Inilah 19 Kreasi Barang Bekas Unik Dan Mudah Dibuat & Bisa Menghasilkan Uang

Kreasi Barang Bekas Unik Dan Mudah Dibuat Yang Bisa Menghasilkan UANG

Kreasi Barang Bekas – kamu punya banyak barang bekas dirumah?, dan kamu bingung mau diapain barangnya, atau kamu mau buang barang tersebut. Wah saya saranin jangan kamu buang barang bekas tersebut, karena ternyata kamu bisa memanfaatkan barang bekas tersebut loh. Memangnya mau diapakan barang bekas tersebut?. Mmm…. yang pasti barang bekas dirumah kamu yang sudah tidak terpakai masih bisa dijadikan barang yang bisa dibilang high level.

Saya katakan kamu bisa membuat barang tersebut menjadi sebuah kreasu yang memiliki nilai tinggi dan memiliki harga jual tinggi loh. Itulah yang saya katakan high level tadi, karena barang yang tadinya sudah tidak terpakai dan mau kita buang ternyata bisa diolah kembali menjadi kreasi barang bekas yang memiliki harga jual.

Sudah ngga sabar ingin membuat kreasi dari barang bekas tersebut?, nah yuk langsung simak saja ya.

Kreasi barang bekas dan cara membuatnya

cara membuat kreasi barang bekas
sumber : youtube.com

Pada dasarnya banyak sekali kreasi yang kamu bisa buat dari barang bekas yang ada dirumah kamu. Misalnya saja kamu bisa memanfaatkan botol bekas, koran bekas, maupun semua barang bekas yang ada di rumah kamu. Selain itu juga kamu bisa membuat kreasi dengan bentuk yang menarik sebisa kamu.

kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas misalnya untuk membuat tempat pensil atau juga kamu bisa membuat kreasi dari kaleng bekas sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu adalah seorang yang pintar dalam menggambar atau pun kamu memiliki hobi suka membuat sesuatu alat. Atau bisa dibilang kamu adalah orang yang suka bereksperimen menciptakan suatu benda, saya yakin kamu pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat kreasi barang bekas.

Justru saya yakin dengan adanya barang bekas kamu bisa mengembangkan potensi pada diri kamu. Dan malah menjadi peluang bisnis yang sangat worked sekali, kenapa begitu? Karena dijaman sekarang ini sangat mungkin sekali barang yang sudah kamu buat bisa kamu jual dengan harga yang sangat mahal.

Bagi kamu yang masih pemula tidak perlu khawatir dan tidak perlu minder tidak bisa membuat sebuah kreasi. Justru pada kali ini saya sedikit membagikan cara membuat kreasi barang bekas. Bahkan dengan adanya materi ini kamu bisa menjadikannya sebagai bahan asah potensi kamu, dan sebagai media pembelajaran.

  1. Kreasi barang bekas dari botol

Kreasi sapu mini dari botol plastik

kreasi bekas sapu dari botol bekas

Jika kamu ingin punya sapu dengan ukuran yang mini kamu bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan botol plastik bekas loh. Pastinya kreasi yang satu ini memiliki nilai plus, karena bisa kamu gunakan untuk bersih-bersih meja taupun lemari yang kotor. Bahkan tidak hanya itu jika kamu punya adik perempuan kreasi sapu mini ini sangat cocok sekali sebagai mainanannya loh, karena secara tidak langsung kita sudah mengenalkan dan menanamkan atat yang bisa digunakan untuk membersihkan benda.

Kamu penasaran dengan cara membuatnya?. Nah yuk langsung saja simak dibawah ini. Namun sebelum itu kamu harus siapkan alat dan bahannya dulu.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Kater
  • Botol plastik 5 buah
  • Kayu stik
  • kawat
Cara membuat sapu dari botol bekas
  • Setelah alat dan bahan sudah terkumpul maka langkah yang pertama kamu lakukan adalah membersihkan botol tersebut dari stiker atau plastik yang membungkusnya.
  • Jika sudah lalu kamu potong bagian bawah dari botol tersebut, potonglah bagian yang kerasnya atau lebih jelasnya kamu bisa lihat di gambar No. 2 (potong dengan menggunakan kater)
  • Jika sudah dipotong maka hal yang selanjutnya kamu membuat sisiran pada botol tersebut dengan cara membagi beberapa bagian potongan. Guntinglah botol tersebut dari ujung yang potongan yang telah dilakukan pada tahap ke 2 tadi secara vertikal. Sehingga membentuk beberapa bagian sisiran, potong hingga bagian atas botol plastik tersebut untuk lebih jelasnya lihat pada gambar No. 3.
  • Potonglah bagian ujung tutup botol plastik, ( lihat gambar No. 4 ) bagian ini nantinya diletekan dibagian luar botol plastik yang sudah disisir yang lain.
  • Sisirlah semua botol plastik dan sisakan satu botol plastik yang ujung tutup botolnya tidak di potong. Lihat gambar No. 5
  • Jika sudah barulah kamu bisa menyatukan semua botol menjadi satu (lihat gambar No. 6)
  • Nah setelah itu kamu siapkan botol yang terakhir dan potonglah menjadi dua bagian. Dan ambillah bagian atas dari botol plastik tersebut. Lihat gambar No. 7
  • Jika sudah selanjutnya kamu gabungkan bagian tersebut dengan bagian botol yang sudah digabungkan tadi. Lihat gambar No. 8
  • Setelah itu kamu buat lubang pada bagian atas botol tersebut lihat gambar No. 9 ( masukan kawat pada lubang tersebut dan buatlah ikatan yang kencang.
  • Nah kini tinggal satu langkah lagi, yang terakhir adalah memasukan kayu stik yang sudah kamu siapkan kedalam lubang bagian atas botol tersebut.
  • Jika ingin kencang kamu bisa ikat dengan kawat juga agar kuat
  • Tara kreasi sapu mini selesai kamu buat.

Pot Bunga Dari Botol bekas

pot cantik dari botol bekas
sumber : bukalapak.com

Kerajinan tangan yang satu ini juga bisa kamu bikin di rumah loh. Pastinya kamu tertarik membuat kreasi unik yang satu ini bukan. Saya rasa tidak salah jika kamu membuat pot bunga sendiri, dari pada beli mahal mending kamu bikin sendiri. Bahkan jika kamu kreatif kamu bisa menjualnya loh.

Cara membuatnya juga sangat mudah sekali tentunya, kamu hanya perlu bahan utama botol plastik bekas saja sudah bisa menuju langkah pembuatannya. pastinya sangat mudah bukan untuk menemukan botol bekas di sekitar rumah kamu.

Untuk membuatnya kamu bisa meniru gambar kerajinan diatas, so kamu bisa membuatnya dengan mudah bukan. Atau jika kamu pengen membuat dengan model sendiri kamu juga bisa mengkreasikan sebisa kamu.

Pastinya kamu sudah tahu bahwa dijaman sekarang ini banyak sekali orang yang membuang sampah botol plastik sembarangan. Nah kamu sebagai orang yang cinta tanah air maka sebagai bentuk cinta kamu itu, kamu bisa mengurangi sampah dengan mengubahnya menjadi kerajinan.

Alat dan bahan apa saja yang harus kamu gunakan. Nah jika kamu ingin membuatnya kamu cukup siapkan gunting, botol bekas, cat warna, dan kuas. Langkah selanjutnya sudah pasti kamu bisa langsung membuatnya.

Kreasi barang bekas dari kertas

cara membuat kreasi dari kertas koran
sumber : youtube.com

Bicara mengenai kertas pastinya kamu akan teringat dengan koran yang banyak menumpuk dirumah kamu bukan. Nah kamu bisa membuat kreasi yang menarik dari kertas koran yang sudah terpakai loh. pada dasarnya banyak sekali kerajinan yang kamu buat dari kertas koran ini, kamu bis amembuat kerajinan dari kertas berbentuk bunga. kamu bisa membuat kerajinan dari kertas berbentuk tempat tisu kotak yang keren seperti gambar diatas.

Yang pasti kerajinan yang satu ini memang diperlukan oleh semua orang. kamu bisa membuatnya sendiri loh, kamu bisa memanfaatkan koran bekas yang ada dirumah kamu.

Jika kamu punya waktu luang ataupun kamu sedang libur saya saranin kamu harus membuat kerajinan yang satu ini. Daripada nganggur tidak ada pekerjaan lebih baik kamu gunakan waktu kamu untuk membuat kreasi yang satu ini. Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kreasi yang satu ini hanya sedikit sekali yaitu gunting, penggaris, kertas koran, dan lem.

Kreasi barang bekas dari kardus

Lampu hias dari kardus bekas

cara buat lampu hias dari kardus
sumber : youtube.com

Jika kamu ingin membuat hiasan dirumah kamu kreasi yang satu ini sangat saya sarankan sekali. Kreasi ini sangat bermanfaat sekali sebagai hiasan rumah yang cantik dan gampang di buat. Jika kamu tertarik membuat kerajinan yang satu ini yuk lihat langkah pembuatannya. Oh iya kreasi yang satu ini juga bisa kamu jual loh, yang pastinya kamu akan mendapatkan duit banyak.

Eiiits tapi ingat ya, lampu hias yang kamu buat haruslah memiliki benuk yang keren dan menarik. Lampu hias ini sangat cocok sekali di tempatkan di kamar tidur kamu loh. Yang pasti kamar kamu akan terlehiat keren jika dikamar kamu terdapat lampu hias ini.

Memang kerajinan yang satu ini agak sedikit rumit jika kamu membuatnya sendiri. Tapi saya yakin kamu bisa membuatnya sendiri dengan alat dan bahan yang sudah kamu siapkan.

  1. Kreasi barang bekas sederhana

` Mobil mini dari kotak susu / Kardus

kreasi bekas mobol dari kotak susu

Kreasi yang satu ini memang terlihat mudah untuk dibuat, ya karena memang kreasi yang satu ini khusus buat kamu yang masih pemula saja. Atau juga buat kamu yang sudah punya anak kecil kamu bisa mengajarinya membuat kerajinan yang satu ini loh. Dengan desain yang simpel tapi juga menarik ini sangat mudah sekali dibuat.

Langsung saja lihat cara membuatnya biar kamu ngga penasaran, yuk cekidot

Alat dan bahan

  • Siapkan kotak susu bekas ( bebas )
  • Gunting
  • Kertas origami
  • Doubel tape
  • Tutup botol

Cara membuat

  • Langkah yang pertama adalah kamu buat terlebih dahulu bagian kepala mobilnya lihat gambar No. 2
  • Jika sudah selanjutnya buatlah bagian belakang mobil tersebut dengan berbentuk persegi panjang lihat gambar No. 3
  • Langkah selanjutnya adalah gabungkan kedua bagian tersebut dengan menggunakan doubel tape.
  • Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah melapisinya dengan kertas origami, kamu bebas berkreasi disini. Kamu bisa memadukan warna untuk menghiasi bagian kepala mobilnya.
  • Jika sudah lakukan pelapisan juga pada bagian belakang mobil.
  • Nah langkah selanjutnya kamu tinggal membuat roda mobilnya saja.
  • Buatlah roda dengan menggunakan tutup botol tadi dan pasanglah di bawah bagian mobil tadi. Dan tara mobil gerobak sudah kamu buat.

 

  1. Kreasi barang bekas dari sedotan

Taplak meja dari sedotan

Taplak Meja Dari Sedotan Bekas
sumber : youtube.com

Jika kamu tertarik membuat kerajinan dari sedotan kamu bisa membacanya disini, taplak meja merupakan alat yang wajib dipunyai oleh semua orang, dan pastinya kamu juga sudah tahu tentang hal ini. Tapi pernahkah kamu bertanya ada ngga sih yang menggunakan taplak meja tapi dari hasil kreasi tangannya sendiri. Pastinya kamu penasaran bukan dengan pertanyaan yang satu ini, namun untuk jawabannya sendiri memang ada sebagian orang yang membuat taplak meja dan menggunakannya sendiri, tapi ini sangat jarang sekali loh ya.

Kamu bisa membuat kreasi yang satu ini dengan motif yang berbagai macam corak. Dan kamu bisa menggunkan berbagai macam sedotan dengan warna yang bervariasi agar jika sudah jadi akan tampak menarik.

Alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kreasi yang satu ini yaitu sedotan, gunting, benang, penggaris, spidol. Cara membuatnya sangatlah simpel. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur berapa pandang sedotan yang akan kamu buat taplak nantinya. Katakanlah 3 cm, maka kamu bisa menandainya dengan spidol dan kemudian kamu bisa memotongnya sesuai dengan ukuran tadi.

Bunga Cantik Dari Sedotan

cara membuat bunga dari sedotan
sumber : fatinia.com
cara membuat bunga dari sedotan
sumber : fatinia.com

Baca Juga Cara Membuat Kerajinan Dari Sedotan

Selain kamu bisa membuat taplak meja, kamu juga bisa membuat pelengkapnya, yaitu bunga dari sedotan sebagai hiasan meja. Cara membuatnya sangatlah mudah, kamu bisa memanfaatkan sedotan bekas yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa mengkreasikan bentuk bunga sesuai yang kamu mau, bisa itu bunga mawar, bunga anggrek dan bunga yang lainnya. Bahan yang kamu perlukan pastinya sedotan, gunting, lem dan kawat sebagai tangkainya.

untuk daunnya kamu bisa membuatnya dengan sedotan juga, yang mana sudah kamu bentuk menjadi bentuk daun dengan menggunakan gunting. Oh iya jika kamu mengalami kesulitan dalam membuatnya saya sudah menuliskan artikel tentang cara membuat kerajinan dari sedotan silahkan kamu baca di link di atas.

Nah jika kamu penasaran pengen membuatnya langsung, okelah saya akan membagikan sedikit cara membuat bunga dari sedotan. Yuk simak berikut langkah-langkah membuat bunga dari sedotan.

  • Pertama kamu siapkan sedotan terlebih dahulu, kemudian kamu buat sesetan dengan cutter atau gunting seperti di gambar No. 1.
  • Jika sudah kamu bisa langsung menggulung sobekan tersebut mulai dari ujung sedotannya. jika kurang jelas silahkan lihat gambar No. 2
  • Nah jika sudah selesai menggulungnya langkah selanjutnya kamu bisa langsung membuat kelopak bunganya, dengan cara menekuk sedotan tersebut secara berkelanjutan. Lihat gambar No. 3 & 4.
  • Lakukan sampai ujung sedotannya habis.
  • Tara sekarang kelopak bunga sudah selesai kamu buat, sekarang kamu tinggal membuatnya lagi agar menjadi banyak. Lihat gambar No. 7

Kreasi barang bekas menjadi furniture

Untuk kreasi yang satu ini kamu bisa membuat tempat tisu dari kaleng bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Untuk kaleng yang digunakan kamu bisa menggunakan kaleng apapun bisa dari kaleng susu, kaleng permen dan lain-lain.

Pastinya sangat mudah sekali bukan untuk menemukan kaleng dirumah kamu, apalagi bagi yang punya adik bayi pastinya banyak kaleng bekas yang sudah tidak digunakan. Dari paa dibuang sayang mending di jadikan kreasi yang keren.

Cara membuatnya sangatlah mudah kamu hanya perlu membersihkan kalengnya dan membuat lubang di tengah sebagai tempat keluarnya tisu. Dan kamu juga bisa membeli stiker keren untuk menutupi gambar dari susu tersebut menjadi stiker yang memiliki gambar yang keren.

Pastinya kreasi ini sangat perlu sekali bukan, dengan manfaat sebagai tempat tisu pastinya kreasi yang satu ini bisa kamu jual loh. Yang pasti kerajinan yang satu ini menghasilkan uang.

Komentar