11 Contoh Simbiosis Parasitisme Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Simbiosis Parasitisme Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Simbiosis Prasitisme – Kembali lagi bersama saya disini, kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai simbiosis yang mana pembahasna ini adalah pembahasan yang kedua. Pembahasan yang pertama sudah saya jelaskan mengenai simbiosis mutualisme secara lengkap dengan contohnya, kamu bisa membacanya disana.

Bicara mengenai simbiosis parasitisme pastinya kamu akan teringat tentang parasit. Ya betul kamu pastinya akan jiji dan geli mendengarnya, parasit adalah suatu organisme yang sangat berbahaya sekali bagi makhluk hidup yang terkenanya. Bahkan tidak dipungkiri manusia juga bisa terserang parasit yang berbahaya bagi tubuhnya.

Nah dari sekian banyaknya jenis simbiosis yang berada pada ruang lingkup biologi, terdapat satu simbiosis yang merugikan bagi makhluk hidup yang dihinggapinya.

Sebelum kita membahas contoh simbiosis parasitisme, yuk kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari simbiosis parasitisme tersebut.

 

Pengertian Simbiosis Parasitisme, Beserta Penjelasan Dan Contoh Simbiosis Parasitisme Lengkap

 

Simbiosis Parasitisme
sumber : youtube.com

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Seperti yang sudah saya terangkan pada artikel sebelumnya bahwa simbiosis adalah suatu interaksi. sedangkan parasitisme adalah parasit, sebagaimana yang kita tahu sifat parasit adalah merugikan.

Parasit tidak bisa hidup dengan sendirinya, artinya parasit membutuhkan makhluk lain sebagai tempat tinggalnya. Namun parasit ini tidak mendatangkan manfaat apa-apa bagi makhluk yang ditumpanginya.

Jadi pada dasarnya parasit tidak akan bisa hidup tanpa adanya makhluk hidup sebagai tempat pertumbuhannya.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian simbiosis parasitisme adalah suatu simbiosis atau hubungan yang dialami oleh dua makhluk hidup yang berbeda jenis, tetapi dalam hubungannya terdapat salah satu pihak organisme yang merugikan organisme yang satunya.

Nah sudah jelas bukan?. Jika belum jelas maka saya perjelas lagi mengenai pengertian simbiosis parasitisme ini. Jadi pada intinya seperti ini, Simbiosis parasitisme yaitu suatu hubungan antara dua organisme yang salah satunya merugikan organisme yang satunya lagi.

Nah untuk lebih jelasnya yuk langsung saja kamu lihat pada contoh dibawah ni.

Contoh Simbiosis Parasitisme

Pada dasarnya banyak sekali contoh simbiosis parasitisme sangat banyak sekali, akan tetapi saya hanya sebutkan beberapa saja.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Cacing Pita Dengan Manusia’

Simbiosis Parasitisme Cacing Pita
sumber : oomph.co.id

Pernah dengar cacing pita?. ya mungkin sangat familiar sekali nama cacing yang satu ini bagi telinga kita. cacing yang satu ini memang sangat beda sekali dengan cacing tanah karena memang berbeda dari spesiesnya. Cacing yang berada pada sistem pencernaan manusia ini, khususnya berada pada usus manusia.

Kenapa cacing pita merupakan hewan simbiosis parasitisme, ya karena cacing pita adalah salah satu jenis parasit yang sangat merugikan bagi manusia. Keuntungan yang diperoleh cacing pita yaitu cacing pita dapat hidup didalam usus manusia dengan mendapatkan makanan yang ada didalam usus manusia secara gratis.

Dengan adanya cacing pita pada tubuh manusia justru akan merugikan manusia itu sendiri. Hal ini dikarenakan sari yang terdapat pada makanan diserap oleh cacing pita terlebih dahulu sebelum akan dicerna oleh tubuh.

Orang yang menderita penyakit ini biasanya sering mengalami mual dan pusing. Penyakit yang disebabkan cacing pita ini adalah penyakit sistiserkosit dan taeniasis. Orang yang mengalami penyakit tersebut biasanya akan memiliki tubuh yang sangat kurus.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Antara Benalu Dengan Inangnya

simbiosis parasitisme benalu
sumber : barusip.blogspot.com

Nah yang kedua adalah benalu, pastinya kita sudah tahu dong dengan organisme merugikan yang satu ini. Namun sebenarnya benalu merupakan organisme yang mampu membuat makanannya sendiri. Hal ini dikarenakan benalu memiliki klorofil yang digunakan untuk fotosintesis.

Akan tetapi mengapa benalu dijadikan sebagai organisme yang merugikan. Karena benalu hidup menempel pada inangnya sehingga sumber air yang terdapat pada inang akan diserap oleh benalu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa inang akan merasa terugikan dengan adanya benalu.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Antara Tali Putri Dengan Inangnya

Simbiosis Parasitisme Tumbuhan Tali Putri
sumber : temanartikel.blogspot.com

Siapa sih yang tidak mengenal tumbuhan tali putri. Tumbuhan yang sering kita jadikan untuk bermain waktu kecil dulu. Ya tanaman tali putri adalah merupakan contoh simbiosis parasitisme.

Seperti yang dapat kita ketahui tumbuhan tali putri adalah tumbuhan yang menempel pada tanaman lain. Dari situlah tali putri merupakan parasit bagi tumbuhan lain, hal ini disebabkan karena tali putri tidak memiliki klorofil. Artinya tali putri tidak bisa membuat makananya sendiri maka dari itu tali putri dapat bertahan hidup dengan menempel pada organisme lain.

  1. Contoh Simbiosis Tikus Dengan Petani

Simbiosis Parasitisme Tikus
sumber : pixabay.com

Hewan yang satu ini kerap sekali menjadi masalah besar bagi para petani. Tikus memang kerap sekali menyerang padi disawah petani, yang mengakibatkan rusaknya tanaman padi.

Dalam kasus ini kenapa di namakan dengan simbiosis parasitisme, karena tikus merugikan petani. Padi yang ditanam petani dirusak dan di makan oleh tikus sehingga petani mengalami kerugian.

  1. Contoh Simbiosis Kutu Dengan Manusia

simbiosis parasitisme kutu
sumber : asalkamutahu.com

Hewan yang satu ini kecil namun sangat mengganggu sekali. pastinya kamu sudah pernah mengalami terkena kutu di kepala, tentunya sangat mengganggu sekali bukan. Hal ini memang sangat merugikan sekali untuk manusia, jika kepala yang ada kutunya pasti sangat gatal sekali.

Tetapi hal tersebut sangat menguntungkan bagi kutu, karena dapat hidup dengan menghisap darah yang ada di kepala. Tidak hanya bisa bertahan hidup saja jika tidak cepat diatasi maka kutu pun akan berkembang biak didalam kepala.

  1. Simbiosis Panu Dengan Manusia

Simbiosis Parasitisme Panu
sumber : sajiansedap.grid.id

Panu merupakan salah satu penyakit kulit pada manusia yang sangat mengganggu sekali keberadaannya. Contoh simbiosis parasitisme panu ditimbulkan akibat adanya jamur yang hidup di kulit manusia.

Jamur dapat hidup dengan mendapatkan makananya dengan menyerap kandungan protein yang ada pada kulit. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi jamur, tidak hanya itu saja jamur juga menjadikan kulit sebagai tempat tinggalnya.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi manusia, alasan merugikan karena manusia akan merasakan rasa gatal pada kulit. Selain itu juga panu sangat mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

  1. Simbiosis Raflesia Dengan Inangnya

Simbiosis parasitisme
sumber : padangkita.com

Bunga yang satu ini memanglah sangat unik sekali, karena hidup tidak mempunyai daun, batang dan juga akar. Akan tetapi bunga yang satu ini adalah merupakan tumbuhan parasit. Contoh simbiosis parasitisme bunga rafflesia ini hidup dengan bergantuk pada tanaman lain.

