Kumpulan Naskah Teks Pembawa Acara Lengkap, Resmi, Pernikahan

Sebuah acara atau kegiatan pastinya tidak akan terselenggara dengan baik tanpa adanya susunan acara. Susunan acara tidak akan ada tanpa adanya teks pembawa acara, Sedangkan moderator tidak akan bisa tanpa adanya susunan acara. Maka dari itu ketiga unsur ini saling berkaitan satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.

Seperti yang sudah admin jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai bagaimana persiapan menjadi pembawa acara dan contohnya.

Namun kita hanya akan membahas contoh teks pembawa acara yang bisa ditiru untuk menyelenggarakan kegiatan yang kamu buat. Contoh kegiatannya seperti pernikahan, peringatan momen tertentu, seminar, sukuran dan lain-lain.

Berikut beberapa contoh naskah pembawa secara umum.

 

1. Teks Pembawa Acara Pesta Resepsi Pernikahan

teks pembawa acara pernikahan
teks pembawa acara pernikahan
RUNDOWN OF WALIMATUL URSY
(Nurhayati & Endar Dwi Prayitno)Sunday, 16 th
June 2013Ciparengga-Cibinong, Bogor, West Java.

Opening

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum Wr. Wb. Innalhamdalillah wala khaulawala kuwwata illa billah a’mma ba’du. Bapak, Ibu Saudara Sekalian yang kami hormati, sohibul hajjah yg kamihormati, dan kedua mempelai yg berbahagia. Pada hari yg berbahagia ini, marilah terlebih dahulu memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karunia Nya kita sekalian bisa hadir memenuhi undangan Keluarga Bapak ALM. USEP AHDI dalamrangka akad nikah putrinya yang bernama NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWIPRAYITNO dari keluarga bapak SUTARPO. Demi kelancaran acara, marilah kitamembacakan basmalah bersama-sama
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM..
 
Hadirin yang berbahagia, pada hari yang berbahagia ini pula, telah kami susun rangkaian acara pernikahan ini sebagai berikut :
  • Pembukaan, yang sekaligus telah kami bawakan
  • Serah terima yang diawali
    • Sambutan dari wakil calon mempelai pria sekaligus penyerahan
    • Sambutan dari wakil calon mempelai wanita sekaligus penerimaan
  • Simbolis seserahan
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  • Akad nikah yang dilanjutkan dengan pembacaan do’a
  • Sungkeman dan saweran
  • Pemberian ucapan selamat kepada kedua mempelai

Serah terima

a. Sambutan dari calon mempelai pria sekaligus penyerahan
Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kita maka atas nama keluarga mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak mempelai pria untuk memberikan sekapur sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada yang mewakilinya. Yang terhormat wakil keluarga pengantin pria kami persilahkan.
b. Sambutan dari calon mempelai wanita sekaligus penerimaan
Terima kasih Bapak (______________________) yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada keluarga pengantin wanita. Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kami serahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akan diwakili oleh (_____________________). untuk itu yang terhormat Bapak (______________________) kami persilahkan.
 c. Simbolis seserahan
Terima kasih Bapak (______________________) yang telah menyampaikan amanat pengantin wanita sekeluarga kepada keluarga pengantin pria.Selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan
simbolis seserahan
dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita, yang akan diwakili oleh ibunda dari calon mempelai pria kepada ibunda calon mempelai wanita. Kepadanya dipersilahkan.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Untuk memanfaatkan waktu, marilah kita mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan ayat suci Al-Qur’an, yang segera akan dibawakan oleh(_________________________).

Akad nikah + doa

Selanjutnya marilah kita ikuti acara inti , yaitu akad nikah yang dilanjutkan dengan pembacaan doa, akad nikah yang akan dilaksanakan antara Saudari NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWI PRASETYO. Dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak(____________________________) selaku petugas dari Kantor Urusan Agama Kab. Bogor, kepada Bapak (_____________________) kami persilakan.

Sungkeman dan saweran

Alhamdulillahirabbil ’Alamin, baru saja kita saksikan pelaksanaan akad nikah antara saudari NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWI PRASETYO. Mudah-mudahan akad nikah ini akan selalu menjadi tali pengikat cinta kasih abadi bagi mempelai berdua. Semoga mempelai berdua tetap istiqomah dalam membina dan membentuk rumah tangga yang harmonis, rukun, Sakinah ma waddah warrohmah.
Acara selanjutnya yaitu sungkeman yang akan lansung dilanjutkan dengan saweran,dan akan dipimpin oleh Ibu (___________________________) kepadanya dipersilahkan.

Penutupan

Alhamdulillah, rangkaian acara akad nikah sampai dengan prosesi sungkeman dan saweran telah dilewati dengan baik. Dengan hormat kepada seluruh hadirin memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai beserta keluarga,
dilanjutkan dengan santap siang yang telah disediakan oleh keluarga mempelai. Kami persilahkan.
 
Wassalamualaikum Warrahmautullahi Wabarakatuh.

2. Contoh Teks Pembawa Acara Perpisahan

teks pembawa acara wisuda
teks pembawa acara wisuda

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,
Bapak lbu Guru yang saya hormati,
Para undangan yang saya muliakan dan siswa-siswa SMP Negeri …… yang saya cintai.

Pembukaan

Assalaamualaikum wr. wb.

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita. Hanya dengan rahmat-Nya semata, pada hari ini kita dapat melaksanakan acara pelepasan siswa-siswa kelas IX SMP Negeri …… tahun 2012.

Adapun susunan acara kita pada hari ini adalah:
1. Pembukaan
2. Sambutan (kepala sekolah, wakil kelas lX, wakil orang tua)
3. Penerimaan hadiah untuk siswa berprestasi
4. Hiburan
5. Penutup

Hadirin, marilah kita awali acara ini dengan doa agar apa yang kita lakukan hari ini dapat membawa kebaikan bagi kita semua, Berdoa mulai.
Hadirin yang berbahagia …..

Sambutan

Kita ikuti acara yang kedua, yaitu acara sambutan :
Sambutan yang pertama dari Kepala Sekolah SMP Negeri ……….. Yang terhormat Bapak/Ibu ……… saya persilakan.

(Dilanjutkan Sambutan Kepala Sekolah)

Demikianlah pesan-pesan dari Bapak Kepala Sekolah. Dalam sambutan beliau tadi, Bapak Kepala Sekolah berpesan kepada para alumni SMP Negeri …….. agar tetap menjaga nama baik almamaternya…..
Selanjutnya, sambutan dari wakil wali siswa kelas IX, kepada Bapak/Ibu…….kami persilakan.

(Dilanjutkan Sambutan Wakil Wali Siswa Kelas lX)

Dua bentuk harapan telah kita dengarkan. Sekarang, tiba saatnya kita dengarkan suara hati dari para siswa yang akan meninggalkan sekolah ini.………., sebagai wakil siswa kelas IX, saya persilakan memberikan sambutan.

(Dilanjutkan Sambutan Wakil Siswa Kelas IX)

Penerimaan Hadiah

Hadirin yang saya muliakan.
Dalam menempuh ujian akhir tahun ini, siswa SMPN ……. telah mengukir prestasi akademik yang gemilang. Nilai tertinggi tahun ini dicapai oleh teman kita …….. Juara 2 dicapai ………., dan juara 3 dicapai oleh ………. Saya persilakan ketiganya naik ke pentas untuk menerima penghargaan. Untuk menyerahkan penghargaan, saya persilakan Kepala SMP Negeri …………… menuju pentas….

Terima kasih, Bapak Kepala Sekolah dan para pemenang dipersilakan duduk kembali.

Hiburan

Beberapa acara telah kita lalui bersama. Dan sekarang tibalah kita pada acara yang kita nantikan, yaitu acara hiburan. Siswa-siswi SMP Negeri ……… akan menunjukkan kreasi terbaiknya. Sebagai pembuka, kita sambut hiburan………. yang akan dibawakan oleh siswa/siswi. Tepuk tangan yang meriah.

(Diisi dengan acara hiburan lainnya)

Penutupan

Tak terasa, ….. jam telah kita lewati bersama. Berbagai rangkaian acara terah kita lalui. Tibalah saatnya kita akan mengakhiri acara ini. Untuk itu, marilah kita tutup acara ini dengan pembacaan doa dari Bapak Haji ….. . Kepada Bapak, waktu dan tempat kami sediakan.

Dengan berakhirnya pembacaan doa tadi maka berakhir pulalah acara perpisahan hari ini. Mudah-mudahan acara hari ini memberi kesan mendalam bagi kita semua. Sebagai pembawa acara saya mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Jayalah terus siswa SMPN……. Terus maju meraih cita di ujung sana.

Wassalaamualaikum wr.wb.

3. Teks Pembawa Acara Pengajian Subuh Rutin

Bismillahirrohmanirrohim.

(Pembukaan)

Assalamuallaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

Alhamdulillahirobbil’alamiin, wassolatu wassalaamu”alla asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina Muhammadadin, wa’alla alihi wa’ashobhihi ajma’ain.

Robbis shrohli shodri wa ya shirli amri wahlul uqdatammil lissaani yafkohukauli,amma ba’du.

Pertama tama.

Yang kami hormati ustadz Rusmanto S.Pd (Pengasuh Ponpes Tahfidz Quran Saubari Bening Hati, Meteseh)

Yang kami hormati ketua takmir masjid Arrahmah Dan yang kami hormati hadirin jamaah sholat Shubuh masjid Arrahmah yang dirahmati Allah Swt.

Puji syukur al hamdulillah, marilah kita senantiasa panjatkan kehadirat Allah Swt, atas limpahan rahmat, taufiq, hidayah dan inayah Nya pada kita semua. Yang mana sampai saat ini, kita masih diberikan iman, islam, dan kesehatan sehingga pada pagi hari ini, kita dapat berkumpul bersama dalam pengajian rutin bulanan di masjid Arrahmah ini. Tak lupa pula sholawat dan salam,semoga Allah senantiasa mencurahkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad Saw, beserta keluarga dan para sahabatnya. Yang mana beliau adalah nabi yang membawa syafaat Allah. dan mudah- mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatnya pula di yaumil akhir. amiin. aamiinn. yaa robbal alamin.

Perkenankan kami selaku pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada pagi hari ini, sebagai berikut :

  • Pembukaan
  • Tasmi ayat suci al qur’an
  • Tausyiah dari ustadz Rusmanto S.Pd (materi : tafsir QS. Alfatihah)
  • Tanya jawab
  • Penutup

Marilah kita mulai pengajian pada pagi hari ini

Acara yang pertama pembukaan. Marilah kita buka pengajian pada malam ini dengan pembacaan basmallah bersama (bismillahirrohmanirrohim)

Tasmi & Tausiah

Dilanjutkan acara yg kedua dan ketiga yaitu tasmi ayat ayat suci Al-Qur’an, lalu dilanjutkan tausiyah dengan materi tafsir QS. Alfatihah yang akan disampaikan oleh ustadz Rusmanto S.Pd (Pengasuh Ponpes Tahfidz Quran Saubari Bening Hati, Meteseh), kepada Ustadz kami persilakan.

Kami ucapkan jazzakumulloh khoir, terima kasih kepada ustadz Rusmanto S.Pd atas ilmu yg telah diberikan kepada kami, semoga ini dapat menambah rasa cinta kita kepada Alquran serta meningkatkan ketakwaan kita pada Allah SWT.

Tanya Jawab

Dilanjutkan acara yang keempat yaitu diskusi atau tanya jawab, kami persilakan kepada hadirin sekalian yang akan mengajukan pertanyaan seputar tafsir surat Alfatihah atau persoalan agama lainnya yang masih berhubungan dengan materi yang telah disampaikan.

Untuk menyempurnakan keberkahan acara pengajian di pagi hari ini, kami mohon kepada ustadz Rusmanto S.Pd memberikan doa penutup, kepada Ustadz kami persilakan.

Tibalah kita di penghujung acara, kami selaku pembawa acara pengajian pada pagi hari ini mengucapkan permohonan maaf, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Penutup

Marilah acara pengajian pada pagi hari ini, kita tutup dengan bacaan hamdallah bersama.
(alhamdulillah hi robbil allamin)

wabillahi taufiq wal hidayah.

Assalamuallaikum Warrahmatullohi Wa Barakatuh.

 

4. Teks Pembawa Acara Pengajian Sekolah

Pembukaan

Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillahi rabil alamin, washolatu wasssalamu ala as rofl ambiyai warmursalin ,wa ala alihi wa shohbihi ajmain ama ba’du.

Kepada kepala SMA 1 Rembang yang saya hormati, bapak ibu guru yang saya hormati dan teman teman yang saya sayangi.

Pertama tama, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat serta karunia-Nya, sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini, dalam keadaan sehat wal afat untuk menghadiri acara LENSA (Lentera islami SMANSA) yang diadakan untuk menyambut datangnya bulan muharram, selanjutnya tak lupa sholawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa agama islam, sebagai satu-satunya agama yang di ridhai Allah SWT, yang selalu kita ikuti dan berpegang teguh hingga akhir hayat kita amin.

Hadirin yang terhormat, tema pada acara LENSA kali ini adalah “Berhijrah menuju insan yang bertakwa”. Disini saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara LENSA pada pagi hari ini, yaitu:

  • Pembukaan
  • Sambutan dari kepala sekolah SMANSA
  • Pembacaan ayat suci Al-qur’an
  • Khutbah
  • Hiburan
  • Kultum
  • Doa
  • Penutup

Demikian susunan acara pada LENSA kali ini, acara pertama adalah pembukaan, marilah ita buka dengan bacaan basmalah secara bersama sama (Bismillahirrahmanirrahim). Terimakasih atas bacaan basmalah tadi, mudah mudahan acara pada pada pagi hari ini berjalan dengan lancer tanpa ada halangan apapun, amin.

Sambutan

  • Acara selanjutnya adalah Sambutan dari Kepala SMA N 1 Rembang, Kepadanya kami persilahkan.

Kepada ibu Sonia Febriyanti kami sampaikan terimkasih.

Pembacaan Al Qur’an

  • Sebelum memasuki acara inti yaitu Khutbah dan kultum, kini marilah kita mendengarkan lantunan ayat suci al qur’an yang akan dibacakan oleh Salma Ajilaini, kepadanya kami persilahan.

Terimakasih kami sampaikan , mudah-mudahan pahalanya dilimpahkan kepada kita semua, terutama kepada qari yang membacanya.

Khutbah

  • Kini sampailah kita pada acara inti yang pertama yaitu Khutbah yang akan disampaikan oleh ustad Ulil Albab Alzarely, kepada beliau kami persilahkan.

Kepada bapak Ulil Albab Alzarely kami sampaikan banyak terimakasih, mudah mudahan petuah dan nasehatnya bermanfaat bagi kita semua, amin.

Hiburan

  • Acara selanjutnya adalah hiburan, untuk itu kepada para pelantun sholawat dari pesantren Al-Amanah kami persilahkan.

Terimakasih atas lantunan sholawatnya, semoga itu semua dapat sampai kepada nabi kita, amin.

Kultum

  • Sampailah kita pada acara inti yang kedua, yaitu kultum, dari ibu Romiza A. kepada beliau kami persilahkan.

Terimakasih saya sampaikan, semoga siraman rohani yang sudah ibu Romiza sampaikan dapat mengetuk pintu hati kita sehingga kita bisa menjadi insan yang bertakwa sesuai dengan tema kajian pada pagi hari ini.

Doa

  • Acara selanjutnya adalah do’a , Kepada bapak Wisnu Wibawanto selaku pemimpin do’a, kami persilahkan.

Terimakasih atas pimpinan doanya, semoga doa kita semua dapat didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT, Amin.

Sampailah kita pada acara penghujung yaitu penutup , marilah kita tutup acara SMANSA (Lentera islami Smansa) kali ini dengan bacaan hamdalah, (Alhamdulillahirabilalamin)

Penutup

Demikianlah acara SMANSA pada hari ini, saya selaku pembawa acara mohon maaf sebesar besarnya bila ada kata kata dan sikap yang kurang berkenan di hati para hadirin semua.

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu’alaium Wr. Wb.

 

5. Teks Pembawa Acara Kemerdekaan RI

Yang kami hormati Bapak Lurah Ngadirejo,
Bapak Carik Ngadirejo,
Bapak-bapak Ketua RW seluruh Ngadirejo,
Ibu-ibu, Bapak-bapak dan hadirin yang kami muliakan,

Pembukaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam dan selamat sejahtera, dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, marilah kita bersama-sama berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan rahmat-Nyalah kita semua bisa hadir bersama-sama di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Atas nama panitia kami menyampaikan terima kasih kepada hadirin, yang telah dengan tulus ikhlas menyempatkan diri menghadiri undangan kami dalam rangka ikut bersama-sama memeriahkan, memperingati hari besar nasional, hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indnesia yang ke-…  yang kita cintai bersama ini. Semoga amal baik Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semuanya itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin!

Hadirin yang kami muliakan, untuk memanfaatkan waktu baiklah segera saja kami bacakan susunan acara malam ini sebagai berikut :

  • Pembukaan
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  • Mengheningkan cipta
  • Sambutan Bapak Ketua Panitia
  • Sambutan Bapak Lurah Ngadirejo
  • Pembagian hadiah
  • Pembacaan doa
  • Acara hiburan
  • Penutup

Demikianlah susunan acara tersebut, selanjutnya marilah kita sama-sama masuk ke acara berikutnya, yakni acara kedua ialah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Untuk itu rekan kami Saudara Iwan Setiawan kami persilahkan memimpinnya, dan hadirin kami persilahkan berdiri.

***** ACARA MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA *****

Terima kasih, hadirin kami persilahkan tetap berdiri sejenak, sementara itu Saudara Iwan Syamsudi akan memimpin acara mengheningkan cipta. Kami persilahkan.

***** ACARA MENGHENINGKAN CIPTA *****

Terima kasih, hadirin kami persilahkan duduk.

Sambutan

Bapak-bapak. Ibu-ibu, dan hadirin yang kami muliakan, tibalah sekarang acara berikutnya, yakni sambutan-sambutan. Sambutan pertama ialah dari Bapak Ketua Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-…. Untuk itu kami persilahkan yang terhormat Bapak Drs. Muntohar.

***** SAMBUTAN BAPAK KETUA PANITIA *****

Terima kasih, Bapak Drs. Muntohar, acara berikutnya ialah sambutan Bapak Lurah Ngadirejo. Untuk itu segera kami berikan kesempatan ini kepada Bapak Lurah. Yang kami hormati Bapak Haji Imron kami persilahkan.

***** SAMBUTAN BAPAK KEPALA DESA *****

Demikian hadirin sambutan Bapak Kepala Desa Ngadirejo, semoga kita semuanya mampu melaksanakan semua himbauan yang disampaikan Bapak Lurah tadi. Terima kasih Bapak Haji Imron. Hadirin yang kami hormati, acara berikutnya ialah pembagian hadiah. Pembagian hadiah ini merupakan hasil lomba yang diselenggarakan oleh adik-adik kita Karang Taruna, yang dengan sukses ikut partisipasi secara aktif memeriahkan peringatan ulang tahun kemerdekaan ini. Untuk itu acara berikut kami serahkan sepenuhnya kepada adik Irawan Marsyidi, ialah pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. Adik Irawan kami persilahkan.

***** ACARA PEMBAGIAN HADIAH OLEH KARANG TARUNA *****

Pembacaan Do’a

Acara demi acara telah kita lampaui. Sebelum menuju ke arah puncak, baiklah kita ikuti dahulu acara pembacaan doa, yang dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak Wasad selaku sesepuh desa. Untuk itu yang kami hormati Bapak H. Arifin kami persilahkan.

***** ACARA PEMBACAAN DOA *****

Terima kasih, Bapak H. Arifin. Hadirin yang kami hormati, tibalah sekarang pada acara yang kita tunggu-tunggu bersama, ialah acara hiburan yang akan ditampilan oleh adik-adik remaja desa kita. Untuk itu kami persilahkan hadirin mengikutinya sambil duduk santai dan menikmati hidangan yang telah kami sediakan. Sepenuhnya acara ini segera saja kami serahkan kepada pemandu acara Saudara kita Budi Wahidin. Atas nama panitia, kami mohon maaf jika seluruh acara malam ini masih belum sempurna. Dalam kesempatan terakhir ini sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada hadirin. Semoga puas dan berbahagia menikmati acara malam ini. Untuk acara hiburan, inilah Saudara Adi Hermawan. Kami persilahkan.

Wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

***** ACARA HIBURAN, DITERUSKAN DENGAN PENUTUP *****

Komentar