√ 11+ Kerajinan Dari Barang Bekas Yang Mudah Dibuat Dan Bagus

Kerajinan Dari Barang Bekas – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu buat dengan mudah. Sebenarnya banyak kerajinan tangan yang kita bisa buat dari barang bekas. Kamu bisa membuat kerajinan dari kardus, dan juga kamu bisa membuat kerajinan dari sedotan.

Kamu bisa membuattnya dengan berbagai macam bentuk dan variasi yang kamu inginkan. Ya dari pada kamu melihat banyak sampah yang berserakan tidak jelas. Kan sebagai rasa cinta kamu terhadap lingkungan, kamu bisa mengekplor rasa cinta tesebut dengan mengurangi sampah yang ada pada lingkungan.

Sebenarnya kamu bisa saja menjadikan kerajinan ini sebagai bisnis kamu. Ya secara sudah banyak orang yang sukses mendapatkan penghasilan dari hasil membuat kerajinan tersebut.

Penasaran dengan bentuk unik yang bisa kamu buat dari barang bekas?. Yuk simak apa saja bentuk yang bisa kamu jadikan sebagai ide membuat kerajinan tersebut.

Okelah dari pada kelamaan lebih baik langsung saja yuk mari kita kemon hehehehe.

Namu sebelum itu saya akan membahas mengenai contoh apa saja sih yang bisa kamu buat dirumah. Dibawah ini merupakan beberapa contoh yang bisa kamu buat dengan mudah.

Contoh Kerajian Dari Barang Bekas

Seperti yang sudah saya katakan tadi, sebenarnya kamu bisa membuat berbagai macam bentuk kerajinan. Karena pastinya kamu punya cara tersendiri dan punya ide sendiri untuk mengolah barang bekas agar bisa dimanfaatkan dan agar bisa membentuk menjadi kerajinan yang berkelas.

Pastinya kamu semua mau menjadikan kerajinan kamu bisa menjadi bahan bisnis yang menghasilkan banyak uang. Woow bayangkan kata uang, sangat menarik sekai bukan ketika kerajinan yang kita buat dapat menjadi uang. Pastinya kamu akan senang sekali, apalagi dijaman sekarang ini yang memang semua orang butuh dengan uang.

Ya dari pada banyak sampah yang berserakan lebih baik kamu jadikan kerajinan pastinya. Dari pada nganggur kan lumayan nambah-nambah kegiatan dirumah.

Bagi kamu yang masih sekolah pastinya pernah disuruh guru kamu untuk membuat sebuah kerajinan dari barang bekas. Nah ide yang ada di sini bisa kamu jadikan referensi atau bisa juga kamu tiru langsung.

Berikut beberapa kerajinan beserta bahan yang digunakan

Kerajinan Tangan Dari Kardus

kerajinan dari kardus
sumber : id.aliexpress.com

Kerajinan yang pertama bisa kamu buat adalah kerajinan dari kardus bekas. Kardus bekas merupakan sampah yang banyak kita temui dirumah kita. Tidak herang banyak kardus yang bisa kita temui karena kan semua peralatan yang kita beli semuanya dibungkus oleh kardus.

Kan sayang kalau hanya banyak numpuk di dalam rumah, pastinya lama kelamaan akan rusak juga. Naha maka dari itu lebih baik digunakan untuk dijadikan sebuah kerajinan.

Miniatur Rumah dari kardus

kerajinan rumah kardus
sumber : satujam.com

Kerajinan dari barang bekkas yang satu ini merupakan kerajinan yang mudah namun sedikit sulit untuk dibuat. Tentunya bagi kamu yang memiliki hobi desainer maka membuat kerajinan yang satu ini bukan menjadi hal yang sulit untuk kamu buat.

Celengan Dari Kardus

kerajinan celengan kardus
sumber : youtube.com

Nah kamu juga bisa membuat kerajinan yang satu ini, karena memang sangat mudah sekali untuk kamu buat. Untuk bentuknya sih terserah kamu, mau seperti apa namun yang lebih simpel ya berbentuk kotak, hehehe.

Mobil Mobilan Dari Kardus

Mobil Mobilan Dari Kardus
sumber : abiummi.com

 

Kerajinan yang satu ini merupakan kerajinan yang memiliki bentuk yang unik. Apalagi buat kamu yang mendapat tugas pelajaran senibudaya, ide ini sangat cocok untuk kamu buat. Ya kamu bisa mengkreasikan bentuk mobil yang kamu inginkan, kamu bisa membuat miniatur mini bus atau yang lainnya.

Bagi kamu yang sudah lulus, kamu bisa membuatnya untuk pajangan diatas meja tamu. Atau kamu juga bisa menaruhnya dimeja kerja misalnya. Untuk membuatnya kamu harus teliti dan sabar, karena kalau kamu tidak sabaran yang pasti kerajinan tangan ini tidak akan bisa kamu buat.

Kapal Dari Kardus

kerajinan Kapal Dari Kardus
sumber : via blogspot.com

Nah ini nih kerajinan tangan yang bisa memperoleh uang, jika kamu kreatif maka kamu bisa mencoba membuat kerajinan yang satu ini. Kerajinan yang satu ini sebenarnya bisa kamu jual asal benar-benar bagus.

Atau jikan tidak mau dijual pun kamu bisa menaruhnya dirumah sebagai hiasan, pastinya jika ada tamu akan terheran dengan karya kamu.

Memang dalam pembuatanya sangat rumit sekali dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Tetapi jika kamu ingin membuatnya, kamu harus mempunyai kesabaran yang tinggi dan ketelitian yang tinggi pula.

Kerajian Dari Botol Bekas

kerajinan dari botol bekas
sumber : youtube.com

Bicara mengenai botol bekas pastinya sudah tidak asing lagi untuk mata kita saking seringnya melihat botol berserakan. Nah sebenarnya kerajinan botol bekas juga merupakan kerajinan yang berpotensi untuk menghasilkan uang. Asalkan kamu pandai membuatnya dan mempunyai bentuk yang unik.

Kamu juga bisa membuatnya sebagai keperluan kamu atau untuk maenan anak-anak. Khususnya bagi orang tua yang mempunyai anak kecil daripada beli maenan mahal ditoko lebih bai bikin sendiri kan.

Kan sayang uangnya bisa untuk membeli susu untuk anak. Nah maka dari itu yuk mulai kreatif dari sekarang.

Dompet Dari Botol Bekas

Dompet Dari Botol Bekas
sumber : inspiratorfreak.com

Kerajinan dari barang bekas ini memang sangat mudah sekali untuk dibuat. Apalagi buat ibu-ibu yang kreatif, boleh nih ide ini dicoba untuk di praktekan. Atau bisa juga dibuat untuk maenan akan perempuan kan sayang kalau harus beli dompet yang mahal lebih baik kita ajarkan kepada anak agar bisa membuat kerajinan.

Nah berikut ini cara membuatnya, namun sebelum itu kamu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Lem
  • Resleting
  • 2 botol bekas (bebas)

Langkah membuat

  • Potong kedua botol tersebut pada bagian belakangnya sehingga menghasilkan bentuk seperempat dari bagian botol saja.
  • Ambil dan kemudian kasihkan lem kepinggir-pinggir bagian botol\
  • Setelah itu pasang resleting pada sebelas sisi dulu dan kemudian pasanglagi kebagian yang satunya.

Boneka Sumo Dari Botol

kerajinan boneka dari botol bekas
sumber : informazone.com

Kerajinan yang satu ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai maenan bayi. Bentuknya yang mungil membuat kita juga akat tertarik melihatnya. Kamu bisa membuat kerajinan yang satu ini untuk adik kamu yang masih kecil.

Cara membuatnya sangat gampang sekali, kamu hanya membutuhkan botol bekas saja. Kamu hanya perlu menjari satu botol bekas serta cat saja untuk mewarnainya agar bentuknya lebih menarik

Cara membuat boneka dari botol bekas

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Botol bekas
  • Lem
  • Cat

Langkah membuatnya

  • Potong botol menjadi 3 bagian
  • Potong bagian tengah botol tersebut dan buang
  • Kemudia satukan bagian atas dengan bagian bawah botol
  • Dan kemudian lem semua sisi potongan tadi agar menyatu
  • Tara kemudian tinggal di cat saja

Kerajinan Dari Tutup Botol

Kerajinan Dari Tutup Botol
sumber youtube.com

Selain kita bisa memanfaatkan botol bekas sebagai suatu kerajinan kita juga bisa membuat kerajinan yang berbahan dari tutup botol. Kan banyak tuh tutup botol yang dapat kita temukan di tong sampah maupun dipinggir jalan. Ya dari pada dibuang mending dibikin sesuatu yang berarti dan memiliki nilai ekonomis tinggi.

Ngga usah jiji dan ngga usah malu untuk mencarinya, justru yang harus malu adalah orang yang membuang tutup botol itu dengan sembarangan. Kerajinan dari tutup botol bisa kita jual dengan harga yang mahal loh, jadi buat apa kita malu.

Oke langsung saja berikut ini adalah beberapa ide yang bisa kamu jadikan sebagai panduan untuk memebuat kerajinan.

Membuat Kalender Dari Tutup Botol

Kalender Dari Tutup Botol
sumber : hipwee.com

Bagi kamu yang kreatif pastinya ingin mencoba membuat kerajinan yang satu ini. Secara sangat unik bukan dari pada beli kalender dengan harga yang mahal dan juga gambarnya itu-itu saja mending bikin sendiri dengan tutup botol bekas.

Memang sih dalam segi kepraktisan lebih gampang beli, tapi cobalah kita bisa membuatnya sendiri. Kan lebih puas rasanya jika hasil tangan sendiri.

Kerajinan dari barang bekas ini bisa digunakan sampai kapanpun, karena memang kita tinggal mengubah posisinya saja. Penasaran pengen tau cara membuatnya yuk simak dibawah ini.

Alat dan bahan

  • Tutup botol bekas
  • Magnet sodium kecil (banyak yang jual harganya murah)
  • Cat semprot (banyak dijual di pasaran)

Cara membuat

  • Siapkan tutup botol yang sudah dikumpulkan
  • Cuci dengan air hingga bersih
  • Setelah itu keringkan terlebih dahulu
  • Kemudian cat tutup boto tersebut dengan cat semprot
  • Keringkan cat tersebut setelah kering barulah di beri nomor dengan ditulis manual menggunakan cat
  • Tambahkan magnet kecil didalamnya
  • Tara sekarang tinggal menyusun nya di lemari es maupun di plat yang ada besinya

Kerajinan Dari Sedotan

kerajinan dari sedotan

Banyak kreasi yang bisa kita buat dengan sedotan bekas, seperti yang sudah pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Kamu bisa membuat ide kreatif mengenai kerajinan dari barang bekas yang satu ini.

Membuat Burung Dari Sedotan

kerajinan burung dari sedotan
sumber :caracara-mudah.blogspot.com

Wah kerajinan dari barang bekas yang satu ini harus mempunyai skill yang kelas wahid, karena tidak semua orang bisa membuatnya. Butuh keahlian khusus agar kamu bisa membuatnya, tetapi kamu bisa mencoba membuatnya. Yang penting kamu tidak ragu dan harus yakin bahwa kamu bisa.

Membuat Kemoceng Dari Sedotan

Membuat Kemoceng Dari Sedotan
sumber : satujam.com

Hihihi.. emang ada ya kemoceng dari sedotan. Jangan ditanya nih buktinya ada. Tapi versi yang mini ya. Hihi, itu loh buat maenan anak-anak. Tetapi tetap bisa membersihkan debu loh, untuk membuatnya pun sangat gampang sekali tentunya.

Bahan-bahan yang kamu perlukan hanyalah sedotan, lem dan gunting. Baru deh di buat seperti digambar.

Kerajinan Bunga Dari Sedotan

Kerajinan Bunga Dari Sedotan
sumber : youtube.com

Hiasan yang paling indah adalah bunga, betul ngga ya, yaudah di bikin betul aja deh. Nah dari pada kamu beli bunga asli dengan harga yang mahal dan juga harus merawatnya. Bagi kamu yang menginginkan hiasan yang praktis kamu bisa membuat kerajinan yang satu ini.

Jika kamu kreatif saya yakin kamu bisa membuatnya dengan mudah.

Kerajinan Lampu Kristal Dari Sedotan

Lampu Kristal Dari Sedotan

Nah kerajinan dari barang bekas yang satu ini merupakan kerajinan tangan dari barang bekas yaitu sedotan yang sangat mudah sekali untuk dibuat. Kerajinan ini sangat cocok sekali untuk ditempat kan pada kamar tidur. Pastinya ruangan kamar kita akan terlihat indah dengan pernak pernik lampu yang kita buat tadi.

Bahan yang diperlukan hanyalah sedotan bekas yang sudah tidak terpakai, jadi kamu tidak mengeluarkan biaya lagi untuk membelinya.

Penutup

Nah itulah beberapa kerajinan dari barang bekas, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Bila ada salah kata saya mohon maaf, jangan lupa komen karena saya mengharap kritik dan saran dari anda semuanya agar saya bisa mengoreksi dan memperbaiki tulisan saya agar lebih enak untuk dibaca.

Salam hangat Sanrtijawa.

Leave a Comment