Macam Macam Paragraf, Pengertian Beserta Contohnya Lengkap!

Macam Macam Paragraf – Bahasa indonesia merupakan pelajaran yang wajib ada pada semua sekolah di indonesia. Dalam prakteknya para siswa harus menguasai mengenai pembahasan paragraf. Hal ini dikarenakan sangat penting sekali untuk perkembangan para siswanya nanti.

Dengan mempelajari macam-macam paragraf dan cara membuatnya menjadikan para pelajar akan terbiasa ketika membuat sebuah paragraf. Mempelajari paragraf juga akan membuat penulisan akan menjadi baik.

Bagi siswa yang sudah pernah sekolah tentunya sudah paham dengan pengertian paragraf dan macam-macamnya. Pelajaran sekolah ini sudah menjadi umum di pelajari dengan baik agar bisa menulis dengan baik.

Dalam pelajaran bahasa indonesia pada umumnya paragraf di bagi menjadi tiga paragraf yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. adapun untuk jenis paragraf yang lain saya akan tuliskan pada artikel yang lain. untuk lebih jelasnya mengenai pengertian, dan macam-macam paragraf beserta contohnya yuk simak penjelasan sampai akhir paragraf.

macam macam paragraf

Berikut merupakan macam macam paragraf sebegai berikut :

Paragraf deduktif

contoh paragraf deduktif

desain by santrijawa.com

Paragraf deduktif adalah suatu paragraf yang memiliki kalimat utama pada awal paragraf. Dengan kata lain yaitu suatu paragraf yang letak kalimat utamanya pada posisi awal kalimat. Adapun utuk perkembangannya paragraf ini bisa dengan pola umum hingga pola khusus.

Pola umum yaitu menggunakan kata yang mengandung arti umum, sedangkan pola khusus yaitu penyebutan atau penjeasan kalimat secara spesifik.

Adapun ciri dari paragraf deduktif dapat diketahui dengan :

  • Paragraf deduktif memiliki posisi pada awal kata/ kata yang berada pada awal paragraf
  • Mempunyai pola umum dan khusus (artinya kalimat yang menyebutkan makna umum yang kemudian di ikuti dengan penjelasan khusus/secara spesifik).

Menyusun kerangka paragraf deduktif

penyusuna gagasan deduktif

santrijawa.com

Berdasarkan pengertian yang telah ditulis di atas kerangka paragraf deduktif bisa dibuat sebagai berikut :

  1. Gagasan utama:

Bidang pertanian merupakan bidang pembangunan yang tidak terkena dampak krisis ekonomi.

  1. Gagasan pendukung:
  • Sektor perkebunan meningkat 5,5 persen
  • Sektor kehutanan meningkat 2,2 persen
  • Sektor pertanian meningkat 6,0 persen

Adapun untuk memperjelas makna dari paragraf deduktif ini dapat anda simak pada contoh berikut.

Contoh paragraf deduktif :

  1. Pencemaran lingkungan pada bumi sangat banyak sekali. Hal tersebut disebabkan oleh ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Banyak dari mereka yang merusak lingkungan dengan membuang sampah sembarangan, mengakibatkan sungai menjadi penuh dengan sampah.
  2. Adanya internet sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Dengan memiliki akses internet kita dapat mengakses informasi dan berbagai konten dimana pun kita berada.
  3. Fenomena alam sangat banyak sekali untuk di abadikan. Sepertihalnya ketika terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. Banyak orang yang mengabadikan momen tersebut.
  4. Air memiliki peran penting dalam kehidupan, tanpa air maka semua makhluk yang hidup di bumi akan mati.
  5. Satu-satunya bidang pembangunan yang tidak mengalami dampak buruk adanya krisis ekonomi adalah pertanian. Hal tersebut bisa di lihat karena adanya pertumbuhan yang mengesankan di bidang perkebunan sebanyak 5,5 persen, di bidang perhutanan sebanyak 3,0 persen, dan di bidang perikanan sebanyak 7,0 persen. Kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik meningkat dari 18 persen menjadi 18,4 persen. Padahal, selama waktu 30 tahun pasar sektor pertanian mengalami pemerosotan dari tahun ke tahun.
  6. Hanphone merupakan kebutuhan yang wajib dimiliki semua orang. dengan adanya handpone manusia dapat berinteraksi dan berkomunikasi dari jarak jauh. maka dari itu sudah tidak asing lagi bagi kita di jaman sekarang ini banyak orang yang sudah mengerti menggunakan handphon bahkan dari kalangan anak kecil pun sudah sangat mahir memainkannya. maka dari it dengan adanya handphone kebutuhan interaksi manusia bisa dengan instan.

Paragraf induktif

Paragraf induktif

santrijawa.com

Paragraf induktif adalah paragraf yang memiliki kalimat utama yang terletak pada akhir kalimat atau paragraf. Nah kebalikan dari paragraf deduktif, paragraf induktif mempunyai definisi suatu kalimat yang memiliki pola perkataan khusus hingga umum.

Dalam arti lain paragraf induktif merupakan paragraf yang di awali dengan kalimat spesifik yang kemudian di akhiri dengan kata yang mengandung makna umum. Adapun inti dari kalimat induktif dapat berupa kesimpulan, artinya suatu penjabaran yang kemudian di simpulkan.

Untuk lebih dapat di pahami bisa dilihat pada karakteristik paragraf tersebut.

Ciri-ciri paragraf induktif dapat dilihat pada 3 poin berikut :

  • Paragraf induktif di awali dengan kalimat penjabaran yang kemudian di akhiri oleh kalimat utama. (ini yang di sebut paragraf yang memiliki kata utama pada akhir paragraf).
  • Memiliki pola kebalikan dari paragraf deduktif yaitu dari khusus ke umum.
  • Kalimat penjelas uang di awal paragraf mengandung fakta, bukti dan contoh.
  • Pada bagian akhir paragraf merupakan sebuah kesimpulan dari kalimat.

Kerangka paragraf induktif

  1. Ide khusus:
  • Shinchan bukan model yang baik bagi anak-anak
  • Protes bermunculan dalam surat dan pembaca dalam berbagai surat kabar.
  • Kelakuan shinchan sangat negatif
  1. Ide umum
  • Shinchan merupakan setan kecil penebar virus negatif.

Untuk dapat memahaminya dengan mudah bisa di lihat pada contoh yang di jabarka dibawah.

Contoh paragraf induktif :

Contoh paragraf menggunakan pola generalisasi

  • Setelah bencana banjir yang melanda desa surut, banyak barang-barang warga yang berasil di evakuasi. Namun setelah di tinjau kembali banyak dari barang para warga yang terseret oleh banjir. Akibatnya mereka kehilangan barang berharga yang mereka miliki sebelumnya. Banjir tersebut melanda kota jakarta pada minggu yang lalu yang membuat warga jakarta menjadi risau.

Contoh paragraf menggunakan pola kausalitas

  • Jaman sekarang ini jika pergantian musim sangat bisa sekali terjadinya bencana alam. Pada berita yang di sampaikan di televisi misalnya banyak wilayah yang terendam banjir dan sangat memprihatinkan. Kota yang memiliki desain moderen menjadi tempat genangan banjir hampir tiap tahunnya. Hal tersebut tergantung dengan kesadaran para warga sekitar dalam menyayangi lingkungannya. Karena banjir yang terjadi banyak disebabkan oleh penyumbatan sungai oleh sampah yang menumpuk banyak.

Contoh paragraf menggunakan pola analogi

  • Kedua bersaudara tersebut sangat kompak sekali. Meskipun dono dan doni adalah seorang dokter. Dengan di dukung oleh orang tuanya keduanya dapat menempuh pelajaran di fakultas kedokteran. Kedua saudara ini memang bagaikan seperti satu orang yang terbelah dua.

Adapun contoh yang lainya sangat banyak sekali seperti halnya.

  1. Kesehatan paru paru menjadi hal kedua setelah jantung. Bagi seorang perokok aktif maupun pasif kesehatan paru paru sangat di perhatikan sekali. Karena jika banyak mengkonsumsi rokok maka kemungkinan besar terkenanya kangker paru-paru. Untuk itu ciptakan gerakan berhenti merokok pada masyarakat.
  2. Desainer handal tentunya akan menghasilkan karya yang sangat bagus sekali. Desainer tersebut memperoleh karyanya dengan bantuan komputer dan alat pendukung lainya. Maka dari itu imajinasi sangat dibutuhkan sekali dalam membuat desain.
  3. Tokoh kartun shinchan dianggap tidak baik untuk dijadikan peran model yang baik bagi anak-anak. Hal ini karena banyaknya protes yang di ajukan pada surat kabar oleh ibu-ibu. Mereka ber anggapan bahwa tokoh sinchan memiliki perilaku yang negatif yang banyak di ikuti anak-anak. Tokoh shinchan merupakan virus bagi ibu-ibu indonesia terhadap anaknya.
  4. olah raga lari sangat banyak di gemari oleh para atlit. banyak dari mereka mengikuti ajang olahraga lari maraton hingga kiloan meter. Selain mendapatkan juara juga tentunya olahraga lari sangat bagus sekali untuk menyehatkan tubuh.

