√ Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Dengan Pengertian Dan Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Bertemu lagi dengan santrijawa, pada kali ini kita tidak bosan bosan untuk belajar dan belajar. Ya seperti biasa materi yang saya sampaikan pada kali ini adalah materi bahasa indonesia.

Mungkin bagi kamu yang belum paham dengan teks eksplantasi ini akan bingun. Maka dari itu yuk sekarang kita bahas dan belajar secara detail tentang materi ini. saya berharap setelah kamu membaca tulisan saya, kamu menjadi paham dan bisa membuat contohnya.

Maka dari itu sengaja saya buat materiini dengan banyak contoh agar kamu bisa lebih memahaminya. Yuk langsung saja simak dengan teliti ya. Namun sebelum itu saya akan memaparkan pengertian teks ekplantasi terlebih dahulu.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian TePengertian Teks Eksplantasiks Eksplantasi

sumber : contohbelajar.net

Teks eksplantasi adalah sebuah paragraf yang berisi informasi tentang suatu kejadian atau peristiwa yang didasari oleh unsur mengapadan bagaimana. Lebih detailnya seperti ini bahwa teks eksplantasi ialah teks yang mempunyai informasi yang didasari mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.

Tentunya peristiwa yang dimaksud adalah peristiwa alam, sosial, budaya dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk lebih jelasnya saya akan bahas pada contoh dibawah.

Nah itulah pengertian teks eksplantasi secara umum, untuk mengetahui teks eksplantasi kamu bisa melihat pada ciri-cirinya. Jadi dengan kamu mengetahui ciri-cirinya maka kamu akan mengerti ketika membaca suatu teks atau suatu kalimat. Berikut ciri-ciri teks eksplantasi yang harus kamu ketahui

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

sumber : jurnalistikonline.com

Pada dasarnya teks eksplantasi memiliki tiga ciri khusus yang dapat kamu ketahui, berikut ini adalah ciri-cirinya.

  • Memiliki fakta yang ilmiah
  • Berisikan peristiwa yang nyata terjadi dan berupa fakta
  • Memiliki struktur pernyataan yang terdiri dari tiga pernyataan yaitu sebab akibat, umum dan interpretasi.

Selain dari ciri-ciri diatas teks eksplantasi juga memiliki stuktur yang menjadi penyusun teks eksplantasi ini.

Struktus Teks Eksplanasi

Struktus Teks Eksplanasi

sumber : kata.co.id

  • Suatu pernyataan umum

Yaitu suatu pernyataan yang menjelaskan suatu proses kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam suatu topik.

  • Memiliki urutan sebab akibat

Yaitu berisi kalimat yang menjelaskan mengenai tahapan terjadinya peristiwa yang disusun secara urut dari awal peristiwa hingga akhir peristiwa.

  • Interpretasi

Interprestasi adalah suatu kalimat yang menjelaskan mengenai kesimpulan dari topik yang terjadi tersebut.

Dalam membuat teks eksplantasi tentunya terdapat kaidah bahasa yang harus diperhatikan, untuk itu berikut penjelasanya.

Kaidah bahasa teks eksplantasi

Kaidah bahasa teks eksplanasi

sumber : pixabay.com

  • Menggunakan bahasa yang memiliki makna umum
  • Adanya istilah ilmiah
  • Terdapat kata sambung kasual dan waktu
  • Memakai kata kerja material dan relasional
  • Teks eksplantasi ditulis untuk menjustifikasi mengenai peristiwa yang disampaikan adalah benar-benar fakta dan nyata
  • Menggunakan kalimat pasif

Agar lebih paham yuk langsung saja kita lihat contohnya, dibawah ini beberapa contoh teks eksplanasi dengan stuktur yang dimilikinya.

Contoh Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi

sumber : semuacontoh.blogspot.com

Contoh teks eksplanasi pada dasarnya sangat banyak sekali hanya saja saya hanya akan memberikan beberapa contoh saja agar anda menjadi tahu dan mengerti mengenai pengertian teks eksplantsai.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

Wayang
Wayang Kulit

sumber : id.wikipedia.org

Pernyataan umum

Wayang adalah salah satu seni pertunjukan yang berasal dari indonesia dan berkembang pesat ditanah jawa. Tidak hanya di tanah jawa saja wayang juga berkembang di kota-kota besar seperti bali, semenanjung malaya dan sumatera. Yang dimana budaya yang satu ini adalah budaya yang berasal dari kebudayaan hindu yang pada jaman dahulu sebagai kepercayaan kebanyakan orang indonesia.

Bagian penjelasan

Pada tanggal 7 November 2003 lembaga kebudayaan dunia telah menyatakan bahwa wayang adalah seni yang berasal dari indonesia dan merupakan warisan yang mempunyai nilai tinggi dalam sebuah seni. Maka dari itu sampai saat ini yang bisa didapat dari seni wayang yaitu bahwa awal mula adanya pertunjukan wayang yaitu bermula dari prasasti balitung pada abad ke 4 yang dikenal dengan si galigi mawayang. Ketika seseorang yang membawa agama hindu kenegara indonesia selain lewt perdagangan adalah melalui budaya yang sudah terdapat di negara indonesia kala itu.

Seperti mana cerita dalam wayang itu sendiri adalah menceritakan mahabarata dan ramayana, sehingga seni wayang ini merupakan media yanf sangat efektif sebagai sarana penyebaran agama hindu. Pada saat islam datang mulailah orang islam menyebarkan agama islam melalui wayang juga, tetapi sudah terbuat dari kulit hewan yang dimaenkan hanya kelihatan bayanganya saja. Dengan tujuan untuk menyebarkan nilai islam secara mengikuti adat.

Bagian penutup

Sebagai mana kita tahu bahwa dalam cerita pewayangan kita dituntut untuk selalu berbuat baik, karena memang dalam pewayangan terdapat nilai-nilai yang baik yang ditunjukan kepada masyarakat. Namun sangat disayangkan selakali dijaman yang moderen ini seni wayang sudah jarang sekali didapati, karena tergantikan oleh budaya barat yang masuk kebangsa indonesia. Seharusnya kita sebagai penerus bangsa yang baik, kita harus melestarikan kebudayaan yang satu ini.

 

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Gempa Bumi
Gempa Bumi

sumber : lagioke.net

Pernyataan umum

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang menggoncang bumi, kejadian ini terjadi akibat bergesernya lempeng bumi. Selain itu juga gempa bumi bisa diakibatkan karena letusan gunung berapi.

Bagian penjelasan

Seiring berputarnya bumi didalam tata surya, didalam perut bumipun terjadi aktifitas, seringkali bencana ini melanda dikarenakan adanya titik gempa yang berpusat pada suatu titik namun imbasnya semua wilayah bisa saja terkena. Akibat dari gesekan lempeng bumi akibat bergesernya lempeng dari jalur yang seharusnya akan mengakibatkan benturan yang sangat keras.

Sehingga karena adanya guncangan tersebut mengakibatkan bumi menjadi bergetar. Tidak hanya itu gempa bumi bisa diakibatkan juga karena adanya aktifitas vulkanisme, seperti yang pernah terjadi dahulu. Letusan gunung merapi sempat menggegerkan dunia, sebagian dunia mengalami imbas dari kejadian tersebut.

Gempa bumi yang diakibatkan karena adanya pergerakan lempeng bumi disebut gampa tektonik, sedangkan gempa yang disebabkan karena adanya gunung meletus adalah gempa vulkanis.

Bagian penutup

Gempa bumi merupakan peristiwa yang tidak pandang musim maupun cuaca, sehingga dapat terjadi kapan saja tanpa kita ketahui. Namun pada dasarnya tidak semua wilayah yang terkena imbas dari kejadian tersebut, hanya daerah yang dekat saja yang biasanya merasakan gempa tersebut.

 

Contoh teks eksplanasi tentang lingkungan

Sampah
teks eksplanasi tentang sampah

sumber : youtube.com

Pernyataan umum

Sampah adalah merupakan benda bekas pakai yang sudah tidak dipakai lagi dan sudah tidak bermanfaat lagi. Yang dengan keberadaanya dapat menjadi sarang lahirnya sebuah penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.

Pada dasarnya sampah memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik yaitu sampah yang berasal dari sisa bahan alam yang bisa hilang seiring dengan peristiwa alam. Dan sampah organik merupakan sampah yang biasanya banyak dimanfaatkan sebagai pupuk pertanian.

Sedangkan sampah anorganik ialah sampah yang bukan berasal dari alam melainkan dari buatan manusia yang tidak dapat diproses dengan cepat. Artinya untuk bisa hilang didalam bumi sampah anorganik membutuhkan waktu yang sangat panjang. Bahkan ada benda yang tidak bisa terurai oleh tanah seperti karet.

Contoh sampah anorganik adalah seperti sampah plastik, sampah kaleng, karet dan lain-lain.

Bagian Penjelasan

Sampah merupakan suatu benda yang sudah tak asing lagi bagi mata manusia, karena memang dalam sebuah lingkungan banyak sekali terdapat sampah yang berserakan. Banyak sebab yang ditimbulkan akibat dari adanya sampah ini, mulai dari timbulnya wabah penyakit dan bisa juga menyebabkan kebanjiran.

Sedikit sekali orang yang memperhatikan hal ini, mereka kebanyakan membuang sampah dengan sembarangan dan semau mereka. Padahal jika hal kecil bisa mereka terapkan yakni membuang sampah pada tempat sampah maka kemungkinan terjadinya berbagai macam kejadian sangat kecil sekali.

Pada dasarnya sampah nonorganik bisa diolah kembali menjadi sebuah kerajinan yang bernilai tinggi dan bisa menghasilkan uang pula. jika kreatif maka dari sampah tersebut akan dirubah menjadi barang yang bisa digunakan kembali.

Bagian penutup

Sebagai manusia yang baik kita diwajibkan untuk membuang sampah pada tempat sampah. Karena dengan kita membiasakan diri dengan membuang sampah secara sembarangan maka lama-kelamaan akan berdampaknegatif bagi lingkungan disekitar kita. Maka dari itu mulailah kebiasaan yang baru dalam menjaga lingkungan agar selalu bersi dari sampah.

 

Contoh teks eksplanasi tentang sosial

Pergaulan
Contoh tek ekplanasi tentang pergaulan

sumber : balubu.com

Pernyataan umum

Pergaulan merupakan sebuah prinsip sosial yang mempengaruhi keadaan pribadi dan keadaan sosial manusia. Dengan adanya pergaulan manusia menjadi tidak kuper ( kurang pergaulan). Manusia memang diwajibkan untuk bergaul dengan manusia yang lain yang ada dilingkungannya.

Tanpa bergaul manusia tidak akan mengetahui informasi apapun, bahkan tidak akan berkembang. Namun dalam pergaulan itu sendiri terbagi menjadi dua macam pergaulan. Pergaulan yang pertama adalah pergaulan yang baik dan yang kedua adalah pergaulan yang tidak baik.

Pergaulan baik adalah dimana dalam pergaulan itu sendiri terdapat nilai moral yang baik pula. sehingga dengan adany pergaulan yang baik manusia menjadi pribadi yang baik pula. namun pergaulan yang tidak baik adalah sebuah pergaulan yang dapat berpengaruh negatif bagi seorang pelakunya.

Bagian penjelasan

Seperti yang sudah umum dimata masyarakat, pada dasarnya pergaulan jaman sekarang ini sangat miris sekali karena dijaman yang serba moderen ini sangat sedikit sekali pergaulan baik yang di anut oleh masyarakat khususnya para pemuda.

Kerap banyak sekali dari mereka yang memilih pergaulan yang tidak baik, banyak dari mereka yang tidak mempunyai nilai moral. Jadi mereka kebanyakan tidak memiliki sopan santun dan bertingkah semaunya sendiri.

Dengan pergaulan negatif ini akan berdampak negatif juga bagi penganutnya. Seperti yang sudah lazim di lingkungan sekitar banyak sekali anak muda yang berdandan dengan meniru gaya yang tidak sewajarnya. Banyak dari mereka yang meniru gaya berpakaian yang mereka namakan dengan gaul, banyak lubang baju yang terletak dimana-mana.

Penerapan norma sosial pun sangat sulit sekali untuk dianut mereka, karena pergaulan yang negatif akan bertolak belakang dengan norma sosial yang ada pada masyarakat sekotar.

Dengan adanya pergaulan memang manusia akan mengetahui bebragai hal dalam perkembangan hidupnya. Akan tetapi dalam bergaul juga harus melihat aspek yang terkandung didalamnya.

Bergaulah dengan cara yang baik agar bisa menjadi pribadi yang baik pula, serta tinggalkan pergaulan yang negatif karena akan berdampak buruk kepada diri sendiri. maka sebagai pemuda penerus bangsa maka kita wajib memiliki pergaulan yang baik.

Bagian penutup

Banyaknya kejadian penyelewangan nilai moral yang ada di masyarakat indonesia sangat miris sekali melihatnya. Apalagi dikalangan pemuda, mengkonsumsi narkoba merupakan kebiasaan yang sudah biasa serta permainan seks yang sudah terjadi dimana mana baik dari remaja hingga dewasa sudah banyak beredar dalam berita.

Maka dari itu sudah searusnya kita sebagai penerus bangsa bisa mengatasi hal tersebut.

Berikut beberapa teks eksplanasi yang lain:

 

contoh teks eksplanasi

sumber : slideshare.net

 

 

Leave a Reply