Kerajinan dari Kayu Berbentuk Unik

Kayu merupakan salah satu bahan dasar yang memiliki banyak sekali kegunaan atau fungsional. Bukan hanya dipakai sebagai bahan dasar dari kursi, meja ataupun lemari.

Bukan juga hanya berfungsi sebagai peralatan rumah, akan tetapi banyak sekali kegunaan dari sebuah kayu. Bukan hanya memiliki banyak fungsi, kayu juga bisa didapatkan dengan mudah. Salah satu contohnya kayu bisa dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.

Kerajinan dari kayu juga memiliki fariasi yang beraneka ragam. Maka dari itu bentuk apa saja yang bisa dibuat dari kayu. Berikut adalah contoh kerajinan berbahan dasar kayu.

1. Lampu tidur dari kayu

sumber : aliexpress.com

Tidak lengkap rasanya jika kamar tidak memiliki lampu tidur yang enak dipandang. Apalagi ini menunjang cita rasa kenyamanan yang akan dirasakan.

Tidur dengan cahaya minim memang lebih menimbulkan rasa relaksasi tersendiri. Apalagi cahaya dari lampu tidur yang sangat redup.

Banyak sekali produk lampu tidur yang dijual di pasaran, namun kembali kepada masing-masing. Jika kamu tipikal orang yang suka dengan desain klasik ataupun ingin berkreasi sendiri.

Kamu bisa membuat lampu tidur sendiri dengan memanfaatkan kayu. Cara membuatnya pun bisa dibilang tidak sulit-sulit amat.

Tapi jika kamu yang tidak mau ribet, kamu bisa membeli atau memesan lampu tidur ini ke pengrajin kayu.

Kembali ke cara membuatnya.

Ini tergantung bentuk apa yang kamu mau bikin nantinya. Namun kita bisa bikin sesuai gambar di atas.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan alat dan bahanya terlebih dahulu
    • Kayu
    • Gergaji potong
    • Lem putih
    • Palu
    • Paku
    • Meteran & penggaris siku
  2. Langkah pertama buatlah ukuran dengan meteran dan buat 2 potongan kayu sama panjang (ini untuk bagian atapnya)
  3. Kemudian buat garis membentuk persegi dan di sambung dengan bentuk segitiga sama kaki. (ini untuk bagian tengah atau pondasinya)
  4. Buat juga 2 potongan kayu sama panjang untuk bagian sampingnya.
  5. Kemudian ukur kayu untuk bagian bawah lalu potong.
  6. Jika sudah semuanya maka kemudian satukan bagian-bagian tersebut dengan lem putih.
  7. Jika hasilnya ingin kuat maka bisa di paku.
  8. Pada langkah ini sudah jadi, langkah selanjutnya kamu bisa kreasikan bentuk lain untuk pariasinya.

Note: Jika ingin lebih menarik kamu bisa mengecatnya dengan cat pernis

2. Jam dinding dari kayu

Jam Dinding dari Kayu

Di setiap rumah pastinya ada benda yang satu ini bukan. Jam dinding merupakan aksesoris rumah yang sangat berguna untuk mengetahui waktu.

Ya walaupun ada jenis jam yang mudah dibawa kemana-mana seperti jam tangan. Atau lebih canggihnya jam yang ada di handphone kamu. Tapi coba kamu amati pastinya kebanyakan rumah pasti memiliki jam dinding.

Tapi kali ini kita akan membahas jam dinding hasil kerajinan dari kayu. Buat kamu yang pengen dirumahnya memiliki jam dari hasil kerajinan. Atau buat kamu yang lagi kebingungan mencari ide kerajinan dari kayu. Jam dinding dari kayu bisa kamu jadikan ide dalam membuat prakarya.

Jika kamu ingin membuat kerajinan jam dari kayu, berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan alat dan bahannya
    • Gergaji
    • Palu
    • Paku
    • Kayu Tipis
    • Penggaris siku & meteran
    • Pensil
    • Mesin jam
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat ukuran jam terlebih dahulu.
  3. Jika sudah maka buatlah garis pada kayu sesuai dengan ukuran yang sudah di tentukan.
  4. Kemudian potong bagian demi bagian.
  5. Jika sudah maka satukan bagian tadi menjadi bentuk persegi.
  6. Buatlah lubang di tengah-tengah secara simetris untuk mesin jam.
  7. Kemudian buat potongan kecil untuk pertanda nomor
  8. Jika sudah maka kamu bisa merakit dan menyatukan dengan mesin jamnya.
  9. Kamu harus kreasikan semenarik mungkin dengan menambahkan aksesoris yang lain.

3. Kalender dari Kayu

Kalender Kayu

Jika pada umumnya kalender itu terbuat dari kertas, nih ada kalender dari kayu loh. Kalender ini bisa kamu tempatkan di kamar ataupun di ruang tamu.

Walaupun terbilang sedikit ribet sih, karena kamu harus mengatur tanggal setiap hari. Meskipun begitu tapi kamu akan puas dengan karya kamu sendiri nantinya.

Untuk membuatnya pun cukup mudah namun bisa dibilang agak sulit juga sih. Oke langsung bahas aja gimana cara membuatnya.

  1. Siapin bahan
    • Kayu balok
    • Gergaji
    • Penggaris siku & pensil
    • Meteran
    • Pilok
    • Print angka di di kertas
  2. Buat ukuran di kayu dengan ukuran persegi sama seperti dadu.
  3. Jika sudah bisa kamu potong (buat menjadi beberapa bagian sesai kebutuhan)
  4. Kalau sudah kemudian kamu bisa membuat bagian luar untuk menempatkan dadu tadi.(lihat seperti digambar atas)
  5. Nah kalau sudah tinggal tempelin angka yang ada di kertas yang sudah kamu sediakan tadi.

4. Tas dari Kayu

Tas Kayu

Jika kamu pengen punya tas yang kuat dan awet, maka kerajinan yang satu ini bisa kamu coba. Tidak seperti tas pada umumnya yang mudah banget sobek ataupun rusak. Tas dari kayu ini memiliki kualitas yang bagus dan awet.

Tapi hal yang disayangkan kamu ngga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi tenang saja karena kamu bisa dapetin tas ini di toko. Atau kamu bisa membuatnya di tukang pengrajin kayu misalnya.

5. Gantungan Kunci dari Kayu

Gantungan Kunci

Gantungan kunci merupakan aksesoris yang mudah untuk didapatkan. Dan juga banyak ragam bentuknya yang dijual di pasaran.

Jika kamu sedang mencari ide kerajinan tangan dari kayu, gantungan kunci bisa diandalkan. Dengan bahan yang sedikit dan juga pembuatanya yang mudah akan menghemat waktu.

Untuk cara pembuatanya sebagai berikut.

  1. Bahan yang diperlukan
    • Pensil & penggaris
    • Gergaji
    • Bor/paku
    • Ring untuk gantungan kunci
    • Kater
    • Amplas
    • kayu tipis
  2. Buat garis membentuk persegi pada kayu. (untuk acuan bentuk gantungan)
  3. Gambar bentuk yang kamu inginkan pada kayu yang sudah disiapkan.
  4. Jika sudah kemudian potong dengan gergaji mengikuti garis acuan.
  5. Kemudian rapihkan potongan menggunakan kater mengikuti garis bentuk gantungan kuncinya.
  6. Kemudian amplas bagian tersebut agar lebuh halus dan rata.
  7. Langkah terakhir, buatlah lubang pada ujung gantunga tersebut untuk ring gantungan.

6. Tempat Pensil dari Kayu

Tempat Pensil dari Kayu

Jika kamu memerlukan tempat pensil yang cantik dan ramah lingkungan. Kerajinan dari kayu ini bisa kamu gunakan untuk menempatkan pensil di meja belajar.

Tempat pensil berbahan dasar kayu memang terkenal kuat dan juga ramah lingkungan. Tidak heran kalau tempat pensil dari kayu ini menjadi alternatif dari tempat pensil yang terbuat dari plastik.

Bentuknya yang canik dan elegan, tempat pensil dari kayu juga bisa kamu jadikan sebagai kado ulang tahun.

Namun sayangnya kamu tidak bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa alat yang memumpuni. Tapi kamu jangan khawatir, karena banyak tukang kayu yang bisa membuat kerajinan yang satu ini.

7. Kotak Cincin/perhiasan dari Kayu

Kotak Cincin

Salah satu tempat penyimpanan yang baik adalah yang terbuat dari kayu. Hal tersebut dikarenakan kayu tidak berkarat dan tidak mudah berjamur.

Tidak hanya itu kayu juga memiliki tekstur kuat, jadi tidak mudah pecah jika terjatuh.

Bagi kamu yang memiliki banyak perhiasan bisa menggunakan kotak yang berbahan dari kayu. Atau buat kamu yang mau melamar wanita, kotak ini juga bisa dijadikan sebagai tempat cincin yang klasik.

8. Case HP dari Kayu

Case Hp

Semakin canggihnya teknologi, manusia sudah mulai gila dalam berinovasi sebuah produk. Salah satunya adalah case handphone yang terbuat dari kayu ini. Tekstur kayu yang kuat bakalan bisa diandalin untuk melindungi handphone kamu dari benturan.

Namun disamping itu ada kekurangannya, kamu tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Dan juga kekurangan lainya handphone kamu akan terlihat tebal dan sedikit berat.

9. Kotak Tisu dari Kayu

Tempat Tisu

Tempat tisu yang terbuat dari kayu merupakan kerajinan tangan yang terbilang mudah untuk dibikin sendiri.

Untuk kualitasnya pastinya terjamin dan juga tidak akan mudah jatuh. Hal ini dikarenakan beban yang berat dari kayu.

Jika kamu ingin membuatnya sendiri berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan gergaji, pensil, penggaris, meteran, paku, palu dan pahat.
  2. Pertama kamu harus tau ukuran tisu yang akan kamu jadikan acuan.
  3. Buat bagian-bagian sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan
  4. Potong bagian tersebut dengan gergaji.
  5. Kemudian ambil satu bagian dan buat lubang ditengah-tengah untuk tempat mengambil tisunya.
  6. Satukan bagian-bagian tadi dengan paku atau bisa juga dengan lem. Sisakan satu bagian untuk bagian belakang kotaknya.
  7. Jika sudah maka tinggal memperbagus dengan menambahkan ukiran atau aksesoris pendukung.
  8. Tisu sudah siap dimasukan.

10. Hiasan Dinding dari Kayu

Hiasan dinding

Dinding rumah akan terasa cantik jika ditempeli berbagai macam aksesoris. Apalagi dari hasil kerajinan tangan, pastinya akan memberikan kesan yang menarik.

Dengan memanfaatkan kayu, kamu bisa membuat hiasan dinding yang bagus dan menarik. Apalagi bagi kamu yang ingin rumahnya terlihat klasik dan simpel.

11. Figura dari Kayu

Figura

Ada foto pasti ada figura. tanpa figura sebuah foto akan cepat rusak dan kotor.

Banyak sekali figura yang dijual dipasaran baik yang berbahan plastik ataupun kayu. Namun figura dari kayu memiliki keawetan yang baik. Sedangkan figura dari plastik sangat mudah sekali pecah.

12. Ukiran Nama dari Kayu

Ukiran Nama dari Kayu

13. Miniatur Becak dari Kayu

Miniatur Becak

14. Miniatur Vespa dari Kayu

Miniatur Vespa

15. Miniatur Truk dari Kayu

Miniatur Truk

16. Miniatur Perahu dari Kayu

Miniatur Perahu

17. Miniatur Kereta dari Kayu

Miniatur Kereta Api

18. Papan Nama Keluarga dari Kayu

Papan Nama Keluarga

19. Telenan dari Kayu

Telenan Untuk Masak

20. Asbak dari Kayu

Baca juga : kerajinan dari sabun berbentuk unik