19+ Macam Metode Pembelajaran Paling Efektif Beserta Penjelasanya

Metodologi pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk berinteraksi antara guru dengan siswa. Setiap guru memiliki metode pebelajaran yang berbeda-beda dalam menyampaikan mata pelajaranya. Perbedaan tersebut pada dasarnya dipengaruhi oleh tingkatan kelas para siswa. Namun terkadang pula ada sebagian guru yang masih menggunakan metode sama ketika mengajar muridnya.

Proses belajar merupakan interaksi murid dengan guru, yang mana guru mentransfer ilmunya kepada murid. Namun adakalanya seorang murid tidak faham dengan apa yang guru sampaikan. Maka dari itu sebagai seorang guru harus mengetahui bagaimana keadaan muridnya.

Tentunya seorang guru harus memperhatikan metode belajar yang tepat kepada para siswanya. Karena dengan menggunakan metode yang tepat, kemungkinan besar akan tercipta proses mengajar yang efektif. Siswa mudah paham dengan apa yang guru sampaikan. Begitu juga dengan guru akan mudah menyampaikan ilmu mata pelajaranya.

Pengertian Metode Pembelajaran

seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa metode pembelajaran adalah proses menyampaikan ilmu oleh pendidik kepada muridnya secara sistematis. Artinya proses belajar mengajar akan terselenggara dengan baik tanpa adanya hambatan. Maka dari itu sebagai pendidik haruslah memahami cara mengajar dengan metode yang baik.

Sering kita temui, kadang murid cepat bosan dan jenuh ketika guru mengajar dengan cara yang monoton. Maka dari menerapkan metode ini sangat perlu sekali guna membuat murid merasa nyaman dan mudah mengerti dengan materi yang disampaikan.

Jika dilihat dari keuntungannya, dengan menerapkan metode mengajar yang baik maka banyak sekali keuntunganya. Bahkan jika guru menyampaikan materi dengan baik bisa membuat para murid akan bertambah semangat dalam belajar.

Nah perlu diketahui bahwa untuk menerapkan metode ini, bisa menggunakan berbagai macam media pendukung. Hal ini untuk mempermudah dalam menyampaikan sebuah materi.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Yang mana dengan menggunakan bantuan media bisa membuat para murid menjadi fokus dalam belajar.

Namun hal yang harus diperhatikan oleh pengajar adalah harus menguasai materi yang akan disampaikan. Karena dengan menggunakan alat bantu biasanya materi yang diajarkan hanyalah bagian inti saja. Maka dari itu dengan menggunakan alat bantu, pengajar lebih mudah dalam menyampaikan materi. Tidak hanya itu para murid pun akan mudah memahami materi yang disampaikan.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah sebuah alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan informasi.

Seperti yang dikatakan oleh Brigs (1997), yang mengatakan bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik yang digunakan untuk menyampaikan berbagai macam informasi pelajaran. Contohnya video dan buku.

sedangkan menurut NEA (National Education Associaton) mengatakan bahwa media pembelajaran ialah sarana untuk komunikasi. Hal ini bersifat teknologi perangkat keras ataupun media informasi lainya.

Jenis Media Pembelajaran

Dalam menyampaikan pelajaran pastinya tidak semua materi isinya hanya pembahasan saja. Akan tetapi perlu adanya praktek dan bahkan meskipun begitu dalam membahas materi guru terkadang memerlukan media agar lebih detail dalam menyampaikan pelajaran. Berikut jenis media pembelajaran yang bisa dipraktekan saat mengajar.

  • Media Visual

Media visual adalah media yang berbentuk tampilan seperti grafik, diagram, poster, peta dan lainnya.

  • Media Audial

Media audial merupakan media suara, yakni media yang bersifat audio seperti rekaman, radio dan lainnya.

  • Projected Still Media

Media ini mengacuh pada penggunaan perangkat keras seperti infocus, head projektor dan lainnya.

  • Projected Montion Media

Media ini merupakan media gambar bergerak seperti video, film, animasi dan lainya. Namun media ini saling berkaitan dengan projected still media.

Tujuan Menggunakan Metode Pembelajaran

Dari penjelasan diatas tentunya dengan menggunakan metode ini tersirat sebuah tujuan. Yang mana tujuan tersebut sebagai berikut:

  1. Untuk mencapai tujuan dari proses belajar dan mengajar.
  2. Untuk mengefisiensikan dan mengefektifkan sebuah proses belajar.
  3. Untuk menyampaikan materi dengan detail dan membuat siswa mudah memahami.
  4. Bisa membuat siswa bersemangat dan tidak bosan saat belajar.

Macam Macam Metode Pembelajaran

Dari pengertian dan media yang digunakan pada dasarnya ada 20 macam metode pembelajaran dalam proses belajar. Berikut merupakan metode-metode yang sering digunakan pada umumnya.

1. Metode Ceramah

Metode ceramah adalah metode yang sering kita jumpai saat belajar di kelas. Metode ini merupakan cara mengajar dengan cara menyampaikan informasi atau materi secara lisan. Metode ceramah bisa disebut dengan metode yang praktis. Akan tetapi metode caramah ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

  1. Kelebihan metode ceramah
    • Mendorong para murid agar lebih fokus.
    • Mudah dilaksanakan.
    • Guru memiliki peran secara penuh dalam mengendalikan kelas.
    • Bisa diikuti oleh siswa dalam jumlah yang banyak.
    • Guru bisa menyampaikan materi secara luas.
    • Untuk melatih fokus pendengaran para siswa.
  2. Kekurangan metode ceramah
    • Para siswa menjadi pasif.
    • Dalam proses mengajar menjadi membosankan dan jenuh.
    • Bisa membuat para siswa mengantuk.
    • Para siswa merasa terpaksa untuk mendengarkan materi.
    • Tidak mudah dimengerti para siswa.
    • Terlalu monoton.
    • Kondisi kelas dipegang sepenuhnya oleh guru.

2. Metode Diskusi

Metode diskusi merupakan metode yang mengacu pada pemecahan masalah. Yakni metode ini dituntut untuk memecahkan rumusan masalah yang dilakukan secara berkelompok.

  1. Kelebihan metode diskusi
    • Mendorong siswa untuk berpendapat dan memberi masukan.
    • Melatih siswa untuk berfikir kritis.
    • Melatih siswa untuk bertoleransi terhadap pendapat lain.
    • Mengajarkan pada siswa bahwa setiap masalah pasti ada penyelesaianya.
  2. Kekurangan metode diskusi
    • Membahas tema yang terbatas
    • Tidak semua siswa memberikan pendapat.
    • Bisa membuat siswa malas berfikir.
Macam Macam Diskusi

3. Metode Demonstrasi

 

4. Metode Ceramah Plus

5. Metode Resitasi

6. Metode Percobaan

7. Metode Karya Wisata

8. Metode Latihan Ketrampilan

9. Metode Pemecahan Masalah

10. Metode Perancangan

11. Metode Discovery

12. Metode Inquiry

13. Metode Mind Mapping

14. Metode Role Playing

15. Metode Cooperative Script

16. Metode Debat

17. Metode Team Teaching (Metode Mengajar Beregu)

18. Metode Peer Teaching (Metode Mengajar Sesama Teman)

19. Metode Teileren (Metode Bagian)

20. Metode Global

 

 

Leave a Comment