13 + Contoh Simbiosis Mutualisme Lengkap Dengan Pengertiannya

Simbiosis Mutualisme – Hallo, Pada kali ini kita akan belajar mengenai simbiosis mutualisme. Udah pada tahu apa itu simbiosis mutualisme?. Nah maka dari itu yuk kita bahas bersama-sama.

Semua makhlik hidup pada dasarnya mempunyai pengaruh yang besar kepada makhluk hidup yang lain. Sehingga hal ini menyebabkan seluruh makhluk hidup yang tinggal pada suatu ekosistem akan saling ketergantungan dengan makhluk hidup yang lain. Tidak mungkin sekali makhluk hidup dapat bertahan hidup tanpa adanya ketergantungan pada makhluk yang lain.

Hal ini memang pada dasarnya masih dalam kategori pembahasan ekosistem yang pernah saya jelaskan sebelumnya. Pada dasarnya memang kurang lebih sismbiosis dengan ekosistem itu merupakan satu rangkaian. Karena dalam suatu simbiosis tanpa adanya ekosistem tidak akan mungkin terjadinya sebuah simsiosis. Begitu pula dengan sebaliknya, jika dalam suatu ekosistem tidak ada simbiosis maka tidak akan tercipta sebuah ekosistem.

Pada dasarnya simbiosis dibagi menjadi 3 kategori yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme. Yang mana dalam ketiga aspek ini mempunyai pengertian yang berbeda pula, untuk kejelasanya akan saya sampaikan pada artikel setelah ini.

 

Contoh Simbiosis Mutualisme Berserta Pengertiannya

simbiosis mutualisme
sumber : pixabay.com

 

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Sebelum kita membahas pengertian simbiosis mutualisme, saya akan sedikit mengulas mengenai simbiosis itu sendiri. Mungkin ada yang bertanya apa sih pengertian simbiosis itu. Simbiosis memiliki arti sebuah interaksi yang terjadi antara makhluk hidup.

Maka dari itu makna mutualisme sendiri memiliki arti saling menguntungkan, nah dari kedua arti tersebut dapat diambil kesimpulan tentunya.

Simbiosis mutualisme adalah interaksi yang saling menguntungkan. Lebih jelasnya seperti ini, bahwa simbiosis mutualisme adalah interaksi dua makhluk hidup berbeda yang saling menguntungkan satu sama lain.

Nah dari pengrtian diatas pastinya sudah jelas bukan?. Kalau belum jelas lebih gampangnya seperti ini mengenai pengrtian simbiosis ini yaitu interaksi antar makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Nah pastinya sudah jelas dengan pengertian yang satu ini.

Untuk memperjelas pengertian tersebut yuk lihat contoh dibawah ini.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut adalah beberapa contoh simbiosis mutualisme.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Bunga Dengan Lebah

simbiosis bunga denga lebah
sumber : kampus-biologi.blogspot.de

Lebah merupakan salah satu dari jenis serangga yang sangat membantu bunga dalam proses penyerbukan. Seperti yang kita ketahui bahwa sering kali lebah hinggap pada bunga-bunga untuk memperoleh makanannya.

Nah dari situlah simbiosis mutualisme ini terbangun, jadi pada intinya lebah mendapatkan makanan yang berupa sari bunga (madu) dari bunga. Sedangkan bunga dibantu oleh lebah dalam proses peyerbukan antara putik dengan benang sari.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Kupu-Kupu Dengan Bunga

simbiosis bunga dengan kupu-kupu
sumber : imagologi.com

Sama halnya dengan lebah, kupu-kupu juga merupakan salah satu serangga yang suka hinggap pada bunga-bunga. Tujuan hinggapnya kupu-kupu pada bunga adalah untuk memperoleh makanannya yang berupa sari manis yang terkandung pada bunga. sedangkan bunga juga dibantu proses peyerbukan pada bunga.

Prosesnya pun sama yaitu, lebah mendapatkan makanannya dan bunga juga dibantu oleh lebah, jadi ketika lebah hinggap dan mengambil sari manis dari bunga biasanya kaki kupu-kupu mengenai putik sehingga menyebabkan putik akan jatuk kebenang sari, dari proses itu lah bunga melakukan reproduksi.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Flagellata Dengan Rayap

simbiosis Flagellata Dengan Rayap
sumber : informazone.com

Rayap juga merupakan serangga yang memiliki bentuk tubuh yang kecil. Rayap biasanya hidup didalam kayu-kayu yang sudah kering. Nah didalam perut rayap terdapat sebuah organisme yang hidup dalam usus rayap. Yaitu flagellata, ketika rayap memakan kayu maka flagelata dari jenis Myxotricha dan Trichonympha akan membantu rayam dalam memcerna makananya.

Hal ini dikarenakan flagellata mengeluarkan enzim selulosa yang berfungsi untuk membuat kayu yang keras akan menjadi lunak.

Nah dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa keuntungan rayap yaitu ketika rayap memakan kayu maka rayap dibantu oleh flagella dalam mencerna kayu tersebut. Sedangkan keuntungan flagellata ialah dapat hidup didalam usus rayap.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Petani Dengan Burung Hantu

simbiosis Petani Dengan Burung Hantu
sumber :

Seperti yang kita ketahui burung hantu merupakan burung predator selain dari burung elang. Ketika petani mempunyai sebuah ladang yang ditanami tumbuhan tentunya pasti ada hama yang akan merusaknya. Seperti tikus misalnya dengan adanya burung elang maka hama tikut tersebut akan dimakan oleh burung hantu.

Nah dari contoh diatas dijelaskan bahwa petani mendapatkan keuntungan bahwa ladangnya terhindar dari hama berkat burung hantu. Sedangkan keuntungan burung hantu tersebut adalah mendapatkan makanan dari hama yang menyerang ladang petani tersebut.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Antara Burung Plover Dengan Buaya

Burung Buaya Dengan Plover
sumber : kaskus.com

Buaya adalah merupakan salah satu jenis hewan reptil yang bisa dibilang sangat ganas bagi manusia. Akan tetapi buaya juga mendatangkan manfaat untuk burung plover. Buaya sebagai sang predator pastinya suka memakan makhluk lain, akan tetapi ketika buaya makan tidak dikunyah. Hal ini menyebabkan masih terdapatnya sisa daging yang  menempel pada mulut buaya.

Dengan adanya sisa daging ini pastinya akan tumbuh beberapa parasit didalam mulut buaya. Nah dengan adanya burung plover maka mulut buaya akan dibersihkan oleh burung tersebut dengan memakan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada mulut buaya.

Keuntungan dari buaya adalah mulutnya dibersihksn oleh burung pluvor. Sehingga mulut buaya akan bersih, sedangkan keuntungan dari burung pluvor adalah mendapatkan sisa makanan yang terdapat pada mulut buaya.

  1. Hubungan Ikan Badut Dengan Anemon Laut

Ikan Badut Dengan Anemon Laut
sumber : kabehpedia.blogspot.com

Seperti yang kita ketahui ikan laut yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang sangat lucu sekali sesuai dengan namanya. Ikan badut senang sekali bermain bermain didalam anemon laut dan sering memakan kotoran yang menempel pada anemon. Dan ikan badut pun suka berlundung dari serangan predator dengan cara ngumpet di anemon.

Nah dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa ikan badut memperoleh keuntungan bisa ngumpet di anemon untuk berlindung dan mendapatkan makanan dari anemon. Sedangkan anemon sendiri mendapat keuntungan sebab ikan badut membersihkan anemon dari parasit dan kotoran yang menempel.

  1. Hubungan Burung Jalak Dengan Kerbau

simbiosis Burung Jalak Dengan Kerbau
sumber : gambarlucugif.xyz

Burung yang satu ini memang suka sekali bertengger di atas badan kerbau. Salah satu alasan mengapa burung ini suka bertengger di kerbau ialah untuk mendapatkan makanan. Burung jalak akan memakan kutu yang terdaoat pada badan kerbau. Sehingga burung jalak akan mendapatkan makanannya. Sedangkan kerbau sendiri merasa dibantu karena parasit yang hidup dikulitnya dimakan oleh burung jalak.

Dari contoh diatas bisa disimpulkan bahwa keuntungan burung jalak adalah memperoleh makanan yaitu kutu dari tubuh kerbau. Sedangkan keuntungan bagi kerbau yaitu merasa dibantu oleh burung jalak agar terbebas dari parasit seperti kutu.

  1. Hubungan Semut Dengan Burung Pelatuk

simbiosis burung pelatuk dengan semut
sumber : kependidikan.com

Burung pelatuk adalah burung yang suka membuat lubang di pohon-pohon untuk dijadikan sarang. Pada setiap pohon yang di hinggapi dan dijadikan sarang oleh burung pelatuk tentunya terdapat semut. Hal ini bertujuan agar telur dari burung pelatuk akan dilindungi oleh semut dari parasit. Sedangkan semut sendiri akan mendapatkan perlindungan dari burung pelatuk tersebut.

Nah kesimpulannya adalah burung pelatuk mendapatkan bantuan dari semut untuk menjaga telurnya. Sedangkan semut juga merasa dilindungi oleh burung platuk dari predator lain yang akan memakannya.

  1. Hubungan Bakteri Dengan Manusia

simbiosis Bakteri Dengan Manusia
sumber : salam-pengetahuan.blogspot.com

Dalam sistem pencernaan manusia pastinya terdapat satu bakteri baik yang membantu proses pencernaan. Bakteri yang bernama Escherichia Coli ini merupakan bakteri yang hidup pada usus manusia.

Dengan adanya bakteri ini dalam usus manusia akan membantu sekali dalam proses pembusukan feses dan akan mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang hidup pada usus.

Tidak hanya itu saja bakteri yang satu ini juga membantu dalam proses pembentukan vitamin K yang diperlukan oleh tubuh.

Dari contoh diatas dapat diambil kesimbupan bahwa, manusia mendapatkan keuntungan karena sistem pencernaanya dibantu oleh bakteri coli. Sedangkan keuntungan yang diperoleh bakteri coli adalah mendapatkan sisa makanan yang ada di usus besar.

  1. Hubungan Tumbuhan Dengan Semut Rangrang

simbosis Semut Rangrang Dengan Tumbuhan
sumber : alamendah.org

Seperti yang sering kita ketahui semut rangrang adalah semut yang senang sekali hidup di poho-pohon. Contoh pohon yang sering tempatinya seperti pohon mangga, serikaya dan lainnya. Pastinya kita pernah mendapat sengatan semut ini ketika sedang memanjat pohon mangga tersebut. Pastinya kita akan merasa terganggu sekali dengan keberadaan semut dipohon mangga kita.

Hal yang harus kita ketahui adalah bahwa semut rangrang ini sebenarnya banyak memiliki manfaat dengan keberadaan di pohon mangga kita. Semut rangrang sering kali memakan hama yang tumbuh pada daun pohon mangga yang ditempatinya.

Selain itu juga semut dapat membuat serang pada pohon mangga tersebut untuk perkembang biakannya.

Nah dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa semut memperoleh keuntungan dari pohon yaitu bisa membuat sarang pada pohon tersebut. Selain itu juga semut bisa memperoleh makanan dari hama yang menyerang pohon tersebut.

Sedangkan keuntungan dari poho mangga adalah dapat terhindar dari hama yang menyerangnya sehingga pohon dapat bertumbuh dengan baik.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Lalat Dengan Bunga Raflesia

Simbiosis Bunga raflesia dengan lalat
sumber : youtube.com

Bunga raflesia adalah bunga yang memiliki bau yang tidak sedap. Akan tetapi bunga yang satu ini merupakan bunga yang mendatangkan manfaat bagi organisme lain. Seperti halnya lalat, bunga raflesia ini sering sekali dihinggapi oleh lalat karena bau yang tak sedap tersebut.

Akibatnya lalat memperoleh makanan dari bunga raflasia tersebut. Dengan adanya lalat yang hinggap dan mencari makananya pada bunga raflesia tersebut membantu bunga bangkai dalam penyerbukan.

Nah keuntungan yang diperoleh lalat adalah memperoleh makanan dari bunga raflesia. Sedangkan keuntungan bunga raflesia adalah mendapatkan bantuan dalam melakukan penyerbukan karena putik yang dikenai lalat akan jatuh kebenang sari.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Kacang-Kacangan Dengan Bakteri Rhizobium

Simbiosis Bakteri Rhizobium dengan tanaman kacang
sumbeer : guruilmuan.blogspot.com

Tumbuhan kacang-kacangan adalah merupakan tumbuhan yang memerlukan tanah yang mengandung nitrogen untuk pertumbuhannya. Maka dari itu dengan adanya bakteri ini yang ada pada dalam tanah akan sangat membantu sekali. karena bakteri Rhizobium ini mampu memperoleh nitrogen yang dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman kacang.

Keuntungan yang diperoleh tumbuhan kacang adalah dapat memperoleh nitrogen yang dihasilkan dari bakteri Rhizobium untuk pertumbuhannya. Sedangkan keuntungan bakteri Rhizobium adalah mendapatkan makanan yang terdapat pada akar tanaman kacang.

  1. Contoh Simbiosis Mutualisme Kutu Daun Dengan Semut

Simbiosis Semut Dengab Kutu Daun
sumber : pixabay.com

Kutu daun merupakan parasit yang sangat merugikan sekali terhadap semua tanaman yang dihinggapinya. Tetapi berbeda dengan pandangan semut, kutu daun merupakan organisme yang sangat menguntungkan bagi semut.

Kutu yang menghisap getah daun ketika sesudah menghisap maka semut akan menghampirinya untuk menekan bagian punggung kutu sehingga cairan getah yang sudah diproses didalam tubuh kutu akan keluar dan kemudian dimakan oleh senut.

Sedangkan semut sendiri membantu kutu daun untuk mencari makanannya. Caranya yaitu semut membawa kutu kepohon yang memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki kandungan getah yang banyak.

Leave a Comment