Pengertian Pasar Modal Lengkap Dengan Jenis, Instrumen & Fungsi

Banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan seseorang, Pemasaran merupakan usaha yang sangat menguntungkan saat ini. Seperti yang kita ketahui bahwa pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Yang mana mereka saling melakukan transaksi tukar menukar uang dengan barang atau sebaliknya.

Namun pada umumnya pasar bukanlah sebuah tempat atau lokasi tertentu, hal ini disebabkan karena pasar tidak memiliki batas geografis. Seperti yang kita ketahui jaman sekarang sudah banyak sekali pasar online. Sehingga pembeli dan penjual tidak langsung bertatap muka dalam bertransaksi.

Banyak diantara kita yang masih belum mengetahui pengertian pasar modal, maka dari itu berikut pengertian dari pasar modal.

Pengertian Pasar

Pengertian Pasar Modal
pixabay.com

Sebelum membahas mengenai pasar modal, alangkah baiknya kita sedikit mengulas pengertian pasar pada umumnya. Yang mana dari pengertian ini kita akan tahu pengertian pasar secara luas.

  • Pengertian Pasar Secara Umum

Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna untuk bertransaksi atau menjual dan membeli suatu barang atau jasa. Biasanya barang yang dijual adalah sumber daya ekonomi ataupun berbagai bahan produksi. Sedangkan jasa bersifat menjual keahlian yang dimiliki seseorang yang dijual kepada seseorang.

  • Pengertian Pasar Menurut Ahli

Wiliam J. Stanton

Menurut Wiliam mengatakan bahwa pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai keingingiinan untuk merasa puas. Yaitu dengan cara menggunakan uang untuk belanja dan memiliki kemauan untuk membelanjakanya.

Kotler dan Amstrong

Mereka berpendapat bahwa pasar ialah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari suatu produk atau jasa. Yang dimana ukuran dari pasar tergantung dari banyaknya kebutuhan orang serta memiliki kemampuan dalam bertransaksi. Banyak yang memandang penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, yang mana penjual akan mengirimkan barang yang diproduksi dan menyampaikan produknya kepada pasar. Yang mana sebagai gantinya mereka mendapatkan uang dan informasi dari pasar.

Pengertian Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal
pixabay.com

Pasar modal adalah sebuah kegiatan penawaran umum dan perdagangan efek. Pasar modal juga bisa diartikan lembaga profesi yang memiliki hubungan dengan transaksi jual beli efek dan perusahaan publik. Atau lebih ringkasnya pasar modal sering disebut dengan tempat bertemunya pembeli modal dan penjual modal.

Pasar modal memiliki banyak keuntungan dan memberikan alternatif kepada para investor. Contohnya saja seperti: membeli tanah, menabung di bank, membayar asuransi, dan yang lainya.

Pasar modal ialah lembaga penghubung antara investor dengan perusahaan atau bahkan pemerintah. Yang mana melalui perdagangan instrumen dalam jangka panjang. Misalnya seperti saham, obligasi, surat berharga, waran dan lain-lain. Tidak hanya itu, pasar modal juga merupakan sebuah cara yang dipakai oleh perusahaan dalam mencari dana. Yakni dengan menjual hak-hak kepemilikan perusahaan kepada masyarakat.

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

Pasar Modal Menurut Para Ahli
pixabay.com

Selain pengertian pasar modal pada umumnya, ada juga beberapa ahli yang mengungkapkan pendapatnya masing-masing mengenai pasar modal. Namun pada dasarnya inti dari pernyataan para ahli mengarah kedalam hal yang sama. Nah berikut beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian pasar modal. 

1. Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin 

Menurut beliau pasar modal adalah macam-macam instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Hal ini sifatnya bisa dalam bentuk saham, hutang atau pun instrumen lainnya. Yang mana pasar modal menjadi sarana pendanaan bagi perusahaan dan sarana kegiatan dalam berinvestasi maupun institusi lainnya. 

2. Suad Husnan 

Beliau mengatakan bahwa pasar modal yaitu pasar yang didalamnya terdapat berbagai macam instrumen keuangan jangka panjang yang diperjual belikan. Hal ini baik berbentuk modal sendiri maupun hutang, baik yang diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah. 

3. Sunariyah 

Pasar modal adalah sebuah tempat bertemunya antara penawar dengan permintaan surat berharga. Yang dimana tempat tersebut merupakan tempat individu atau pun badan usaha yang memiliki kelebihan dana yang melakukan investasi yang berbentuk dalam surat berharga. 

4. Irham 

Pasar modal ialah sebuah pasar atau tempat dana atau modal seperti ekuitas dan hutang yang diperdagangkan. 

5. Menurut Fahmi dan Hadi 

Pasar modal merupakan tempat berbagai pihak yang kususnya perusahaan penjual saham dan obligasi. Yang mana bertujuan untuk memperkuat modal perusahaan dan sebagai tambahan dana. 

6. Martalena dan Malinda 

Beliau mengatakan bahwa pasar modal terdiri dari dua kata yaitu pasar dan modal. Dari kata tersebut memiliki arti tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap modal, baik dalam jangka panjang maupun ekuitas. 

Dari pengertian diatas pasar modal memiliki banyak manfaat di antaranya:

Manfaat Pasar Modal 

  1. Menyediakan indikator utama dalam trend ekonomi negara. 
  1. Sebagai tempat yang memberikan wahana investasi bagi para investor. 
  1. Sebagai tempat alokasi dari sumber dana secara optimal. 
  1. Sebagai alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dalam resiko yang dapat diperhitungkan melalui keterbukaan, likuiditas, dan diverivikasi investasi. 

Jenis Pasar Modal 

  1. Pasar Perdana (primarymarket)

Pasar perdana merupakan penawaran saham oleh emiten yang dilakukan sebelum diperdagangkan di pasar sekunder. 

  1. Pasar Sekunder (secondarymarket)

Pasar sekunder adalah perdagangan saham yang telah melalui masa penawaran pada pasar perdana. Saham yang dijual pada pasar sekunder pada dasarnya sudah dijual secara luas melalui masa penjualan di pasar perdana. 

  1. Pasar Ketiga (thirdmarket)

Pasar ketiga yaitu tempat perdagangan saham yang terdapat di luar bursa. Tempat tersebut biasanya dikoordinir oleh perserikatan perdagangan uang dan efek serta diawasi dan dibina lembaga keuangan. 

  1. Pasar Keempat (fourthmarket)

Pasar keempat adalah bentuk perdagangan efek antar pemegang saham. Disebut dengan proses pemindahan saham antar pemegang saham dalam nominal yang besar. 

Struktur Pasar Modal 

Struktur pasar modal di Indonesia yang paling tertinggi bverada ditangan mentri keuangan. OJK merupakan lembaga pemerintah yang memiliki tugas untuk melakukan pembinaan, pengaturan dan pengawasan sehari-hari dalam pasar modal. 

Yang mana memiliki tujuan untuk mewujudkan dan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, efisien dan wajar serta dapat melindungi kepentingan individu pemodal. 

Pelaku Dalam Pasar Modal 

Sebagaimana pengertian pasar modal yang sudah dijelaskan diatas. Dalam pasar modal terdapat beberapa pemain yang terlibat dalam proses transaksi pasar modal. Berikut para pelaku dan penjelasanya dalam pasar modal. 

  • Emiten

Emiten adalah sebuah perusahaan yang akan menjual surat-surat berharga atau bisa disebut dengan melakukan emisi di bursa. Emiten memiliki tujuan yang sudah tertuang dalam rapat umum para pemegang saham. Tujual dari emisi tersebut adalah sebagai berikut : 

  1. Melakukan perluasan usaha, dalam hal ini semua modal yang diperoleh dari para investor. Yang kemudian akan dimanfaatkan untuk memperluas bidang usaha baik dalam peluasan pasar ataupun kapasitas produksi. 
  2. Memperbaiki struktur modal, dalam hal ini emiten memiliki tujuan untuk menyeimbangkan antara modal sendiri dengan modal asing. 
  3. Mengadakan pengalihan saham, yang mana pemegang saham lama akan dialihkan ke pemegang saham yang baru. 
  • Investor 

Investor adalah pemodal yang akan melakukan penanaman modal atau membeli saham pada perusahaan. Biasanya para investor akan melakukan analisis dan penelitian terlebih dahulu sebelum mereka melakukan investasi. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengetahui prospek usaha, bonafiditas perusahaan dan menganalisis hal lainya. 

Tujuan para investor dalam pasar modal adalah sebagai berikut: 

  1. Memperoleh deviden, hal ini mengacu pada keuntungan bunga yang akan diperolehnya dari kerja sama dengan emiten dalam bentuk deviden. 
  2. Kepemilikan pengusahaan, Hal ini mengacu pada sebberapa banyak saham yang ditanam pada perusahaan maka semakin besar penguasaan terhadap perusahaan. 
  3. Berdagang, kebanyakan para investor akan menjual sahamnya ketika harga saham melonjak naik. Hal tersebut dilakukan dengan harapan saham dapat menaikan keuntungan dari modal jual beli sahamnya. 
  • Lembaga Penunjang 

Lembaga penunjang merupakan lembaga ikut serta dalam mendukung beroperasinya pasar modal. Yang mana hal ini bertujuan untuk mempermudah emiten dan investor dalam melakukan berbagai hal dalam pasar modal. 

  • Penjamin Emisi 

Penjamin emisi adalah sebuah lembaga yang menjamin terjualnya saham dalam batas waktu tertentu dan bisa memperoleh dana yang diinginkan. 

  • Perantara Perdagangan Efek 

Yaitu perantara antara emiten (penjual) dengan investor (pembeli). Dalam hal ini perantara memiliki kegiatan antara lain. 

  1. Memberikan informasi mengenai emiten kepada investor. 
  2. Melakukan penjualan efek kepada investor. 
  • Perdagangan Efek

Hal ini sering disebut dengan dealeryang mana memiliki fungsi sebagai pedagan dalam jual beli efek dan juga merupakan perantara dalam jual beli efek. 

  • Penanggung

Penanggung merupakan lembaga penengah antara emiten dengan investor. Yang mana lembaga tersebut sudah dipercayai investor sebelum menanamkan dananya. 

  • Wali Amanat

Yakni merupakan jasa wali yang diperlukan untuk wali dari investor. Wali amanat memiliki fungsi sebagai penilai kekayaan emiten, menganalisis kemampuan emiten, melakukan pengawasan dan perkembangan emiten, memberi nasehat kepada investor, memonitoring pembayaran bunga dan sebagai agen pembayaran. 

  • Perusahaan Surat Berharga 

Perusahaan sebagai pedagang efek, penjamin emisi, perantara perdagangan efek dan menjadi pengelola dana. 

  • Perusahaan Pengelola Dana

Perusahaan yang mengelola surat-surat berharga yang menguntungkan investor sesuai keinginannya. Dan berfungsi sebagai pengelola dana dan penyimpan dana. 

  • Kantor Administrasi Efek 

Yakni kantor yang membantu para emiten dan investor dalam memperlancar administrasinya. 

Leave a Comment