√ Belajar Kunci Dasar Gitar Dengan Mudah Lengkap Dengan Gambar

Belajar Kunci Dasar Gitar Dengan Mudah Khusus Pemula

Kunci Dasar Gitar – Hai ketemu lagi bersama santrijawa disini, pada kali ini kita akan belajar bermain gitar untuk para pemula. Pastinya kalian semua pengen bisa gitar bukan, apalagi bagi para laki-laki. Dulu waktu jaman saya kalau ada laki-laki yang tidak bisa bermain gitar maka sering dijuluki sebagai banci.

Bahkan waktu saya dulu bisa bermain gitar adalah sebuah hal yang membanggakan karena saya banyak dikagumi oleh para wanita. Wiih siapa coba yang nggak mau banyak dikagumi oleh orang banyak.

Mungkin bagi kamu yang masih awal belajar gitar, kamu akan bicara bahwa bermain gitar sangat susah sekali. Anggapan seperti itu harus kamu tinggalkan mulai dari sekarang, ya benar karena dengan anggapan seperti itu kamu tidak akan bisa untuk menjadi mahir dalam bermain gitar.

Sebenarnya sangat mudah sekali bermain gitar dengan benar dan bagus, apalagi bisa memainkan satu lagu secara full pastinya kamu akan bangga. Lah terus emang bagaimana caranya?, tenang pada kali ini yuk kita belajar gitar bersama-sama.

Kamu akan menguasai dan akan mahir bermain gitar hanya cukup satu minggu saja dengan cacatan kamu harus mengikutii saran yang saya berikan. Waktu satu minggu kamu maksimalkan setiap hari dengan berlatih dan terus berlatih.

Oh iya saya lupa nih, saya menyarankan jika kamu benar-benar ingin bisa bermain gitar. Tips dari saya adalah kamu harus punya gitar dulu, ya ngga usah yang mahal-mahal banyak kok gitar dengan harga murah yang di jual dipasaran.

Baca juga : Alat Musik Tradisional Indonesia

Wah udah ngga sabar ya pengen bisa bermain gitar yuk simak dan baca artikel ini berulang-ulang agar kamu menjadi faham.

Bagian Bagian Gitar

Bagian Bagian Gitar

sumber : chordindonesia.com

Sebelum kamu belajar gitar hal yang perlu kamu tahu adalah bagian-bagian gitar terlebih dahulu. Hal ini bermaksud agar kamu dapat memahami langkah-langkah selanjutnya dalam belajar gitar. Apalagi bagi kamu yang masih awamkan tentunya belum tahu bagian gitar itu ada apa saja.

Namun hal yang saya tekankan adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang kolom gitar dan freet gitar serta senarnya.

Pada umumnya semua gitar memiliki umlah freet dan kolom yang berbeda tergantung dari jenis dan merek gitarnya. Ada yang memiliki kolom sedikit dan ada juga yang memiliki kolom yang banyak. Ada juga yang memiliki tabung yang kecil dan juga ada yang besar.

Akan tetapi untuk suara yang lebih bagus dan lebih nyaring saya sarankan kamu untuk membeli gitar yang memiliki tabung besar.

Belajar Kunci Dasar Gitar

Kunci gitar

santrijawa.com

Hal yang pertama harus kamu pelajari adalah kunci gitar. Kamu harus paham dan mengerti pola-pola kunci gitar. Dengan mengetahui polanya maka kamu akan cepat bisa untuk memainkannya. Untuk itu kamu harus menghafal kunci gitar dasar terlebih dahulu.

Pada dasarnya kunci gitar hanya ada beberapa saja, akan tetapi dalam pengembangannya memang dibilang cukup banyak sekali. Namun sebagai pemula kamu hanya perlu belajar kunci gitar dasar saja. Hal ini bertujuan agar kamu tidak pusing nantinya.

Oh iya pada dasarnya gitar biasa memiliki senar sebanyak 6 biji 3 sebagai bass dan 3 lagi sebagai streeng.

Nah berikut ini kunci dasar gitar yang harus kamu pelajari dan hafalkan :

Kunci Dasar Gitar Chord C

kunci gitar C

sumber : vebma.com

Kunci gitar C ini merupakan chord yang sangat mudah sekali untuk dipelajari dan dihafalkan apalagi memang kebanyakan chord yang ada pada sebuah musik adalah chord girat C. Untuk jarinya chord ini memerlukan tiga jari yang membentuk kunci dasar C.

Bagaimana sih bentuk kunci C itu?. Seperti yang kamu lihat pada gambar yang menunjukan secara gamblang dan jelas.

Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 2 pada kolom 1
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 4 pada kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 5 pada kolom tiga

#Note: Ketiga senar tersebut harus ditekan!

Nah sangat mudah bukan untuk mempelajari kunci gitai dasar ini.

Kunci Dasar Gitar Chord D

Kunci Gitar D

sumber : kuncigitar.co.id

Kunci dasar gitar D ini merupakan kunci yang mudah namun terbilang sulit juga. Mudah dalam arti mudah bentuknya, namun sulit ketika pergantian dari kunci yang lain menuju kunci D. Kunci dasar gitar yang satu ini mempunyai dua variasi yang bisa kamu praktekan yaitu D dan Dm.

Pada dasarnya kedua chord tersebut sama saja akan tetapi memang sedikit beda dalam bunyinya. Namun kamu bisa menggunakan yang mana saja sebenarnya, ya menurut kamu yang lebih mudah saja yang mana.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar sangat simpel sekali bukan?. Ya memang seperti itu adanya, kamu akan dengan mudah memperagakannya. Kamu hanya bermain pada kolom dua dan tiga saja.

Agar lebih jelasnya yuk simak dibawah ini :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 3 di kolom 2
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 1 di kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 2 di kolom 3

Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar sembari memahami ketiga poin tadi.

Kunci Dasar Gitar Chord Dm

Kunci Dasar Gitar Chord Dm

sumber : youtube.com

Nah variasi kunci D sebenarnya sangat banyak sekali namun karena kali ini kita hanya membahar kunci dasar gitar saja maka tidak akan saya sebutkan semuanya.

  • Chord Dm (D minor), sebenarnya kedua kunci gitar ini sama saja hanya saja memiliki sedikit beda pada suaranya. Untuk polanya juga mudah sekali untuk kamu praktekan, seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas mudah sekali tentunya.

Agar lebih jelasnya yuk simak dibawah ini :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 1 di kolom 1
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 3 di kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 2 di kolom 3

#Note : Jangan lupa ditekan ya.

Kunci Dasar Gitar Chord E

Kunci Dasar Gitar Chord E

sumber : vebma.com

Kunci dasar gitar yang satu ini juga sangat mudah sekali, kamu bisa menirunya dengan mudah dan dapat dengan cepat mengingatnya.

Seperti pada gambar diatas kamu bisa menirunya dengan mudah bukan?. Ya tentu saja kamu pasti bisa, chord E juga merupakan chord yang paling banyak digunakan dalam sebuah musik pop maupun dangdut.

Untuk lebih jelasnya yuk simak dibawah ini :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 3 di kolom 1
  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 5 di kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 4 di kolom 2

Kunci Dasar Gitar Chord Em

Kunci Dasar Gitar Chord Em

sumber : kuncigitar.co.id

Selanjutnya adalah chord Em ( E minor), chord ini merupakan chord yang sama denga chord E biasa. Dari penempatan jarinya pun sama akan tetapi chord Em ini tidak menggunakan ketiga jari melainkan menggunakan dua jari saja.

Dan letak senar yang di tekan juga berbeda dengan chord E biasa. Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, kamu bisa mengetahui perbedaan dari kedua chord tersebut.

Untuk lebih jelasnya yuk simah dibawah ini :

  • Jari tengah diletakan pada senar No. 5 di kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 4 di kolom 2

Intinya masih dalam satu kolom, kunci dasar gitar ini merupakan kunci yang sangat mudah sekali untuk kamu prakttekan.

Kunci Dasar Gitar Chord F

Kunci Dasar Gitar Chord F

sumber : kuncigitar.co.id

 

Kunci dasar gitar selanjutnya adalah Chors F. Nah chor ini nih yang merupakan chord yang agak susah untuk di praktekan sebab langsung menggunakan ke empat jari sekaligus. Bagi kamu yang masih belajar melemaskan tangan pastinya mengalami kesulitan untuk mempelajari chord yang satu ini.

Butuh latihan ekstra untuk membentuk tangan yang sempurna dan memghasilkan suara yang bagus. Waktu pertama kali saya mempelajari chord yang satu ini hal yang sulit adalah ketika menekan senar untuk menghasilkan suara yang nyaring sangat susah sekali.

Untuk lebih jelasnya yuk simak dibawah ini :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 2 di kolom 1
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 3 di kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 4 dikolom 3
  • Jari kelingking diletakan pada senar No. 1 dikolom 3

sebenarnya ada dua veris kunci gitar ini ad yang menggunakan tiga jari saja ada seperti pada gambar di atas.

Kunci Dasar Gitar Chord G

Kunci Dasar Gitar Chord G

sumber : kuncigitar.co.id

Chord G ini juga merupakan kuncigitar yang mudah tetapi bagi kamu yang baru pertama mempraktekannya maka akan mengalami kesulitan. Tapi memang mudah untuk dipraktekan, seperti pada gambar di atas kamu bisa meniru letak jari pada senarnya.

Untuk lebih detailnya kamu bisa simak dibawah ini :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 5 di kolom 2
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 6 di kolom 3
  • Jari manis diletakan pada senar No. 1 di kolom 3

Kunci Dasar Gitar Chord A

Kunci Dasar Gitar Chord A

sumber : kuncigitar.co.id

ini nih kunci gitar yang sangat mudah sekali yaitu chord A. Kunci gitar ini hanya menggunakan satu kolom saja akan tetapi memang masih menggunakan tiga jari. Kamu bisa mempelajari dan mempraktekanya dengan mudah.

Chord gitar A ini juga merupakan kunci gitar yang banyak terdapat dalam sebuah musik baik ito pop maupun metal.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak dibawah ini :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 4 di kolom 2
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 3 di kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 2 di kolom 2

Kunci Dasar Gitar Chord Am

Kunci Dasar Gitar Chord Am

sumber : kuncigitar.co.id

Chord Am ini merupakan salah satu variasi dari jenis chord A, dan merupakan kunci dasar untuk kamu pelajari. Sama dengan chord E dan Em pada chord Am ini juga kamu bisa memilih chord mana yang lebih mudah untuk kamu gunakan saat memainkan gitar.

Pada dasarnya memang suara yang dihasilkan sedikit berbeda akan tetapi tidak masalah bagi kita sebagai pemula untuk memilihnya.

Seperti pada gambar di atas kamu bisa meniru dan juga mempraktekanya langsung di rumah.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak sebagai berikut :

  • Jari telunjuk diletakan pada senar No. 2 di kolom 1
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 4 di kolom 2
  • Jari manis diletakan pada senar No. 3 di kolom 3

Kunci Dasar Gitar Chord B

Kunci Dasar Gitar Chord B

sumber : belajarkuncigitar.com

Chord yang terakhir adalah chord B, chord ini merupakan salah satu chord yang susah dipraktekan akan tetapi jika kamu latihan secara kontinyu maka kamu akan mahir dengan cepat. Chord B ini merupakan kunci gitar yang jarang digunakan dalam sebuah lagu.

Kunci gitar ini menggunakan empat jari untuk membentuk chord tersebut dan mempunyai jangka yang lumayan sulit untuk pemula.

Akan tetapi memang ada lagu yang menggunakan chord ini, terus bagaimana letak jarinya?.

Seperti yang kamu lihat pada gambar yang dapat disimpulkan sebagai berikut :

  • Jari telunjuk diletakan di senar No. 1 di kolom 1
  • Jari tengah diletakan pada senar No. 4 di kolom 3
  • Jari manis diletakan pada senar No. 3 di kolom 3
  • Jari kelingking diletakan pada senar No. 2 di kolom 3

Nah chord ini memiliki jangka satu kolom antara jari telunjuk dengan jari yang lainnya. Untuk kamu yang masih pemula maka memang susah untuk melakukanya. Akan tetapi bila kamu terus latihan maka tangan kamu akan terbiasa.

Baca Juga Belajar Kunci Gitar Peterpan Untuk Latihan Pemula

Penutup

Nah dari kunci gitar dasar diatas bisa kamu praktekan dengan mudah sebenarnya. Dan kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya, dulu saat saya belajar gitar saya juga hanya butuh waktu 30 menit untuk menghafalnya.

Nah mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel saya yang lain ya. Untuk kedepanya saya akan update terus materi ini karena sebenarnya pembahasannya sangat panjang sekali dan nantinya kita akan mempraktekannya dalam sebuah lagu.

Leave a Reply