Tumbuhan ini mampu hidup dengan menyerap makanan yang ada pada tumbuhan lain maka dari itu bunga yang satu ini dinamakan dengan bunga parasit. Akibatnya tumbuhan yang ditempeli bunga ini akan merasa rugi karena makanan yang dihasilkannya diambil begitu saja oleh bunga rafflesia.

  1. Simbiosis Alang Alang Dengan Tanaman

Simbiosis parasitisme
sumber : id.wikipedia.org

Alang-alang merupakan gulma karena memiliki senyawa alelopati yang akan dikeluarkan sebagai racun. Tanaman alang-alang menjadi contoh simbiosis parasitisme dikarenakan dapat menghambat tanaman produksi.

Alang-alang mampu hidup dengan mengambil kandungan unsur hara pada tanah. Sehingga tanaman produksi dengan alang-alang akan saling berebutan untuk mendapatkan makanan.

Hal tersebut sangat merugikan tanaman produksi, sebabnya alang-alang akan mengeluarkan racun yang berbahaya untuk tanaman produksi. Sehingga tanaman produksi bisa saja mengalami kematian, hal ini dikarenakan alang-alang akan menghambat pertumbuhan tanaman produksi.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Cacing Hati Dengan Sapi

Simbiosis parasitisme
sumber : bantul.sorot.co

Sama halnya dengan cacing pita yang ada didalam usus manusia. Cacing hati juga merupakan parasit yang sangat berbahaya pada hati hewan. Hal ini disebabkan karena cacing hati dapat hidup didalam hati sapi dengan memperoleh makanan yang dihasilkan oleh sapi.

Akibatnya sapi yang terkena cacing hati ini akan terlihat tidak sehat, itu sebabnya sapi sangat dirugikan dengan adanya cacing hati ini. selain itu juga sapi yang terkena cacing hati akan tidak layak untuk dikonsumsi manusia. Hal ini dikarenakan bisa saja cacing hati tersebut dapat berkembang biak pada manusia.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Lalat Dengan Buah-Buahan

simbiosis parasitisme
sumber : karonewsupdate.wordpress.com

Buah yang segar merupakan buah yang enak untuk dikonsumsi manusia. Akan tetapi menjadi incaran bagi lalat, lalat merupakan hewan yang sebenarnya bukan merupakan parasit. Hanya saja lalat banyak merugikan organisme lain yang dihinggapinya.

Buah yang segar yang dihinggapi lalat menjadi sasaran empuk bagi lalat untuk menjadi tempat penyimpanan telurnya. Lalat biasanya menyuntikan telur kedalam buah yang segar. Sehingga mengakibatkan buah yang segar tadi lama-kelamaan akan membusuk dan akan terjatuh dari pohonnya.

Banyak sekali buah yang menjadi incaran bagi lalat seperti buah mangga, jambu, cabe, tomat dan lain-lain. Lalat betina menyuntikan telurnya kedalam buah tersebut untuk perkembang biakan larva.

Nah larva inilah yang dapat merusak daging buah yang mengakibatkan buah menjadi rusak. Hal ini sangat merugikan sekali bagi buah tersebut karena dagingnya dirusak oleh larva lalat.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Nyamuk Dengan Manusia

Simbiosis parasitisme
sumber : hellosehat.com

Nyamuk merupakan hewan yang sangat menjengkelkan sekali pastinya. Pastinya kita sering digigit nyamuk apalagi bagi orang yang tinggal dipedesaan pastinya sangat banyak sekali hewan yang satu ini. nyamuk merupakan contoh simbiosis parasitisme karena merugikan pihak lain.

Nyamuk mampu bertahan hidup dengan menghisap darah dalam tubuh manusia. Akibatnya terkadang kulit menjadi bengkak, dan hal yang mengerikan lagi adalah nyamuk dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Dari kasus ini pastinya sangat merugikan bagi manusia karena manusia menjadi kehilangan darahnya. Dan juga menyebabkan kulit menjadi gatal dan bengkak, dan juga bisa terserang penyakit demam berdarah.

Leave a Comment