Kerajinan dari Kardus

Memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang bernilai tinggi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Akan tetapi tidak semua orang bisa membuat sebuah kerajinan yang mereka inginkan.

Selain dijadikan kerajinan, kardus memiliki fungsi yang sangat banyak. Salah satu contohnya, bisa dimanfaatkan untuk mengemas barang atau paket.

Mungkin di mata orang kaya, kardus tidak memiliki arti apa-apa. Akan tetapi bagi orang yang kreatif, kardus bisa di sulap menjadi barang yang mahal. Berikut merupakan ide-ide kerajinan tangan dari kardus yang cantik dan menarik.

Contents

1. Vespa dari Kardus

Jika kamu orang nya kreative coba deh bikin miniatur vespa keren ini. Yap.. dari kardus bekas di rubah menjadi kerajinan yang bernilai tinggi.

2. Topi dari Kardus

Model topinya sih sederhana tapi membuatnya itu loh penuh keringat. Nah bagi kamu yang sedang ngerayain ulang tahun, coba deh pakai topi ini. Mungkin terlihat lebih menarik lagi jika diberi warna.

Cara membuatnya juga bisa dikatakan mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bahan berikut.

  1. Kardus bekas (bebas mau nyomot dari mana aja)
  2. Gunting (untuk motong kardusnya)
  3. Lem Fox (biar kuat atau lem yang lain juga bisa)
  4. Pulpen
  5. Opsional saja sih biar mempermudah dan mempercepat bisa gunakan alat-alat yang kamu mau.

Nah sekarang cara pembuatanya :

  1. Siapkan kardus 1 lembar, gambar sketsa bulat untuk bagian bawah dan atasnya. Jangan lupa untuk yang bagian bawah harus dilubangi dengan ya. Gambar persegi panjang untuk bagian sampingnya.
  2. Potong bagian yang sudah digambar tadi bagian demi bagian.
  3. Yang terakhir tinggal menyatukan bagian-bagian tersebut dengan lem.
  4. Oh iya, biar lebih cakep lagi kamu bisa warnain dan kasih manik-manik. (ini sih opsional saja). Dah jadi deh.

3. Topeng dari Kardus

Kalau dilihat dari bentuknya sih lumayan rumit jika dibuat sendiri. Tapi kamu ngga perlu khawatir, karena kamu bisa membuatnya dengan mudah.

Akan tetapi kamu perlu membuat sketsanya terlebih dahulu. Tapi kalau kamu pandai dalam membuat kerajinan, baru ngeliat aja udah bisa langsung bikin.

4. Tempat Tidur Mini dari Kardus

Kerajinan yang satu ini saya rekomendasikan kepada ibu-ibu yang punya anak perempuan. Yap, buat kamu yang punya anak perempuan kecil coba deh dibuatkan tempat tidur mainan ini.

Anak laki-laki juga boleh sih main ini, tapi kurang pas ajah.

5. Tempat Amplop dari Kardus

Kotak surat dari besi atau kayu pasti sudah biasa bukan. Tapi coba deh bikin kotak surat dari kardus, pasti keren dilihatnya.

Kekurangannya sih cuma satu, kalau hujan pasti mudah rusak. Tapi sebenarnnya bisa dilapisin plastik sih biar awet.

6. Tas Mainan Anak dari Kardus

Ada satu lagi nih kerajinan yang cocok untuk anak perempuan. Yap, tas dari kardus ini paling cocok dijadikan mainan anak perempuan.

Cara membuatnya pun bisa dibilang mudah dan ngga banyak bahan. Untuk cara pembuatanya sebagai berikut.

  1. Siapkan kardus bekas (bebas mau dapat dari mana).
  2. Siapkan gunting, pulpen, benang dan jarum.
  3. Jangan lupa penggaris juga.
  4. Manik-manik (ini opsional saja)

Cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Gambar sketsanya dulu diatas Kardus tersebut.(buat dua bagian yang sama)
  2. Kemudian gunting sesuai dengan skema.
  3. langkah terakhir satukan bagian tadi dijahit dengan benang.

7. Tas dari Kardus

Ide kerajinan tas sekolah ini juga bisa kamu aplikasikan ketika ada tugas. Dari bentuknya sih emang susah jika dibikin dadakan apalagi perlu ketelitian.

Namun jika kamu kreatif, saya yakin kamu bisa membuat kerajinan yang satu ini dengan mudah.

8. Tank dari Kardus

Ini sih judulnya tank kardus ya, bukan tank baja, hehe…

Kerajinan berbentuk kendaraan perang ini bisa kamu bikin sendiri loh. Emang ngga susah? ya susah ngga nya sih tergantung yang bikin. Tapi sedikit gambaran aja, begini cara membuatnya.

  1. Siapkan kardus bekas (jangan yang bekas kena hujan ya).
  2. Siapkan Gunting, dan lem.

Cara membuatnya

  1. Buat bentuk kotak untuk bagian bawahnya.
  2. Bikin bentuk kotak juga untuk bagian atasnya, tapi lebih kecil dari pada bagian bawah.
  3. Buat bagian roda (bisa dilihat pada gambar diatas)
  4. Yang terakhir buat bagian tembakannya, dan langsung disatukan bagian demi bagiannya.

9. Skateboard dari Kardus

Mungkin waktu SD kamu pernah memainkan skateboard yang terbuat dari paralon. Dan memang banyak sekali pedangan mainan yang menjual kerajinan ini.

Nah, jika kamu sedang menjari kerajinan yang simpel dan mudah dibuat. Ide yang satu ini bisa kamu coba bikin.

Cara membuatnya pun sangat mudah dan kamu pasti bisa membuatnya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan Kardus bekas
  2. Bikin sketsanya terlebih dahulu, gambar bagian atas dan rodanya.
  3. Jika sudah kamu bisa menyatukanya dengan lem.
  4. Jika pengen rodanya mutar maka kamu bisa kasih sedotan kecil pada AS rodanya.

10. Sirkuit Tamiya dari Kardus

Dulu pas admin kecil mobil tamiya merupakan mainan favorit banget. Dan waktu itu sempat trending, tapi jaman sekarang sih udah ngga tau masih ada apa ngga.

Kalaupun ada, mungkin kerajinan yang satu ini bisa kamu tiru dan kamu bikin.

11. Rumah Kucing dari Kardus

Kandang kucing terbilang mahal, tapi jika ingin murah, kamu bisa membuatnya sendiri. Kardus bekas lagi-lagi bisa di andelin sebagai bahan dasarnya.

Yap, udah mudah bikinya, murah juga harganya tapi butuh proses membuatnya. Untuk membuatnya sih kamu bisa kreasikan sesuka kamu bentuk apa yang kamu mau.

12. Rumah Mini dari Kardus

Tugas sekolah memang kadang bikin males, tapi kalau tidak dikerjakan tidak dapat nilai. Apalagi tugas seni budaya, pasti bikin pusing dan males.

Nah bagi kamu yang lagi males tapi pengen nilai kamu gede, kerajinan ini bisa dicoba. Memang sedikit rumit sih pembuatanya, tapi coba kamu buat aja.

13. Rumah Burung dari Kardus

Kandang burung juga bisa dibikin dari kardus bekas loh. Emang ngga tahan lama seperti kandang besi dan sejenisnya. Tapi jika dilihat dari nilainya kandang burung dari kardus ini tidak kalah jauh.

14. Robot dari Kardus

Kalau pengen membuat kerajinan yang agak rumit sih mendingan bikin ini. Robot dari kardus bisa kamu buat dengan memanfaatkan barang bekas.

Ngga usah dijelasin ya cara membuatnya, udah tau kan pasti susah,hihi.

15. Robot Besar dari Kardus

Ini juga sama, robot dari kardus, akan tetapi kerajinan yang satu ini memiliki ukuran yang besar. Ntah siapa yang membuatnya pastinya sangat jenius dan teliti sekali.

16. Rak Buku dari Kardus

Nah kerajinan yang satu ini sagat cocok banget buat kamu yang ngaku anak kost. Minim biaya dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Buat kamu yang pengen punya rak buku di meja, coba deh bikin kerajinan yang satu ini.

17. Pistol dari Kardus

Lagi-lagi hanya orang jenius yang bisa bikin kerajinan yang satu ini. Dari bentuknya aja udah rumit apalagi membuatnya, pasti lebih rumit.

Tapi tenang, jaman sekarang kan sudah banyak teknologi, apapun bisa dibikin. Apalagi sekarang ada teknologi laser dan desainnya pun bisa dibikin lewat software komputer.

18. Pigura dari Kardus

Kalau admin sih mending beli dari pada bikin, banyak juga pigura dengan harga murah. hehe,

Pigura dari kardus bisa kamu jadikan ide kerajinan yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Dari bentuknya lebih unik dibandingkan dari yang berbahan kayu. Tapi sayang untuk ketahanannya ngga bisa dipastikan keawetannya.

19. Perahu dari Kardus

Pernah lihat film perahu kertas? nah ini dia perahunya. haha.

Perahu kertas bisa kamu buat sendiri dengan mudah, karena bentuknya memang begitu saja. Bayangkan aja sebuah perahu, nanti kamu bisa membuat bentuknya yang kamu mau.

20. Perahu Boat dari Kardus

Masih seputar perahu, Ini sih bukan sembarang perahu kalau dalam aslinya. Yap, perahu ini memiliki kecepatan yang luarbiasa dibandingkan dengan yang lainnya.

Kalau ngga percaya coba aja liat aslinya, kalau kerajinan ini sih paling tenggelam kelamaan di air. Tapi kamu bisa membuat kerajinan yang satu ini untuk mainan atau tugas sekolah kamu.

21. Pedang dari Kardus

Dimana-mana yang namanya pedang pasti tajam ya. Tapi ada juga pedang yang bisa dibakar loh, hihi.

Ini dia pedang dari kardus yang keren dan menawan. Jika kamu punya anak kecil laki-laki, kamu bisa membuatkan pedang ini. Ya secara kan anak laki-laki sangat suka berantem bukan. hehe.

22. Mobil Truk dari Kardus

Kalau dibilang susah bikinnya sih ngga, kerajinan mobil-mobilan ini bisa kamu buat sendiri. Nah pada dasarnya mobil mainan ini memiliki tiga bagian. Yaitu bagian depan, belakang dan bagian roda. Mungkin yang mudah itu membuat rodanya sih ya.

Tapi bagian belakang juga terbilang mudah, yang susah tuh bagian depan. Perlu kesabaran dan ketelitian sih dalam membuatnya. Kalau ngga sabaran bukannya jadi malah hancur berantakan.

Bagi kamu yang punya anak laki-laki coba deh ajarin anaknya membuat ketrampilan. Atau buat kamu yang lagi nyari ide kerajinan, mobil-mobilan ini bisa kamu bikin.

23. Mobil dari Kardus

Kalau dilihat dari gambarnya sih ini mobil ukurannya besar. Pasti yang bikinnya sangat kreatif dan cerdas sekali. Admin sih ngga bisa kalau buat kerajinan yang satu ini, Tapi kalau kamu bisa komen ya dibawah.

24. Sepeda dari Kardus

Sepeda mini dari kardus ini bisa kamu bikin sendiri dengan memanfaatkan pola yang sudah ada. Ibarat kata sih tinggal menjiplak sketsa yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu bisa bikin sendiri kenapa tidak, masalah hasil kamu bisa kreasikan sebagus mungkin.

25. Pesawat dari Kardus

Ketika anak kecil ingin mainan, coba lah untuk membuatkan pesawat dari kardus. Cara membuatnya pun ngga begitu sulit dan menggunakan bahan sedikit. Kamu tinggal menggambar sketsa di atas kardus yang sudah disiapkan.

Jika sudah kemudian potong dengan gunting atau kater. Selesai dipotong kemudian tekuk bagian digaris lipatan yang sudah kamu buat tadi. Sampai sini pesawat sudah selesai, tapi kamu harus tambahkan bagian atas seperti digambar.

26. Miniatur Motor dari Kardus

Dilihat dari kambarnya sih keren banget, tapi sepertinya rumit untuk membuatnya. Kerajinan ini bisa kamu jadikan untuk hiasan meja kerja atau meja belajar. Atau juga bisa digunakan untuk mainan anak kecil.

Kalau kamu bisa membuatnya coba deh kamu praktekan di rumah, setelah jadi kamu bisa komen dibawah.

27. Mobil dari Kardus

Nah kerajinan yang satu ini terlihat rumit dan sulit, yang buat kerajinan ini bukan orang sembarangan sih. Pasti sangat kreatif dan teliti banget dalam membuatnya.

28. Kamera dari Kardus

Kadang bicara orang kreatif tuh bikin gemes, ya gemesnya sih kenapa dia bisa bikin ini itu. Kalau liat diri kita sendiri, ko kenapa susah ya, nah bagi kamu yang ngalamin perasaan gini jangan minder ya.

29. Miniatur Becak dari Kardus

Becak dari kardus, bisa kamu bikin sendiri dirumah. Kalau belum tau cara buatnya, kamu bisa lihat tutorial di youtube.

30. Miniatur Alat Berat dari Kardus

Dilihat dari bentuknya memang rumit, tapi sebenarnya kamu bisa membuatnya dengan mudah. Asal kamu melihat bentuknya pasti sudah terbanyang gambaran didalam otak. So, coba kamu praktekin ide kerajinan yang satu ini.

31. Mikroskop dari Kardus

32. Lampu Tidur dari Kardus

33. Meja Cantik dari Kardus

34. Meja Laptop dari Kardus

35. Lampu Hias dari Kardus

36. Lampu Gantung dari Kardus

37. Lampu Belajar dari Kardus

38. Labirin dari Kardus

39. Kursi dari Kardus

40. Kuda-kudaan dari Kardus

41. Kuda Mainan dari Kardus

42. Kotak Tisu dari Kardus

43. Kotak Cantik Dari Kardus

44. Kostum Iron Man dari Kardus

45. Kereta dari Kardus

46. Kambing dari Kardus

47. Holder HP dari Kardus

48. Istana dari Kardus

49. Jam Dinding Dari Kardus

50. Hiasan Dinding Kijang dari Kardus

51. Hiasan Burung Hantu dari Kardus

52. Gitar dari Kardus

53. Gantungan Baju dari Kardus

54. Bus dari Kardus

55. Celengan dari Kardus

56. Excavator Mini dari Kardus

57. Bunga Cantik dari Kardus

58. Bola Dunia dari Kardus

59. Biola dari Kardus

60. Bajai dari Kardus