√15 + Manfaat Buah Nanas Yang Harus Kita Ketahui

Manfaat buah nanas – Buah yang unik banyak sekali mengantung manfaat bagi tubuh kita. Buah nanas merupakan jenis tumbuhan tropis yang termasuh kedalam famili Bromeliaceae.

Manfaat yang di kandung buah nanas sangat banyak sekali salah satunya adalah vitamin C yang sangat tinggi. Dan buah nanas mengandung akan serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan kita.

 

manfaat buah nanas

sumber gambar : pexels

Manfaat Buah Nanas Bagi Kehidupan

 

Mengandung vitamin C yang tinggi

nanas mengandung vitamin C

sumber gambar : google

Buah nanas di kenal sebagai buah yang mempunyai rasa yang sangat asam juga buah yang mempunyai banyak titik hitam di kulitnya.

Dengan rasa yang asam sudah kita ketahui bahwa buah tersebut memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C sendiri berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan, bibir pecah-pecah, panas dalam, sakit gusi dan lain-lain. Bahkan buah nanas dapat di jadikan sebagai media kecantikan seperti menghilangkan komedo dan masih banyak lagi.

Mengandung banyak serat

Buah nanas memiliki serat yang banyak, seperti yang sudah saya bahas bahwa buah nanas ini buah yang bisa di jadikan sebagai obat alami masalah pencernaan. Dengan serat yang dikandung nanas ketika kita mengkonsumsinya secara teratur maka kerja sistem pencernaan kita akan di bantu.

Namun jangan pernah anda mengkonsumsi buah nanas dalam keadaan perut kososng. Artinya anda belum memakan nasi, salah-salah anda mala sakit perut jadinya. Untuk itu saya rekomendasikan anda untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari sesudah sarapan.

Dapat menjaga sistem pencernaan

sistem pencernaan manusia

sumber gambar : altundo.com

seperti

  • Mampu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh

Kandunga serat yang adadi buah nanas sangat tinggi sehingga bagus untuk di konsumsi. Dengan kadar serat yang tinggi kerja usus kita akan di bantu. Namun mengkonsumsi nanas tidak boleh berlebihan,bisa jadi anda alergi dan jika kebanyakan makan buah nanas seringkali di bibir terasa gatal.

  • Mampu melindungi usus dari kanker

Sebagai mana kita tahu bahwa kanker adalah penyakit yang sulit di sembuhkan. Penyakit yang ganas sulit untuk menemukan obatnya. Jika anda tidak ingin usus anda terjadi hal yang tidak di inginkan, nah dengan mengkonsumsi buah nanas juga sudah menjadi salah satu pencegah terjadinya kanker.

Manfaat buah nanas tidak boleh kita ragukan meskipun bisa di bilang buahnya murah atau bagaimana tapi nyatanya buah ini kaya akan manfaat yang di berikan kepada kita.

Maka dari itu rubahlah pola hidup salah satunya dengan mengkonsumsi buah nanas.

  • Buah nanas memiliki enzim pencernaan

Enzim yang terkandung dalam buah nanas adalah emzim bromelain yang berfungsi membantu usus mencerna makanan dan menyerapnya secara maksimal. Buah nanas juga mampu mengatasi rasa sakit di dalam perut seperti diare dan lain-lain.

Enzim bromelain adalah gabungan enzim proteolitik

Menghambat tumbuhnya peradangan

Sering kali di dalam tenggorokan kita tersa sakit dan perih, hal tersebut di karenakan di dalam tenggorokan kita sedang mengalami peradangan. Istilah kerennya sih bisa di sebut panas dalam, nah sangat mengganggu bukan dengan penyakit yang satu ini. Bahkan ketika tenggorokan kita mengalami radang untuk berbicara pun sangat susah itu menjadi hal yang menjengkelkan.

Nah jika ingin mengatasi hal tersebut mengkonsumsi buah nanas adalah hal yang terbaik, atau anda juga bisa mengkonsumsi buah lain misalnya.

Menyehatkan jantung

buah nanas menyehatkan jantung

sumber gambar : google

Membahas jantung mengingatkan saya kepada sumber kehidupan pada manusia. Jantung, nama yang singkat namun sangat memiliki peranan penting dalam sistem kehidupan manusia. Bayangkan apa jadinya jika manusia tidak memiliki jantung.

Dengan kandungan vitamin C yang ada pada buah nanas menurut para ahli meneliti bahwa vitamin C dapat melancarkan peredaran darah . sehingga dengan mengkonsumsi asupan vitamin C yang cukup dapat menjauhkan dari terjadinya resiko serangan jantung.

Salah satu caranya adalah dengan kita mengkonsumsi buah nanas setiap hari dengan kadar yang cukup.

Memperkuat sistem imunisasi

Sistem imunisasi yang kuat adalah modal utama agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Maka dari itu salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah nanas ini. Manfaat buah nanas tidak hanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Buah nanas juga memiliki vitamin B1 dan B6 serta asam folat yang mampu membuat tubuh kita kebal akan serangan penyakit.

Memperkuat tulang

Tidak hanya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh saja. Buah nanas memiliki kandungan mangan yang tinggi. Mangan ini merupakan mineral Panas yang memiliki peran dalam memperkuat tulang.

Meskipun kandungan kalsium yang terkandung pada buah nanas sangat sedikit. Dengan kandungan mineral yang banyak di percaya mampu memperbaiki tulang dan mampu membangun tulang lebih kuat.

Mencegah kanker usus

Usus merupakan organ pencernaan yang memiliki fungsi memproses makanan dan mengambi sari-sari makanan yang terkandung. Sering kita jumpai bahwa penyakit perut bukan lah hal sepele, ketika kita sakit perut bukan berati itu adalah sakit perut biasa.

Kebanyakan orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas akan mengalaminya di karenakan saat kita mengkonsumsi makanan yang pedas usus akan memaksimalkan kerjanya agar mampu menutupi rasa pedas itu dengan memproduksi banyak nya asam.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah nanas agar usus kita mampu menetralisir makanan tersebut.

Menjaga kesehatan mata

nanas menjaga kesehatan mata

sumber gambar : pexels

Memiliki penglihatan yang sempurna adalah impian bagi semua orang tentunya. Salah satu cara mengatasi mata rabun atau mata minus adalah dengan banyak mengkonsumsi buah. Seperti buah nanas yang mengandung beta karoten yang tinggi.

Dengan mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan beta karoten yang tinggi dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit mata tersebut. Dan bagi yang sudah memiliki masalah pada matanya maka saya sarankan agar tetap mengkonsumsi buah ini.

Mencegah penyakit mulut

Kandungan anti oksidan yang di miliki buah nanas akan melindungi mulut dari penyakit yang tidak di harapkan seperti sariawan dan sakit gusi misalnya. Dengan rutin mengkonsumsi buah nanas setiap hari kita akan merasakan manfaat buah nanas salah satunya yaitu melindungi kesehatan pada mulut kita.

Mencegah rambut rontok

buah nanas mengatasi rambut rontok

sumber gambar : aladokter.com

Bagi orang yang sudah tua memiliki rambut rontok adalah hal yang wajar, namun bagi kalangan pemuda jika ada yang memiliki rambut rontok adalah hal yang sangat memalukan.

Untuk mengatasinya kita dapat mengkonsumsi buah ini. Dengan kandungan astringent yang terkandung di dalam buah nanas bisa mencegah rontoknya rambut.

Dapat menguatkan otot

manfaat buah nanas

sumber gambar : pexels

Mungkin banyak di jaman sekarang orang yang memiliki penyakit gampang lelah atau bisa di bilang loyo

Atau mempunyai otot yang cepat lemas. Berolahraga adalah hal yang positif untuk melatih otot agar kuat namun hal tersebut kurang maksimal. Seperti yang saya sebutkan tadi buah nanas memiliki kandungan astringen yang tinggi yang mampu membuat otot kita akan kuat.

Makanya agar otot kita menjadi kuat selain membiasakan diri dengan olahraga ada baiknya anda mengkonsumsi buah.

Contohnya buah nanas yang memiliki kandungan astringent tersebut yang membantu anda menguatkan otot-otot anda.

Mengatasi kulit kendur

 

Kandunga astringent yang terdapat pada buah nanas tidak hanya berfungsi menguatkan otot dan mencegah penyakit mulut saja. Dengan kandungan astringent ini buah nanas mampu mengatasi kuli kendur agar nampak kencang kembali.

Buah nanas sangat bagus di jadikan masker wajah ataupun masker perut dan lain-lain. Dengan kandungan vitamin C yang terkandung pada nanas sangat membantu sekali dalam kecantikan.

Mengatasi pilek serta batuk

Penyakit pilek dan batuk mampu menyerang siapa saja dan tidak memandang bulu kasta. Semua orang bisa terkena penyakit ini. Nah untuk menanggulanginya adalah dengan mengkonsumsi nanas.

Kandungan enzim biromelain pada buah nanas bermanfaat untuk menghilangkan lendir di dalam tenggorokan sehingga dapat mengurangi bahkan menyembuhkan batuk.

Menjaga kesehatan gusi

manfaat nanas dapat menyehatkan gusi

sumber gambar : google

Manfaat buah nanas juga dapat menyehatkan gusi, mungkin anda pernah mengalami rasa nyeri pada gusi atau pun rasa sakit. Untuk itu buah nanas adalah solusi yang dapat kita jadikan metode pengobatan. Sakit gusi biasanya timbul karena kurangnya mengkonsumsi vitamin C. Oleh sebab itu buah nanas mengandung vitamin C yang tinggi yang mampu mengobati hal tersebut.

Mengobati bibir pecah-pecah

Ketika kita mengalami penyakit ini hal yang membuat penampilan kita terganggu saat berbicara dengan orang lain. Maka dari itu manfaat buah nanas mengandung vitamin C yang mampu meminimalisisr penyakit tersebut.

Dapat mencerahkan wajah

Buah nanas sangat cocok di jadikan sebagai media kecantikan salah satunya adalah masker wajah.

Dengan menjadikan nanas sebagai masker wajah dengan bantuan zat yang di kandungnya mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah kita.

Sehingga wajah kita akan terlihat sehat serta halus, selain itu wajah kita akan terlihat lebih muda.

Cara membuat masker wajah dengan nanas adalah sebagai berikut :

  • Kupas buah nanas hingga bersih
  • Belah menjadi beberapa bagian
  • Basuh wajah dengan air hangat, hal ini bertujuan agar pori-pori wajah membesar
  • Iris kecil-kecil atau bisa juga di haluskan
  • Setelah halus maka lulurkan pada wajah hingga merata.
  • Biarkan hingga kering
  • Kemudian bilas dengan air hangat

 

Mencegah dari penyakit asma

Dalam kasus ini merupakan hasil dari penelitian bahwa kandungan yang ada di dalam buah nanas dapat mengalami proses dati beta karoten yang dapat mengubah menjadi vitamin A. Nah dengan kandungan vitami A yang ada pada buah nanas ini mampu berperan untuk mengatasi gejala penyakit asma.

Mengatasi mata katarak

Tidak hanya vitamin A yang di butuhkan oleh mata. Mata juga membutuhkan vitamin C yang berperan menjaga kesehatan mata. Manfaat buah nanas memang banyak sekali salah satunya adalah menjaga kesehatan pada mata dan juga mampu mengatasi degenerasi pada manusia.

Dalam kata lain buah nanas dapat bermanfaat bagi sistem reproduksi manusia.

 

Bahaya mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan

 

Buah nanas memang memiliki banyak manfaat namun jika di konsumsi dengan jumlah yang berlebihan maka akan mendatangkan bahaya. Jika anda merasakan rasa gatal pad mulut ataupun bengkak pada pipi. Hal ini disebabkan oleh panas yang di hasilkan buah nanas.

Namun jika mengalami hal demikian jangan khawatir karena itu akan sembuh selangn beberapa saat.

Ada juga yang mungkin memang mempunyai alergi dengan buah nanas namun mengkonsumsinya tidak sesuai dengan yang di sarankan maka hal tersebut akan mendatangkan mala petaka bagi kita.

Bagi wanita hamil atau sedang mengandung tidak di sarankan untuk memakan buah nanas ini. Karena dengan sifat buah yang pasan akan mengakibatkan janin cacat bahkan sampai keguguran.

 

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.

Salam sukses

Mas Indra…