√ Sistem Pernapasan Pada Manusia Lengkap Dengan Urutannya

Sistem Pernapasan Pada Manusia Lengkap Dengan Bagian Dan Urutanya

Sistem Pernapasan Pada Manusia – Kembali lagi kepelajaran sekolah dulu guys, yuk kita pelajari sistem pernapasan manusia itu seperti apa sih sebenarnya. Mungkin ada diantara kamu yang belom mengetahuinya bukan, tapi bagi yang sudah tahu mohon dikoreksi yah, hehe.√

Nah untuk itupada kali ini saya akan membahas sistem pernapasan pada manusia, mulai dari pengertian, fungsi, urutan sistem pernapasan manusia, hingga penyakit dalam pernapasan manusia. Namun sebelum itu saya juga pernah membahas mengenai sistem pencernaan manusia, bagi kamu yang ingin tahu silahkan dibaca ya.

Bicara nafas siapa manusia yang tidak bernapas, pastinya kalian semua bernafas dong,hehe. Tetapi ada juga manusia yang sudah tidak bernapas yaitu orang yang sudah meninggal. Namun bagi orang yang masih hidup juga sering sekali terkena gangguan penyakit pernapasan.

Masalah pernapasan memang memiliki peran yang sangat besar sekali dalam kehidupan manusia. Tanpa bisa bernapas manusia kerap sekali mengalami akan kehilangan nyawanya. Organ dalam manusia memanglah sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan.

Okelah yuk langsung saja kita bahas materi kali ini mengenai sistem pernapasan pada manusia dengan detail.

Pengertian Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan Pada Manusia
sumber : sumberpengertian.co

Mungkin bagi kamu yang masih bingung mengenai apasih arti atau pengertian sistem pernapasan. Jawabanya simpel saja pada intinya sistem pernapasan adalah suatu siklus bernapasnya manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan kardon dioksida.

Jadi begini manusia bernapas yaitu menghirup oksigen yang kemudian melalui hidung untuk disaring dan selanjutnya. Nah setelah itu oksigen yang dihirup tadi akan diproses didalam tubuh yaitu paru-paru. Diprosesnya untuk apa yaitu untuk dialoirkan keseluruh tubuh melalui darah manusia. Didalam paru-paru oksigen akan diubah menjadi karbondioksida yang kemudian dikeluarkan melalui hidung.

Nah seperti itu gambaran mengenai sistem pernapasan  padamanusia, jadi pada dasarnya pernapasan manusia sangat dipengaruhi dengan adanya oksigen.

Oksigen adalah senyawa alam yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernapas. Tanpa adanya oksigen meskipun organ pernapasan pada manusia sehat, akan tetapi tetap saja tidak bisa bernapas dan bisa mengakibatkan kematian.

Namun sanyangnya keberadaan oksigen yang ada dibumi ini sungguh sangat miris sekali. dijaman sekarang ini marak sekali dengan yang namanya polusi udara yang mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Siklus Pernafasan Manusia

Siklus Pernafasan Manusia
sumber : http://pot.com

Pada dasarnya terjadinya sebuah pernafasan pada manusia ialah disebabkan karena adanya suatu siklus yang saling terhubung satu sama lain.

Dengan terjadinya pertukaran oksigen dengan karbon dioksida pastinya terdapat sebuah proses yang panjang hingga keduanya bisa diproses. Pada dasarnya bumi yang ditinggali manusia ini mempunyai kadar oksigen yang sangat sedikit yaitu sekitar 21% dibandingkan dengan senyawa lain yang ada di lapisan atmosfer bumi.

Namun dengan sedikitnya oksigen yang ada dibumi merupakan sebuah keseimbangan yang diberikan Tuhan. Yang terpenting adalah bagaimana cara manusia menjaga dan melestarikannya.

Adapun untuk lebih jelasnya mengenai siklus atau urutan sistem pernapasan pada manusia bisa anda cermati pada gambar dibawah ini.

 

Pertama udara/ oksigen masuk melewati hidung manusia yang kemudian masuk kedalam kerongkongan. Setelah itu diteruskan kedalam trakea untuk dilanjutkan ke bronkus dengan melalui dua cabang.

Setelah masuk dua cabang bronkus udara diteruskan kedalam alveolus kemudian menuju kapiler dan kemudian mengalir kedalam vena pulmonalis untuk di serap oksigennya dan disalurkan keseluruh tubuh melalui aliran darah.

Pada intinya proses pernapasan manusia melewati beberapa organ pernapasan yaitu :

  • Hidung
  • Kerongkongan
  • Glotis
  • Trakea
  • Bronkus
  • Alveolus/paru-paru

Nah satu lagi yang yang harus kamu ingat yaitu disebut pernapasan apasih ketika manusia menghirup nafas dan mengeluarkan nafas. Jawabanya lagi lagi mudah sekali yuk kita bahas dibawah.

Jadi begini ketika manusia bernapas itu kan ada proses menarik nafas dan ada proses mengeluarkan nafas.

Nah proses menghirup nafas adalah disebut dengan inpirasi, dedangkan proses ppengeluaran udara/ nafas dinamakan dengan ekspirasi.

Awas maksud dari inspirasi bukanlah sebuah ide cemerlang yang berasal dari otak manusia ya. Akan tetapi inspirasi disini adalah dalam sistem pernapasan pada manusia. Untuk lebih detailnya mengenai inspirasi dan ekspirasi bisa disimak dibawah ini.

Namun sebelum membahas itu pada dasarnya sistem pernapasan manusia terdapat 2 pola pernapasan. Yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

Jenis Sistem Pernafasan Pada Manusia

Sistem pernapasan pada manusia pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis, berikut penjabaranya.

1. Pernafasan Dada

Pernapasan dada

Pernapasan dada ialah pernafasan yang terjadi dibagian dada dengan melibatkan otot pada antar tulang rusuk. Didalam pernapasan dada ini terdapat dua fase mekanisme yang tadi saya bahas yaitu inspirasi dan ekspirasi.

  • Fase Inspirasi

Fase inspirasi adalah proses menghirup udara dari luar untuk dimasukan kedalam paru-paru. Ketika manusia melakukan pernapasan inspirasi ini terapat otot yang berkontraksi. Berikut penjelasannya :

Pernapasan ini diawali dengan berkontraksinya otot antar tulang rusuk sehingga mengakibatkan rongga dada terangkat dan membesar. Akibatnya tekanan udara didalam rongga dada menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar, sehingga mengakibatkan oksigen yang ada di luar masuk.

  • Fase Ekspirasi

Fase ekpirasi adalah proses mengeluarkan karbon dioksida dari dalam paru-paru. Pada fase ini ialah merupakan fase relaksasi antar otot tulang rusuk, yang kemudian mengakibatkan rongga dada mengecil dan turun. Sehingga tekanan pada dalam rongga dada lebih besar dibanding tekanan luar, akibatnya karbondioksida yang terdapat pada rongga dada akan keluar.

2. Pernapasan Perut

Pernapasan Perut
sumber : sciencebooth.com

Pernafasan perut ialah pernapasan yang terjadi diarea perut yang melibbatkan otot diafragma. Sama seperti pernapasan dada, pernafasan perut juga terdapat dua fase yang terjadi yaitu :

  • Fase Inspirsi

Fase ini diawali dengan relaksasi otot diagfragma yang mengakibatkan rongga dada menjadi membesar. Sehingga mengakibatkan tekanan didalam rongga dada lebih kecil dari pada tekanan luar, sehingga udara yang kaya oksigen dari luar dapat masuk dedalam paru-paru.

  • Fase Ekspirasi

Pada fase ini diawali dengan berkontraksinya otot diafragma pada posisi semula dan diikuti oleh turunnya tulang rusuk yang mengakibatkan rongga dada mengecil. Yang menyebabkan tekanan dalam rongga dada lebih besar dibanding tekanan luar sehingga mengakibatkan udara yang terdapat didalam rongga dada akan keluar.

Organ Pernapasan Pada Manusia

organ pernapasan
sumber : kawalgurita.com

Sistem pernafasan manusia tidak akan terjadi jika tidak melalui organ berikut ini.

1. Hidung

gambar Hidung
sumber : youtube.com

Hidung adalah organ yang pertama dalam sistem pernapasan pada manusia. Organ yang satu ini merupakan organ yang pertamakali yang dilalui oleh oksigen. Didalam hidung udara yang masuk akan mengakami ppengolahan oleh lendir dan rambut hidung.

Lebih singkatnya bahwa fungsi hidung adalah organ yang menghirup oksigen serta menjadi jalur masuk oksigen dan keluarnya karbondioksida.

Didalam hidung juga terdapat rongga hidung yang memiliki fungsi untuk menghangatkan, menyaring, dan melembabkan udara yang masuk.

Pada dasarnya hidung mempunyai dua fungsi utama yaitu :

  • Tempat masuknya oksigen dan tempat keluarnya karbondioksida
  • Hidung dapat menyaring udara yang masuk agar dalam keadaan bersih, hal ini disebabkan karena adanya rambut hidung.
  • Dapat menyesuaikan suhu kelembaban udara yang masuk sesuai dengan suhu pada tubuh kita.

2. Tenggorokan

tenggorokan
sumber : kisi2mimpi.blogspot.com

Tenggorokan atau yang sering disebut faring ini merupakan organ yang mempunyai fungsi sebagai jalur/ jalan masuk keluarnya oksigen dan karbondioksida. Tetapi tenggorokan juga merupakan organ yang memiliki dua saluran utama yaitu saluran pencernaan dan saluran pernafasan.

Jadi sebenarnya dalam tenggorokan manusia terdapat dua saluran yang memiliki fungsi yang berbeda. Didalam tenggorokan terdapat satu organ yaitu laring yang mempunyai panjang sekitar 3 -4 cm. Sedangkan panjang dari saluran pernafasan ialah sekitar 12 14 cm, lebih panjang dari laring.

Didalam tenggorokan juga terdapat organ epiglotis yang merupakan pintu masuk laring. Pada dasarnya epiglotis berfungsi sebagai klep pada tenggorokan, maksudnya seperti ini bahwa epiglotis merupakan organ yang berfungsi untuk menutup salah satu saluran dalam tenggorokan.

Contohnya seperti ini, jika kamu sedang bernafas maka saluran yang digunakan adalah saluran pernafasan. Maka dari itu saluran pencernaai akan ditutup oleh epiglotis, begitu pula dengan kebalikannya.

3. Pangkal Tenggorokan

Pangkal Tenggorokan
sumber : babacaca.com

Fungsi utama pangkal tenggorokan atau dikenal dengan laring ini adalah sebagai penghubung antara faring dan trakea. Pada dasarnya laring ini adalah kotak suara pada manusia.

4. Trakea

Trakea
sumber : slideplayer.info

Trakea berfungsi untuk sebagai penghubung laring dengan bronkus dan berfungsi juga sebagai jalan masuknya udara dari tenggorokan hingga masuk kedada. Lebih detailnya bahwa fungsi trakea adalah sebagai jalan/ jalur masuk dan keluarnya udara dari paru-paru.

5. Bronkus

Bronkus
sumber : al-scienza.blogspot.com

Bronkus adalah merupakan organ cabang dari trakea, yang tersusus atas tulang yang rawan dengan bentuk cincin. maksudnya ialah bahwa bronkus memiliki dua organ/ jalur yang menuju paru-pari kanan dan kiri.

6. Bronkiolus

Bronkiolus adalah anak dari bronkus yang merupakan saluran kecil dan memiliki dinding yang tipis.

7. Alveolus

Alveolus
sumber : dreamstime.com

Alveolus adalah merupakan gelembung-gelembung udara didalam paru-paru dengan jumlah kurang lebih sebanyak 300 juta buah. Pada gelembung tersebut terdapat dinding yang tipis berisi kapiler darah dan disetiap gelembungnya terdapat kapiler darah yang menyelimuti.

Terjadinya pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida ialah melalui dinding alveolus tersebut.

8. Paru paru

Paru paru
sumber : p2ptm.kemkes.go.id

Paru-paru merupakan organ utama setelah jantung yang memiliki banyak fungsi, salah satu fungsi paru-paru adalah sebagai organ pertukaran oksigen denga karbon dioksida dari darah nah proses tersebut biasanya disebut dengan pernapasan ekternal.

Penyakit Sistem Pernapasan

Asma

Penyakit Asma
sumber : obat.promo

Penyakit asma adalah merupakan penyakit pada sistem pernapasan manusia yang disebabkan karena alergi debu, sehingga menyebabkan penyempitan pada salah satu organ pernapasan. Penyakit asma merupakan penyakit turunan, jadi sebenarnya penyakit yang satu ini adalah penyakit yang sudah dibawa sejak lahir akibat gen yang menurun dari orang tua.

Orang yang terkena penyakit ini biasanya memiliki ciri-ciri ketika terkena yaitu nafasnya berbunyi. Jika cuaca dingin maka akan batuk-batuk. Namun pada dasarntya penyakit yang satu ini bisa di cegah agar tidak terjadi.

Jika anda mengalami penyakit yang satu ini saya sarankan anda untuk tidak mendekati benda yang mempunyai banyak debu. Dan jangan berolahraga secara berlebih, seperti berlari olahraga yang lain.

Adapun bahan alami yang dapat anda jadikan sebagai obat untuk menanggulanginya adalah dengan mengonsumsi jahe. Karena manfaat jahe sangat banyak sekali untuk lebih jelasnya mengenai manfaat jahe sudah saya tulis pada artikel yang lain.

TBC

Penyakit TBC
sumber : hellosehat.com

Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang sangat berbahaya pada pernapasan. Sistem pernapasan pada manusia jika terserang penyakit ini akan sulit sekali untuk menyembuhkannya, apalagi sudah parah penyakitnya. Penyakit ini disebabkan karena bakteri jahat yang terdapat di udara, bakteri penyebab penyakit TBC adalah Mikobakterium tuberkolusa.

Penyakit TBC adalah penyakit menular daji hati-hatilah ketika anda hidup di lingkungan anda. Karena jika tubuh anda sedang drop maka sangat mungkin sekali tubuh anda akan terserang penyakit ini.

Penyakit TBC merupakan penyakit yang menyerang paru-paru manusia. Jika tidak cepat ditangani makan penyakit yang satu ini akan bertambah ganas dan akan merambat pada otak, ginjal, hingga pembuluh darah.

Salah satu cara pencegahanya adalah sebagai berikut :

  • Bagi orang yang menderita penyakit ini harus sebisa mungkin menjaga dirinya agar orang lain tidak ikut tertular
  • Tidak satu ruangan dengan penderita tbc
  • Tidak makan bersama dengan orang yang menderita penyakit tbc

Komentar