Pengertian Pencemaran Air, Penyebab, Dampak Dan Cara Mengatasinya Lengkap !

Pencemaran Air – Seluruh makhluk yang hidup di bumi pastinya sangat membutuhkan dengan yang namanya air. Air yang begitu mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Bahkan air sangat diperlukan oleh tubuh manusia dalam kehidupan. Tanpa adanya air manusia dan makhluk lain kemungkinan hidup sangat sedikit sekali.

Dalam tubuh manusia air berfungsi sebai sumber mineral yang di butuhkan manusia. Selain itu air dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh manusia berupa air seni.

Tidak hanya penting untung kelangsungan hidup saja air juga sangat penting bagi kehidupan sehari-hari manusia. Air dijadikan sebagai sarana kebutuhan manusia untuk melakukan semua kegiatan. Seperti contoh untuk minum, untuk mencuci baju, untuk mandi, an lain-lain.

Dijaman sekarang ini seperti yang kita ketahui semakin lama kualitas air bersih semakin mengurang. Sudah sedikit sekali stok air bersih yang dapat kita peroleh, walaupun ada biasanya harus berbayar. Terlebih lagi di kota-kota besar yang merupakan kota padat dengan banyaknya bagunan dan pabrik. Sangat sulit sekali mendapatkan air yang bersih.

Berkat ulah tangan manusia yang kurang mencintai lingkungannya semua air yang ada di sungai maupun yang ada di laut sudah tercemar. Hal ini mengakibatkan ekosistem pada air menjadi terganggu. Adapun pencemaran air yang disebabkan oleh alam sangat sedikit sekali.

Pencemaran lingkungan di indonesia sendiri merupakan hal yang sudah banyak sekali mulai dari polusi udara akibat asap kendaraan, pencemaran tanah dan masih banyak lagi.

Oleh dari itu untuk kali ini saya akan kupas tuntas masalah pencemaran lingkungan yang satu ini.

pencemaran air

sumber : rebanas.com

Pengertian pencemaran air

Pencemaran air adalah masuknya unsur lain kedalam air yang menyebabkan air menjadi berbahaya dan tidak dapat digunakan oleh makhluk hidup. Adapun pencemaran air yang disebabkan oleh adanya zat berbahaya yang masuk kedalam air di namakan polusi air.

Pencemaran air di indonesia sendiri bisa di bilang cukup parah, karena sudah tidak asing lagi bagi kita. Setiap hari melihat banyaknya sampah yang di buang sembarangan.

Adapun pencemaran air itu sendiri bisa berada pada air sungai, air danau, air laut. Bahkan yang sering kita jumpai adalah air got pembuangan air.

Sebenarnya sangat banyak sekali makna dari pencemaran air itu sendiri, bisa dikatakan tercampurnya air dengan zat kimia. Sebenarnya polusi air bisa di katakan pencemaran itu ketika jumlah air yang banyak di masuki oleh zat berbahaya yang banyak juga.

Ibaratnya seperti ini, contoh ketika suatu sungai yang memiliki air yang banyak kemudian didalam air sungai tersebut dimasukan sedikit zat berbahaya. Nah ini belum tentu dikatakan dengan pencemaran, artinya zat berbahaya tersebut dapat di netralisir oleh air dengan jumlah yang banyak.

Penyebab pencemaran air

Pada umumnya penyebab pencemaran air sangat banyak sekali namun penyebab itu sendiri di latar belakangi oleh ulah manusia. Seperti yang sudah kita ketahui banyaknya sampah yang kita temui pada pinggir jalan. Itu merupakan ulah tangan yang di lakukan manusia.

Seperti yang kita ketahui misalnya sungai citarum yang ada di jakarta, pada jaman dulu sungai citaru merupakan sungai yang sangat bersih. Dan banyak di manfaatkan oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun sangat di sayangkan sekali, di jaman sekarang ini sungai citarum memiliki air yang sangat keruh dan kotor sekali. Banyaknya sampah yang di buang masyarakat membuat sungai citarum menjadi sungai yang tidak bisa di manfaatkan lagi.

Tidak hanya sungai saja pencemaran laut pun kian semakin bertambah terlihat. Laut yang dulunya mempunyai warnya biru yang indah sekarang terlihat hitam dan berminyak. Banyaknya limbah yang dibuang sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak dipungkiri hal ini menyebabkan ekosistem air laut menjadi terganggu banyak ikan yang mati dan beracun akibat limbah.

Seperti laut di muara angke jakarta, laut yang dulunya sangat indah dan merupakan laut yang banyak di kunjungi karena keindahanya. Sekarang menjadi tempat yang sangat kotor dan banyak limbah yang menggenang.

Sehingga masyarakat sekitar sangat sulit untuk mencari ikan di laut tersebut.

Bahan kimia yang sudah menyatu dengan air maka akan sulit sekali untuk menjadikan air menjadi bersih kembali.

Berikut beberapa penyebab terjadinya pencemaran air :

1. Polusi air akibat sampah

pencemaran air akibat sampah

sumber : jejakbelantara.blogspot.com

Poin yang pertama polusi air dikarenakan oleh banyaknya sampah yang menumpuk pada air. Sampah menjadi peran utama dalam terbentuknya pencemaran air. Bayangkan saja jaman dulu air yang bersih dapat di amati bahwa air tersebut terbebas dari sampah.

Namun sayangnya di jaman yang banyak masyarakat yang hidup di suatu wilayah, menjadikan polutan yang satu ini kian bertambah setiap harinya.

Pada tahun 2016 berdasarkan organisasi kesehatan dunia menyatakan bahwa 9% penduduk yang ada di bumi belum memiliki akses untuk mendapatkan air bersih.

Hal tersebut disebabkan karena banyaknya air yang kotor akibat banyaknya sampah yang menumpuk pada air. Bahkan dikatakan 40% dari penduduk bumi banyak yang belum mempunyai fasilitas seperti toilet dan kamar mandi.

Dengan adanya polusi sampah pada air yang bersih juga menyebabkan air menjadi tercemar dan menjadi sarang penyakit. Sudah banyak bukti yang bisa kita dapatkan mengenai penyakit yang disebabkan oleh tercemarnya air bersih.

Seperti penyakit kulit dan diare, sudah banyak sekali manusia yang mengalami hal tersebut. Bahkan tidak hanya itu jika air yang tercemar masuk kedalam tubuh manusia bisa jadi akan mengakibatkan keracunan.

2. Pencemaran air akibat limbah

pencemaran air akibat limbah

sumber : white-techdev.blogspot.com

Limbah merupakan hasi sisa dari proses produksi baik dari limbah rumah tangga maupun industri. Masalah terbesar dalam mencemari air, limbah hasil indusri menjadi hal yang sangat besar sekali dalam merusak ekosistem air.

Banyaknya pabrik industri yang membuang limbah secara sembarangan, namun yang sangat disayangkan adalah ketegasan pemerintah dalam menanggulanginya.

Akibatnya bisa dipastikan hampir setiap tahun hasil limbah yang di hasilkan mencapai 10 milyar ton. Hal tersebut sangat di sayangkan sekali, karena jumlah limbah semakin bertambah setiap tahunnya.

3. Pencemaran air akibat pertanian

limbah pertanian

sumber : http://beritadaerah.co.id

Dalam bertani tentunya kita harus memperhatikan asupan nutrisi pada tanaman. Oleh karenanya kemungkinan besar kita akan menggunakan pupuk yang bagus dan berkualitas. Pemilihan pupuk kimia sebenarnya bukan hal yang tepat.

Memang ketika tanaman menggunakan pupuk kimia maka pertumbuhannya akan cepat. Namun hal negatif yang perlu diketahui adalah tanaman itu sebenarnya tidak layak untuk di konsumsi.

Pada dasarnya limbah pertanian tidak membahayakan bagi ekosistem lainya jika jumlah penggunaanya sedikit. Namun ketika penggunaan pupuk kimia dengan jumlah yang banyak maka akan mematikan ekosistem dalam air.

Akibatnya air yang jernih akan menjadi keruh dan beracun, dan juga akan memiliki bau yang busuk serta warna yang hitam.

Dampak pencemaran air

Air yang sudah tercemar tentunya tidak akan layak lagi untuk kelangsungan hidup makhluk air. Manusia yang tidak merasa salah dengan ulah yang dilakukanya memang tidak akan pernah berhenti untuk membuat kerusakan.

