Kerajinan Tangan Dari Sedotan Bentuk Unik Dan Mudah

Kerajinan tangan dari sedotan – Bicara tentang sedotan pastinya kita sudah tidak asik bukan dengan benda yang satu ini. Benda kecil panjang terdapat lubang di dalamnya yang biasa kita gunakan untuk meminum es itu loh. Hehehe.

Tidak hanya dapat di gunakan sebagai alat membantu saja loh sedotan bekas juga bisa kita manfaatkan untuk kerajinan tangan yang dapat menghasilkan uang. Dari pada dibuang kan sayang mending di kumpulin aja biar bisa dibuat kerajinan.

Kalau kelamaan ngumpulinnya kita juga bisa mencarinya di tong sampah atau pun di pinggir jalan. Waduh kotor dong?, santai aja kan bisa di cuci nantinya. Yah gengsi kali jaman gini masih mungut sampah!. Eitt…. jangan bicara gitu ya justru di jaman sekarang ini kalau gengsi ngga bakalan dapet duit dah tuh. Jaman sekarang itu harus kreatif ya ngga sih, salah satu kreatifitasnya ya termasuk membuat kerajinan dari sedotan itu ya ngga?.

Okelah dari pada kelamaan opening yuk mari kita tengok kerajinan apa saja sih yang bisa kita buat agar menghasilkan duit. Berikut pemaparannya :

1. Kerajinan Tangan Dari Sedotan Vas bunga

vas bunga kerajinan tangan dari sedotan
sumber : lifestyle.okezone.com

Mau punya vas bunga yang superkeren dengan harga yang hemat?. Tentunya pasti mau bukan jaman sekarang mana ada barang dengan harga murah. Kalaupun ada pasti barang abal-abal, atau bahkan barang yang cepat rusak.

Nah kerajinan tangan dari sedotan ini bisa dijadikan solusi, selain kita bisa berkreasi juga kita dapat menghemat uang kita tentunya. Kerajinan vas bunga dari sedotan ini termasuk mudah untuk di buat kita hanya membutuhkan sedotan bekas, gunting dan lem tentunya.

Baca juga : Kerajinan Tangan Dari Kardus

2. Kerajinan Tangan Tempat pensil dari sedotan

kerajinan tangan tempat pensil dari sedotan bekas
sumber : youtube.com

Bagi anak sekolahan tempat pensil sangat dibutuhkan sekali untuk menyimpan pensil yang dimiliki. Memang banyak sekali orang yang menjual tempat pensil murah di pasaran. Namun dari pada harus keluar nyari yang bagus tapi mahal.

Kerajinan tangan dari sedotan yang satu ini dapat kita buat sendiri kawan. Tidak usah mikirin lamanya proses yang penting kita bisa berkreasi dengan bagus. Dan hasil akhirnya pun akan berbeda jika kita menggunakan barang buatan sendiri tentunya.

Mau bangga dengan karya sendiri atau mau bangga dengan karya orang lain?. Tentunya kita akan bangga dengan barang bikinan sendiri bukan. Yang paling menggiurkannya lagi kita bisa menjual kerajinan tangan kita tentunya.

Untuk cara membuatnya gampang banget pokoknya, yuk simak caranya di bawah :

Namun sebelum kelangkah pembuatannya kita harus menyiapkan alat dan bahanya terlebih dahulu.

Alat dan bahan

  1. Botol bekas
  2. Sedotan bekas
  3. Lem tembak

Cara membuat

  1. Potong terlebih dahulu botol bekas sesuai panjang pensil
  2. Setelah di potong lalu ukur sedotan sesuai ukuran botol tersebut
  3. Setelah itu barulah kita mulai berkreasi
  4. Bentuklah sedotan hingga membentuk huruf “wwww” saling sambung satu sama lain
  5. Setelah terbentuk maka langsung dipasangkan dibotol dan kemudian di lem

 

3. Kerajinan tirai pintu dari sedotan

 

kerajinan tangan tirai dari sedotan
sumber : food.ndtv.com

Jendela kamar kosong atau pintu tidak ada hiasan? Jaman hini masih ga ada hiasan ketinggalan jaman banget ya ga sih, hehehe..

kerajinan tangan dari sedotan ini bisa kita buat dengan sangat mudah sekali, yang penting ada alat dan bahan untuk membuatnya.

Kerajinan tirai ini sangat bagus sekali dijadikan sebagai hiasan kamar atau hiasan pintu. Kita juga dapat dengan mudah membuatnya sendiri tanpa adanya keahlian. Dari pada beli mending bikin sendiri aja dong. Emang sih kalau bikin sendiri membutuhkan waktu lama, tetapi soal rasa sangat beda banget tentunya.

Dari bahan bekas kini dapat kita ubah menjadi barang yang bagus dan indah. Cara membuatnya sangat mudah sekali tentunya, yuk kita praktekan caranya. Namun kita harus siakan alat dan bahanya terlebih dahulu kawan.

Alat dan bahan

  1. Gunting
  2. Sedotan bekas
  3. Tali
  4. Lem tembak

Cara membuatnya

  1. Siapkan sedotan dan bentuklah menjadi sebuah bunga kecil kecil (kreasikan sesuai keinginan anda)
  2. Guntinglah sedotan yang lain membentuk beberapa bagian potongan
  3. Satukan bunga tadi dengan potongan sedotan dengan lem
  4. Setelah jadi semua, masukan kerajinan yang sudah jadi kedalam benang dan susun secara rapih
  5. Setelah jadi barulah di gantung pada pintu maupun jendela

 

4. Kerajinan taplak meja dari sedotan

kerajinan tangan taplak meja dari sedotan bekas

Baru beli meja? Atau mau ganti taplak meja?. Yuk kita buat kerajinan yang satu ini. Memang cara membuatnya agak sulit dan butuh keahlian khusus tentunya, tapi anda bisa berkreasi semampu anda.

Dari pada beli taplak meja mahal mending bikin sendiri aja kan sesuai dengan yang kita mau. Kerajinan tangan taplak meja ini bisa menghasilkan duit juga jika di jual, dengan syarat harus bagus dan unik tentunya.

Untuk membuatnya sendiri anda hanya perlu menyusun dan berimajinasi agar hasil yang didapatkan bagus dan rapih. Bagi yang sudah buiasa menganyam tentunya sangat mudah sekali membuat kerajinan yang satu ini.

 

5. Kerajinan rumah dari sedotan

kerajinan rumah dari sedotan
sumber : youtube

Bagi yang bingung ketika mendapatkan tugas kerajinan tangan dari guru para siswa tentunya mencari ide menarik untuk membuat karya yang bagus tentunya. Nah kerajinan tangan rumah ini bisa dijadikan solusinya.

Kerajinan ini juga mudah dibikin dan bahanya pun mudah didapatkan, ada juga kerajinan dari bahan lain yang dapat kita buat namun kerajinan dari sedotan ini lebih mudah sekali.

Untuk cara membuatnya sangat mudah yuk ikutin petunjuk dibawah :

  1. Pertama kita siapkan gunting dan sedotan bekas serta lem juga
  2. Potong sedotang menjadi beberapa bagian
  3. Susun potongan tersebut dan rekatkan dengan lem hingga membentuk sebuah rumah kecil.
  4. Tara sekarang kerajinan tangan dari sedotan sudah dibuat

Note : kreasikan bentuk rumah sesuai dengan imajinasi saja.

 

6. Kerajinan tangan sepeda mini

kerajinan sepeda dari sedotan
sumber : cumacumacumasatu.blogspot.com

Diatas meja kerja atau meja belajar anda kosong tidak ada hiasan? Nah kerajinan yang satu ini sangat cocok sekali untuk di bikin. Kita bisa membuatnya dengan mudah dan menaruhnya di atas meja ataupun di lemari misalnya.

Bahan yang di butuhkan hanya sedotan dan lem saja tentunya. Cara membuatnya sangat mudah sekali kawan, yuk intip bagaimana cara membuatnya.

  1. Siapkan alat dan bahan seperti gunting, sedotan bekas, lem beserta roda kecil bekas mainan.
  2. Gunting sedotan menjadi beberapa bagian
  3. Rangkailah terlebih dahulu model sepeda yang akan kita buat
  4. Satukan bagian dengan bagian yang lainya hingga membentuk sebuag sepeda
  5. Setelah jadi barulah kita pajang kerajinan tersebut.

 

7. Kerajinan gantungan kunci boneka

kerajinan tangan gantungan kunci
sumber : hidupsimpel.com

Banyak sekali gantungan kunci yang di produksi oleh pabrik yang kita gunakan sebagai pelengkap kunci motor misalnya. Nah mulai sekarang yuk kita kreatif untuk membuat gantungan kunci sendiri, selain untuk menghemat uang jajan. Kita juga bisa menjualnya di pasaran, pasti banyak peminatnya apalagi dari kalangan para pemuda.

Salah satu aksesoris yang tidak boleh terabaikan adalah gantungan kunci buka, coba bayangkan ketika kunci motor tidak ada gantungannya pasti susah untuk mencarinya. dengan adanya sedotan bekas kita bisa membuat kerajinan tangan dari sedotan menjadi bentuk yang sangat unik sekali.

Tidak usah membuat gantungan kunci yang susah kita bisa membuat gantungan kunci dengan bentuk yang mudah. Contohnya bentuk manusia misalnya (stick man), pastinya sudah tergambar bukan bentuk manusia seperti apa.

Nah kini saatnya kita berkreasi membuat gantungan kunci dengan sedotan bekas, namun kita harus menyiapkan alat dan bahanya terlebih dahulu seperti gunting, benang, manik-manik, sedotang bekas.

Cara membuatnya :

  1. Sedotan yang sudah disiapkan di potong menjadi beberapa bagian
  2. Kemudian siapkan juga manik-manik yang di butuhkan
  3. Bentuklah seperti yang ada pada gambar
  4. Setelah selesai barulah anda bisa menjadikannya sebagai gantungan kunci

 

8. Kerajinan tangan kalung dari sedotan

kerajinan tangan kalung dari sedotan
sumber : solusinya.net

Buat anak jaman now tentunya sangat suka sekali mengoleksi aksesoris seperti gelang dan kalung. Apalagi bagi yang mau gaya-gayaan doang bisa nih membuat kerajinan yang satu ini. Apalagi bagi wanita muslimah yang mempunyai tangan yang trampil, kerajinan ini sangat cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan tentunya.

Kita dapat mengkreasikanya sesuai dengan keinginan yang akan kita buat, cara membuatnya sangat gampang sekali, namun hasilnya sangat bagus tentunya.

Nah berikut langkah pembuatanya :

  1. Siapkan sedotan dan manik-manik
  2. Potong sedotan menjadi beberapa bagian yang mempunyai sudut runcing
  3. Masing-masing potongan di beri pengikat seperti di gambar
  4. Susunlah satu persatu hingga membentuk kalung yang bagus dan berkelas.

Gambar hanya pemanis doang ya, untuk bentuknya kita bisa kreasikan menjadi bentuk semenarik mungkin agar bisa di jual hehe.

 

9. Kerajinan lampu dari sedotan

kerajinan tangan lampu hias
sumber : youtube.com

Hiasan lampu merupakan hiasan yang harus ada pada setiap rumah, bahkan kebanyakan restoran juga memiliki banyak lampu hias. Nah dari pada kita membeli lampu hias yang tidak jelas mending kita buat lampu hias sendiri. Toh biaya yang di keluarkan lebih murah di banding harus beli di toko.

Kita bebas mengkreasikan bentuk desain lampu hias yang akan kita buat. Untuk membuatnya sangat mudah sekali kawan, lagi-lagi kita hanya membutuhkan sedotan bekas saja.

Cara pembuatanya dapat di simak di bawah ini ya

  1. Siapkan sedotan bekas, gunting dan juga benang
  2. Potonglah sedotan agar menjadi panjang yang tidak sama
  3. Setelah di potong barulah di susun dengan cara menyatukannya dengan benang.
  4. Setelah membentuk lingkaran barulah bisa di tambahkan diatasnya dengan kardus.
  5. tahap akhir harus mengetes ketahanan kerajinan tangan dari sedotan yang telah kita buat tadi

Note : untuk lebih jelasnya bisa di lihat di gambar ya, tentunya sudah ada gambaran bukan.

 

10. Kerajinan hiasan dinding dengan sedotan bekas

kerajinan tangan hiasan dinding dari sedotan
sumber : solusinya.net

Woow, hiasan dinding ternyata bisa di buat dari sedotan bekas juga. Ya tentunya sangat bisa sekali, kita hanya harus bekreasi semenarik mungkin dengan bahan sedotan. Kerajinan dinding dari sedotan juga bisa kita jadikan sebagai kado ulang tahun misalnya.

Tidak usah membuat bentuk yang susah, misalnya saja kita membuat figura foto dan hiasan dinding berbentuk hati, atau yang lainya.

Selain itu juga bagi yang sudah mempunyai anak kita bisa mengajarkan kepada anak agar bisa membuat kerajinan tangan dengan menggunakan sedotan.

Tentunya kita semua tidak mau memiliki rumah yang tidak memiliki hiasan. Karena hiasan akan memperindah tampilan rumah kita pastinya. Nah bagi yang ingin membuat kreasi hiasan dinding kerajinan yang satu ini sangat bagus sekali.

Misalnya kita membuat kerajinan tangan dari sedotan hiasan dinding berbentuk hati maka cara membuatnya sangat mudah sekali.

Cara membuat kerajinan hiasan dinding berbentuk hati

  1. Siapkan sedotan dan gunting beserta lem
  2. Susun sedotan dan gabungkan menjadi satu membentuk lembaran
  3. Satukan dengan lem
  4. Gambarlah pola hati yang akan di bentuk
  5. Gunting lembaran sedotan tadi hingga membentuk hati
  6. Tambahkan aksesoris pendukung lain seperti manik-manik dan pita

Komentar

%d blogger menyukai ini: