√ Klasifikasi Makhluk Hidup Lengkap Dengan Kingdom Dan Penjelasanya

Klasifikasi Makhluk Hidup – Hallo, kali ini kita akan belajar materi biologi yaitu mengenai klasifikasi makhluk hidup, ya bisa dibilang membahas kingdom gitu deh. Bicara mengenai kingdom pastinya akan hidup dalam ekosistem, ekosistem sendiri sebenarnya sudah saya bahas pada artikel sebelumnya jadi kamu bisa membacanya.

Berdasarkan pengelompokan makhluk hidup, pada dasarnya jenis makhluk hidup sangat beragam sekali. Dengan adanya beragam jenis ini menyebabkan beragam pula para ahli menerangkan mengenai klasifikasi makhluk hidup.

Maka dari itu dalam artikel ini yuk kita belajar bersama-sama mengenai pembahasan klasifikasi makhluk hidup ini. Saya berharap kamu yang membaca ini akan mengerti dan paham serta hafal. Okeh yuk langsung saja kita bahas.

Pada dasarnya klasifikasi tersusun dari 2 bagian yaitu :

  1. Dasar klasifikasi
  2. Sistem klasifikasi

Berikut penjelasan mengenai dasar klasifikasi dan sistem klasifikasi.

 

Klasifikasi Makhluk Hidup 5 kingdom

Klasifikasi Makhluk Hidup

sumber : hedisasrawan.blogspot.com

 

Dasar Klasifikasi

Pada dasarnya semua makhluk hidup yang ada di bumi memiliki jenis dan spesies yang berbeda. Maka dari itu para ahli yang meneliti makhluk hidup sudah mengelompokan makhluk hidup dengan sesama jenisnya. Kesepakatan pengelompokan makhluk hidup merupakan sebuah aturan yang sudah dibakukan secara internasional.

Tujuan adanya pengelompokan itu sendiri adalah untuk mempermudah kita ketika mempelajari makhluk hidup. Jadi ya pada intinya kita hanya langsung memakai rumus yang sudah ada saja. Dan tidak perlu repot-repot mencari kesana kemari dan meneliti lagi.

Adapun pengelompokan makhluk hidup pada dasarnya dikelompokan tidak sembarangan, melainkan dikelompokan dengan kesamaan ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup. Dalam pengelompokannya itu sendiri dilakukan dengan bertingkat.

Tingkatan dalam pengelompokan itu sendiri disebut dengan takson, dengan semakin tinggi urutan takson maka semakin sedikit persamaan makhluk hidup itu sendiri. Adapun yang menjadi dasar mengenai ciri-ciri dalam pengelompokan tersebut didasarkan pada beberapa aspek.

Berikut beberapa aspek dalam pengelompokan makhluk hidup :

  • Morfologi, yaitu cabang biologi yang mempelajari tentang bentuk tubuh mahluk hidup/ organisme.
  • Fisiologi, cabang bilogi yang mempelajari keberlangsungan sistem kehidupan mahluk hidup.
  • Anatomi, yaitu cabang biologi yang mempelajari struktur dan organisasi pada makhluk hidup. (struktur tubuh organisme).
  • Sifat sifat biokimia, yaitu sifat kimia makhluk hidup.
  • Genetik, yaitu cabang biologi yang mempelajari sifat warisan/ keturunan.

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Dalam penjelasanya mengenai sistem klasifikasi ini memang tidak sama menafsirkanya. Karena memang setiap para ahli mempunyai gagasan yang berbeda dengan yang lainnya. Salah satu ahli yang mengemukakan klasifikasi ini adalah Robert H Whittaker, beliau mengatakan bahwa sistem klasifikasi yaitu terdiri dari 5 kingdom. Berikut pencelasanya :

1. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia

sumber : slideplayer.com

Kingdom anemalia adalah kingdom yang merupakan organisme yang mempunyai sel kompleks yang disebut eukariotik dan bersifat multi seluler. Kingdom anemalia atau juga sering disebut dengan tumbuhan ini merupakan kingdom yang berbeda dengan kingdom plantae. Kingdom animalia tidak memiliki klorofil yang berfungsi untuk memuat makananya sendiri.

Akan tetapi kingdom animalia atau hewan ini merupakan kingdom yang harus mencari makananya sendiri. Maka dari itu hewan tidak bisa hidup kalau tidak mencari makanannya sendiri.

Pada dasarnya kingdom animalia ini me

Kingdom animalia juga merupakan kingdom yang bernafas dengan satu arah artinya membutuhkan oksigen untuk bernafas dan mengeluarkan karbon dioksida, dan begitu seterusnya.

Pada dasarnya kingdom ini dibagi atas dua kelompok yang terdiri dari :

  1. Hewan yang memiliki tulang belakang (vetebrata)
  2. Hewan yang tidak memiliki tulang belakang (Invertebrata)

Vertebrata

Hewan Vertebrata

sumber : slideplayer.com

Vertebrata adalah merupakan  Klasifikasi makhluk hidup dari jenis hewan yang mempunyai tulang belakang ( tulang punggung ). Yaitu yang terdiri dari beberapa filum yakni amfibi, aves, mamalia, pisces, dan reptilia.

Berikut penjelasannya.

  1. Amfibi
Hewan Amfibi katak

sumber : pixabay.com

Amfibi adalah hewan yang memiliki tulang belakang yang biasa hidup didalam air maupun didarat. Hewan ini merupakan hewan yang bisa dikatakan hewan yang mampu hidup didua alam yaitu seperti katak, salamander dan kodok.

Hewan amfibi bernafas dengan menggunakan kulit dan paru-parunya untuk menghirup oksigen. Hewan amfibi ini berkembang biak dengan cara bertelur yang dimana ketika sedang bertelur maka hewan amfibi ini akan mencari air untuk menempatkan telurnya. Setelah beberapa lama barulah telur itu berubah menjadi kecebong. Nah dalam tahap menjadi kecebong ini katak bernafas menggunakan ingsang sama seperti ikan pada umumnya.

Amfibi merupakan termasuk hewan yang berdan dingin (poikiloterm). Selain itu juga amfibi memiliki 3 ordo yang terdiri dari.

  • Anura
  • Caudata
  • Gymnophiona

 

  1. Aves
Hewan jenis Aves

sumber : pixabay.com

Aves atau sering disebut dengan burung adalah termasuk hewan unggas yang memiliki bulu yang mnyelimuti semua bagian tubuhnya. Burung merupakan hewan yang berdarah panas (homoiterm), burung juga memiliki bulu yang memiliki fungsi berbeda. Yakni :

  • Plumae yang berfungsi untuk terbang
  • Plumulae yang berfungsi sebagai isolator
  • Filoplumae yaitu berfungsi sebagai sensorik pada burung.

Tidak hanya itu burung juga memiliki kantung hawa (pneumaticus) yang berfungsi untuk mengatur badanya ketika terbang, memberikan kehangatan pada badn. Dan berfungsi untuk mengeraskan suara burung tersebut.

Burung/ aves merupakan bagian kingdom yang memiliki banyak ordo dibanding dari jenis kingdom lainya. Yaitu terdiri dari 27 ordo ialah :

·         Apterygiformes·         podicipediformes
·         Anseriformes·         spheniscitormes
·         apodiformes·         gaviiformes
·         caprimulgiformes·         procellariiformes
·         ciconiformes·         pelecaniformes
·         columbiformes·         falconiformes
·         coraciiformes·         galliformes
·         cuculiformes·         gruiformes
·         ciconiformes·         Psittaciformes
·         coliiformes·         Strigiformes
·         struthioniformes·         Trogoniformes
·         rheiformes·         Piciformes
·         casuarriiformes·         Passeriformes
·         tinamiformes

 

  1. Mamalia
Hewan Mamalia Kambing

sumber : pixabay.com

Mamalia adalah merupakan hewan yang menyusui karena memang memiliki kelenjar susu. Hewan mamalia juga memiliki rambut atau bulu yang menyelimuti seluruh permukaan tubuhnya. Dalam pembagian jenisnya pada dasarnya hewan mamalia juga dibagi menjadi beberapa jenis. Yaitu :

  • Mamalia yang memiliki plasenta yaitu mamalia yang berkembang biak dengan melahirkan ( vivipar), contohnya seperti kucing, harimau, sapi, kambing dan lain-lain.
  • Mamalia yang bertelur yaitu mamalia yang berkembang biak dengan cara bertelur terlebih dahulu, contohnya seperti kloaka dan kanguru.

Mamalia juga terdiri dai beberapa ordo yaitu :

·         artidactyea·         marsupialia
·         cetacea·         prosboscidae
·         edentata·         perrisodactyla
·         chiroptera·         sirenia
·         insectivore·         rodentia
·         karnivora·         lagomorpha
·         monotremata·         pholidota
·         pholidota·         primata

 

  1. Pisces
ikan

sumber : pixabay.com

Pieces adalam merupakan kelompok hewan yang hidup didalam air, salah satunya adalah ikan. Ikan memiliki bagian tubuh luar yang dilindungi eksoskeleton yang berupa sisik. Pisces merupakan hewan yang bernafas menggunakan ingsang yang terdapat pada tubuhnya.

Pisces juga merupakan hewan yang berdarah dingin ( poikiloterm ) yang mampu menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu air yang di tinggalinya.

Pisces juga memiliki ordo yang terdiri dari :

  • Agnatha
  • Chondrictheyes
  • Osthichthyes
  1. Reptilia
Hewan Reptil

sumber : pixabay.com

Nah yang terakhir adalah reptilia, reptilia ini adalah merupakan hewan bertulang belakang yang pertama yang mampu beradaptasi dengan daerah yang memiliki tanah kering dan gersang. Hewan reptil merupakan hewan yang melindungi dirinya dengan cara memutuskan bagian tertentu pada tubuhnya jika dalam keadaan tertekan atau berbahaya.

Contoh hewan reptil yaitu buaya, kadal, ular, alligator. Seperti jenis yang lain reptil juga memiliki beberapa ordo yang terdiri dari :

  • Crocodilia
  • Chelonia
  • Squamata
  • Rynchochepalia

2. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae

sumber : slideplayer.com

Kingdom plantae adalah salah organisme eukariotik multi seluler yang mempunyai dinding sel dan klorofil. Dari definisi tersebut bisa dikatakan bahwa kingdom plantae adalah tumbuhan itu sendiri.

Pengertian klorofil adalah zat hijau daun yang berfungsi dalam proses fotosintesis sehingga tumbuhan bersifat autotrof. Autotrof adalah organisme yang mampu memproduksi makanannya sendiri.

Ciri-ciri kingdom plantae

Pada dasarnya kingdom plantae memiliki ciri-ciri untuk dapat dikenali dan merupakan sebagai pembeda dari kingdom yang lain.

  1. Terdapat klorofil yang berfungsi untuk fotosintesis
  2. Bersifar autotrof
  3. Mempunyai dinding sel yang tersusun dari selulosa
  4. Bersifat multiseluler yang menyimpan makanan dalam bentuk pati sebagai cadangan makanannya

Klasifikasi/ pengelompokan kingdom plantae

Kingdom plantae tidak hanya memiliki ciri-ciri saja akan tetapi kingdom plantae juga memiliki klasifikasi tersendiri. Tujuan adanya klasifikasi ini adalah sebagai pengelompokan setiap jenis yang ada dalam kingdom plantae. Sehingga dengan adanya pengelompokan ini kita menjadi mudah untuk memahaminya.

Klasifikasi kingdom plantae terdiri dari :

  1. Tumbuhan Paku ( Divisi Pteridophyta )
  2. Tumbuhan Berbiji ( Divisi Spermatophyta )
  3. Tumbuhan lumut ( Divisi Bryophyta )

Dari klasifikasi kingdom plantae diatas dapat dijelaskan sebagai berikut ini.

Tumbuhan paku ( Divisi Pteridophyta )

contoh simbiosis komensalisme tumbuhan paku

sumber : informazone.com

Tumbuhan paku merupakan salah satu jenis dari klasifikasi kingdom plantae yang mempunyai bahasa latin Divisi Pteridophyta. Tumbuhan paku ini merupakan tumbuhan yang memiki akar, batang dan daun. Pada dasarnya tumbuhan paku ini memiliki bulu diseluruh batangnya.

Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang mempunyai pembuluh angkut yang terdiri dari floem dan xylem. Tumbuhan paku mampu hidup dimana saja tanpa mengenal tempat, tumbuhan ini mampu tumbuh di tanah , permukaan batu, di permukaan tanah yang lembab, bahkan mampu hidup menempel di tanaman lain.

Tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan parasit yang merugikan tumbuhan lain. Artinya kebanyakan dari jenisnya hidup selalu mengikut dalam tumbuhan lain.

Pada dasarnya tumbuhan paku memiliki 4 jenis kelas yang terdiri dari :

  1. Paku purba ( Psilopsida )
  2. Paku kawat ( Iycopsida )
  3. Paku ekor kuda ( spenopsida )
  4. Paku sejati ( pteriopsida )

Itulah ke empat jenis kelas yang terdapat pada tumbuhan paku.

Tumbuhan Lumut ( Divisi Bryophyta )

Tumbuhan Lumut

sumber : pixabay.com

Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan yang sudah tidak asing lagi untuk kita temukan. Karena memang tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang banyah hidup disembarang tempat apalahi tempat yang lembab.

Pada dasarnya tumbuhan lumut ini berkembang biak membutuhkan air sebagai perkembang biakannya. Maka dari itu tempat yang lembab sangat cocok sekali sebagai tempat lumut berkembang biak dengan pesat. Biasanya kita sering menjumpai lumut ini pada tanah yang lembab, tembok yang lembab, batu, maupun kulit tumbuhan.

Namun tumbuhan lumut tidak seperti tumbuhan paku yang mempunyai jaringan pengangkut. Tumbuhan lumut ini merupakan jenis tumbuhan dari kingdom plantae yang tidak memiliki floem dan xylem yang berfungsi sebagai jaringan angkut. Sehingga dengan tidak adanya jaringan tersebut menjadikan tumbuhan lumut berkembang biak pada tempat yang lembab.

Tumbuhan lumut juga merupakan tumbuhan yang memiliki kelas, terdapat tiga kelas tumbuhan lumut yaitu :

  1. Lumut tanduk ( Anthocerotopsida )
  2. Lumut hsti ( hepaticopsida )
  3. Lumut daun ( Bryopsida )

Nah itulah ketiga kelas tumbuhan lumut, dan yang terakhir adalah tumbuhan berbiji berikut pemaparanya.

Tumbuhan Biji ( Divisi Spermatophyta )

tumbuhan biji

sumber : pixabay.com

Membahas tumbuhan biji pada daarnya tumbuhan biji yang memiliki nama latin Divisi Spermatophyta ini adalah tingkat yang paling tinggi dalam kingdom plantae. Tumbuhan biji merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk serta ketinggian yang berbeda-beda pada setiap tanamanya.

Serta tumbuhan biji ini merupakan tumbuhan yang banyak hidup didaratan, tetapi ada juga sebagian yang hidup di air seperti teratai dan eceng gondok. Untuk cara berkembang biakannya tumbuhan biji berkembang biak dengan melalui proses pembuahan dan penyerbukan.

Tumbuhan biji juga terbagi memjadi dua macam divisi/kelas yang terdiri dari :

  1. Tumbuhan biji tertutup (Angiospermae)
  2. Tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae)’

 

Invertebrata

Hewan Invertebrata

sumber : sd.prasacademy.com

Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang, hewan invertebrata terdiri dari annelida, arthopoda, coelenterata, echinodermata, molussca , nemanthelminthes, planthyhelminthes. Berikut penjelasanya :

1. Annelida
Hewan Annelida

sumber : ecowatch.com

Annelida adalah filum yang merupakan cacing bersegmen. Jadi pada intinya anelida itu sendiri adalah sebuah cacing. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa cacing merupakan binatang yang tidak memiliki tulang belakang.

Adapun kamu dapat mengetahui sebuah spesies termasuk dalam golongan annelida atau bukan bisa dilihat pada ciri-ciri berikut ini.

Ciri-ciri annelida

  • Bereproduksi dengan cara seksual dan aseksual
  • Dapat hidup dengan bebas didalam tanah, tempat lembab, perairan air tawar, maupun didasar laut.
  • Dapat dibedakan menjadi tiga kelas yaitu hirudinea, polychaeta, oligochaeta.
  • Merupakan hewan triploblastik selomata
  • Memiliki tubuh simetri bilateral bersegmen
  • Memiliki otot dan mempunyai sistem pencernaan yang lengkap
  • Tidak memiliki sistem respirasi
  • Mempunyai sifat gonokoris dan hemafrodit, yaitu alat kelamin betina dan jantan terpisah dalam setiap individu yang berbeda.
  • Memiliki sistem ekresi
2. Arthropoda
Hewan Arthropoda Kelabang

sumber : 123rf.com

Arthropoda ialah filum yang merupakan bagian paling besar didalam dunia hewan, karena mencakup beberapa jenis binatang. Contoh binatang arthopoda ialah laba-laba, serangga, lipan, udang dan lain-lain.

Jenis binatang arthopoda biasanya bertempat tinggal di air tawar, laut, darat, dan pada lingkungan udara. Adapun ciri-ciri dari hewan arthopoda lebih jelasnya lengkapnya dibawah ini.

Ciri-ciri arthopoda

  • Sistem respirasi menggunakan insang, trakea/paru-paru yang merupakan siklus terbuka.
  • Memiliki alat kelamin betina dan jantan terdapat pada individu yang berbeda atau disebut dengan Dan melakukan reproduksi seksual secara internal, serta mengalami perlepasnya kutikula ( eksisis ).
  • Memiliki kaki serta tubuh yang beruas, hidup pada semua habitat, bersifat parasit dan bersifat simbiotik.
  • Memiliki tubuh yang terdiri dari kepala (kaput), dada (toraks), dan perut (abdomen). Memiliki sistem indra yang berkembang secara baik, memiliki sistem saraf yang tersusun dari ganglia otak bagian depan tubuh yang dekat dengan faring.
  • Memiliki sistem pencernaan yang lengkap
  • Memiliki 4 kelas berdasarkan dari bentuk struktur kaki dan tubuh, yang terdiri dari arachnoidea, crustacea, insecta, myriapoda.

 

Leave a Reply