Paragraf campuran

contoh paragraf campuran

santrijawa.com

Paragraf campuran adalah paragraf yang mempunyai dua kalimat utama yang terletak pada awal paragraf dan akhir paragraf. Paragraf campuran memiliki pola deduksi yang berakhir dengan induksi. Maksudnya adalah kalimat utama yang dibelakangi oleh kalimat penjelas dan kemudian di simpulkan menjadi kalimat utama kembali.

Adapun detailnya mengenai ciri paragraf campuran yaitu :

  • Memiliki pola umum -> khusus -> Umum
  • Kalimat utama yang berada di awal paragraf merupakan kalimat pembuka
  • Kalimat terakhir pada paragraf merupakan kesimpulan dari kalimat utama di awal.
  • Adanya pengulangan kata kunci pada awal dan akhir paragraf.

untuk lebih jelas dan anda mengerti dengan maksudnya bisa di baca pada contoh paragrai campuran.

Contoh paragraf campuran :

  1. Pada zaman sekarang ini media sosial menjadi raja pada dunia internet. Bahkan setiap hari media sosial sudah menjadi makanan pokok bagi semua orang. Dengan adanya media sosial ini semua orang dapat berinteraksi dengan kawan-kawannya. Dan juga bagi sebagian anak muda banyak dari mereka yang menggunakan internet sebagai sarana bermain game online. Dengan canggihnya zaman inilah banyaknya masyarakat indonesia selalu berinteraksi dengan media sosial.
  2. Jenis olah raga yang paling digemari semua orang adalah sepak bola. Sepak bola menjadi sarana olah raga yang menyehatkan tubuh manusia. Selain itu sepakbola juga merupakan sarana permainan orang dewasa sebenarnya. Maka dari itu jenis olahraga sepak bola banyak di minati oleh semua kalangan.
  3. Negara indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak kekayaan alam. Salah satunya kekayaan laut yang melimpah dan sudah terkenal di mata negara lain. Laut juga menjadi sarana bagi sebagian orang untuk mencari nafkah untuk keluarganya. Tidak heran orang banyak yang sukses dengan pekerjaan ini. Dengan adanya laut yang memiliki potensi alam ini indonesia dikenal dengan negri yang kaya.
  4. Semua makhluk yang hidup tentunya memerlukan makanan untuk keberlangsungan hidupnya. Misalnya manusia mereka membutuhkan makannan yang sama namun pada prakteknya mekanan yang di konsumsi sangat berbeda sekali. Manusia memerlukan asupan makanan untuk metabolisme tubuh dan menjadi sumber tenaga. Namun makanan yang dikonsumsi haruslah dijaga agar menjiptakan pola hidup yang sehat. Jadi pada dasarnya manusia hidup memerlukan asupan makan yang cukup.
  5. Air merupakan sebuah sarana yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa air kehidupan makhluk bumi akan sangat sengsara sekali, bahkan dikatakan 80% tubuh manusia terdiri dari air. Bayangkan jika air tidak ada, walaupun ada tetapi air sudah tercemar. Akibatnya manusia tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup seperti untuk minum, untuk mandi, mencuci dan yang lainnya.

Penutup

Pada dasarnya paragraf yang dibahas di artikel ini adalah merupakan paragraf yang di dalamnya mengandung suatu berita. Yang pada intinya kalimat pada suatu paragraf memiliki kalimat utama atau kata yang di jadikan acuan yang kemudian di jelaskan penjabaran mengenai kalimat utama tersebut.

Seperti yang sudah di pelajari diatas tentunya definisi masing-masing paragraf berbeda posisi. hanya saja pada intinya ketiga paragraf tersebut memiliki satu arti yang sama.