11 + Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cocok Untuk Dipelihara Di Rumah

Ikan Hias Air Tawar – Bicara mengenai ikan hias pastinya buat para pencinta ikan hias sudah tidak asing lagi. Bahkan karena saking cintanya dengan ikan hias banyak terdapat koleksi ikan didalam rumahnya. Maka dari itu saya sedikit membagikan tips ikan hias yang bagus untuk dipelihara dirumah.

Salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara adalah jenis ikan air tawar. Karena ikan air tawar selain mudah untuk diternak dan juga mempunyai beragam variasi warna tentunya. Nah bagi kamu yang ingin rumahnya terlihat bagus, salah satu caranya adalah dengan menternak ikan hias di dalam akuarium.

Tetapi bagi yang tidak punya akuarium sebenarnya dapat menggunakan media apa saja yang penting anda bisa kreatif untuk membuat tempatnya. Salah satunya anda dapat menggunakan botol bekas, lampu bekas dan galon misalnya.

Bahkan jika anda mempunyai tv tabung yang sudah rusak, anda bisa menggunakannya untuk dijadikan sebagai akuarium yang cantik. Namun kali ini saya tidak membahas cara membuatnya, tetapi nanti saya akan bahas tersendiri dalam artikel lain.

Baca juga Cara Budidaya Ikan Nila

Baiklah dari pada kelamaan yuk simak ikan hias air tawar yang cocok untuk dijadikan hiasan rumah.

1. Ikan Arwana

ikan hias arwana

sumber : duniaseputarikanhias.blogspot.com

Siapa sih yang ngga suka memelihara ikan arwana?. Pastinya anda merupakan penggemar berat ikan arwana bukan. Yang pasti ikan arwana ini memang banyak digemari oleh pencinta ikan hias. Untuk mendapatkan ikan arwana memang tidak semudah mencari ikan biasa yang lain.

Ikan arwana merupakan ikan yang berasal dari perairan kalimantan dan papua. Dan ikan arwana juga merupakan termasuk kedalam salah satu ikan yang dilindungi. Dikarenakan jumlahnya yang sekarang semakin sedikit sekali diperairan air tawar.

Ikan arwana sering disebut dengan ikan naga karena mempunyai sronggot pada bawah bibirnya yang berfungsi untuk mendeteksi mangsanya. Memang ikan arwana memiliki bentuk dan warna yang sangat indah sekali. Bahkan banyak para artis yang memeliharanya, dan bahkan ada artis yang di beri julukan nama arwana seperti Tukul Arwana misalnya.

Dengan kelangkaan dan keindahan corak yang ada pada ikan arwana memang membuat ikan yang satu ini memiliki harga yang sangat tinggi sekali. Tetapi jika anda dapat membelinya berati anda adalah salah satu orang yang kaya diantara orang lain.

Untuk memeliharanya sangat mudah sekali anda hanya membutuhkan akuarium untuk tempat hidupnya. Dan yang terpenting anda harus memberi makan ikan arwana setiap hari.

2. Ikan Guppy

ikan hias air tawar guppy

sumber : youtube.com

Ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang memiliki ukuran yang kecil, namun untuk keindahanya tidak kalah dengan ikan hias lainya. Warnanya yang sangat indah membuat pandangan mata terpana melihatnya. bentuknya yang kecil membuat ikan ini mirip dengan ikan yang ada di sawah.

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari untuk dijadikan hiasan di akuarium.

Katanya sih ikan guppy berasal dari brazil, namun dalam kenyataanya jenis ikan ini banyak ditemui pada perairan air tawar di negara indonesia. Pada jaman dulu sih ikan guppy ini banyak ditemukan disawah dan di selokan.

Dan memang ikan guppy merupakan ikan asli indonesia menurut saya. Akan tetapi jika ada yang bilang dari luarnegri, karena mungkin terdapat jenis ikan guppy juga yang hidup di negara tersebut. Bagi para pencinta ikan hias tentunya banyak yang memilih ikan guppy untuk dijadikan peliharaannya.

Harga ikan guppy yang sangat murah sekali serta sangat mudah untuk merawatnya. Membuat ikan ini menjadi primadona ikan hias yang sangat populer sekali.

3. Ikan Cupang

ikan hias air tawar cupang

sumber : pixels.com

Bicara tentang ikan cupang pastinya terlintas gambaran mengenai ikan ini. Ikan yang suka sekali berkelahi ini memang banyak juga digemari oleh para pecinta ikan hias. Biasanya sih kebanyakan dari mereka memelihara ikan ini untuk dijadikan ikan aduan.

Selain jago dalam bertarung ikan cupang juga memiliki warna yang berfariasi sekali. Mulai dari satu warna hingga badanya berwarna warni. Ikan cupang juga mempunyai bentuk ekor yang indah sekali dari cantiknya bentuk dan ekornya tidak heran banyak orang yang meminati ikan ini.

Ikan cupang merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Untuk mendapatkannya sangat banyak sekali dijual di pasar ikan ataupun biasanya di jual di sekolahan. Untuk perawatanya sendiri ikan cupang memang bukan termasuk ikan yang sulit untuk di pelihara.

Dalam memeliharanya anda hanya haru mengganti air akuarium secara berkala saja. Nah untuk media hidupnya anda bisa menggunakan akuarium maupun yang lainnya. Namun bagi saya sendiri sering sekali menggunakan botol bekas yang unik sebagai tempat ternaknya. Atau juga saya sering membuat tempat ikan cupang dari lampu bekas yang sudah terbakar.

Oh iya untuk jenis lampunya saya menggnakan lampu bohlam yang berukuran besar. Namun jika tidak ada anda juga bisa menggunakan lampu bohlam yang kecil saja.

4. Ikan Louhan

ikan hias louhan

sumber : kuyahejo.com

Wow ikan yang satu ini merupakan ikan yang dulu semoat buming sekali bagi para pencinta ikan hias. Ikan louhan merupakan ikan yang sangat unik sekali, bentuk kepalanya yang menonjol dan besar. Dengan bentuk kepala yang unik menyebabkan ikan ini mempunyai bentuk istimewa tersendiri.

Ikan louhan memiliki warna yang sangat indah sekali adanya corak yang terdapat pada badanya menjadikan ikan ini semakin cantik.

Untuk perawatanya memang akan sedikit sulit jika belum tau karakteristik ikan louhan tersebut. Akan tetapi pada umumnya semua orang bisa menternak ikan ini. Untuk harga ikan louhan memang cenderung mahal akan tetapi dengan kecantikan yang dimilikinya sebanding dengan harganya.

Untuk perawatanya termasuk mudah yang terpenting anda rutin memberi makan dan mengganti air agar ikan louhan terhindar dari penyakit.

5. Ikan mas koki

ikan hias air tawar ikan mas koki

sumber : pixels.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini, ikan yang mempunyai bentuk tubuh yang unik sekali. Dan juga ikan koki merupakan ikan yang paling nggemesin dari pada jenis ikan mas yang lain. Badan ikan koki yang terbilang gemuk dan agak bulat dan juga memiliki ekor yang bercabang serta memiliki benjolan di bagian atas kepalanya.

Ikan mas koki merupakan ikan jenis air tawar yang memiliki banyak penggemar, apalagi bagi pencinta ikan hias pastinya jenis ikan yang satu ini ada didalam akuarium. Kalau tidak punya koleksi ikan yang satu ini perlu dipertanyakan tentang kecintaanya dengan ikan hias.

Ikan ini sangat umum sekali bisa didapatkan di toko ikan hias, untuk harganya pun tergolong sangat murah. Untuk perawatanya pun sangat mudah sekali, ya pada intinya anda harus rajin mengganti air jika sudah kotor.

6. Ikan Oscar

ikan hias oscar

sumber : greenfishindonesia.com

Ikan air tawar selanjutnya adalah ikan oscar, ikan ini merupakan ikan yang memiliki banyak jenisnya. Akan tetapi saya hanya membahas ikan ini secara keseluruhan saja, untuk lebih detailnya akan saya ulas pada artikel yang lain.

Ikan oscar memiliki harda yang sangat mahal sekali tidak heran memang sangat sedikit sekali orang yang bisa memeliharanya. Namun bagi pencinta ikan hias harga yang mahal bukanlah sebuah alasan untuk tidak memilikinya.

