Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami Tanpa Efek Samping

Sebagai seorang wanita pastinya akan mengalami menstruasi, baik yang baru pubertas maupun sudah dewasa. Namun datang bulan setiap wanita akan berbeda satu dengan yang lainya. Ada yang merasa sakit perut saat datang bulan tiba ada juga yang merasa biasa saja.

Namun masalahnya adalah sering kali kaum hawa mengalami telat datang bulan. Tidak sedikit wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak normal.

Telat datang bulan 1-2 hari mungkin hal yang wajar, lah tetapi kalau sudah lebih dari 3 hari itu bukan hal yang wajar lagi kan. Nah untuk itu yuk kita simak kenapa sih bisa datang bulan lalu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Telat Datang Bulan

Seperti yang sudah diterangkan diatas, mengenai datang bulan yang telat karena disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang menyebabkanya.

1. Kehamilan

telat haid karena hamil

sumber : lombokita.com

Penyebab telat datang bulan yang pertama adalah kehamilan, dan momen ini biasanya paling ditunggu oleh pasangan suami istri tentunya. Ketika anda mengalami telat datang bulan jangan panik dulu karena bisa jadi anda sedang mengandung anak dari suami anda.

Maka dari itu hal yang pertama harus dilakukan adalah anda harus mempriksakan diri ke dokter kandungan. Setelah periksa maka hasilnya pun akan kelihatan bahwa anda sedang hamil atau tidak. Atau juga anda bisa menggunakan pipet atau alat semacamnya yang mempunyai fungsi mengecek kehamilan.

Untuk alatnya sekarang sudah banyak ko dijual di apotek terdekat yang ada di daerah anda. Kalau anda hamil berarti selamat anda akan mempunyai anak, nah ketika mengetahui anda sedang hamil maka langkah selanjutnya adalah anda harus menjaga kesehatan, menjaga konsumsi makanan, dan memperbanyak makan buah-buahan.

2. Stress tingkat tinggi

stres menyebabkan menstruasi tidak lancar

sumber :slentertainment.com

Hal kedua telatnya datang bulan bisa di sebabkan karena stess, terutama kan para wanita memang banyak pikiran atau pun beban rumah tangga misalnya. Nah bila mana anda merasa telat datang bulan bisa jadi anda sedang banyak pikiran, atau pun masalah.

Karena sterss dapat menyebabkan ketidak seimbangan tubuh kita dalam memproduksi hormon GnRH. Sehingga siklus menstruasi anda akan terganggu dan tidak teratur, maka dari itu mari segarkan pikiran anda dengan pola hidup sehat.

3. Gangguan kelenjar tiroid

Nah yang ketiga karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid didalam tubuh anda. Jika kelenjar ini mengalami masalah maka akan mengganggu keseimbangan hormon yang diproduksi oleh tubuh. Salah satu sebabnya bisa karena stress ataupun karena kurangnya mengkonsumsi buah.

5. Faktor usia

faktor menstruasi berhenti karena usia

sumber kuyahejo.com

Faktor usia juga mempengaruhi masalah datang bulan, mungkin jika anda masih muda seharusnya siklus haid maka akan rutin. Namun ketika nada sudah tua siklus haid akan terganggu bahkan akan berhenti. Hal tersebut disebabkan karena jika umur seseorang sudah tua maka produksi hormon akan berhenti.

6. Berat badan yang tidak stabil

berat badan turun

Sumber gambar : google

Yang terakhir adalah karena berat badan yang tidak stabil, hal ini juga dapat mengganggu siklus haid menjadi terhambat. Maksud tidak stabil disini adalah yang tadinya berat badan anda 45 kg kemudian tiga hari mendatang menjadi 50 kg dan turun lagi 47 kg misalnya.

Nah jika anda mengalami hal tersebut mulailah dari sekarang menjaga berat badan agar selalu ideal. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah yang berserat seperti pepaya dan buah lainya.

Nah itulah beberapa poin yang mengakibatkan telatnya datang bulan. Agar anda lebih memastikan lagi makanya anda harus berkosultasi kepada dokter yang ahli. Jangan sampai anda mengkonsumsi obat kimia yang belum jelas bisa menyembuhkan masalah tersebut. Malah bisa jadi menjadi semakin parah karena efek samping obat kimia tersebut.

Cara Mengatasi Dantang Bulan

Metode pengobatan untuk mengatasi masalah yang satu ini memang banyak sekali ada yang dari bahan alami maupun dari bahan kimia. Tetapi saya hanya membahas cara mengatasi telat haid dengan cara alami namun sangat mujarap sekali, dan tentunya tidak beresiko.

Tentunya hal pertama yang harus anda lakukan ialah memulai pola hidup yang sehat. Seperti yang sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya mengenai bagaimana sih kita harus berpola hidup yang sehat itu anda bisa baca disini untuk lebih jelasnya.

1. Perbanyak olah raga

olahraga dapat melancarkan suiklus haid

sumber : hellosehat.com

Yang pertama yang harus anda perhatikan adalah seberapa aktifkan tubuh anda dalam keseharian. Mungkin anda banyak duduk, atau pun tiduran, nah salah satu cara mengatasi telat datang bulan yaitu dengan kita memperbanyak gerak pada tubuh salah satunya dengan berolahraga. Dalam berolahraga anda tidak harus lari dijalan, didalam rumah pun anda bisa berolahraga seperti beres-beres rumah juga termasuk olahraga.

Untuk lebih baiknya anda harus mengkhususkan agenda untuk berolahraga rutin tiap minggu, olahraga yang sangat rekomen sekali adalah joging pagi. Nah hal pertama ini selain dapat mengatasi masalah telatnya haid juga dapat menyehatkan tubuh.

2. Mengatasi telat datang bulan dengan mengjaga pola makan

makanan sehat akan melancarkan haid

sumber : lifestyle-indonesia.com

Pola makan sangat berpengaruh sekali dalam kesehatan tentunya, makanan yang sehat akan menyehatkan sistem tubuh begitu pula sebaliknya makanan yang kita konsumsi asal-asalan belum tentu baik untuk tubuh.

Makanan yang harus di konsumsi adalah makanan yang mengandung banyak gizi, ya bisa dibilang 4 sehat 5 sempurna gitu deh.

Konsumsi makanan terdapat banyak sayuran seperti sop, sayur asem misalnya. Dengan banyak mengkonsumsi sayuran maka tubuh akan mendapat asupan gizi yang baik.

Begitu pula kita harus banyak mengkonsumsi buah-buahan. Seperti yang kita ketahui manfaat buah sangat banyak sekali. Cara mengatasi telat datang bulan atau cara memperlancar haid kita bisa mengkonsumsi buah seperti :

  • Melancarkan haid dengan Pepaya
Manfaat Buah pepaya untuk tubuh

sumber : pexels.com

Woow, buah yang satu ini sangat banyak sekali manfaatnya, kandungan serat yang terkandung dalam buah pepaya sangat bagus sekali untuk pencernaan. Sehingga sangat cocok untuk orang yang sedang diet. Dan juga sangat bagus di konsumsi bagi orang yang susah buang BAB misalnya.

Dari kandungan buah pepaya ini bisa melancarkan siklus haid karena zat dari buah pepaya mampu menyeimbangkan kadar hormon dan mencegah kontraksi pada rahim serta melancarkan keluarnya darah menstruasi.

3. Mengatasi telat datang bulan dengan jamu kunyit

manfaat kunyit untuk melancarkan haid

sumber : hellosehat.com

Loh kok kunyit, bukanya itu bumbu dapur ya? Ya betul sekali, kunyit merupakan bumbu dapur. Tetapi dari segi manfaat kunyit sangat banyak mengandung khasiat. Kunyit sangat bagus sekali untuk lambung dan usus manusia.

Kandungan anti oksidan dan inflamasi yang terkandung dalam kunyit jika dikonsumsi oleh wanita maka akan melancarkan siklus haid. Untuk jamunya anda bisa membuat sendiri ataupun membelinya di kedai jamu.

4. Mengatasi telat haid dengan jahe

manfaat jahe

sumber : herbalmadiun.com

Jahe memang sangat banyak sekali manfaatnya selain menjadi rempah dalam masakan jahe juga dapat mengebalkan sistem imun pada tubuh manusia. Selain itu juga jahe bisa dijadikan obat batuk.

Jahe memiliki banyak zat-zat yang di butuhkan oleh tubuh manusia, seperti karbihidrat, serat, kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin A,B1,B2 dan C. Bagi anda yang mengalami masalah dalam siklus haid anda, nah dengan meminum rebusan jahe ditambah dengan madu akan membuat haid anda akan lancar.

5. Mengatasi telat datang bulan dengan istirahat secara teratur

pola hidup sehat dengan istirahat teratur

sumber gambar : radarpekalongan.co.id

Bagi kebanyakan orang sangat jarang sekali memperhatikan hal yang satu ini, terlebih lagi bagi orang yang sibuk dengan kerjaanya. Dengan meningkatkan tidur yang berkualitas selain akan menyehatkan tubuh anda dan menyegarkan badan anda. Dengan istirahat yang teratur juga sangat berpengaruh pada siklus datang bulan wanita.

Maka dari itu untuk para wanita harus menerapkan tidur yang teratur agar tidak mengalami hal seperti itu.

6. Mengatasi telat datang bulan dengan perbanyak minum air putih

pola hidup sehat dengan memperbanyak minum air putih

sumber gambar : pexels.com

Air putih sangat diperlukan sekali oleh tubuh manusia. Sehingga jika kurang meminum air maka tubuh manusia akan dehidrasi. Begitu pula dengan kelancaran siklus haid pada wanita, dengan mengkonsumsi banyak air putih siklus menstruasi akan lancar.

Jika tetap tidak sembuh juga anda harus memeriksakan diri ke dokter, mungkin saja anda sedang hamil atau bisa jadi ada masalah dengan rahim anda.

Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Saat wanita haid pada umumnya akan merasakan hal yang satu ini, rasa yang amat sakit ketika menyerang saat menstruasi. Namun rasa sakit yang dirasakan orang berbeda-beda, rasa sakit tersebut di akibatkan karena dinding rahim sedang berkontraksi.

1. Menghilangkan rasa nyeri dengan mengompres perut

kompres perut

sumber : hellosehat.com

Jika anda mengalami rasa sakit pada perut lakukanlah pengompresan perut dengan anduk yang sudah dibasahi air hangat. Hal ini bertujuan agar merelaksasi kontraksi pada perut anda, sehingga rasa sakit akan reda.

2. Dengan memijat bagian yang sakit

memijat perus yang sakit

sumber : medium.com

Setelah anda mengompres perut hal yang selanjutnya anda lakukan adalah pemijitan pada perut. Pemijatan ini berfungsi agar rasa sakit yang dan alami akan hilang, dan membantu melancarkan siklus haid.

3. Menghindari memakai pakaian yang ketat

Pakaian ketat merupakan pakaian yang kurang bagus untuk dipakai, baik itu dari segi medis maupun dari segi agama. Pakaian ketat akan membuat tubuh kita sulit bergerak dan juga dari segi agama akan mengundang nafsu para lelaki.

Maka dari itu pakailah pakaian yang wajar agar ketika sedang datang bulan akan lancar. Baju yang sedang atau sedikit longgar akan membantu melancarkan haid karena sistem di dalam tubuh kita tidak tertekan dari luar.

4. Perbanyak minum air hangat

manfaat air hangat untuk menstruasi

sumber : halallifestyle.id

Air hangat akan membantu mengurangi rasa nyeri saat datang bulan, untuk itu mengkonsumsi air hangat sangat di anjurkan setelah makan ataupun ketika sedang santai.

5. Hindari meminum air es

air es dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit

sumber : waktuku.com

Seperti yang kita ketahui bahwa air es atau air dingin sangat tidak baik sekali bagi kesehatan. Terlebih lagi jika setiap hari dikonsumsi maka besar kemungkinan bisa terserang penyakit demam atau sebagainya.

Boleh minum air dingin namun hanya sekedar saja tidak berlebihan.

6. Mengkonsumsi air daun sirih

manfaat rebusan sirih untuk menstruasi

sumber : manfaate.com

Daun suruh mempunyai banyak khasiat sekali salah satunya dapat mengurangi rasa nyeri ketika anda sedang haid. Maka dari itu dengan meminum jamu suruh setiap hari ketika anda sedang haid akan melancarkan dan juga mengurangi rasa sakit pada perut anda.

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika anda sedang haid, yang terpenting adalah anda harus optimis tidak boleh stress dan harus menerapkan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply