ukuran 10 m x 15 m sehingga sangat nyaman dan luas untuk ditempati. Warna abu-abu yang terdapat pada dinding kelas serta meja kayu yang dicat berwarna coklat, menjadikan ruangan tersebut menjadi lebih nyaman lagi. Terdapat rak buku yang ditempatkan dipojok kelas yang berisikan buku-buku pelajaran, majalah yang disusun dengan rapi. Juga terdapat papan tulis yang masih bersih dan mulus karena masih baru yang membuat rasa semangat dalam belajar. Dibagian luar ruangan kelas terdapat pot bunga yang berisi bunga matahari yang berukuran 40 cm x40 cm. Keindahan bunga matahari bisa dirasakan ketika pagi hari saat akan memasuki ruangan kelas. Sehingga bisa memanjakan mata ketika melihat pemandangannya. Serta pastinya menambah semangat untuk memulai belajar dikelas.

 

  • Gedung aula tersebut baru selesai dibangun dan memiliki bentuk yang lebih besar dari gedung sebelumnya. Bangunan gedung tersebut kira-kira memiliki luas 600 m2. Ketika dilihat dari luar, maka gedung tersebut nampak seperti menyerupai bentuk rumah biasa. Yang terdapat dua saka dibagian depannya, dan memiliki warna tembok yang putih polos. Dan terdapat berbagai macam tumbuhan yang ditanam disekeliling ruangan aula tersebut. Didalam aula terdapat desain yang luar biasa, adany kaligrafi yang dilukis beserta gambar para pahlawan, membuat ruangan tersebut sangat nyaman. Serta terdapat banyak kursi untuk tempat duduk para hadirin ketika sedang ada kegiatan.

 

Leave a Comment