Bentuk ikan oscar memiliki bentuk yang unik ditambah lagi sirip ekor yang sangat cantik sekali. Dari keindahan tersebut ikan oscar mampu membuat orang yang membuatnya tertarik.

Untuk harganya memang sangat mahal sekali kisaran harga ikan oscar ini adalah 100-200 ribu. Namun tentunya dengan banyaknya jenis ikan ini menjadikan harganya relatif juga tergantung dengan jenisnya.

7. Ikan Koi

ikan hias koi

sumber : pusab.blogspot.com

Jenis ikan hias air tawar yang satu ini mempunyai nama koi, awas jangan sampe salah ya ikan koi dengan ikan koki adalah dua ikan yang berbeda. Ikan koi ini merupakan ikan yang banyak sekali dijumpai pada pedagang ikan hias.

Dari bentuknya pun sangat berbeda sekali dengan ikan koki, kalau ikan koki seperti yang sudah diterangkan di atas memiliki bentuk yang buntek. Akan tetapi ikan koi ini memiliki bentuk seperti ikan mas pada biasanya.

Dari warnanya pun bisa dikatakan menyerupai ikan badut, karena terdapat warna belang oranye pada tubuhnya. Hal tersebut menjadikan ikan koi menjadi ikan yang memiliki bentuk dan warna yang unik.

Ikan koi sangat cocok sekali untuk dipelihara dalam akuarium sebagai ikan hias. Pada umumnya banyak sekali orang yang memeliharanya di akuarium maupun dalam kolam ikan.

Untuk harganya ikan koi ini memiliki harga yang relatif tergantung dari ukurannya. Namun pada umumnya memiliki harga tidak lebih dari 10-15 ribu saja. Dalam pemeliharaanya ikan koi ini tentunya mudah dan tidak repot.

8. Ikan Sapu-Sapu

ikan hias sapu sapu

sumber : manandshark.com

Ikan sapu-sapu merupakan ikan hias air tawar yang memiliki corak warna yang sangat cantik sekali. Nah jika anda salah satu penggemar ikan hias tidak ada salahnya jika anda memelihara ikan yang satu ini. Konon katanya ikan ini merupakan ikan yang dapat membersihkan air di akuarium. Namun nyata atau tidaknya saya kurang tahu hehehe.

Ikan sapu sapu mempunyai sifat yang pendiam dan suka nempel pada dinding kaca. Dan suka mengibas-ngibaskan ekornya, mungkin dari kebiasaan mengibaskan ekornya seperti sapu maka dinamakanlah ikan ini menjadi ikan sapu-sapu.

Untuk pemeliharaanya anda jangan takut tidak bisa untuk memberinya makan karena ikan sapu-sapu merupakan ikan jenis omnivora. Mungkin anda sudah tahu makna dari omnivora, jika belum tahu omnivora adalah pemakan segala. Artinya ikan ini dapat memakan apasaja untuk bertahan hidup.

Ikan yang satu ini mempunyai ukuran dan warna corak yang relatif dan bervariasi. Ukuranya ada yang kecil dan ada yang besar juga namun pada umumnya ikan ini memiliki ukuran 20-60 cm panjangnya.

Sebenarnya ikan ini sangat umum sekali keberadaanya, anda bisa menemukan ikan ini di sungai maupun selokan. Namun untuk mendapat warna yang bagus kemungkinan besar anda harus membelinya di toko ikan. Karena ikan sapu0sapu yang ada di selokan memiliki warna yang dominan hitam kecoklatan serta coraknya pun tidak begitu menonjol.

9. Ikan Rainbow Fish

ikan hias rainbow pelangi

sumber : youtube.com

Ikan yang satu ini merupakan ikan yang mempunyai warna yang banyak sekali. Sehingga dari namanya saja ikan ini dijuluki dengan ikan pelangi. Ikan hias air tawar ini merupakan ikan yang banyak tersebar di perairan papua.

Diperairan disana ikan ini terdapat 53 spesies yang unik dan menarik. Dari macam-macam spesies tersebut menjadikan ikan ini mempunyai beragam variasi bentuk dan warna. Namun secara umumnya ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan memikiki sirip yang panjang.

Bentuk tubuhnya pun ada yang panjang dan ada yang pendek, untuk yang pendek mempunyai keunikan tersendiri karena perutnya sangat menonjol sekali. Tetapi untuk jenis yang panjang memiliki bentuk tubuh seperti ikan hias pada umumnya.

Ikan rainbow ini merupakan ikan dari jenis melanotaeniidae (ikan hias faforit diseluruh dunia). Makanya tidak asing lagi ikan ini merupakan ikan yang paling di minati untuk dijadikan sebagai ikan hias rumahan.

Untuk mendapatkan ikan ini juga tidak terlalu sulit karena banyak dijual di pasaran dan harganya pun tidak terlalu mahal.

10. Ikan Oscar

Jenis ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan oscar, ikan yang unik yang sudah ada sejak jaman dahulu ini merupakan ikan yang masih siminati dijaman sekarang ini. Tentunya karena ikan ini sangat unik jadi masih banyak yang memelihara di akuarium.

Tidak heran jika ikan oscar sering disebut dengan ikan legendaris, ya di karenakan ikan yang paling digemari orang terdahulu. Ikan oscar mampu bertahan hidup dengan umur yang panjang yaitu 12 tahunan, namun tergantung dari ketahanan hidup ikan itu sendiri.

Jika anda sedang mencari ikan hias yang unik dan bagus maka ikan oscar ini sangat direkomendasikan sekali. Bentuknya yang unik dan juga ikan oscar ini merupakan ikan yang suka menari-nari membuat anda akan terpana melihatnya.

Ikan oscar juga merupakan ikan yang ramah dengan ikan jenis lainnya. Akan tetapi jika anda memelihara dua ikan oscar dan disatukan didalam satu akuarium maka ikan ini sangat agresif sekali dengan sesamanya.

Tentunya ikan oscar merupakan ikan yang mempunyai sifat mempertahankan wilayah kekuasaanya dan yang paling uniknya ikan ini sangat setia dengan pasangannya.

11. Ikan Molly

ikan hias molly

sumber : youtube.com

Jika anda ingin memelihara ikan kecil yang mempunyai warna yang bagus dan cantik. Nah ikan ini merupakan ikan yang paling pas sekali untuk dipelihara. Atau anda ingin menambah koleksi ikan hias air tawar dalam akuarium anda, ikan molly ini sangat cocok sekali karena ikan tersebut merupakan ikan yang suka bersahabat dengan ikan jenis lainya.

Dalam pemeliharaanya anda tidak usah memiliki akuarium yang besar, bahkan kalau and akreatif anda dapat menggunakan botol bekas untuk tempat hidupnya. Ikan molly juga merupakan ikan yang cepat berkembang biak sehingga akan cepat sekali beranak.

Namun itu hanya untuk ikan betina saja tentunya, nah untuk membedakan ikan moli betina dengan jantan sangat mudah sekali. Anda bisa membedakan dari ukurannya, untuk ukuran ikan jantan akan lebih kecil dibanding dengan betina.

Untuk makanannya ikan molly ini merupakan ikan jenis omnivora sehingga kita tidak usah menentukan makanan khusus. Namun untuk lebih simpelnya anda cukup memberikan pelet saja untuk makanan sehari-harinya.

12. Ikan Manfish

ikan hias manfish

sumber : nirwana-nusantara.blogspot.com

Ikan ini merupakan ikan yang berasal dari luar negri yang memiliki bentuk seperti ikan laut. Namun habitat ikan ini sebenarnya berasal dari sungai amazon. Ikan mani ini memiliki bentuk tubuh yang pipih namun untuk bentuk aslinya selain pipih sangat cantik sekali.

Siripnya yang panjang dibagian bawah dan atas menjadikan ikan ini serasa ikan yang istimewa. Untuk warnanya juga ikan ini memiliki warna belang yang unik dan bagus. Akan tetapi masih banyak sekali pilihan warna dan bentuk siripnya.

Ikan ini juga mempunya bentuk ekor yang memunyai rambut panjang di ujung ekornya. Namun untuk mendapatkanya memang tergolong sulit karena tidak semua toko ikan hias menjualnya.

Ikan ini sangat bagus untuk dipelihara di rumah, karena pasti akan membuat orang yang melihatnya akan terpana dengan keindahanya. Ikan mani termasuk kedalam salah satu ikan hias air tawar yang mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri.