Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat jahe merah – Siapa sih yang ngga kenal dengan jahe, pastinya sudah tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini. Rempah yang mempunyai banyak khasiat ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Biasanya sih jahe digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, tetapi jahe juga ternyata bisa dijadikan obat loh. Selain itu jahe sangat cocok dibawa ketika kita sedang kemah misalnya. Ketika kita kedinginan solusi yang enak adalah membuat bandrek atau bahasa kerennya sih wedang jahe. Karena jahe bisa membuat tubuh kita menjadi hangat kembali.

Oke untuk lebih jelasnya mengenai khasiat jahe merah yuk baca sampai habis.

manfaat jahe merah

sumber : hellosehat.com

 

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe merah merupakan rempah yang memiliki khasiat unggul di bandingkan dari jenis jahe yang lain. Seperti pada umumnya jahe merah memiliki rasa yang pedas dan sedikit pahit. jahe merah sangat banyak sekali dijadikan sebagai minuman istimewa yang memiliki banyak manfaat.

1. Manfaat jahe merah mengobati batuk

Mengatasi Batuk Dengan Herbal

sumber : ahlinyapengobatan.com

Siapa sih yang ngga kesal sama penyakit yang satu ini, penyakit yang sangat mengganggu sekali ketika kita sedang melakukan suatu perkumpulan atau sedang ngomong tiba-tiba kita batuk. Pastinya kita akan merasa malu dan merasa tidak enak kepada orang lain.

Kita tidak perlu khawatir ketika terserang batuk, kita bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi wedang jahe. Kandunganminyak atsiri yang terkandung di dalam jahe dapat bermanfaat untuk menyembuhkan batuk yang kita alami.

2. Manfaat jahe merah bisa menyembuhkan sakit kepala

Cara atasi sakit kepala dengan herbalCara atasi sakit kepala dengan herbal

sumber : https://suaramuslim.net

Jahe merah di percaya bisa menyembuhkan rasa sakit pada kepala. Anda bisa membuat wedang jahe dengan merebus jahe yang sudah di pipihkan kedalam panci dengan air yang secukupnya selama air mendidih dan menjadi kemerahan.

3. Menurunkan berat badan

alat ukur berat badan

ilustrasi berat badan

Jahe merah juga mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan, hai lini dikarenakan ketika kita mengkonsumsi jahe maka pembuluh darah dalam tubuh kita akan melebar sehingga akan menyebabkan tubuh berkeringat.

Seperti yang kita ketahui denngan tubuh kita berkeringat secara tidak langsung kita sudah membakar kalori yang ada pada tubuh kita.

4. Jahe merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mempunyai tubuh yang kebal dari penyakit adalah suatu dambaan yang kita harapkan, akan tetapi hal tersebur sangt mustahil sekali. Karena tubuh manusia sangat rentan sekali terkena penyakit, apalagi saat musim penghujan.

Oleh karena itu dengan mengkonsumsi jahe merah seitem tubuh anda akan menjadi kebal. Hal ini dikarenakan jahe dapat melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh anda.

5. Manfaat jahe merah dapat mencegah kanker usus

Sistem pencernaan manusia sangat mudah sekali terkena bakteri tidak di pungkiri hal tersebut akan menjadikan perut kita menjadi sakit. Dengan anda mengkonsumsi jahe sebagai minuman akan membuat usus anda menjadi sehat.

6. Dapat menyehatkan jantung

jahe menyehatkan jantung

sumber gambar : google

Manfaat jahe yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantung. Penyakit jantung biasanya diakibatkan karena tingginya kadar kolesterol pada tubuh manusia. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi ramuan jamu jahe merah ini akan mampu mengatasi hal tersebut.

Kesehatan jantung juga sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, bilamana jantung manusia sehat maka anggota tubuhnya pun menjadi sehat namun bila mana jantung manusia bermasalah maka resikonya sangat besar sekali.

Jantung merupakan sumber kehidupan manusia karena jantung merupakan mesin yang menggerakan seluruh anggota tubuh. Bila mana mesin ini rusak maka tidak akan ada kehidupan didalamnya.

7. Bisa menjadi obat mabuk kendaraan

Khasiat jahe merah yang satu ini sangat unik sekali, karena mampu mencegah kita dari mabuk kendaraan. Mungkin masih ada orang ketika masuk kendaraan mobil mabuk, ya termasuk saya sendiri pun sama sih. Nah untuk mengatasinya kita bisa meminum jahe merah ini agara rasa mabuknya hilang.

8. Mampu mengobati sakit gigi

Penyakit yang satu ini sudah familiar sekali di kalangan masyarakat, penyakit yang membuat orang suka marah-marah tidak jelas. Hehehe..

Ketika kita mengalami sakit gigi, kita bisa menggunakan jahe untuk mengobatinya. Caranya adalah ambil jahe dan potong secukupnya kemudian pipihkan, setelah itu masukan kegigi yang sakit. Dijamin sakit gigi akan mereda.

9. Manfaat jahe untuk wajah

Jerawat merupakan masalah wajah yang mengganggu begitu pula sama halnya dengan komedo. Dengan adanya komedo pada wajah, kita menjadi tidak percaya diri. Salah satu manfaat jahe merah adalah dapat mengatasi komedo dan jerawat pada wajah kita.

10. Jahe merah dapat mengatasi radikal bebas

Mempunyai tubuh yang sehat adalah suatu impian bagi semua orang, maka dari itu mengkonsumsi jahe akan membuat badan menjadi bugar dan sehat. Kandungan anti oksidan pada jahe dapat mencegah efek radikal bebas yang akan merusak jaringan tubuh manusia

11. Manfaat jahe untuk menyembuhkan sakit tenggorokan

Bicara tenggorokan, jadi teringat ketika kita mempunyai suara yang serak yang di akibatkan karena peradangan pada tenggorokan. Salah satu obat tradisional yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengkonsumsi jahe sebagai minuman hangat.

Jahe mampu menyembuhkan radang tenggorokan yang kita derita. Karena kandungan gingerol pada jahe akan berperan menjadi inflamasi untuk perbaikan pada tenggorokan.

12. Jahe merah dapat mengatasi gangguan seksual

Dengan meminum jahe merah dapat dipercaya membuat sistem reproduksi manusia akan meningkat. Seperti yang kita ketahui mungkin ada sebagian orang yang mempunyai sistem reproduksi yang terganggu bahkan ada yang mengalami ejakulasi dini.

Dengan mengkonsumsi jahe merah maka sistem reproduksi anda secara tidak langsung mengalami penaikan kualitas. Hal ini akan menyebabkan produktifitas tubuh anda mempunyai gairah tinggi.

13. Manfaat jahe merah sebagai obat maag

Penyakit lambung merupakan penyakit yang berbahaya bagi manusia, karena lambung merupakan tempat makanan di simpan dan tempat memproses makanan. Jika lambung sudah rusak maka manusia bisa terkena penyakit maag.

Penyakit maag sendiri biasanya diakibatkan karena kita tidak memperhatian makanan yang di konsumsi.

Dengan mengkonsumsi jahe marah mampu menyetabilkan asam lambung sehingga dapat mengurangi rasa mual yang di akibatkan rasa sakit pada lambung.

 

Khasiat Jahe Merah

Jahe merah merupakan jahe yang banyak memiliki khasiat. Dengan mengkonsumsi jahe secara otomatis tubuh kita akan mendapat sumber zat yang dapat mengebalkan sistem imun tubuh. Dengan kebalnya sistem pertahanan tubuh, kita akan terjauhkan dari penyakit. dengan mengkonsumsi jahe juga secara tidak langsung kita telah menerapkan pola hidup sehat yang di dambakan semua orang.

Selain mengkonsumsi jahe juga tentunya kita juga harus mengkonsumsi banyak buah-buahan. hal ini bertujuan agar gizi pada tubuh anda akan seimbang. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang manfaat buah pepaya dan manfaat buah nanas, anda bisa membacanya disitu.

14. Khasiat jahe dapat menyembuhkan penyakit asma

Asma merupakan bukan sebuah penyakit yang sembarangan, karena menyangkut dengan sistem pernafasan manusia. Bila mana penyakit asma kambuh maka sebagai taruhanya adalah bisa jadi kematian. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi jahe merah setiap hari insyaAllah penyakit asma anda akan reda bahkan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur penyakit asma anda akan sembuh.

15. Khasiat jahe merah dapat menyembuhkan rematik

Kebanyakan orang yang sudah berumur di atas 40 tahun maka sangat rentan sekali terkena penyakit ini. Maka dari itu dengan mengkonsumsi wedang jahe akan menjauhkan tubuh anda dari penyakit rematik.

16. Mampu meningkatkan nafsu makan

Cara meningkatkan nafsu makan

sumber gambar : google

Bagi anda yang mempunyai anak kecil yang susah makan, salah satu solusinya adalah dengan memberikan wedang jahe kepada anak anda. Ataupun jika anda sendiri yang mengalami tidak nafsu makan, nah dari pada beli obat penambah nafsu makan dengan harga mahal. Lebih baik anda membuat sendiri dengan jahe, membuat rebusan jahe yang kemudian ditambahkan gula sehingga memiliki rasa yang nikmat ketika di minum.

17. Dapat menghilangkan rasa nyeri pada tulang

Penyakit ini tidak asing lagi bagi orang yang sudah tua, namun yang masih muda pun bisa terserang penyakit ini. Zat yang terkandung dalam jahe merah mampu meredakan rasa sakit pada tulang.

18. Khasiat jahe mampu mematikan bakteri yang menyerang tubuh

Mengkonsumsi jahe merah secara rutin bisa mencegah bakteri hidup dalam tubuh anda. Kandungan anti oksidan yang terkandung pada jahe merah selain dapat mengebalkan sistem imun tubuh khasiat jahe ini dapat mematikan pertumbuhan bakteri.

19. Khasiat jahe merah dapat mengatasi rasa nyeri ketiha haid

Ketika wanita sedang haid kebanyakan dari mereka mengalami rasa sakit. Dengan meminum jahe merah ketika haid maka akan sangat membantu sekali dalam kelancaran keluarnya darah. selain dapat mengatasi rasa nyeri juga jahe dapat mengatasi telat datang bulan.

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan Wajah

khasiat jahe – Selain banyak mengandung manfaat dan khasiat dalam kehidupan, jahe juga benyak memiliki manfaat pada kecantikan wajah.

20. Jahe dapat mencegah jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu sekali dalam penampilan, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan jahe sebagai masker wajah. Untuk penggunaanya cukup 2 kali dalam satu minggu, dengan menggunakan cara alami ini maka wajah anda akan kembali terhindar dari jerawat.

21. Mengankat sel kulit mati

Sel kulit mati pada wajah dapat memicu pertumbuhan jerawat atau juga dapat mengakibatkan wajah berminyak. untuk mengatasinya cukup dengan membuat jahe sebagai masker wajah. atau bisa juga dengan memarut jahe kemudian di tempelkan ke wajah. selain mengangkat sel kulit mati jahe juga bisa menghilangkan bintik hitam pada wajah.

23. Jahe mampu menghilangkan bekas luka

selain dapat mencegah dari jerawat dan mengangkat sel kulit mati, jahe merah juga dapat menghilangkan bekas luka pada wajah. tapi di jaman sekarang sudah banyak obat kecantikan yang sudah beredar, tetapi kan dari pada mengeluarkan uang yang cukup banyak lebih baik dengan memakai obat alami.

24. Khasiat Jahe dapat menghaluskan wajah

Mempunyai wajah yang bersih dan halus adalah dambaan bagi semua orang, dengan memiliki wajah yang bersih maka kita akan percaya diri. Nah jika anda mau memiliki wajah yang halus maka dengan menggunakan jahe ini sebagi masker akan membuat wajah anda menjadi halus. selain itu juga wajah anda akan putih dan juga kulit wajah anda akan sehat.

25. Manfaat jahe merah untuk mengatasi minyak pada wajah

mempunyai wajah yang berminyak juga salah satu penyebab ketidak percaya dirian kita dalam berpenampilan. Dengan muka yang berminyak akan terasa tidak nyaman sekali. Untuk mengatasi masalah itu semua anda harus membuat masker dari jahe merah ini, dan melakukanya secara rutin.

Penutup

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya minta maaf ya gan. Jangan lupa untuk baca-baca artikel saya yang lain di santrijawa.com dan jangan lupa like share dan suscribe ya. Karena saya butuh dukungan saran dan kritik dari kalian semuanya agar saya semangat dalam menulis artikel.

Saya berharap dengan artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply