Manfaat Buah Sirsak Bagi Tubuh Dan Ibu Hamil

khasiat buah sirsak

sumber gambar : masakanpraktisrumahan.com

Manfaat Buah sirsak – Buah sirsak memiliki nama latin Annona muricata L yang berasal dari karibia. Di indonesia sendiri buah sirsak merupakan buah yang paling banyak di jual di pasaran. Buah sirsak di indonesia memiliki nama yang berbeda pada setiap daerah.

Buah sirsak dapat kita kenali dengan nama nangka welanda, nangka landa, nangka sebrang dan nangka buris, nangkelan, srikaya jawa, dan lain-lain. Dengan nama yang banyak ini tentunya Cuma ada satu buah di indonesia yaitu sirsak tersebut.

Buah sirsak memiliki daging buah yang berwarna putih serta biji yang menyerupai biji srikaya. Buah sirsak banyak mengandung nutrisi bagi kehidupan. Terlebih lagi daun sirsak yang banyak mengandung khasiat jika di konsumsi untuk kesehatan.

Kandungan vitamin dan gizi yang ada pada buah sirsak tentunya sangat kaya sekali, contohnya seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2 dan karbohidrat. Dengan kandungan yang ada pada buah sirsak dapat kita konsumsi untuk kesehatan dan pelengkap nutrisi.

 

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kehidupan

Bagi masyarakat indonesia buah ini sudah tidak asing lagi, meskipun orang awam yang tidak mengerti akan kandungan manfaat buah sirsak. Namun mereka sangat gemar mengkonsumsinya, yang mereka tahu hanyalah bisa merasakan nikmatnya buah sirsak.

Buah sirsak banyak mengandung khasiat jika kita konsumsi secara rutin. Hal ini karena ketika kita mengkonsumsi buah sirsak maka zat yang terkandung di dalamnya akan di cerna usus secara keseluruhan.

Buah sirsak juka mampu membantu proses sistem pencernaan pada tubuh kita.

Nah, namun ketika kita hendak mengkonsumsi buah sirsak hendaknya kita membuang bijinya. Karena biji buah sirsak merupakan racun jika kita konsumsi. Namun dengan biji tersebut kita bisa memanfaatkannya untuk di buat inteksida alami.

Berikut ini kandungan buah sirsak :

  • Buah sirsak mengandung serat

Kandungan serat pada buah sirsak mampu membantu sistem pencernaan, seperti melancarkan sistem pencernaan dan juga dapat membantu proses menurunkan berat badan.

  • Buah sirsak mengandung karbohidrat

Seperti yang kita tahu karbohidrat adalah zat gizi yang haru kita konsumsi setiap hari. Karbohidrat bisa kita dapatkan pada nasi misalnya. Nah, buah sirsak pun mempunyai kandungan karbohidrat yang berfungsi untuk suplai tenaga.

Di bandingkan karbohidrat yang ada pada makanan ringan karbohidrat pada buah sirsak lebih baik jika kita konsumsi. Selain tidak menimbulkan efek buruk seperti ketika kita banyak mengkonsumsi makanan ringan. Buah sirsak sangat cocok di jadikan sebagai cemilan sehari-hari.

  • Buah sirsak mengandung kalium

Jika anda mempunyai masalah terhadap otot yang mudah lelah atau pun tulang yang sakit. Mengkonsumsi buah sirsak adalah menjadi solusi, karena kandungan kalium pada buah sirsak dapat bermanfaat untuk membantu kerja otot dan memperbaiki tulang.

  • Buah sirsak mengandung vitamin C

Vitamin C sangat bagus untuk kesehatan karena vitamin ini berfungsi sebagai anti oksidan pada tubuh kita. Sehingga dapat memperkuat sestem kekebalan tubuh dan membantu dalam proses penyembuahan luka.

  • Buah sirsak mengandung banyak air

Air sangatlah di butuhkan oleh tubuh yang pertama kali. Bukan hanya manusia semua makhluk hidup pun sangat memerlukan dengan air.

Buah sirsak sangat kaya dengan air makanya ketika kita membuat jus, tanpa di tambahkan air pun sudah banyak menghasilkan air. Nah manfaat air dari buah sirsak ini yang mampu menjaga tubuh kita dari dehidrasi.

  • Mengandung kalsium dan fosfor

Kalsium sangatlah di butuhkan untuk pertumbuhan tulang kita begitu juga dengan fosfor. dalam 10 gr buah sirsak mengandung kalsium 1.4 mg dan fosfor 2.7 mg

 

Manfaat Buah Sirsak Bagi Tubuh

Seperti yang sudah di jelaskan di atas banyak sekali manfaat buah sirsak yang bisa kita dapatkan ketika kita mengkonsumsinya.

Manfaat buah sirsak Menjaga kesehatan sistem pencernaan

manfaat buah sirsak

sumber gambar : google

Sistem pencernaan manusia memang sangat sensitif sekali terlebih lagi jika seseorang yang asal mengkonsumsi makanan. Susahnya buang air, sakit perut dan lain-lain, dengan mengkonsumsi buah sirsak tentunya anda sudah merawat usus anda.

Mencegah terjadinya kanker

manfaat buah nsirsak mencegah kanker

sumber gambar : google

Penyakit kanker bukanlah penyakit yang mudah untuk di sembuhkan. Banyak orang yang meninggal akibat penyakit ini. Mengkonsumsi buah sirsak merupakan hal yang sepele, namun manfaat buah sirsak yang di miliki sangat lah banyak.

Manfaat buah sirsak dapat mencegah terjadinya kanker sebab kandungan vitamin C yang di percaya dan sudah terbukti dapat melawan kangker.

Khasiat buah sirsak Mencegah Diabetes

manfaat buah sirsak bagi diabetes

sumber gambar : google

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang menyerang kalangan orang tua. Namun tidak di pungkiri diabetes menyerang kalangan muda pun. Toh buktinya sekarang banyak sekali orang yang masih muda terkena dia betes ini.

Apalagi bagi orang yang tidak memperhatikan makannanya. Semua makanan di lahap tanpa melihat pengaruh pada tubuh. Manfaat buah sirsak dapat mengurangi resiko terjadinya diabetes, meskipun rasa buahnya manis akan tetapi kandungan gulanya sangat sedikit.

Mencegah dari serangan jantung

manfaat buah sirsak

sumber gambar : google

Dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah sirsak. Para ahli menyebutkan bahwa dengan kita mengkonsumsi buah sirsak dapat mengurangi terjadinya serangan jantung. Serangan jantung terjadi ketika penebalan pada arteri jantung, sehingga darah sulit untuk mengalir kedalamnya.
Penyakit tersebut biasa di sebut dengan aterosklerosis (Penebalan arteri jantung yang mengakibatkan peredaran darah tidak lancar).

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

manfaat buah sirsak bagi sistem kekebalan tubuh

sumber gambar : google

Sistem kekebalan tubuh sangat di perlukan bagi kesehatan tubuh, tanpa adanya sistem kekebalan maka tubuh kita akan sering sakit.

Manfaat buah sirsak seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa zat yang terkandung di dalam buah dapat menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Tidak hanya buah sirsak saja yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita saja banyak buah yang mempunyai manfaat banyak.

Seperti buah nanas misalnya, kandungan buah nanas sangat banyak sekali. Salah satunya adalah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Seperti artikel yang sudah saya tulis dalam judul manfaat buah nanas. Anda bisa membacanya di situ agar lebuh tahu akan banyaknya kandungan buah bagi tubuh kita.

Khasiat buah sirsak bagi penyakit liver

khasiat buah-buahan bagi hati

sumber gambar : refreshnaturalhealth.com

Penyakit liver merupakan penyakit yang ganas ketika menyerang manusia karena bisa menyebabkan kematin. Nah manfaat buah sirsak dapat mencegah terjadinya penyakit liver, sudah terbukti oleh peneliti.

Dengan kandungan yang dimiliki buah sirsak mampu mengatasi penyakit liver secara alami. Dengan anda mengkonsumsi buah ini maka sebenarnya anda sedang melakukan pencegahan terhadap penyakit ini.

Manfaat buah sirsak bisa menyehatkan kandung kemih

Jika anda ketika membuang air kecil merasa sakit pada kandung kemih maka solusinya cukup anda mengkonsumsi buah sirsak setiap hari dengan teratur. Dengan zan yang terkandung di dalam buah sirsak mampu meredakan rasa sakit tersebut bahkan rasa sakit itu bisa hilang.

Cara mengkonsumsinya sangat lah mudah, anda hanya membuat jus buah sirsak setiap hari. Atau anda juga bisa memakannya secara langsung setelah di kupas.

Membantu memproduksi sel darah merah

khasiat buah sirsak memproduksi darah merah

sumber gambar : kata.co.id

Salah satu kandungan buah sirsak adalah riboflafin yang berfungsi memproduksi hemoglobin. Sehingga membantu proses mengalirnya darah dalam tubuh dan membuat penyaluran oksigen kesemua jaringan menjadi teratur.

Meningkatkan kerja otak

buah sirsak mampu merileks kan otak

sumber gambar : nationalgraphicindonesia

Mungkin banyak dari anda yang merasa susah untuk fokus termasuk saya juga. Buah sirsak dapat mengatasi hal itu, kandungan buah sirsak mampu membuat otak menjadi fresh kembali dan mampu meningkatkan kosentrasi.

Jika anda sedang banyak fikiran atau anda lagi pusing dengan masalah-masalah yang menimpa anda. Selain anda harus memperbanyak mendekatkan diri pada Allah anda juga harus mengonsumsi buah sirsak ini. Karena vitamin yang terkandung dalam buah sirsak mampu membuat otak menjadi rilex dan plong.

Artinya semua masalah anda akan berkurang bahkan akan hilang. Buah sirsak juga dapat memperkuat sistem motorik pada otak.

Baca Juga : Cara menghilangkan Komedo Dengan Alami [ Yuk Baca Biar Tau]

Khasiat buah sirsak mengobati kolesterol

Dengan kandungan serat yang tinggi pada buah sirsak, mampu meresap kolesterol jahat pada tubuh. Penyakit kolesterol di akibatkan karena banyaknya kandungan lemak pada tubuh. Penderita kolesterol bukan hanya oran tua saja akan tetapi para muda mudi pun sangat banya menderita penyekit ini.

Apakah anda menderita kolesterol?.

Anda bisa mendiagnosa dengan ciri-ciri berikut ini :

  • Sering kesemutan, hal ini terjadi di karenakan adanya penyumbatan aliran darah pada tubuh.
  • Cepat mengantuk
  • Rasa sakit/pegal pada tengkuk
  • Sering sakit kepala, hal ini dikarenakan darah yang mengalir menuju kepala terhambat

Jika ciri-ciri tersebut ada pada diri anda maka waspadalah terhadap keluhan tersebut. Maka dari itu anda perlu memperhatikan asupan gizi yang anda konsumsi. Jangan asal memakan makanan sembarangan.

Salah satu khasiat buah sirsak dapat meredakan dan mengobati kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan vitamin yang di kandung buah sirsak akan menetralisir tubuh.

 

Manfaat Buah Sirsak Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu-ibu yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan atau buah-buahan. Di karenakan makanan tersebut belum tentu baik untuk sang kandungan. Maka dari itu mengkonsumsi sirsak bagi ibu hamil sangat di anjurkan sekali.

Kandungan zat dan vitamin pada buah sirsak sangat bagus bagi perkembangan janin. Dan juga mampu membantu membuat tenaga ibu hamil akan bertambah sehingga tidak mudah cape.

Adapun manfaat buah sirsak untuk ibu hamil ialah :

Mencegah mual saat mengandung

Rasa mual ketika mengandung memang hal yang wajar namun itu sangat mengganggu sekali buka? Apalagi bagi ibu-ib,hal ini banyak sekali terjadi. Maka dari itu dianjurkan sekali bagi iuil agar mengkonsumsi buah sirsak ini.

Buah sirsak mempunyai rasa yang manis sedikit asam yang jika di konsumsi akan membuat produksi air liur bertambah. Dengan bertambahnya produksi air liur rasa mual tersebut akan hilang.

Menguatkan tulang pada janin

Khasiat buah sirsak dapat membuat janin yang di kandung akan sehat. Hal ini di karenakan kandungan pada sirsak dapat membantu pertumbuhan tulang pada janin. Sehingga bagi ibu hami sangat di anjurkan sekali memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan.

Meningkatkan produksi ASI

Setiap wanita mempunyai produksi asi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu bagi ibu hamil harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Buah sirsak merupakan buah yang sangat saya rekomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar ASI yang di produksi banyak.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply