Jenis Jenis Tanah Lengkap Dengan Pengertian Dan Karakteristiknya

Jenis jenis tanah – Tanah merupakan suatu unsur bumi yang sangat bermanfaat sekali dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya tanah manusia bisa berdiri diatasnya, bisa membuat bangunan, bisa bercocok tanam dan lain sebagainya. Dan tanah merupakan syarat utama untuk kehidupan organisme yang ada pada ekosistem

Tanah merupakan unsur yang terbuat dari pelapukan batu secara terus-menerus yang kemudian membentuk unsur baru yang disebut tanah. Ketika sudah membentuk suatu tanah ternyata tanah juga tidak hanya ada satu jenis saja.

Proses pelapukan tanah dibantu dengan adanya air suhu dan udara, tanpa adanya ketiga bantuan tersebut maka tidak akan terjadi pelapukan pada tanah. Banyak sekali jenis-jenis tanah yang ada dipermukaan bumi.

Tanah dibagi menjadi beberapa jenis yang memiliki ciri-ciri serta fungsi yang berbeda. Artinya tanah pada suatu daerah dengan daerah yang lain tidak akan sama satu dengan lainnya. Tanah juga memiliki sutu zat kandungan yang ada didalam nya seperti 5% bahan organik, 50% berisi mineral, 25% berisi air.

Di indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki berbagai jenis tanah dengan kegunaan yang banyak sekali.

Maka dari itu kali ini kita akan belajar mengenai tanah dan apasaja ciri-cirinya beserta jenis-jenis tanahnya dan juga pengertiannya.

Pengertian Tanah

pengertian tanah

sumber : urbanina.com

Tanah adalah suatu bagian bumi yang berada pada kerak bumi yang terbentuk dan tersusun dari bahan organik dan mineral.

Tanah menjadi sebuah penunjang bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi. Tanah merupakan sumber kehidupan bagi tanaman dan juga makhluk hidup lain yang ada di bumi.

Tanah merupakan lapisan bumi yang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan semua makhluk hidup yang ada di bumi.

Jenis Jenis Tanah

Tanah tidak hanya memiliki satu jenis saja melainkan terdapat bermacam-macam tjenis tanah yang memiliki fungsi masing masing pada suatu negara, wilayah maupun daerah tertentu.

Berikut beberapa jenis jenis tanah yang ada pada bumi :

Tanah Andosol

Tanah Andosol

sumbrt : aboutlithosfer.blogspot.com

Tanah andosol adalah jenis jenis tanah yang merupakan tanah vulkanik yang berasal dari proses letusan gunung berapi. Jenis tanah ini merupakan tanah yang paling bagus dan subur untuk tanaman. Tetapi harus menunggu waktu yang lama tanah vulkanisme untuk menjadi tanah yang subur.

 Karekteristik Tanah Andosol

Tanah andosol merupakan tanah yang mempunyai warna yang unik. Warna coklat keabu-abuan membuat tanah ini mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk tanaman karena banyak memiliki mineral dan air yang melimpah.

Tumbuhan yang hidup ditanah ini akan tumbuh subur dan biasanya tanaman tersebut bisa kita temukan pada sekitar wilayah gunung berapi.

Penyebaran Tanah Andosol

Tanah andosol di indonesia banyak tersebar pada wilayah bagian seperti jawa, sumatra, bali dan nusa tenggara.

Tanah Aluvial

Tanah Aluvial

sumber : satujam.com

Tanah aluvial adalah tanah yang terbentuk dari endapan lumpur yang kering sehingga membentuk padatan tanah. Pada umumnya tanah ini sering kita jumpai di sungai, dan memang tanah tersebut adanya di hulu sungai.

Tanah ini berawal karena air sungai yang membawa endapan tanah lumpur yang lama-kelamaan akan menjadi tanah yang padat. Tanah aluvia berwarna coklat ke abu-abuan.

Karakteristik Tanah Aluvial

Jenis tanah ini merupakan tanah yang bisa dibilang sedikit lembek dan mudah dihancurkan. Tetapi tanah ini sangat bagus sekali dijadikan sebagai lahan pertanian seperti ladang jagung. Tekstur yang dimiliki tanah aluvial bisa dikatakan lembut sebab memang terbentuk oleh endapan lumpur.

Penyebaran Tanah Aluvial

Sebagian besar tanah aluvial banyak ditemui di indonesia terutama di pulau jawa, sumatra, kalimantan dan sulawesi serta papua.

Tanah Grumusol

Tanah Grumusol

sumber : geoenviron.wordpress.com

Tanah grumosol adalah tanah yang terbentuk akibat pelapukan tuffa vulkanik dan batuan kapur. Tanah ini memiliki kandungan senyawa organik yang sangat rendah sehingga tanah jenis ini sangat tidak ccok untuk dijadikan media tanam dalam pertanian.

Seperti yang kita ketahui tanah ini berasal dari batuan kapur sehingga tanah ini tidak memiliki kesuburan yang bagus pada tanaman.

Karakteristik Tanah Grumosol

Tanah grumosol memiliki tekstur kering serta mudah pecah apalagi ketika datang musim panas/ kemarau. Tanah grumososl memiliki warna hitam tetapi tidak terlalu pekat dan pada umumnya pH tanah grumosol adalah netral.

Tanah grumosol berada pada lapisan bumi dalam yang kedalamanya berada di 300 meter dari permukaan laut.

Penyebaran Tanah Grumosol

Di indonesia sendiri tanah grumosol ini kebanyakan berada pada beberapa daerah saja, tidak semua wilayah mempunyai jenis tanah ini. Seperti kota ngawi, madiun, demak, pati dan jepara serta nusa tenggara timur.

Tanah Entisol

Tanah Entisol

sumber : semangatgeos.blogspot.com

Tanah entisol adalah tanah yang terbentuk dari pelapukan hasil vulkanisme gunung api seperti lapili, debu dan pasir. Tanah entisol sebenarnya sama dengan tanah andosol dalam proses terbentuknya, hanya saja tanah ini terbentuk secara subtansial artinya hanya disebabkan oleh beberapa unsur saja yang berasal dari letusan gunung berapi.

Karakteristik Tanah Entisol

Tanah entisol memiliki karakteristik sama seperti tanah andosol. Tanah ini sangat subur sehingga sangat bagus untuk digunakan menjadi lahan pertanian. Tanah ini dapat kita temukan pada wilayah jogja karta misalnya di pantai parang tritis.

Penyebaran Tanah Entosol

Penyebaran tanah ini pada umumya pada semua wilayang yang terdapat gunung berapi. Seperti yang sudah di sebutkan tadi tanah ini berada di jogjakarta tepatnya di parang teritis.

Tanah Inceptisol

Tanah Inceptisol

sumber : tsuco-indonesia.blogspot.com

Tanah intceptisol adalah tanah yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan sedimen yang mempunyai warna campuran dari hitam, coklat dan abu-abu. tanah ini sudah tidak asing lagi bagi kita karena tanah ini bisa kit temukan di hutan-hutan.

Karakteristik Tanah Inceptisol

  • Mempunyai solum tanah yang sedikit tebal sekitar 1 meteran lebih
  • Memiliki tekstur tanah yang berdebu, lempung berdebu dan lempung
  • Struktur tanah yang gembur
  • Memiliki pH 5-7

Penyebaran Tanah Inceptisol

Tanah ini kebanyakan ada hanya pada wilayah tertentu seperti sumatera, papua dan kalimantan. Jenis tumbuhan yang dapat hidup pada tanah ini seperti tebu, tembakau, coklat, panili, pala.

Tanah Humus

 

Tanah humus adalah tanah yang terbentuk dari hasil pelapukan tumbuhan. Jenis tanah yang satu ini merupakan tanah yang sangat subur sehingga sangat bagus sekali untuk dijadikan medi cocok tanam. Kandungan mineral dan unsur lain pada tanah humus ini sangat banyak sekali sehingga akan membuat tanaman yang ditanam akan tumbuh subur.

Karakteristik Tanah Humus

  • Memiliki warna yang gelap
  • Sangat subur
  • Terdapat pada lapisan tanah yang paling atas
  • Memiliki tekstur yang gembur
  • Memiliki daya serap air yang tinggi

Penyebaran Tanah Humus

Tanah humus merupakan tanah yang berada pada hutan luas. Jenis tanah ini sangat banyak di temukan di indonesia seperti pulau jawa, kalimantan, sumatra, sulawesi dan papua.

Tanah Laterit

Tanah Humus

sumber : pixabay.com

Tanah laterit adalah tanah yang sering disebut tanah merah karena memiliki warna merahkecoklatan yang berada pada wilayah lembab dan dingin. Tanah laterit merupakan tanah yang memiliki banyak kandungan zat besi dan alumunium.

Karakteristik Tanah Laterit

  • Merupakan tanah yang sudah memiliki umur atau bisa dibilang tanah yang tua.
  • Tidak cocok untuk si tanami semua tanaman, hanya tanaman tertentu saja yang mampu hidup pada tanah ini.
  • Memiliki pH yang sedang
  • Memiliki kandungan bahan organik yang dibilang sedang
  • Memiliki tekstur tanah yang padat
  • Mudah untuk menyerap air

Penyebaran tanah laterit

Di indonesia persebaran jenis tanah ini memang tidak semua daerah ada hanya beberapa wilayah saja yang memiliki tanah laterit ini. Tanah ini menyebar pada wilayah jawa seperti jawa barat dan jawa timur serta lampung.

Tanah Litosol

 

Tanah litosol adalah tanah yang terbentuk akibat terjadinya topografi dan vulkanisme yang dipengaruhi oleh iklim. Tanah litosol merupakan tanah yang baru dan sedang berkembang.

Karakteristik Tanah Litosol

  • Tekstur tanah memiliki tekstur yang bervariasi ada yang halus dan ada yang kasar
  • Memiliki tingkat kesuburan yang bervariasi
  • Merupakan tanah baru yang masih muda
  • Sedikit sekali mengandung mineral
  • Tidak cocok untuk ditanami tumbuhan

Penyebaran Tanah Litosol

Tanah ini merupakan tanah yang berada pada bukit yang memiliki ketinggian yan curam, seperti di jawa dan sulawesi.

Tanah Latosol

tanah latosol

sumber : kelompoksatugeografi.blogspot.com

Tanah latosol adalah tanah yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan sedimen dan metamorf. Tanah ini merupakan tanah yang banyak kita temui di negara indonesia. Karena memang hampir semua belahan tanah yang ada di indonesia berjenis tanahlatosol.

Tanah latosol juga merupakan tanah yang memiliki lapisan solum yang cenderung lebih tebal. Untuk lapisan solumnya tanah latosol bisa mencapai tebal dari 130 cm sampai dengan 5 meter. Bahkan ada yang mengatakan lapisan latosol ini memiliki lapisan solum yang mencapai lebih dari 5 meter tebalnya.

Karakter Tanah Latosol

  • Tanah latosol memiliki tekstur liat
  • Warna tanah latosol adalah merah, coklat, dan kekuning-kuningan
  • Mempunyai pH 4,5 sampai 6,5
  • Mempunyai lapisan solum yang tebal

Dari karakter di atas terdapat tanaman yang mampu hidup pada tanah latosol seperti :

  • Tebu
  • Tembakau
  • Coklat

Penyebaran Tanah Latosol

Tanah latosol banyak tersebar diseluruh negara indonesia namun terkhususnya seperti di lampung, bali, sulawesi, papua, kalimantan barat dan kalimantan timur.

Tanah Kapur

Tanah Kapur

sumber : ruanasagita.blogspot.com

Tanah kabur adalah tanah yang berasal dari pelapukan batuan kapur. Tanah kapur berwarna putih seperti kapur. Tanah ini merupakan tanah yang tidak cocok untuk dijadikan sebagai lahan pertanian karana tidak subur.

Karakteristik Tanah Kapur

  • Memiliki warna putih
  • Terbentuk akibat pelapukan batuan kapur
  • Tidah memiliki unsur kesuburan tanah
  • Tergolong tanah yang cocok untuk memnanam pohon jati

Penyebaran Tanah Kapur

Di indonesia sendiri tanah kapur merupakan tanah yang tidak begitu banyak hanya ada pada daerah tertentu saja. Misalnya seperti daerah jogjakarta terdapat gunung kidul, di gunung kidul kita bisa menemukan batuan kapur ini.

Tanah Mergel

Tanah mergel adalah tanah yang mirip dengan batuan kapur, warna yang dimiliki tanah ini berwarna putih dan merupakan tanah yang berasal dari pelapukan batuan kapur. Hanya saja tanah mergel memiliki tekstur yang berpasir.

Karakteristik Tanah Mergel

  • Tanah mergel memiliki tekstur berpasir
  • Terbentuk dengan adanya unsur lain seperti pasir, batuan kapur dan tanah liat
  • Terbentuk karena adanya air hujan
  • Memiliki banyak kandungan mineral sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai lahan tanaman yang tidak memerlukan banyak air
  • Tidak bisa digunakan untuk perkebunan

Tanah Oxisol

Tanah Oxisol

sumber : feiraz.wordpress.com

Tanah oxisol adalah tanah yang memiliki kandungan alumunium oksida dan zat besi yang sangat tinggi. Tanah ini banyak tersebar pada daerah yang memiliki iklim tropis.

Karakteristik Tanah Oxisol

Memiliki solum yang dangkal, memiliki ketebalan kurang lebih 1 meter saja. Tanah oxisol memiliki warna yang kuning kemerahan, dan juga tanai ini memiliki tekstur seperti tanah liat.

Persebaran Tanah Oxial

Tanah ini tersebar luas di wilayah yang memiliki iklim tropis saja. Jenis tanah yang satu ini sangat cocok untuk ditanami tebu, pisang dan nanas.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply