Pengertian Pencemaran Lingkungan, Contoh, Serta Cara Mengatasinya

Pencemaran Lingkungan – Di jaman sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar istilah pencemaran lingkungan. Karena saking banyaknya pencemaran seakan akan kita sudah biasa dengan hal tersebut. Meskipun sebenarnya pencemaran sangat berbahaya sekali bagi kehidupan manusia.

Faktor terjadinya pencemaran itu sendiri tidak di pungkiri bahwa di sebabkan oleh ulah manusia. Banyak yang membuang sampah sembarangan, menebang hutan, dan pembakaran hutan.

Sangat sedikit sekali manusia yang cinta terhadap lingkungannya, yang mau memelihara lingkungan. Sekalipun ada maka sangat sedikit sekali, dengan keserakahanya manusia hanya ingin menikmatinya saja dan tidak mau memelihara lingkungannya.

Di indonesia sendiri merupakan negara yang masuk kedalam 10 negara yang paling berpolusi.

pencemaran lingkungan

sumber : rebanas.com

Pengetrian pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah peristiwa masuk atau dimasukinya zat, makhluk hidup, energi atau komponen lain kedalam suatu lingkungan seperti air, udara dan tanah.

Bisa di artikan juga perubahan komposisi tatanan lingkungan yang di sebabkan dari kegiatan manusia. Sehingga mengakibatkan kualitas lingkungan menjadi turun, sehingga lingkunga tersebut tidak berfungsi secara normal.

Sedangkan peristiwa pencemaran dapat disebut dengan polusi, nah bahan atau zat yang mengakibarkan pencemaran di sebut dengan polutan.

Pengertian polutan

Polutan adalah suatu zat atau bahan yang dapat merusak suatu lingkungan. Contohnya seperti bahan kimia, plastik, karet dan lain-lain.

Semua zat bisa dikatakan polutan ketika mengandung 3 syarat sebagai berikut :

  1. Terletak pada tempat yang tidak tepat
  2. Terletak pada waktu yang tidak tepat
  3. Melebihi jumlah normal yang seharusnya

Sifat polutan

Seperti yang sudah di terangkan di atas bahwa polutan merupakan zat yang merusak suatu lingkungan. Untuk itu polutan memiliki 2 sifat yaitu :

  1. Merusak dalam jangka panjang

Contohnya polutan pencemaran udara, sisa pembakaran mesin mobil dan motor yang sudah umum lama-kelamaan akan merusak atmosfer

  1. Merusak dalam jangka waktu sementara

Artinya suatu polutan hanya merusak pada waktu itu saja dan tidak merusak pada waktu yang lain. Contohnya membuang limbah di kebun, maka kebun akan mati. Namun setelah zat berbahaya itu sudah di proses oleh bumi dan tanahnya di olah kembali maka tanah akan subur lagi.

Macam-macam pencemaran.

Seperti yang kita ketahui jenis pencemaran dapat di bagi menjadi 4 bagian yaitu:

Pencemaran air

pencemaran air

sumber : jejakbelantara.blogspot.com

Air yang jernih bisa saja terkena polusi yang di akibatkan ulah manusia, sehingga air yang tadinya layak untuk di konsumsi menjadi kotor dan beracun. Tidak dipungkiridi indonesia sendiri sudah banyak sungai yang tercemar limbah, dan sampah.

Pengertian pencemaran air

Pencemaran air adalah masuknya zat berbahaya kedalam air yang bersih sehingga membuat kualitas air menjadi buruk atau beracun. Sehingga air tidak dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Contoh kegiatan yang akan mengakibatkan polusi air :

  • Membuang sampah sembarangan di sungai

Sampah sudah menjadi hal yang tidak asing bagi masyarakat indonesia, sampah banyak berserakan di mana-mana. Sampah yang di buang di sungai lama-kelamaan akan menumpuk dan juga air di sungai tersebut menjadi kotor.

Ekosistem yang hidup dalam air sungai pun ikut menjadi rusak, akibatnya manusia tidak bisa menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-harinya.

Dampak yang lain adalah dengan banyaknya sampah di dalam sungai akan mengakibatkan banjir dan menjadi sarang tumbuhnya benih penyakit seperti malaria.

  • Pembuangan limbah pabrik sembarangan

Pabrik yang tidak bertanggung jawab tidak mau rugi dengan usahanya, alhasil limbah bekas produksinya di buang dengan sembarangan di sungai-sungai. Hal ini sempat buming di berita televisi.

Dengan pembuangan limbah didalam air maka akan mengakibatkan ekosistem dalam air tersebut menjadi mati. Ikan-ikan yang hidup di dalamnya akan mati namun ada juga ikan yang mampu menyesuaikan diri untuk tetap hidup. Tetapi ikan tersebut tidak layak untuk di konsumsi manusia.

Limbah hasil industri pabrik yang di buang sembarangan seperti Pb, CO, Hg, Zn dan juga air bekas detergen dapat merusak ekosistem karena memiliki sifat beracun.

Adapun pencemaran laut seperti yang kita ketahui kebanyakan berasal dari minyak bumi seperti, solar pada perahu nelayan. Jika kita telusuri laut indonesia sangat banyak sekali tercemar oleh minyak bumi.

Hal tersebut menyebabkan ekosistem air laut menjadi terganggu, seperti halnya laut di jakarta yang dulunya sangat bagus namun sekarang sangat disayangkan sekali lautnya berwarna hitam dan sangat kotor sekali.

Dampak pencemaran air

Dengan air yang sudah tercemar maka dampaknya sangat besar sekali bagi kehidupan manusia salah satunya adalah :

  • Manusia sulit untuk mendapatkan air bersih
  • Ekosistem yang ada di dalam air akan mati
  • Manusia akan sulit untuk bercocok tanam
  • Air akan menjadi beracun dan jika di gunakan manusia akan menyebabkan terkenanya penyakit
Cara mengatasi pencemaran air
pencemaran lingkungan sampah plastik

sumber : https://lingkunganhidup.co

Pada dasarnya mengatasi pencemaran merupakan suatu kegiatan yang dibilang sangat sulit sekali. Misalnya bila air sungai sudah tercemar maka untuk menjadikan air itu bersih lagi sangat sulit sekali.

Hal yang dapat kita lakukan sebagai penerus bangsa adalah dengan mengubah pola hidup kita menjadi pola hidup sehat. Yang di mana mempunyai kesadaran dan kepedulian tinggi pada lingkungan.

Caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai, tidak membuang bekas limbah di sungai.

Pencemaran tanah

pencemaran tanah

sumber : http://www.putrinuzulil.com

Tanah merupakan sumber kehidupan bagi tanaman, dengan tanah maka tumbuhan akan tumbuh subur. Walaupun memang di jaman sekarang banyak orang yang melakukan budidaya tanaman hidroponik. Tetapi media tanah merupakan media yang sangat bagus sekali di banding dengan air.

Di dalam tanah juga merupakan tempat kehidupan bagi hewan seperti cacing dan lain-lain. Bila mana tanah menjadi tercemar maka tidak akan lagi kehidupan didalamnya.

Tanah juga merupakan media pendaur ulang dari air yang kotor menjadi bersih kembali serta menghancurkan limbah-limbah lain. Namun dalam proses daur ulang limbah tersebut tanah memerlukan waktu yang sangat lama sekali.

Adapun penyebab terjadinya pencemaran tanah adalah :

  • Banyak menggunakan detergen kimia, sehingga ketika di buang di tanah maka akan sangat sulit sekali tanah untuk mengurai zat kimia tersebut untuk menjadi netral lagi.
  • Membuang limbah pada tanah, pembuangan limbah sembarangan di dalam tanah akan menjadikan tanah menjadi gersang dan akan rusak sehingga tanah tidak akan subur lagi. Dampaknya adalah manusia akan sulit untuk memanfaatkan lahan tersebut.
  • Banyaknya sampah plastik yang menumpuk, sampah plastik merupakan sampah yang sulit di urai oleh tanah. Meskipun tanah bisa menguraikanya akan tetapi memerlukan waktu yang sangat panjang sekali.
  • Penebangan pohon secara liar, banyaknya pohon yang tumbuh di suatu lahan akan menjadikan tanah menjadi berkualitas. Namun ketika pohon dibabad habis maka tanah menjadi gersang.
Dampak pencemaran tanah

Adapun dampak yang ditimbulkan oleh polusi tanah mengang tidak terlihat oleh mata. Akan tetapi sangat banyak sekali dampak polusi tanah terhadap kehidupan manusia seperti :

  • Manusia sangat sulit mencari tanah untuk bercocok tanam
  • Tumbuhan akan mati seiring berjalannya waktu
  • Tejadinya longsor
  • Mengakibatkan gempa
  • Membuat tanah tidak produktif lagi
Contoh pencemaran tanah

Adapun contoh perilaku bisa dikatakan merusak tanah adalah :

  • Membuang sampah sembarangan
  • Tidak menanami tanah dengan tanaman
  • Membuang limbah kimia sembarangan di tanah dan masih banyak lagi.

Pencemaran udara

pencemaran udara asap pabrik

sumber : hamparan.net

Polusi udara merupakan suatu pencemaran yang sangat parah di indonesia, dan juga mengakibatkan banyaknya korban meninggal akibat menghirup udara yang tidak sehat.

Polusi udara banyak terjadi diakibatkan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka dengan bangganya membakar hutan indonesia, seperti hutan di kalimantan. Dulu kalimantan merupakan paru-paru dunia karena banyak sekali hutan disana dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Namun pada kenyataanya sekarang kalimantan tidak jauh dengan ibu kota, karena ulah manusia yang membumi hanguskan hutan kalimantan.

Secara umum pencemaran udara diakibatkan karena adanya polutan seperti:

  • Gas CO2 (karbon dioksida)

Seperti yang kita ketahui karbon dioksida merupakan hasil pernafasan dari makhluk hidup, hasil pelapukan batuan, dan pembusukan bahan organik. peningkatan CO2 pada udara akan mengakibatkan peningkatan suhu pada bumi. Hal ini terjadi jika tumbuhan yang ada di bumi sangat sedikit sekali, seperti jaman sekarang ini.

  • Gas CO (karbon monoksida)

Karbon monoksida merupakan hasil dari pembakaran mesin pada kendaraan yang tidak sempurna. Efek dari gas ini jika terhirup oleh manusia maka akan menyatu dengan darah manusia.

Akibatnya manusia bisa mengalami pusing bahkan akan pingsan dalam waktu sekejap setelah menghirup gas CO ini.

  • Gas CFC (Kloroflourokarbon)

Gas CFC merupakan gas yang terdapat pada lemari es dan AC, dan juga biasanya terdapat pada obat pembasmi nyamuk. Gas ini sangat berbahanya sekali, gas CFC dapat merusak lapisan ozon pada udara.

Dengan bolongnya lapisan ozon ini maka akan mengakibatkan sinar ultraviolet memasuki lapisan bumi. Sinar ultraviolet ini sangat berbahaya sekali jika terkena kulit manusia. Bukan hanya dapat menghitamkan kulit manusia saja, akan tetapi bisa membuat kulit manusia mengalami kanker kulit.

  • Nitrogen

Dampak pencemaran udara yang di timbulkan nitrogen memang sangat sedikit sekali. Karena nitrogen merupakan salah satu sumber protein yang di butuhkan makhluk hidup. Akan tetapi nitrogen sangat berbahaya jika salah pemanfaatanya, dan memiliki jumlah yang banyak.

Pencemaran suara

pencemaran suara

sumber : arah.com

Tidak hanya air, udara dan tanah saja suara pun mempunyai polusi yang mencemari telinga manusia. Karena polusi suara berasal dari suara bising dari kendaraan bermotor, mesin pabrik, dan suara yang mengganggu pendengaran manusia.

Bencana alam akibat pencemaran lingkungan

bencana alam

sumber : https://rebanas.com

Bukan hanya berdampak pada kelangsungan hidup saja dengan adanya pencemaran lingkungan akan berakibat terjadinya bencana alam. Adapun bencana alam yang di maksud adalah :

  • Erosi
  • Banjir bandang
  • Hujan asam
  • Tanah longsor
  • Polusi udara

Cara mengatasi pencemaran lingkungan

Adapun terjadinya pencemaran sebenarnya kita bisa mengatasinya dan mencegah serta meminimalisir terjadintya suatu kejadian tersebut. Caranya sebagai berikut :

  1. Dengan membuang sampah pada tempat sampah
  2. Memelihara sungai agar tetap bersih
  3. Membuang limbah detergen tidak sembarangan
  4. Memilih lahan perindustrian dengan wilayah yang strategis
  5. Penghijauan hutan
  6. Banyak menanam tanaman di rumah
  7. Menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan
  8. Tidak merusak ekosistem alam
  9. Mengajak masyarakat untuk mencintai alam sekitar

Dari sembilan cara di atas kita harus terapkan agar negara kita menjadi negara yang hijau dan sehat. Kita sebagai penerus bangsa harus menerapkan rasa cinta dan rasa peduli kita kepada alam sekitar.