Pengertian Komunikasi Lengkap Dengan Penjelasan Para Ahli

Pengertian Komunikasi – Pada jaman sekarang ini seperti yang kita ketahui bahwa sebuah teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali. Apalagi dalam komunikasi, didalam jaman sekarang ini yang namanya komunikasi sudah sangat cepat sekali dan sangat mudah. Dengan adanya handphone dan jaringan internet yang super cepat kita menjadi bebas mengakses semua keinginan kita dengan sangat mudah dan cepat.

Mengenai komunikasi pastinya secara tidak langsung kita sudah tahu mengenai pengertian komunikasi. Namun dalam kesempatan yang satu ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai komunikasi itu sendiri.

Definisi Komunikasi Beserta Unsur Komunikasi Dan Syarat Komunikasi Lengkap Dan Rinci

Pengertian komunikasi
sumber : Trentech.id

Pengertian Komunikasi

Pada dasarnya defenisi komunikasi terbagi menjadi dua yaitu, definisi komunikasi menurut para ahli dan pengertian komunikasi secara umum. Berikut penjelasanya.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Definisi komunikasi secara umum adalah suatu tahap hubungan antara dua orang atau lebih yang bersifat pengiriman dan penerimaan suatu informasi maupun pesan yang bersifat efektif.

Pengertian komunikasi secara gampangnya sih yaitu suatu hubungan antara dua orang atau lebih yang saling bercakap atau pun saling berinteraksi.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa gagasan dari para ahli yang menjelaskan mengenai pengertian komunikasi menurut pandangan mereka. Nah berikut ini merupakan beberapa pendapat para ahli mengenai definisi komunikasi.

  1. Drs. H.A.W

“Definisi Komunikasi ialah sebuah hubungan kontak antar individu maupun kelompok”

  1. Shannon & Weaver

“Komunikasi adalah sebuah tahapan antara dua atau lebih individu saling mempengaruhi satu sama lainya, apakah komunikasi tersebut dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Tidak hanya sekedar hanya komunikasi menggunakan bahasa yang verbal saja, akan tetapi terdapat juga ekspresi dan tekhnologi maupun seni yang ada didalamnya”.

  1. James A.F. Stoner

“Definisi Komunikasi ialah sebuah langkah yang terjadi antara individu melalui upaya memberikan pemahaman dan maksud melalui isi pesan”.

  1. Liliweri

“Komunikasi merupakan sebuah peralihan suatu pesan dari seorang sumber menuju seorang penerima dengan bahasa mudah dimengerti”.

  1. Everett M. Rogers

“Komunikasi ialah proses pemindahan sebuah ide dari satu sumber menuju satu orang penerima ataupun lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku”.

  1. Rogers & D. Lawrence Kincaid

“komunikasi adalah suatu tahapan antar dua individu maupun lebih yang membuat dan melaksanankan pertukaran informasi dari satu orang dengan yang lainya, yang akan mengakibatkan saling pengertian satu dengan yang lainya”.

  1. Wiliam Albig

“Komunikasi adalah suatu tahap transfer Perkataan yang memiliki makna, yang dilakukan antar perorangan maupun lebih”.

  1. William I. Gordon

“Komunikasi merupakan pertukaran dinamis yang mengandung gagasan dan mempengaruhi perasaan”.

  1. Judy C Pearson & Paul E Melson

“Komunikasi adalah rangkaian sebuah proses memahamkan mengenai sebuah makna secara sharing terhadap antar individu maupun kelompok”.

  1. Carl I Hovland

“Komunikasi adalah sebuah tahapan yang mana seseorang mampu membuat orang lain terangsang dan bisa mengubah tingkah orang tersebut”.

Dari pendapat di atas ada sebuh pendapat yang mengelompokan bahwa komunikasi terbagi menjadi dua jenis. Pendapat ini adalah dikemukakan oleh William FT, Berikut Pengertian Komunikasi Menurut William FT.

  • Komunikasi antar pribadi (Interpersonal Communication) yaitu sebuah tahap peralihan sebuah informasi dengan pola pertukaran antara dua orang atau lebih didalam sebuah kelompok kecil yang saling berinteraksi.
  • Komunikasi organisasi (Organisation communication) yaitu sebuah proses penyampaian informasi kepada umum secara sistematis.

 

Baca Juga Pengertian Manajemen

 

Komunikasi Menurut Aliran Informasi

Macam macam komunikasi
sumber : 2.bp.blogspot.com

Dari pengertian komunikasi yang sudah diterangkan diatas komunikasi memiliki sebuah alur atau aliran dalam penyampaiannya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

  1. Komunikasi Satu Arah

Komunikayasi satu arah yaitu sebuah komunikasi yang datang dari satu pihak saja. Sebagai contohnya guru yang sedang mengajar muridnya, nah dalam komunikasi tersebut dapat kita ketahui bahwa komunikasi yang terjadi adalah dengan satu arah yaitu guru yang sedang menerangkan pelajaran.

  1. Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah adalah suatu komunikasi yang terjadi secara bolak-balik. Lebih gampangmya komunikasi dua arah tersebut dilakukan oleh kedua pihak. Contohnya murid yang bertanya kepada guru dan kemudian sang guru menjelaskan atau menjawab pertanyaan dari muridnya tersebut.

  1. Komunikasi Ke Atas

Maksud dari komunikasi ini adalah sebuah komunikasi yang menyangkut gelar seseorang. Atau lebih gampangnya hubungan antara atasan dan bawahan. Contohnya bos dengan para karyawannya.

  1. Kominikasi Ke Samping

Yaitu komunikasi yang terbentuk disebabkan karena adanya kesetaraan atau kesamaan kedudukan.

Unsur Unsur Komunikasi

unsur unsur komunikasi
sumber : Dictio Community

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa komunikasi ialah pemberian pesan dari orang ke orang lain secara langsung. Maksudnya ialah secara langsung saling bertemu tatap muka maupun dengan menggunakan media komunikasi.

Komunikasi memiliki beberapa unsur yang saling berhubungan dan bila mana tidak adanya salah satu unsur tersebut tidak dapat dikatakan sebuah komunikasi. Unsur tersebut diantaranya ialah sebagai berikut ini.

  1. Sumber

Sumber adalah sebuah acuan yang menyebabkan tercadinya komunikasi, sumber bisa dikatakan dengan orang yang mengirim ataupun pembuat informasi yang ditujukan kepada orang lain. Atau bahasa gampangnya bakwa sumber bisa dikatakan dengan orang yang mengawali sebuah interaksi sehingga terjadinya komunikasi. Adapun yang menjadi objek sumber sendiri bisa bersifat individu, organisasi ataupun partai dan institusi.

  1. Pesan

Pesan merupakan isi dari informasi itu sendiri, adapun dalam pengertian ini yaitu sesuatu yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima. Adapun cara menyampaikanya bisa secara langsung ataupun melalui media komunikasi.

  1. Media

Media merupakan sebuah alat yang menunjang terjadinya komunikasi antara sumber kepada pendengar. Dengan kata lain media ini bisa disebut juga dengan perantara yang dibutuhkan sebagai alat komunikasi. Dan dengan tidak adanya alat tersebut maka komunikasi hanya bisa terjadi secara langsung tatap muka saja.

Adapun lebih detailnya mengenai media komunikasi berikut penjelasanya:

  • Media Pribadi

Media pribadi merupakan media yang digunakan secara pribadi yaitu bisa menggunakan telepon, mengirim surat maupun mengguanakan utusan.

  • Media Tim

Media tim merupakan sebuah media yang mana seseorang berkomunikasi langsung dengan banyak orang. Misalnya saja workshop dan seminar, nah dari kedua contoh tersebut merupakan media yang sangat bagus untuk berinteraksi dan komunikasi.

  • Media Publik

Media publik yaitu media yang memiliki pendengar lebih dari 200 individu, contohnya seperti konferensi besar dan perkumpulan tablig akbar.

  • Media Elektronik

Media elektronik adalah sebuah media yang sangat menguntungkan sekali dengan keberadaanya dan merupakan media yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan media masa seperti handphone menjadikan komunikasi antara individu menjadi mudah tanpa kenal batas waktu tempat dan negara.

  1. Penerima

Penerima adalah orang yang menjadi target sumber dalam menyampaikan pesannya. Penerima bisa dalam bentuk individu, tim maupun partai. Penerima merupakan komponen terpenting setelah adanya sumber, tanpa ada penerima maka tidak akan terjadi sebuah komunikasi.

Syarat- Syarat Komunikasi

syarat syarat komunikasi
sumber : jtanzilco.com

Komunikasi terbentuk tidak hanya dengan adanya unsur saja, akan tetapi dalam memulai sebuah komunikasi memerlukan syarat yang harus dipenuhi. Adapun syarat komunikasi diantaranya sebagai berikut :

  1. Source / Sumber

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sumber adalah komponen yang sangat penting dalam membangun sebuah komunikasi untuk menyampaikan sebuah pesan.

  1. Komunikator

Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan tersebut yang sedang bicara langsung ataupun tertulis. Dan bisa bersifat organisasi ataupun kelompok, seperti radio televisi surat kabar dan board case dan lain sebagainya.

  1. Komunikan

Komunikan adalah pihak yang menerima pesan dari komunikator yang bisa bersifat individu maupun kelompok.

  1. Pesan

Pesan yaitu sebuah gagasan yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan. Pesan tersebut bersifat dapat mempengaruhi perasaan komunikan.

  1. Saluran

Saluran adalah sebuah media penyalur, dalam kata lain yaitu media yang digunakan komunikator dalam menyampaikan pesan tersebut. Bisa dengan saluran resmi maupun tidak resmi atau bisa disebut dengan saluran formal dan informal.

  1. Effek

Effek merupakan tahap terakhir dalam sebuah komunikasi yang terjalin.

Macam-Macam Komunikasi

macam macam komunikasi
sumber : dictio.id

Dalam berkomunikasi pastinya terdapat beragam cara melakukan komunikasi tersebut. Sebagaimana tingkatan manusia yang berbeda dan memiliki karakter masing masing dan ada yang sudah berpengalaman dalam berkomunikasi ada pula yang masih awam dan belum terbiasa dengan komunikasi.

Maka dari itu terciptalah beragam cara untuk menyampaikan informasi yang setiap orang akan berbeda menyampaikan informasi tersebut. Berikut adalah beberapa pengelompokan komunikasi berdasarkan penyampaianya.

  1. Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan adalah komunikasi yang tercipta dan terjadi secara langsung bertatap muka. Contohnya seseorang yang sedang melakukan wawancara. Atau juga bisa dengan cara tidak langsung bertatap muka yaitu dengan mengguanakan media masa seperti handphone.

  1. Komunikasi Tertulis

Dengan berkembang pesatnya tekhnologi pada jaman sekarang komunikasi tertulis adalah komunikasi yang banyak digunakan oleh semua kalangan. Karena memang sangat mudah dan murah hanya menggunakan media sosial saja kita sudah bisa berkomunikasi dengan tertulis. Media tersebut seperti Whatsapp, BBM, Mesenger, Line, Telegram dan lain sebagainya.

Akan tetapi pada masa lampau dulu komunikasi tertulis ialah benar murni yaitu komunikasi dengan tulisan pada kertas yang dikirimkan kepada penerimanya.

Model-Model Komunikasi

Dari jenis diatas komunikasi juga memiliki beberapa model dalam prakteknya. Nah berikut ini adalah beberapa model komunikasi yang dapat kita ketahui.

  1. Model Aristotelian

Komunikasi model Aristotelian adalah suatu model yang sangat klasik.  Model aristotelia ini merupakan interaksi yang langsung terjadi antara pembicara dengan pendengar dalam menyampaikan informasi berdasarkan pola pikir pembicara. Model informasi yang satu ini bisa disebut juga dengan Model Retoris.

  1. Model Lasswell

Model komunikasi yang satu ini merupakan ungkapan lisan secara langsung berdasarkan tiga spesifikasi sebagai berikut :

  1. (Who-Says What-In Which Channel-To Whom-With What Effect?)

Pada model yang pertama ini menjelaskan tahapan dan fungsi komunikasi yang secara langsung dibawakan kedalam masyarakat.

  1. Lasswell menjelaskan menenai komunikasi bahwa tidak semua komunikasi itu memiliki sifat dua arah. Biasanya komunikasi lasswell ini digunakan didalam komunikasi masa.
  2. Lasswell memiliki 3 fungsi yang bersifat pengawasan lingkungan, hubungan budaya dalam masyarakat dan juga warisan sosial dari keturunan generasi.

Komentar