√ Pengertian Demokrasi | Macam Macam, Jenis, Prinsip Lengkap

Pengertian Demokrasi – Hampir semua negara memiliki sistem demokrasi, seperti negara indonesia sendiri adalah negara demokrasi. Mungkin bagi kamu yang masih awam pastinya akan bingung dengan demokrasi ini. Pastinya kamu akan bertanya-tanya apa sih demokrasi iti?, dan kamu pastinya akan langsung mencari di google.

Maka dari itu sekarang saya akan membahas mengenai apa itu demokrasi, apa pengertianya dan seperti apa contoh demokrasi itu. Untuk itu saya sarankan kamu baca sampai selesai ya agar kamu paham dengan yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Sedikit cerita ketika saya masih sekolah, saya ditugaskan untuk menerangkan makna demokrasi. Sedangkan saya tidak tahu apa-apa karena pada saat itu saya adalah orang yang tidak senang membaca maka dari itu sangat minim sekali pengetahuna.

Singkat cerita akhirnya saya mencarinya di google dan pada akhirnya ketemu juga. Saya langsung mempelajarinya, keesokan harinya saya sudah tau apa yang dimaksud dengan demokrasi itu.

Maka dari itu saya akan mengulas kembali pengertian demokrasi sebagai mana yang saya pahami. Saya berharap kamu bisa memahaminya dengan baik.

Pengertian Demokrasi

pengertian demokrasi

sumber : jarangdiskusi.wordpress.com

Bicara mengenai demokrasi tentunya kamu ada yang sudah tahu artinya tapi ada juga yang lupa-lupa ingat. Nah pada dasarnya definisi sebuah demokrasi dapat di artikan kedalam dua arti, yaitu definisi secara bahasa dan definisi secara istilah.

Berikut ini penjelasan lebih detailnya.

Pengertian Demokrasi Menurut Bahasa

demokrasi menurut bahasa

sumber : steemit.com

Demokrasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu “Demokratia” yang memiliki arti kekuasaan rakyat. Yang tersusun dari dua kata yaitu “Demos” dan “Kratos”, Demos Yang berarti rakyat sedangkan kratos yang berarti kekuasaan.

Penegrtian Demokrasi Menurut Istilah

istilah

sumber : lavant8.blogspot.com

Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan suatu negara yang dimana seluruh masyarakat yang hidup di negara tersebut mempunyai hak dan wewenang dalam ikut serta mengambil keputusan dalam menentukan kehidupan mereka.

Artinya suatu sistem demokrasi yang ditegakan di suatu negara merupakan suatu sistem yang warga negaranya ikut serta berpartisipasi dalam merumuskan sebuah hukum.

Lebih jelasnya sih seperti ini, jadi demokrasi yaitu suatu sistem negara yang mana warga negara yang tinggal di negara tersebut mempunyai andil dalam menentukan, menyusun atau bahkan membuat suatu hukum.

Demokrasi bisa dikatakan memiliki arti “ Dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat”. Tidak hanya menurut bahasa dan istilah saja demokrasi juga memiliki beberapa definisi yang di lontarkan oleh para ahli.

Berikut beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi Menurut para ahli

sumber : ujiansma.com

Banyak para ahli yang mendefinisikan demokrasi dengan berbagai definisi akan tetapi maksud dan tujuannya adalah sama. Berikut para ahli yang mengemukakan pendapat dalam mengartikan demokrasi.

  • Charles Costello

Carles costello mengatakan bahwa demokrasi ialah “suatu sistem politik dan sosial pada pemerintahan diri dibarengi dengan kekuasaan pemerintah dan dibatasi oleh hukum serta suatu kebiasaan untuk melindungi hak warga negara secara perorangan”.

  • Hans Kelsen

Hans mengatakan bahwa demokrasi adalah “suatu pemerintahan yang didasari oleh rakyat serta untuk rakyat. Dan yang melaksanakan kekuasaan negara adalah wakil rakyat yang terpilih menjadi pemimpin, yang dimana rakyar sudah yakin dengan pemimpin tersebut bahwa akan memperhatikan kehendak dan kepentingan ketika melaksanakan kekuasaan negara”.

  • Jhon L. Esposito

Jhon mendefinisikan bahwa demokrasi itu pada dasarnya ialah “suatu kekuasaan dari rakyat dan untuk rakyat. Maka dari itu semua rakyat mempunyai hak untuk ikut serta berpartisipasi dalam negara. Baik terlibat secara aktif maupun mengontrol semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Tidak hanya itu dalam sebuah lembaga negaraharus ada pemisah yang jelasj antara unsur legislatif, yudikatif maupun eksekutif”.

  • Abraham Lincoln

Abraham mengartikan bahwa demokrasi adalah “suatu sistem pemerintahan yang dijalankan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat”.

  • Sidney Hook

Mengatakan bahwa demokrasi ialah “suatu bentuk pemerintahannegara yang dimana semua keputusan pemerintah, secara langsung ataupun tidak langsung harus berdasarkan pada kesepakatan masyarakat dewasa secara mayoritas”.

Macam Macam Demokrasi

Macam-Macam-Demokrasi

sumber : studypolitic.org

Pada dasarnya demokrasi dibagi menjadi dua bagian yaitu terdiri dari demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung. Untuk lebih rincinya bisa dibaca dibawah ini.

  1. Demokrasi langsung

Demokrasi langsung adalah demokrasi yang merupakan salah satu bentuk demokrasi yang dimana masyarakat ikut dalam andil memberikan suatu pendapat dan memberikan suatu pendapat didalam menentukan sebuah keputusan.

Lebih jelasnya sih demokrasi langsung ini, masyarakan turun langsung dalam berkontribusi mewakili dirinya sendiri dalam memutuskan suatu kebijakan pemerintah. Sehingga mereka terlibat langsung dalam politik atau kebijakan tersebut.

Demokrasi langsung ini merupakan demokrasi yang pertama kali dilaksanakan pada awal terbentuknya demokrasi ketika di athena yang dimana semua masyarakat berkumpul dan ikut membahas kebijakan tersebut.

Tetapi demokrasi langsung ini sangat tidak efektif jika diterapkan pada jaman sekarang ini, mengingat pupulasi manusia yang sudah semakin memadati negara dan dengan wilayah yang jauh juga, tidak mungkin sekali untuk mengumpulkannya dalam sebuah forum.

  1. Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan

Dalam demokrasi ini, semua masyarakat memutuskan untuk memilih seseorang yang dipercaya untuk mewakili seluruh masyarakat. Tetapi dipilih memalui suatu pemilihan umum terlebih dahulu. Atau bahasa keren jaman sekarang sih pemilu.

Maksud demokrasi tidak langsung ialah seperti ini, jadi dalam satu negara kan mempunyai banyak penduduk, dari banyaknya penduduk tidak mungkin semua warga negara berkumpul dalam sebuah forum. Hal tersebut sangat mustahil sekali tentunya, maka dari itu diadakanlah pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang dipercaya dapat mewakili semua masyarakat memalui pelilihan umum.

Contohnya seperti pemilihan gubernur, pemilihan presiden, dan camat, maka aturan yang sangat berpengaruh adalah presiden. Kenapa presiden?, ya karena presiden yang menetukan kebijakan dalam sebuah pemerintahan, yang di awali dengan usulan lembaga-lembaga pemerintahan. Tanpa adanya persetujuan presiden maka tidak akan jalan sebuah kebijakan yang sudah dirancang oleh lembaga tertentu.

Jenis Jenis Demokrasi

Jenis Demokrasi

sumber : hukamnas.com

Dari pengertian demokrasi yang telah dijelaskan di atas bahwa demokrasi tidak hanya dibagi dua macam saja akan tetapi demokrasi juga dibagi menjadi 3 jenis demokrasi berdasarkan prioritas. Adapun dari ketiga jenis demokrasi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Demokrasi material

Demokrasi material adalah merupakan demokrasi yang fokus dibidang ekonomi saja, sedangkan dalam urusan politik demokrasi material tidak termasuk didalamnya.

  1. Demokrasi formal

Demokrasi formal adalah sebuah demokrasi yang fokus pada bidang politik saja, dan merupakan kebalikan dari demokrasi material.

  1. Demokrasi gabungan

Demokrasi gabungan adalah demokrasi gabungan antara demokrasi material deangan demokrasi formal. Jadi pada intinya demokrasi gabungan merupakan demokrasi yang fokus pada bidang politik dan bidang ekonomi.

Prinsip Prinsip Demokrasi

 

Pada dasarnya sebuah negara demokrasi tentunya memiliki prinsip sebagai syarat untuk berdirinya negara yang demokrasi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk membuat suatu negara yang demokrasi tentunya semua elemen penyusunnya harus ada. Mulai dari keterlibatan masyarakat hingga sebuah kekuasaan yang ada pada negara tersebut. Untuk lebih detailnya mengenai prinsip-prinsip demokrasi adalah sebagai berikut:

  • Adnya kedaulatan rakyat
  • Adanya pemerintahan yang terbangun berdasarkan hasil perintah dari masyarakat kepada orang yang diperintah.
  • Adanya kekuasaan yang mayoritas
  • Adanya hak-hak minoritas
  • Adanya sebuah jaminan hak asasi manusia
  • Terciptanya pemilihan yang bebas jujur dan adil
  • Tertegaknya hukum yang adil
  • Terciptanya nilai-nilai toleransi, mufakat dan kerja sama
  • Adanya batasan pemerintah secara konstitusional
  • Terciptanya nilai ekonomi, sosial dan politik

Ciri Ciri Demokrasi

Nah demokrasi juga tidak hanya mempunyai berbagai macam prinsip saja, akan tetapi demokrasi juga memiliki beberapa ciri-ciri. Sebagaimana dari ciri-ciri tersebut kita bisa tahu dan menilai pada suatu bahwa seperti apa sih gambaran tentang demokrasi.

Maka adapun ciri-ciri demokrasi lengkapnya bisa disimak dibawah ini.

Ciri Ciri Demokrasi

  • Setiap semua keputusan yang dikeluarkan pemerintah harus sesuai dengan kehendak dan persetujuan dari warga negara atau semua masyarakat.
  • Adanya perwakilan rakyat yang sudah dipilih melalui pemilihan umum, sebagai pengelola kebutuhan masyarakat dalam kepentingan negara.
  • Adanya sebuah hukum tercatat yaitu undang-undang negara yang tertulis terkait kepentingan rakyat.
  • Terbciptanya aktivitas politik yang dilaksananakan melalui pemilihan yang mana pihak tersebut mendapatkan amanah dalam menjalankan pemerintahan.

Asas Demokrasi

Dari semua penjelasan pengertian demokrasi  yang sudah dibahas diatas, bahwa sebenarnya demokrasi memiliki suatu asas atau gagasan pokok. Gagasan pokok atau asas demokrasi adalah sebuah persetujuan dari semua manusia. Artinya manusia berberan penting dalam terciptanya sebuah demokrasi.

Berdasarkan gagasan tersebut asas demokrasi dibagi menjadi dua asas yaitu :

  1. Pengakuan martabat dan hakikat manusia. Contohnya adanya tindakan dalam pemerintahan untuk melindungi hakasasi manusia untuk kepentingan bersama.
  2. Pengakuan dan partisipasi rakyat dalam pemerintahan. Contohnya pemilihan wakil rakkyat yang dipilih melalui pemilihan umum yang jujur dan adil.

Negara Negara Demokrasi

Negara Negara Demokrasi

sumber : ms.wikipedia.org

Memang dalam kenyataanya negara yang menerapkan sistem pemerintahan demokrasi masih dapat terhitung. Tetapi pada umumnya sistem demokrasi merupakan sistem yang bisa dibilang bagus untuk diterapkan dalam sebuah negara.

Adapun negara indonesia sendiri menempati posisi yang ke 3 sebagai negara demokrasi yang ada di dunia. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasanya.

  1. Negara India

Negara india adalah negara yang menempati posisi pertama dalam negara demokrasi. Hal tersebut disebabkan karena india merupakan negara yang memiliki kepadatan penduduk yang padat dan menempati posisi ke pertama dari negara yang memiliki penduduk padat.

Dalam penerapan demokrasi, negara india adalah negara yang menerapkan demokrasi liberal.

  1. Amerika Serikat

Negara amerika adalah negara demokrasi yang paling tua dibanding negara yang lainnya. Amerika juga sudah dikenal dengan negara adikuasa yang artinnya penerapan demokrasi di sana berjalan dengan mulus sampai sekarang.

Tidak hanya itu negara amerika merupakan salah satu negara maju yang mampu mempengaruhi negara yang lainnya. Dikatakan negara maju karena amerika sudah mampu hidup sendiri dan merupakan negara dengan teknologi yang sangat canggih sekali.

  1. Indonesia

Nah negara kita indonesia merupakan negara dengan urutan ketiga menjadi negara yang menerapkan demokrasi. Dulunya negara indonesia adalah negara yang menggunakan sistem kerajaan. Kemudian terjadilah peperangan antar kerajaan yang mengakibatkan kerajaan menjadi runtuh.

Negara indonesia juga merupakan negara yang pernah dijajah oleh negara lain, seperti belanda, jepang dan yang peling pertama menjajah negara indonesia adalah portugis.

  1. Brazil

Negara brazil adalah negara yang menerapkan sistem demokrasi dengan jumlah penduduk yang sangat padat sekali. negara brazil terletak di benua amerika selatan yang memiliki penduduk sebanyak 200 juta jiwa yang hidup disana.

  1. Pakistan

Pakistan merupakan negara demokrasi yang menerapkan sistem pemerintahan islam dengan penduduk terbanyak ke dua didunia. Pemerintahan islam pada dasarnya merupakan demokrasi karena tidak ada yang ditutup-tutupi dalam pemerintahannya.

  1. Nigeria

Nigeria merupakan negara yang menerapkan sistem demokrasi terbesar juga di dunia. Nigeria juga merupakan negara yang memiliki penduduk yang banyak.√

 

Leave a Reply