Sifat manusia memang tidak akan pernah puas dengan apa yang di perolehnya. Segala macam cara mereka lakukan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Contohnya saja menangkap ikan di laut, banyak manusia yang menggunakan cara picik yang akan merusak ekosistem air.

Untuk lebih detailnya mengenai dampak pencemaran air yaitu :

1. Musnahnya makhluk yang hidup di air

dampak pencemaran air

sumber : pakmono.com/

Dengan banyaknya limbah yang di buang maka akan banyak sekali spesies yang hidup di air mengalami kematian. Hal ini sudah sangat lumrah sekali, pada perairan air laut yang sudah terkena limbah maka sangat sedikit sekali spesies yang dapat di temukan.

Akibatnya banyak dari para nelayan yang mencari ikan tidak menghasilkan apa-apa. Namun juga memang ada spesies yang dapat hidup di air yang sudah terkena limbah. Biasanya dari jenis ikan yang memiliki tingkat adaptasi yang cepat dengan lingkungan.

Akan tetapi ikan tersebut menjadi ikan yang tidak layak konsumsi.

2. Menjadi media timbulnya penyakit

Seperti yang sudah dibahas di atas, dengan air yang tercemar maka tingkat menjadi sarang penyakit akan besar sekali. Air yang kotor sangat tidak layak sekali untuk dijadikan media untuk kebutuhan sehari-hari.

Kebanyakan orang yang menggunakan air yang sudah tercemar banyak dari mereka yang menderita masalah pada kulit. Banyak yang mengalami gatal-gatal yang tak kunjung sembuh, bahkan banyak juga di antaranya mengalami penyakit yang serius.

3. Rusaknya ekosistem air

ekosistem rusak akibat pencemaran air

sumber : mongabay.co.id

Dengan adanya pencemaran pada air akibatnya ekosistem yang ada pada air akan menjadi rusak. Akibatnya rantai kehidupan yang ada di dalam air tersebut lama-kelamaan akan mati.

Dampak polusi air

Dampak pencemaran air dalam kehidupan sangat banyak sekali. Dalam kebutuhan hidup manusia tentunya 90% menggunakan air, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan memerlukan air. Contohnya seperti menggunakan air untuk mandi, mencuci baju dan lain-lain.

Pada intinya dampak polusi pada air mempunyai pengaruh yang besar sekali dalam berlangsungnya kehidupan tanpa air yang bersih maka tidak akan tercipta pola hidup sehat yang di inginkan semua orang.

Contoh pencemaran pada air

Sebenarnya contoh pencemaran pada air sangat banyak sekali, seperti yang kita ketahui, ketika melihat suatu sungai yang airnya berwarna hitam itu sebenarnya sudah tercemar. contoh realnya sebagaimana yang telah di jelaskan di atas pada sungai ciliwung wisalnya. dapat dilihat dalam sungai tersebut memiliki air yang sangt kotor dan banyak sampah.

Contoh yang pencemaran air di laut, yang kita tahu adalah laut memiliki luas yang tak terhitung karena lautan lebih banyak dari pada daratan. Namun luasnya laut bisa rusak akibat limbah yang di buang sembarangan, sebagai mana di laut muara angke misalnya. Disana bisa didapati airlaut yang berwarna hitam akibat limbah minyak bumi.

Cara mengatasi pencemaran pada air

Sebenarnya dari masalah tersebut bisa di tanggulangi dengan cara yang sangat mudah namun membutuhkan kekontinyuan dalam menjalankannya. Semua orang bisa menjalankannya asalkan mempunyai keinginan dan kesadaran yang tinggi untuk mau mengatasi masalah pencemaran tersebut.

Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menanggulangi pencemaran pada air :

Membuang sampah pada tempat sampah

Hal yang paling pertama berpengaruh pada pencemaran lingkungan adalah sampah. banyaknya sampah akan mengakibatkan pencemaran pada air yang akan mengganggu ekosistem didalam air.

Maka dari itu sudah saatnya kita memperhatikan masalah tersebut dengan berkontribusi menjalankan kebiasaan membuang sampah pada tempat sampah. Dengan melakukan hal tersebut tanpa disadari kita sudah merubah keadaan wilayah yang di tempati dan juga pasti akan terasa perbedaan nya.

Membuang limbah bekas detergen tidak sembarangan