√ Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Dengan Baik Dan Benar

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Umum, Ibu-Ibu, Formal, Terbaru

Pembawa Acara Pengajian – Menjadi seorang pembawa acara bukanlah hal yang gampang dan juga bukan hal yang sangat sulit. Akan tetapi menjadi pembawa acara harus mempunyai mental dan keberanian serta kelancaran dalam berbicara.

Tanpa adanya ketiga elemen diatas maka sangat tidak mungkin sekali seseorang akan menjadi pembawa acara yang baik. Pastinya akan gugup dan tidak akan baik dalam bertutur katanya. Maka dari itu pada kali ini saya akan sedikit membagikan tips cara menjadi MC/ pembawa acara dengan baik dan benar.

Memang pada dasarnya untuk menjadi pembawa acara harus sering melakukan latihan agar terbiasa. Karena pandai bicara saja tidak cukup tanpa adanya mental untuk tampil didepan umum. Rasa gerogi pastinya akan datang walaupun kita sudah ada pesiapan. Yuk langsung saja kita simak beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam menjadi pebawa acara.

Cara Menjadi Pembawa Acara Pengajian Dan Contoh Teks Pembawa Acara Yang Benar

pembawa acara pengajian
sumber : pixabay.com

Cara Menjadi Pembawa Acara/ Mc

Jika kamu seorang pemula atau sedang belajar menjadi seorang moderator yang profesional. Coba kamu praktekan tips dibawah ini sebagai acuan kedepan dan sebagai bahan latihan kamu. yuk langsung saja kita intip inilah tips cara menjadi moderator dari saya.

Belajar Berbahasa Dengan Baik Dan Benar

teks pembawa acara
sumber : pixabay.com

Poin yang pertama yang harus kamu pelajari adalah latihan bicara dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Mengapa demikian?. Karena dengan kamu berbahasa dengan baik maka ketika kamu menjadi seorang pembawa acara akan menjadi lebih mudah dalam menuturkan susunan acara ataupun saat pembukaan.

Dengan memiliki tutur kata yang baik dan benar maka para hadirin yang ada disekitar kamu pastinya merasa akan tenang dan nyaman. Bayangkan saja jika kamu sembarang berbicara pastinya para hadirin ada saja yang tidak setuju dengan kalimat yang kamu ucapkan. Maka dari itu latihan berbahasa dengan baik dan benar sangat diperlukan sekali untuk menjadi seorang moderator.

Belajar Berbicara Didepan Umum

pembawa acara
sumber : pixabay.com

Setelah kamu sudah faseh dalam berbicara dengan bahasa yang baik dan benar maka langkah selanjutnya kamu harus belajar berbicara didepan umum. Karena dengan kamu latihan berbicara didepan umum, itu merupakan suatu latihan untuk membiasakan diri kamu berhadapan dengan orang banyak.

Pastinya kamu pernah mengalami gemetar atau pun kamu gerogi ketika tampil didepan umum yang menyebabkan ketika kamu berbicara gemetaran. Nah maka dari itu dengan latihan ini kamu akan terbiasa berbicara didepan umum. Dan pastinya nanti kamu tidak akan gemetar lagi ketika kamu sudah menjadi pembawa acara yang handaal.

Baca Juga Cara Menjadi Artis Tanpa Ikut Casting

Berpakaian Dan Penampilan Yang Sopan

teks pembawa acara
sumber : pixabay.com

JIka kamu ingin menjadi pembawa acara pengajian maka penampilan merupakan hal yang mencerminkan seseorang itu baik atau jahat dimata masyarakat. Meskipun anggapan itu salah, akan tetapi pada kenyataannya seperti itu. Maka dari itu berpakaian rapih dan sopan menjadi aspek yang ketiga ketika kamu menjadi pembawa acara. Karena tidak mungkin sekali jika kamu menggunakan baju yang tidak sopan pastinya akan tidak enak dilihat.

Nah itulah 3 tips jitu yang harus kamu perhatikan untuk menjadi pembawa acara yang handal dan profesional. Yang penting kamu praktekan dan sering berlatih maka kamu akan menjadi seorang moderator yang ahli.

Contoh Susunan Acara Pengajian

susunan acara
sumber : pixabay.com

Setelah kamu memahami 3 poin penting yang harus diperhatikan dalam menjadi pembawa acara diatas. Maka hal yang harus kamu ketahui dan kamu hafal adalah susunan acara dalam sebuah kegiatan. Walaupun memang bisa membawa teks susunan acara, tapi kalau hafal akan menjadi mudah lagi dalam memandu sebuah acara, karena kamu sudah tahu apa saja susunan acaranya. Untuk itu berikut adalah susunan acara dalam sebuah kegiatan peengajian:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan kalam ilahi (Al Qur’an)
  3. Kata sambutan pimpinan Majlis Ta’lim
  4. Acara inti ( Ceramah yang akan disampaikan oleh ustad)
  5. Lain-lain
  6. Penutup

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin wa bihinasta’iin wa ‘alaa umuuriddunya waddin wash solatu was salamu ‘ala asyrafil anbiyai wal mursalin wa ‘ala aalihi wa ash habihi ajma’in, amma ba’du.

Kepada yang terhormat Al ustad…., ketua pemimpin pengajian masjlis ta’lim, dewan pengurus masjid, serta hadirin dan hadirat yang saya hormati.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana berkat taufik dan rahmatNya lah kita semua bisa berkumpul dan bisa hadir diacara pengajian ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Kedua kalinya semoga sholawat dan salam tetap tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi agung Muhammad SAW. Yang mana beliau lah yang membawa agama islam dengan penuh perjuangan dan pengorbanan, sebagai satu-satunya agama yang di ridhoi Allah SWT. Yang mana harus kita pegang etar dan kita ikuti sampai akhir hayat kita, amiin.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah SWT. Selaku pembawa acara saya akan membacakan susunan acara pada pengajian rutin pada hari ini, yaitu :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Al Qur’an
  3. Sambutan pemimpin jamaah pengajian
  4. Pengajian yang akan disampaikan oleh ustad…
  5. Pengumuman
  6. Penutup/do’a

 

Pembukaan

Denikianlah susunan acara pengajian pada hari ini. Sebelum kita melanjutkan acara berikutnya marilah kita buka acara ini dengan membaca basmalah.

Baiklah semoga dalam acara pengajian ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Pembacaan Al-Qur’an

Acara yang kedua yaitu pembacaar ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara………, kepadanya saya persilahkan.

Terimakasih kepada saudara….. yang telah membaca Al-Qur’an, semoga mendapatkan pahala yang berlimpah kepada kita semua terutama yang membacanya.

Sambutan Pemimpin Jamaah

Sebelum kita memasuki acara inti marilah kita dengarkan sepatah kata dari pemimpin jamaah, dalam hal ini akan disampaskan oleh yang terhormat bapak…….., kepada beliau kami persilahkan.

Kepada bapak….. pemimpin jamaah pengajian kami mengucapkan terimakasih.

Acara Inti (Ceramah)

Kini sampailah kita pada acara inti yaitu ceramah yang akan disampaikan Al ustad….. kepada beliau kami persilahkan.

Kepada yang terhormat al ustad……  kami sampaikan banyak terimakasih atas nasehat yang telah diberikan kepada kami. Semoga nasehat tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua, amiin.

Pengumuman

Hadirin dan hadirat yang di rahmati Allah SWT, kini sampailah kita pada puncak acara yaitu do’a. Namun sebelum itu marilah kita dengarkan beberapa pengumuman yang akan disampaikan oleh sekertaris jamaah pengajian yang akan disampaikan oleh bapak….. dan mudah-mudahan kita dapat memakluminya.

Penutup / Doa

Acara demi acara telah kita lalui, kini sampailah kita pada puncak acara yaitu pembacaan doa yang akan dipimpin langsung oleh al ustad….  , namun sebelum itu ijinkan kami selaku pembawa acara memohon maaf yang sebesarnya bila ada kata-kata dan sikap yang kurang berkenan dihati para hadirin dan hadirat sekalian. Kepada al ustad…. kamu persilahkan untuk memimpin doa sekaligus menutup acara pengajian ini.

Akhirul kalam wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar