Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil - Santri Jawa

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil

Manfaat buah naga- siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang banyak mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Mungkin bagi orang yang awam akan kebingungan dengan nama buah ini. Bayangkan saja dari namanya pun sudah tak wajar, mungkin ada yang membayangkan bahwa buah ini bentuknya seperti seekor naga. Seram sekali jika di bayangkan, namun itu hanyalah bayangan semata.

Dalam kenyataannya buah naga berbentuk bulat berwarna merah dan mempunyai banyak sirip di buahnya. Mungkin karena sirip ini kali ya yang menjadikan buah ini mirip seperti naga hehe.

Da dalam kehidupan buah ini sangat bagus di konsumsi bagi anda yang ingin memiliki pola hidup yang sehat dan terhindar dari penyakit. Buah yang familiar ini sudah banyak menyebar di seluruh indonesia dan banyak di jual di pasar tradisional maupun supermarket.

Jadi bagi anda yang yang ingin membeli buah ini jangan khawatir tidak menemukannya. Nah untuk harganya pun bisa di bilang cukup murah mulai dari 10 ribu hingga ratusan rupiah.

Kalau lagi musimnya buah ini di jual dengan sangat murah sekali bahkan harganya bisa sampai Rp. 5000 an saja. Tapi kalau lagi bukan musimnya memang buah ini tergolong cukup mahal ya dengan kisaran harga Rp. 20-30 ribuan lah.

Sebelum membahas manfaat buah naga ada baiknya saya akan jelaskan secara singkat tentang buahnaga agar anda menjadi tahu. Oke langsung saja.

Pengertian Buah naga

Buah naga merupakan buah yang bukan berasal dari indonesia melainkan berasal dari meksiko dan amerika. Buah naga merupakan salah satu buah dari marga selenicereus dan hylocereus.

Tidak semua jenis buah naga bisa di konsumsi oleh manusia ada juga buah naga yang memang tidak boleh di makan manusia. Meskipun bentuknya sama tetapi ada pula buah naga yang harus kita jauhi. Nah untuk mengetahui buah naga yang baik untuk kita konsumsi adalah:

  • Buah naga yang memiliki warna buah merah dan daging buah juga berwarna merah (Hylocereus polyrhizus)
  • Buah naga yang memiliki kulit buah kuning dengan daging buah berwarna putih (Selenicereus megalantinus)
  • Buah naga yang memiliki warna merah dan dagingnya berwarna putih (Hylocereus undatus)
  • Buah naga yang meiliki warna merah pekat (Hylicereus costraricensis)

Nah ke empat ciri-ciri di atas buah naga aman untuk kita konsumsi. Selain ciri-ciri yang tidak ada di atas jangan coba-coba di konsumsi ya, nanti salah salah anda jadi keracunan.

 

Manfaat Buah Naga
Sumber gambar : pexels

Manfaat Buah Naga Dalam Kesehatan

 

Dapat mencegah kanker

manfaat buah naga mencegah kanker
sumber gambar : google

Buah naga merupakan buah yang mengandung banyak sekali anti oksidan. Salah satunya anti oksidan phitoalbumin yang sangat berperan sekali pada untuk membangun radikal bebas yang mampu mengeluarkan racun yang memicu terjadinya kanker.

Buah naga juga memiliki kandungan lycopene yang membuat pigmen warna buah naga menjadi merah. Nah dengan kandungan pigmen yang dimiliki buah naga sudah terbukti bisa mencegah tumbuhnya penyakit kanker.

Dengan kandungan yang di miliki buah naga ini mampu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita, sehingga kita menjadi lebi sehat.

Bagi anda yang meiliki histori penyakit kanker misalnya atau anda ingin menanggulanginya maka saya sarankan anda untuk rajin mengkonsumsi buah yang satu ini setiap hari.

Dapat melancarkan sistem pencernaan

manfaat buah naga
sumber gambar : google

Buah naga merupakan buah yang mengandung banyak serat, sehingga buah ini mampu di jadikan obat ketika kita memiliki masalah pada sistem pencernaan kita. Karena sistem pencernaan manusia mudah sekali bermasalah jika memakan makanan yang asal. Maka dari itu mengkonsumsi buah naga sangat lah tepat sekali untuk mengatasi penyakit ini. Selai memiliki banyak serat juga buah naga mempunyai banyak kandungan seperti fosfor, kalsium, Vitamin B2 dan vitsmin C yang memiliki banyak sekali manfaat.

Buah naga juga dapat anda konsumsi ketika anda sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan. Dengan serat yang di kandungnya sehingga dapat membantu sistem metabolisme tubuh. Serta akan di bantu oleh kandungan lain yang terdapat dalam buah naga saat kita mengkonsumsinya.

Dapat menyehatkan sistem kerja jantung

manfaat buah naga
sumber gambar : google

Mendengar kata jantung tentunya kita sangat paham sekali bahanyanya jika terkena penyakit jantung ini. Selain struck yang dapat membuat membuat tidak normalnya sistem kerja tubuh. Serangan jantung juga dapat menyebabkan kematian. Itu lah yang di takutkan kita semua.

Maka dari itu dengan kita mengkonsumsi buah naga setiap hari kita sudah berusaha untuk mencegah penyakit terasebut.

Ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Nah maka dari itu dengan kandungan lycopene pada buah naga dapat mencegah kita dari serangan jantung.  Tidak hanya itu biji dari buah naga juga memiliki kandungan lemak omega 6 dan omega 3 sehingga berperan penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular

Kardiovaskular adalah penyakit pada jantung.

Dapat mencegah diabetes

manfaat buah naga bagi diabetes
sumber gambar : google

Salah satu manfaat buah naga adalah dapat mencegah terjadinya diabetes melitus. Buah naga berperan khusus saat kita mengkonsumsinya, dengan kandungan yang di kandung buah naga mampu menghilangkan sel jahat pada tubuh.

Sehingga kita akan hidup sehat dan terbebas dari diabetes. Bagi anda yang sudah terkena diabetes buah ini sangat cocok di jadikan cemilan. Karena buah naga mempunyai kadar gula yang sangat sedikit sehingga aman untuk di konsumsi orang yang mempunyai diabetes.

Namun dalam mengkonsumsi buah naga juga tidak boleh berlebihan. Kita harus mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Meningkatkan sistem kekebalan imunisasi tubuh

manfaat buah naga bagi sistem kekebalan tubuh
sumber gambar : google

Kebal di sisni bukanlah kebal dengan senjata atau sebagainya. Namun yang saya maksudkan adalah kebalnya tubuh kita dari penyakit. Nah salah satu manfaat buah naga bagi kesehatan yang paling utama adalah sistem kekebalan tubuh. Karena jika tubuh kita sudah kebal dari penyakit maka kita akan selalu sehat.

Nah untuk membuat tubuh kita kebal akan penyakit tersebut kita harus mengkonsumsi buah-buahan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah naga maka sistem imun kita akan baik. Sebabnya adalah karenna kandungan vitamin C pada buah naga dapat membantu membuat kekebalan tubuh kita akan kuat.

Jika anda mempunyai luka pada tubuh anda saya sarankan untuk mengkonsumsi buah naga tersebut. Karena kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada buah tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan.

Dapat membantu mengurangi berat badan

buah naga menurunkan berat badan
Sumber gambar : google

Seperti yang sudah saya katakan tadi buah naga ini mengandung banyak serat sehingga dapat membantu sistem pencernaan kita. Selain itu buah naga juga dapat memberikan rasa kenyak pada perut sehingga bagi anda yang sedang melakukan diet jangan khawatir lapar.

Dengan mengkonsumsi buah naga maka tubuh anda akan di bantu dalam proses metabolisme sehingga berat badan anda akan turun. Sebagaimana yang telah saya bahas pada artikel cara menurunkan berat badan dengan alami, anda bisa membaca dan melakukan metode tersebut.

Dapat meningkatkan nafsu makan

Cara meningkatkan nafsu makan
sumber gambar : google

Jika anda tidak nafsu makan atau jarang makan khususnya pada anak-anak yang jarang memakan nasi. Dengan memberikan buah naga kepada mereka atau kita mengkonsumsinya maka nafsumakan kita akan bertambah. Hal tersebut di karenakan kandungan B1 dan B2 yang terkandung dalam buah naga sangat berperan bagi mengingkatnya nafsu makan.

Mungkin anda heran dengan pembahasan yang sudah saya terangkan di atas bahwa buah naga akan memberikan rasa kenyang. Pemahaman tersebut maksudnya seperti ini, jika anda mengkonsumsi buah naga maka nafsumakan tersebut akan bertambah namun ketika anda sedang diet dan anda sedang lapar anda cukup mengganti nasi dengan mengkonsumsi buah naga. Karena buah naga dapat membuat perut anda kenyang.

Mencegah penuaan dini

Manfaat buah naga bisa mencegah kulit kita menjadi keriput. Dengan anti oksidan yang di kandung buah naga akan membantu sistem regenerasi pada kulit kita sehingga jika anda mengkonsumsi buah ini kulit anda akan menjadi lebih muda.

Buah naga juga bisa kita jadikan sebagai masker wajah, agar wajah menjadi bersih, putih serta kulit wajah akan kencang terlihat muda. untuk lebih jelasnya anda bisa baca dalam artikel ini

Mengatasi penyakit anemia

Penyakit anemia
sumber gambar : google

Penyakit anemia sering kita alami tanpa kita sadari, ketika kita berdiri dari duduk terasa pusing dan pandangan mata gelap itulah ciri-cirinya. Dengan manfaat buah naga yang di kandungnya mampu membut darah kita akan normal kembali. Hal tersebut di karenakan kandungan zat besi yang ada pada buah naga.

 

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

 

Manfaat buah naga memang tidak bisa kita ragukan dalam kehidupan ini. Nyatanya buah naga terbukti berkhasiat jika kita mengkonsumsinya setiap hari. Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung buah naga adalah cemilan wajib yang harus di konsumsi.

Dengan kandungan zat-zat dan vitamin yang ada di dalam buuah naga akan membantu ibu hamil dalam proses kehamilannya.

Menambah tenaga

manfaat buah
sumber gambar : pexels

Salah satu yang di butuhkan ibu hamil adalah tenaga yang kuat dan tidak cepat lelah. Sebab ketika mengandung sudah wajar jika ibu-ibu mengalami cepat cape. Oleh sebab itu ibu hamil tidak boleh beraktivitas berlebihan, karena akan berdampak pada janin yang di kandungnya.

Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah naga dapat mengurangi rasa cape bahkan tenaga yang di miliki akan bertambah. Hal ini di sebabkan karena kandungan karbohidrat yang terkandung dalam buah naga akan berperan aktif untuk bertambahnya tenaga.

Mengatasi keguguran

Siapa sih ibu-ibu yang pengen janinnya keguguran apalagi terjadinya prematur. Semua ibu hamil sangat tidak mengharapkan sekali tentunya. Nah salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah naga. Karena manfaat buah naga yang berperan ini adalah kandungan asam folat.

Asam folat pada buah naga mempunyai fungsi khusus yaitu untuk memperkuat janin yang di kandung. Oleh sebab itu bagi ibu-ibu hamil saya sarankan untuk mengkonsumsi buh naga ini.

Menyetabilkan tekanan gula darah dan darah

 

Bagi semua orang mustahil mempunyai tekanan darah yang selalu setabil, ada kalanya naik dan ada kalanya turun. Terlebih lagi bagi ibu yang hamil tekanan darah sangat di perhatikan sekali. Karena hal tersebut akan berpengaruh sekali pada janin yang di kandungnya.

Salah satu caranya dengan mengkonsumsi buah naga karena buah naga dapat menyetabilkan tekanan darag dan gula darah.

Seperti yang sudah saya bilang bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Maksudnya dengan mengkonsumsi buah naga artinya kita sudah berusaha untuk mencegahnya. Namun ketika kita tidak mencegahnya maka ketika terkena penyakit tersebut kita akan mengobati. Namun dalam pengobatanya belum tentu kita berhasil sembuh, dan baru lah penyesalan akan datang.

Oleh sebab itu saya anjurkan bagi pembaca sekalian untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Membantu pertumbuhan janin

Manfaat buah naga yang terakhir saya tulis adalah dapat membantu pertumbuhan janin di dalam rahim. Namun masih banyak sekali manfaat buah naga tentunya.

Bagi ibu hamil mengkonsumsi buah naga akan menjadikan janin yang di kandung akan senantiasa sehat. Hal tersebut sudah di percaya bahwa kandungan yang ada pada buah naga akan membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin.

Sehingga saat melahirkan pun bayi yang di lahirkan akan sehat dan dalam keadaan normal.

Tabel kandungan gizi buah naga

 

Kandungan gizi pada buah naga bisa anda lihat pada tabel di bawah ini :

No Kandungan Gizi % AKG Jumlah/gr Keterangan
1 Karbohidrat 3.4 % 11.0 g
2 Protein 2.1 % 1.1 g
3 Lemak 0.4 g Tidak mengandung lemak
4 Serat 12% 0.04 mg Memiliki serat yang tinggi
5 Kalsium (Ca) 0.9 % 8.5 g Mengandung banyak kandungan kalsium
6 Zat Besi (Fe) 0.8 % 0.16 mg
7 Air NA 87 g Kaya akan kandungan air
8 Vitamin C NA 20.5 g Kaya akan vitamin C
9 Vitamin B1 2.7 % 0.04 g
10 Vitamin B2 2.9 % 0.05 mg
11 Vitamin B3 0.8 % 0.16 mg

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya saya minta maaf.

Jangan pernah bosan untuk membaca tulisan saya, mohon komentar dan sarannya.

Salam saya

Mas Indra

Mohon komennya ya Gan

%d blogger menyukai ini: