Sistem Pencernaan Pada Manusia Dan Hewan Lengkap !

Sistem pencernaan – Semua makhluk yang hidup di bumi pasti memiliki sistem pencernaan. Contohnya sistem pencernaan pada manusia, sistem ini sangat berpengaruh sekali dalam berlangsungnya kehidupan manusia.

Contohnya saja ketika sistem pencernaan kita terganggu maka akan terasa sakit. Yang menyebabkan aktivitas kita terganggu.

Gambar Sistem Pencernaan Manusia

Pada dasarnya makanan yang dikonsumsi oleh manusia akan melalui proses sebagai berikut. Yang mana dalam proses ini adalah menyerap semua zat yang terkandung dalam makanan dan mengeluarkan sisa makanan dalam bentuk feses.

Makanan yang berasal dari mulut akan diteruskan ke tenggorokan hingga kedalam lambung dan diproses didalam usus. Setelah itu barulah sisa makanan akan dirubah menjadi kotoran.

struktur pencernaan pada manusia

sumber gambar : wikipedia.com

Pengertian sistem pencernaan

Sistem pencernaan adalah suatu sistem yang di mana mempunyai peran untuk mengubah makanan menjadi nutrisi.  yang dibutuhkan oleh tubuh dan menyerap nutrisi yang terkandung di dalamnya. Atau juga bisa disebut metabolisme tubuh, metabolisme adalah proses kimiawi didalam tubuh untuk mencerna atau menolah zat yang masuk kedalam tubuh.

Proses pencernaan di bantu oleh enzim-enzim sehingga tubuh mampu mencerna dengan baik. Dan kemudian setelah proses tersebut sisa dari pencernaan akan di keluarkan oleh tubuh. Sistem pencernaan adalah suatu kegiatan yang berkesinambungan yang dikerjakan tubuh kita.

Proses Pencernaan Manusia

Pada dasarnya dalam pencernaan terdapat 5 proses dasar dalam pencernaan manusia.Untuk lebih jelasnya berikut proses yang akan dilalui dalam pencernaan.

1. Proses injesti

Proses ini terjadi ketika kita memasukkan makanan ke dalam mulut baik itu dengan tangan maupun sendok dan lain-lain. Proses ini terjadi ketika kita sedang memakan sesuatu, misalnya saja memakan nasi. Maka untuk bisa melalui preses injesti perlu adanya makanan yang memasuki mulut.

2. Pencernaan mekanik

Pencernaan mekanik adalah proses penghancuran makanan yang terjadi di dalam mulut. Pada proses ini di bantu oleh gigi dan enzim. Tujuanya adalah untuk mempermudah makanan yang masuk kedalam usus untuk dicerna.

3. Pencernaan kimiawi

Penceraan kimiawi adalah suatu proses mengubah zat-zat kompleks yang terkandung di dalam makanan  menjadi senyawa zat yang lebih sederhana. Dalam proses ini di tenagai oleh air, enzim dan asam bile.

4. Proses penyerapan

Adalah proses menyerap nutrisi dari sistem pencernaan menuju sistem sirkulator dan iymphatic capallaries melalui proses osmosis secara transport aktif dan difusi

5. Proses penyingkiran

Proses penyingkiran adalah proses pembuangan makanan yang tidak di cerna oleh tubuh melalui proses defekasi.

Urutan organ pencernaan pada manusia

sistem pencernaan pada manusia

sumber gambar : google

Mulut

gambar kerangka mulut

sumber gambar : google

Mulut adalah bagian tubuh manusia yang merupakan sebagai tempat masuknya makanan atau minuman. Didalam mulut terdapat empat organ yaitu :

  • Lidah
bagian lidah

sumber gambar : google

Lidah berasal dari bahasa latin lingual yang merupakan sekumpulan otot rangka yang terletak pada lantai mulut. Selain di kenal sebagai indra pengecap lidah juga dapat membantu kita saat mengunyah dan menelan makanan.

Dengan lidah juga kita dapat berbicara atau pun menimbulkan vokal yang kita ucapkan.

Struktur lidah

Papila adalah bagian permukaan lidah yang kasar, Dan memiliki 3 bagian.

  1. Fungiformis terletak di bagian depan lidah (fungi adalah jamur), bentuk nya menyerupai jamur.
  2. Filiformis terletak di dorsum linguae, yang berbentuk seperti benang.
  3. Sirkumvalata berada di belakang lidah berbentuk bulat dan menyerupai huruf V.
  • Gigi

Gigi merupakan jenis tulang yang terdapat di dalam mulut kita. Dan meliliki struktur yang berbeda atau bervariasi yang memiliki tugas berbeda-beda.

Gigi berfungsi untuk mengunyah  makanan atau pun merobek makanan.

sruktur gigi manusia

sumber gambar : google

Bagian-bagian gigi
  • Detin (tulang gigi) merupakan bagian yang di dalamnya terdapat pembuluh darah dan saraf.
  • Radikus (akar gigi) bagian ini berada di dalam gusi.
  • Pulpa (rongga gigi) adalah bagian di antara radiks dan corona.
  • Kolum (akar gigi) adalah bagian gigi yang terletak pada tulang rahang dengan bantuan semen gigi.

Lapisan semen adalah pelindung gusi dengan akar gigi. Gan gusi adalah tempat dimana tumbuhnya gigi.

Email adalah lapisan keras yang ada pada gigi.

Jenis-jenis gigi manusia

jenis gigi pada manusia terbagi menhadi 4 jenis, yaitu :

  • Gigi taring

manusia memiliki gigi taring sebanyak 4 gigi. gigi taring terletak pada bagian pinggir depan bagian atas dan bawahmulut. yang memiliki fungsi untuk mengoyak makanan.

  • Gigi pemolar (gigi geraham depan)

gigi pemolar berfungsi untuk mengunyah dan menghaluskan makanan di dalam mulut. Pada umumnya manusia memiliki 4 pasang gigi pemolar yang terletak di atas maupun di bawah.

  • Gigi molar

Pada manusia yang sudah dewasa memiliki gigi molar sebanyak 12 gigi permanen. Yang berfungsi untuk menghaluskan makanan yang kita kunyah.

  • Gigi seri

Adalah gigi yang berada di bagian depan mulut yang memiliki funsi untuk memotong makanan. Jumlahnya 2 pasang atas dan bawah.

  • Gusi

Gingiva adalah tempat tumbuhnya gigi yang terdiri dari jaringan mukosa di dalam rongga mulut yang di dalamnya terdapat tulang mandibula da maksila.

Tulang langit-langit

Tulang ini biasa disebut dengan palatum, yang terletak di bagian langit-langit mulut kita. Palatum terdiri dari tiga jenis yaitu :

  • Molle yaitu palatum yang berada di bagian bawah.
  • Raphe palati yaitu yang berbentuk menonjol dan memanjang.
  • Durum yaitu bagian atas palatum.

Kerongkongan

Kerongkongan atau sering di sebut dengan esofagus adalah organ yang menghubungkan antara mukut dengan lambung.

Di dalam esofagus makanan akan mengalami proses peristaltik. Esofagus merupakan otot pada vetebrata.

Bagian kerongkongan
  • superior terdiri dari sebagian otot rangka.
  • inferior terdiri dari otot polos
  • tengah terdiri dari otot polos dan otot rangka (otot lurik)

Lambung

Lambung terletak di bawah sekat rongga badan. lambung merupakan organ yang berfungsi mencerna makanan secara kimiawi dengan bantuan enzim dan asam lambung.

Enzim yang ikut berperan adalah enzim lipase, enzim renin, dan enzim pepsin. Lambung juga terdiri dari tiga bagian yang terdiri dari fundus, pilorus dan kardiak.

Di dalam lambung terdapat batas di antaranya:

sfingter pylorus adalah bagian bawah lambung yang membatasi dengan usus dua belas jari.

Sfingter adalah bagian atas lambung yang mempunyai fungsi agar makanan tidak dikeluarkan kembalim kedalam mulut.

Usus

Usus di bagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Usus halus
usus halus

sumber gambar : google

Adalah saluran pencernaan yang menghubungkan lambung dengan usus besar. Usus kecil memiliki tiga bagian diantaranya :

  • Deodenum (usus dua belas jari) yaitu usus yang berfungsi menyalurkan makanan ke usus halus. Terletak setelah lambung yang terhubung ke usus kosong.
  • Jejenum (usus kosong) adalah usus yang memiliki panjang 1-2 meter
  • Ileum (usus penyerapan) adalah usus yang memiliki panjang 2-4 meter dan merupakan bagian terakhir pada usus halus.

Baca juga : Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

2. Usus besar
bagian usus besar

sumber gambar : google

Kolon (usus besar) adalah usus yang berfungsi menyerap air dari feses. Dan terletak di antara usus buntu dan tertum. Fungsi lain usus besar adalah menyerap air dan menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan, menyimpan sisa makanan, dan mencegah bakteri.

Usus besar terdiri dari empat bagian yaitu transverse (kolon datar), ascending (kolon naik), discending (kolon turun), retikulum.

Retikulum adalah organ yang memiliki fungsi tempat penyimpanan feses sementara.

Anus

bagian-bagian anus

sumber gambar : google

Adalah sebuah bukaan dari retikulum ke bagian luar tubuh. Yang berfungsi sebagai pembuangan feses melalui proses buang air besar. Anus memiliki otot yang berfungsi untuk membuka dan menutupmya lubang retikulum.

Sistem Pencernaan Pada Hewan

 

Semua hewan tentunya mempunyai jenis yang berbeda dan berasal dari spesies yang beda pula oleh karena itu stuktur pencernaannya pun memiliki perbedaan.

Oke langsung saja kita ulas satu persatu.

Sistem PencernaanPada Hewan Pemamah Biak

hewan pemamah biak

sumber gambar : google

Hewan pemamah biak atau bisa di sebut rumanansia adalah sekumpulan hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan) yang mempunyai dua sistem pencernaan yaitu :

Mengunyah makanan di dalam mulut tetapi masih kasar dan kemudian ditelanlah makanan ini. Dan kemudian mengeluarkan makanan ini kembali kedalam mulut untuk di kunyah dan kemudian barulah proses pencernaan normal terjadi.

Contohnya sistem pencernaan sapi. Sapi adalah merupakan hewan pemamah biak yang mempunyai sistem pencernaan yang sangat unik.

Urutan sistem pencernaan hewan pemamah biak

1. Rongga mulut

Hewan pemamah  biak mempunyai susunan gigi yang berbeda dengan hewan mamalia yang lain. Di dalam rongga mulut, sapi memiliki dua organ yang sangat berperan penting dalam membantu pencernaan yaitu  lidah dan gigi.

Sapi memiliki  dua jenis gigi yaitu caninus (gigi tsring), insisivus (gigi seri) dan molare (gigi geraham belakang).

 2. Kerongkongan/Esofagus

Semua hewan rumanensia memiliki esofagus yang sangat pendek sekali panjangnya kira-kira 5-6 cm. Esofagus memiliki sifat elastis sehingga mampun menyesuaikan besar kecilnya makanan.

3. Lambung

Lambung hewan rumanensia memiliki 4 bagian yang terdiri dari rumen (perut besar), retikulum (perut jala), omasum (perut buku) dan abomasum(perut masam).

Lambung ini bukan hanya berfungsi untuk mencerna saja akan tetapi pada hewan pemamah biak lambung mampu menyimpan makanan sementara yang kemudian akan di cerna kembali.

4. Usus halus

Setelah tahapan yang di atas telah dilalui maka makanan yang sudah di cerna di dalam lambung akan di cerna kembali di usus halus. Sari-sari makanan yang tersisa akan di proses di usus halus.

5. Anus

Setelah makanan selesai dengan proses pencernaanya maka proses yang terakhir adalah proses pembuangan makanan yang sudah tidak di butuhkan oleh tubuh sapi tersebut.

Kesimpulannya adalah makanan yang di telan akan masuk ke dalam rumen, dan kemudian menuju ke retikulum (mengalami pencernaan kimiawi dan membentuk gumpalan kecil-kecil. Dan kemudian mengeluarkannya kembali ke dalam mulut setelah itu langsung menuju ke omasum.

 

Sistem Pencernaan Serangga

sistem pencernaan serangga

sumber gambar : google

Serangga memiliki sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, keronkongan, empedal, lambung, usus, retikulum dan anus. Sistem pencernaan serangga memiliki dua pencernaan yaitu:

  • Intrainstestinal Digestion yaitu pencernaan di bagian dalam usus
  • Ektrainstestinal Digestion yaitu pencernaan yang terjadi di luar tubuh dengan enzim yang terkandung di bagian mulutnya.

Saluran pencernaan serangga mempunyai tiga bagian utama yaitu saluran pencernaan depan, saluran pencernaan tengah dan saluran pencernaan belakang. Berikut adalah urutan sistem pencernaan serangga

Mulut -> kerongkongan -> tembolok -> empedal -> lambung -> usus ->anus.

 

Sistem Pencernaan Pada Ikan

 

sistem pencernaan pada ikan

sumber gambar : google

Ikan memiliki empat tahapan sistem pencernaan, yang pertama ialah makanan yang masuk kedalam mulut ikan, kemudian masuk ke esofagus dan di teruskan kedalam lambung.

Setelah makanan di cerna di lambung kemudian di cerna menuju usus, kemudian di buang melalui anus.

Ilustrasinya adalah sebagai berikut

Cavum oris => esofagus => lambung => usus =>anus.

 

Proses Pencernaan Pada Hewan Amfibi

sistem pencernaan katak

sumber gambar : google

Hewan amfibi adalah hewan bertulang belakang yang mampu hidup di dua alam. Contohnya adalah katak.

Hewan amfibi memiliki 6 organ pencernaan yang berperan saat mencerna makanan, yaitu :

  • Rongga mulut di dalam rongga mulut katak mempunyai lidah yang bisa memanjang yang berfungsi untuk menangkap mangsanya. Dan juga memiliki gigi yang berbentuk lancip untuk memegang mangsa agar tidak lepas.
  • Esofagus yaitu tenggorokan yang di miliki katak, semua katak memiliki esofagus yang pendek.
  • Lambung bisa di sebut vertikulus yang berfungsi untuk menyimpan makanan. Lambung katak dapat di bedakan menjadi dua bagian  yaitu tempat tempat keluar pada usus dan tempat masuknya esofagus.
  • Usus (intestinum), katak memiliki dua usus yaitu usus tebal dan usus halus (duodenum, jejenum, dan ileum).
  • Usus tebal berada di ujung rektum yang menuju kloaka.
  • Kloaka adalah merupakan organ saluran reproduksi dan tempat keluarnya feses dan urin.