√ Pemanasan Global | Pengertian, Proses Terjadi Dan Penanggulangannya

Pemanasan global – Dijaman sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata pemanasan global. Memang pada dasarnya pemanasan global disebabkan karena kecanggihan teknologi yang di ciptakan manusia.

Bahkan karena ulah tangan manusia sendiri yang membuat kerusakan dimuka bumi ini. Pemanasan global sering disebut global warming yang berarti naiknya suhu permukaan bumi yang menyebabkan panasnya suhu bumi.

Memang pembahasan mengenai global warming ini diharuskan untuk dipahami oleh semua kalangan. Sebab seperti yang kita ketahui global warming ini kebanyakan memang dikarenakan oleh tanganmanusia.

Maka dari itu dari pembahasan kali ini saya mengajak anda semua agar bisa mencintai bumi dan bisa merawatnya. Tujuanya tentu untuk kebaikan kita bersama agar generasi yang akan datang dapat menikmati indahnya alam sekitar.

Pembahasan kali ini saya akan menerangkan mulai dari pengertian pemanasan global, sebab-sebab terjadinya pemanasan global, dampak dari pemanasan global. Dan saya juga akan mengulas sedikit materi tentang bagaimana cara mengatasi pemanasan global.

Pengertian Pemanasan Global

contoh paragraf deduktif tentang pemanasan global

sumber : radarpekalongan.co.id

Pemanasan global atau global warming adalah proses meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan semua dataran bumi serta lautan.

Badan IPPC menyimpul kan bahwa setelah setatus tahun terakhir ini peningkatan suhu bumi dimulai sejak pada abad ke 20. yang salah satu penyebab besarny adalah adanya efek rumah kaca yang dibangun manusia.

Penyebah efek rumah kaca salah satunya meliputi karbondioksida, dinitro oksida, monooksida, sulfur heksaflorida, gas metana, hidrofluoroksida, dan juga perluorokarboon yang ada pada atmosfer. Sebagai petanda bahwa bumi sudah mengalami global warming adalah dengan mengetahu perubahan iklim yang drastis dan tidak menentu.

Sebagai cirinya adalah dengan mengetahui pergantian musim pada suatu wilayah. Sebagai contohnya pada suatu wilayah belahan dunia mengalami musim panas yang berkepanjangan. Nah artinya tidak sesuai dengan bulan pergantian iklim.

Agar mudah difahami bahwa global warming atau pemanasan global ini mempunyai definisi naiknya suhu pada permukaan bumi yang mengakibatkan suhu udara dibumi akan naik secara signifikan.

Penyebab pemanasan global

Terciptanya suatu masalah pastinya ada sebab yang mengakibatkan terjadinya masal tersebut. Penyebab pemanasan global memang sangat banyak sekali, atau bahkan sudah tidak asing dalam kehidupan kita.

Bahkan dalam kelanjutanya sangat mungkin sekali global warming ini akan bertambah seiring bertambahnya waktu dan jaman. Karena kebutuhan manusia dan aktivitas produksi manusia akan naik pula. Aktivitas rumah tangga juga merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya pemanasan global.

Bahkan salah satu faktor terbesar terjadinya global warming selain disebabkan oleh pabrik industri dan efek rumah kaca adalah dari barang elektronik yang sudah umum digunakan semua orang. Memang banyak sekali aktivitas manusia yang menjadi faktor terbesar dalam pemanasan global. Sebagai contohnya bisa disimak dibawah ini:

Macam-macam penyebab pemanasan global

Penyebab pemanasan global dapat di kelompokan kedalam beberapa kategori. Mulai dari penyebab umum global warming hingga penyebab pemanasan global di rumah

Penyebab pemanasan global secara umum :

  • Efek Rumah Kaca
efek rumah kaca

sumber : mbahsewu.blogspot.com

Penyebab besar terjadinya global warwing adalah efek rumah kaca, kenapa efek rumah kaca bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global?. Pertanyaan ini dapat dijawab dari proses terjadinya efek rumah kaca.

Banyaknya petani yang menggunakan rumah kaca ini sebagai lahan pengolahan juga dapat memengaruhi pemanasan global. Tetapi yang kebanyakan kita ketahui adalah dijaman ini banyak sekali gedung yang dibangun dengan bertembok kaca. Dengan banyaknya bangunan yang terbuat dari kaca akan membuat dampak yang besar sekali dalam memanasnya bumi ini.

Sebagai ilustrasi kenapa efek rumah kaca bisa mengakibatkan terjadinya global warming bisa anda pahami sebagai berikut.

Proses terjadinya efek rumah kaca yaitu karena sinar matahari yang memasuki atmosfer bumi dipantulkan kembali oleh rumah kaca ke atmosfer sehingga cahaya tersebut tidak bisa menembus atmosfer. Akibatnya sinar yang dipantulkan oleh rumah kaca ke atmosfer akan dipantulkan kembali menuju bumi dan begitu seterusnya.

Dari silus efek rumah kaca tersebut akan mengakibatkan penumpukan gas rumah kaca seperti karbon dioksida, uap air, sulfur dioksida, dan gas metana yang menyebabkan gas radiasi pada permukaan bumi.

Memang pada dasarnya efek rumah kaca sangat diperlukan keberadaanya, sebab tanpa adanya rumah kaca maka bumi akan memiliki suhu yang dingin sekali. tanpa adanya efek rumah kaca suhu bumi hanya -18oC saja, sehingga pastinya sangat dingin dan banyak es yang menutupi permukaan bumi.

Namun karena adanya efek rumah kaca suhu bumi berubah menjadi 15oC sehingga suhu bumi tidak terlalu dingin. Bahkan dengan banyaknya efek rumah kaca suhu dibumi mengalami kenaikan suhu dua kali lipat dari asalnya. Suhu 15oC berubah menjadi 33oC, makanya dijaman sekarang ini suhu dibumi mengalami panas yang luarbiasa.

  • Efek umpan balik
efek umpan balik

sumber : slideplayer.info

Efek umpan balik atau sering disebut feedback adalah proses pengembalian dari out put menuju kebagian input. Sebagai contoh dalam proses penguapan air, dalam proses ini diakibatkan oleh pertambahan gas karbon dioksida CO2.

Saat ini sudah ada penelitian mengenai efek umpan balik ini. Dari uapan air dari gas rumah kaca akan membentuk awan dan kemudian awan akan memantulkan radiasi inframerah kepermukaan bumi. Karena adanya radiasi ini maka permukaan bumi akan mengalami pemanasan.

  • Variasi matahari
one man one tree

sumber : one-man-eka.blogspot.com

Variasi matahari adalah berubahnya jumlah energi radiasi yang dihasilkan dari pancaran matahari. Pemanasan global juga disebabkan karena adanya variasi matahari.

Selain dari ketiga sebab pemanasan global ada beberapa sebab juga yang berpotensi mengakibatkan global warming. Penyebab ini merupakan bukan dari alam melainkan dari kegiatan manusia.

  • Menipisnya lapisan ozon
lapisan ozon

sumber : sumber.com

Lapisan ozon merupakan lapisan bumi yang berada di atmosfer. Lapisan ozon berfungsi untuk menjaga bumi dari berbagai benda asing yang merusak bumi dari luar angkasa. Seperti contohnya lapisan ozon mampu menangkal masuknya sinar ultraviolet dan dapat mencegah meteor masuk kedalam bumi.

Dengan menipisnya lapisan ozon ini maka secara otomatis atmosfer bumi akan menjadi tidak kuat dengan adanya serangan dari benda luar angkasa. Apalagi di era sekarang ini lapisan ozon sudah ada yang bolong menurut penelitian.

Akibatnya sinar ultraviolet masuk kedalam bumi dan menjadikan bumi menjadi semakin panas. Sinar ultraviolet juga mempunyai dampak buruk lainya yaitu dapat merusak kulit manusia.

Penyebab pemanasan global di rumah

  • Banyaknya bagunan atau rumah yang menggunakan konsep rumah kaca
rumah kaca

sumber : sumber.com

Pada dasarnya rumah akan lebih indah ketika bertembok kaca, bahkan dijaman sekarang ini banyak sekali yang sudah menerapkan konsep rumah kaca. Banyak gedung-gedung yang tidak menggunakan tembok semen.

Karena banyaknya bangunan rumah kaca maka menyebabkan penyinaran matahari akan dipantulkan kembali kearah atmosfer bumi. Sehingga semakin lama dan semakin rumah kaca meningkat jumlahnya maka yang diakibatkan adalah panasnya udara yang ada di bumi.

  • Menungkatnya jumlah kendaraan
jumlah kendaraan

sumber : aktual.com

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kendaraan diseluruh dunia setiap tahunnya mengalami kenaikan jumlah bahkan di indonesia sendiri hampir semua orang memiliki kendaraan. Sisa pembakaran yang dihasilkan oleh asap pembakaran sepeda motor selain bisa menjadi pencemaran lingkungan, merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global.

Tidah hanya itu asap kendaraan bermotor juga dapat menyebabkan sumber penyakit bagi pernafasan manusia. Selain itu juga dengan banyaknya jumlah kendaraan yang ada akan menyebabkan kemacetan dimana-mana. Terutama seperti yang sudah umum kita ketahui, dikota jakarta misalnya, ataupun dikota-kota besar lainnya.

  • Pembakaran hutan
Pembakaran Hutan

sumber : transportinjakarta.wordpress.com

Sempat menjadi viral hutan di indonesia terbakar habis oleh api, ntak disebabkan karena apa yang pasti ada campur tangan manusia yang membakarnya. Contohnya di hutan kalimantan yang merupakan paru-paru dunia sekarang hanya tersisa abu dari pepohonan yang terbakar.

Salah satu fungsi hutan yang paling penting sekali adalah dapat merubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen. Sehingga dengan banyaknya hutan sebenarnya dapat mengatasi masalah pemanasan global.

Hutan juga merupakan tempat hidup dari binatang yang hidup didalam hutan tersebut. Dengan terbakarnya hutan maka otomatis dari populasi mereka akan mati dan tidak mempunyai tempat tinggal. Sehingga dampaknya banyak binatang yang menyerang pemukiman warga.

  • Asap pabrik
pencemaran udara asap pabrik

sumber : hamparan.net

Banyaknya pabrik memang mempunyai dampak positif bagi kehidupan manusia, dengan adanya pabrik maka otomatis manusia akan mendapatkan lapangan pekerjaan. Namun dengan banyaknya pabrik industri seperti sekarang ini banyak menyebabkan berbagai pencemaran.

Seperti contoh pencemaran air, banyak sekali air yang tercemar akibat limbah pabrik yang dibuang secara sembarangan.

Proses terjadinya pemanasan global

siklus pemanasan global

sumber : pinterdw.blogspot.com

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa tidak ada kejadian kecuali melewati suatu proses terlebih dahulu. Sama halnya dengan pemanasan global, dalam kenyataanya memang terdapat proses hingga terjadinya global warming.

Proses pemanasan global salah satunya sebagai berikut :

  • Awal terjadinya pemanasan global adalah karena matahari yang menyinari seluruh bagian bumi. Dan kemudian suhu panas yang dihasilkan matahari akan diserap kedalam bumi. Namun karena adanya rumah kaca maka sebagian suhu panas tadi dikembalikan menuju atmosfer. Dengan adanya lapisan ozon maka panas tersebut tidak bisa keluar dari atmosfer. Akibatnya suhu panas menjadi terperangkap didalam atmosfer. Dan suhu tersebut akan mantul kembali bumi dan begitu seterusnya.
  • Cahaya panas pantulan dari bumi sebagian diserap dan sebagian lain di pantulkan kembali oleh rumah kaca.
  • panas matahari memantul dari atmosfer dipantulkan ke udara kemudian dipantulkan lagi menuju armosfer luar.
  • Dari pengulangan proses tersebut terbentuklah sisa radiasi matahari sebanyak 30 watt per m2

Dari proses tersebut terdapat presentasi nilai radiasi matahari yang dipantulkan kembali ke permukaan bumi.

  • Sebanyak 10% radiasi dipantulkan kembali oleh bumi
  • Sebanyak 25% diserap oleh awan
  • Sebanyak 25% dipantulkan awan menuju partikel yang lain
  • Sisanya sebanyak 45% di serap oleh bumi

Dampak Pemanasan Global

Dengan naiknya suhu udara pada bumi mengakibatkan beberapa dampak yang sudah mulai terlihat dan sudah terjadi. Seperti contohnya es dikutub utara yang kiat sudah mencair, iklim yang tidak menentu.

Berikut lebih jelasnya mengenai dampak pemanasan global :

  1. Terjadinya banjir bandang dan kekeringan akan banyak terjadi. Bahkan di etopia yang sudah dikenal dengan negara yang kekeringan akan terjadi curah hujan yang mengalami kenaikan curah hujan sebanyak 10%
  2. Mencairnya es di kutub utara yang mengakibatkan permukaan air akan naik drastis di mengalahkan ketinggian daratan.
  3. Banyak penyakit yang mewabah dan pada ekosistem seperti virus.

Leave a Reply